Workshop Smartphone Photography ” Artificial Light “

workshop fotografi smartphone , workshop foto bandung, blog fotografi

Karena pada beberapa kondisi, memotret dengan smartphone butuh effort lebih

workshop fotografi smartphone
Workshop Smartphone Photography – Artificial Light

Mungkin hal tersebut yang kemudian menggagas ambu Yeni, seorang yang menghubungi saya dari Desember lalu untuk membuat workshop photography mengenai artificial light, ini workshop ketiga jadinya. Workshop kedua yang digelar Desember lalu, tidak sempat saya tulis di blog, padahal saya dan papi masuk koran *naon atuh hehhee

Dibuat hari biasa, dengan htm yang lebih tinggi dari 2 workshop sebelumnya, trus digelar pas hari kasih sayang, saya sih ga merayakan hari kasih sayang pada tanggal tertentu, da papi selalu membuat akyu berbunga-bunga haha. Workshop kali ini lokasinya di The Silk Hotel Dago, sebuah hotel boutique baru yang menarik, konsepnya minimalis dan natural. Bikin betah.
Ruangan yang dipakai workshop cukup besar, memberikan keleluasaan untuk praktek foto.

Photography & Artificial Light

workshop fotografi smartphone , workshop foto bandung, blog fotografi
Artificial light

Ga bisa boong kalau pengguna handphone kebanyakan mungkin hanya bisa diem aja kalau dikasih tempat gelap, sedang yang pake dslr masih bisa motret eksperimen dengan slowspeed dan sebagainya. Berbicara mengerucut pada bidang fotografi produk, bahkan foto produk sangat bisa dilakukan dengan smartphone saat ini, iya karena smartphone ini sudah canggih-canggih. Tapi kebanyakan hanya optimal dengan kondisi cahaya ideal.

Trus gimana nasib ibu-ibu yang cuma bisa motret produk ( jualannya ) saat dedek bayi bobo, atau pada kondisi cahaya yang ideal sementara matahari kadung pergi, itulah kenapa butuh mengerti juga mengenai artificial light, atau cahaya buatan. Pengguna DSLR aja yang bisa dibilang alatnya sudah cukup mumpuni untuk motret dalam keadaan gelap sekalipun, pada beberapa keadaan butuh flash, butuh reflektor, hingga lampu studio.

Gimanapun, hasil yang bagus sebanding dengan effort yang dikeluarkan.

Artificial Light – Parmadi Budiprasetyo

workshop fotografi smartphone , workshop foto bandung, blog fotografi
Artificial Light – Parmadi Budiprasetyo

Papi ngisi workshop ini selama 2 hari, tanggal 11 dan 14 februari 2017. Mayoritas yang datang adalah ibu-ibu, wah emang luar biasa ya semangat mamah – mamah zaman sekarang, produktif semua. Saya acungin jempol.
Papi sendiri sedikit share mengenai kami yang memang fotografer profesional, terlebih papi mah udah certified dari negara. Jadi bicara penggunaan smartphone fotografi dengan papi akan sedikit berbeda.

Materi workshop dibawakan dengan bantuan air mirror sehingga peserta bisa liat langsung begitu banyak fitur kamera pada hp yang jarang dimaksimalkan, oia sebelumnya instal open kamera dulu. Tentang kualitas fotonya sendiri bisa banget loh di maksimalin sesuai kapasitas kualitas gambar dari smartphone kita sendiri, bagaimana pengaturan white balance ngaruh banget pada suasana foto. Juga mode foto yang bisa membuat foto semakin baik, tentang efek bokeh yang bisa diperoleh dengan kamera handphone, ada lagi mengenai AF lock yang bisa kita atur pake icon gembok untuk ngunci exposure. Ahh jujur saya aja baru tau yang terakhir ini qiqiqii. Atau mungkin papi pernah bilang tapi saya lupa *peace ?

workshop fotografi smartphone , workshop foto bandung, blog fotografi
spot foto workshop

Materi dari papi berlangsung sejam setengah sendiri, karena emang detail dan beberapa peserta langsung bertanya jika mereka tidak mengerti. Saya dan papipun menyediakan media praktek berupa 1 background putih panjang dengan patung, 1 spot dengan alas foto yang dibuat melengkung, satu lagi dengan alas foto yang dijadikan alas saja. Semuanya ini punya gaya, kesan dan penampakan foto jadi yang beda nantinya. Materi ini dilanjutin dulu dari saya, product styling. 

Product Styling – Yasinta Astuti

workshop fotografi smartphone , workshop foto bandung, blog fotografi
No caption needed :p

Asa kagok ih nulis nama sendiri di blog sendiri soalnya saya pemalu ? hehhee
Cuma ada 9 slide dan ya bisa dibilang setengah jam kelar, saya menekankan bahwa styling ini emang butuh waktu untuk menguasainya, sama hal nya dengan fotografi. Styling mah harus banyak pake feeling dan mungkin pada beberapa kondisi kita mengabaikan unsur atau teori fotografi.
Saya sedikit cerita mengenai pertama kali saya memotret produk di studio, untung cuma iseng, pada saat itu saya terlalu banyak memasukan properti pendukung, akhirnya jadi kesannya rame banget.
Setelah mengasah diri, menajamkan rasa, beberapa produk sudah cantik tanpa butuh properti pendukung. Teori dan praktek keep it simple selalu jadi juara bagi saya. Intinya, jangan sampe props lebih menonjol daripada objek utama.
Sessi tanya jawab dibuka, mayoritas menanyakan mengenai efek distorsi jika kita memotret diri dengan maksud ootd tapi kita malah terlihat pendek. Nah ini kan erat kaitannya dengan sudut pengambilan alias angle, saya pernah nulis juga tentang 4 angle andalan ( MEAT ) bisa baca disini.

Product Photography : Angle MEAT, 4 Angle Foto Terbaik Untuk Foto Produk

Selanjutnya dilanjutkan dengan praktek, beberapa peserta bawa produk mereka sendiri dan menjadikannya sebagai objek. Salah satu yang mencolok adalah Cotton Cake dari Kue Marena yang dibawa oleh ci Yeni, bunga mawar asli yang segar bikin mata melek dan semangat motret. Cocok dengan hari selasa tersebut yang bertepatan dengan valentine, selain cantik banget, rasanya ringan dan enyaaaak.

workshop fotografi smartphone , workshop foto bandung, blog fotografi
Valentine cake

Menahan dulu waktu makan siang dengan sessi editing, seluruh peserta dipersilahkan mengedit fotonya dengan aplikasi snapseed atau semacamnya, sebetulnya bisa aja pake aplikasi lain. Hanya saja snapseed ini dianggap paling mudah dan lengkap untuk editing foto di handphone. Peserta yang mengupload fotonya di instagram dengan hastag #hayu_urang_diajar malah bisa berkesempatan dapet alas foto free. Jadilah banyak yang upload dengan semangat dan bahagia.
Ini beberapa foto-foto peserta yang di upload ke instagram, menurut saya kece-kece.

smartphone photography workshop, workshop foto di bandung
Beberapa foto keren dari peserta workshop

Sebelum akhirnya workshop diakhiri, kami berfoto bersama dan hasil fotonya langsung dicetak dan dibagikan sebagai souvenir.

workshop fotografi smartphone , workshop foto bandung, blog fotografi
Foto bersama – Workshop Fotografi Handphone

Terima kasih kepada semua peserta yang sudah hadir dalam acara ini dan belajar bersama, special thanks to Ambu Yeni yang menggelar acara ini dan mengundang saya dan papi untuk hadir sebagai pemateri.

Knowledge increases by sharing but not by saving 

Salam hangat,

Yasinta ( with papi )

8 thoughts on “Workshop Smartphone Photography ” Artificial Light “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *