Berkata ” IYA BOLEH ” Dan Dukung Eksplorasinya

seminar parenting dancow, syahnaz haque, yasinyasintha.com, yasinta, blogger

Usia si kecil yang aktif mendorong ia untuk semakin aktif pula mencoba hal-hal baru, tak jarang sebagai orangtua tentu saja dihinggapi rasa khawatir akankah si kecil baik – baik saja. Bisakah kita berani berkata ” iya boleh ” pada si kecil agar eksplorasinya maksimal ?

Pagi sekali saya sudah datang ke acara seminar bersama Dancow yang digelar di Trans Luxury Hotel, kali ini mengenai mendorong eksplorasi si kecil dengan berani berkata ” iya boleh “. Banyak sekali ayah dan bunda yang datang ke acara ini, bagaimana tidak karena menjadi orangtua tidak ada sekolahnya, seminar semacam ini akan sangat membantu ayah bunda dalam menemani tumbuh kembang si kecil.

Seminar Parenting Dancow ” Berkata Iya Boleh Untuk Eksplorasi Si Kecil ”

seminar parenting dancow, syahnaz haque, yasinyasintha.com, yasinta, blogger
Mbak Syahnaz Haque sebagai moderator

Dipandu oleh mbak Syahnaz Haque sebagai moderator, menyapa para ayah bunda dengan ramah dan membangkitkan semangat mengikuti acara, hadir narasumber yang menyampaikan materi sesuai bidangnya yaitu :

  1. DR. dr. Rini Sekartini, Sp(A)k.
  2. Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, Psi.
  3. Rita Ramayulis, DCN, MKes.

Para pembicara memaparkan bagaimana si kecil yang sedang bertumbuh perlu didukung oleh stimulasi, cinta dan nutrisi. Saya tak meragukan lagi perkara cinta, tentu orangtua manapun sudah pasti memberikan segenap cinta. Lalu bagaimana dengan sisanya stimulasi dan nutrisi ?
Di usia si kecil yang aktif, berkata ” iya boleh ” adalah wujud stimulasi, iioo yang merupakan anak yang aktif selalu bertanya ” boleh main ke rumput ?” dan pertanyaan izin lainnya, dengan mengatakan IYA BOLEH pada kegiatan si kecil, hal tersebut sama dengan mendorongnya untuk merasa mampu melakukannya, meningkatkan rasa percaya diri dan berani menghadapi tantangan, alias ga jadi anak yang pemalu atau penakut.

Baca juga : Keterampilan sosial anak sebagai bekal masa depannya

seminar parenting dancow, syahnaz haque, yasinyasintha.com, yasinta, blogger
Iioo asik main si area bermain, saya tetap mengawasinya dari jauh

Di acara Dancow kemarin disediakan pula area bermain, kadang iioo anteng main lego tapi lebih sering kesana kemari coba ini itu bahkan saat bosan malah melipir menari-nari di area dekat infocus, saya larang ? Tentu saja tidak, yang saya lakukan adalah memberinya batasan area mana yang aman dan tentu saja tetap mendampinginya.
Tak disangkal pasti masih ada kekhawatiran saat membolehkan anak melakukan sesuatu yang baru, tapi bunda dan ayah perlu memperbolehkannya karena hanya dengan hal tersebut si kecil jadi terstimulasi, mampu bereksplorasi dan tentu saja mampu mengenal hal-hal baru yang mendukung kecerdasannya. Ayah dan bunda cukup mengawasinya dari jarak pandang yang terjangkau, memastikan area bermain anak adalah area yang aman untuknya.

seminar parenting dancow, syahnaz haque, yasinyasintha.com, yasinta, blogger
Sessi demo pembuatan susu yang baik dan benar

Mengenai nutrisi, tentu saja harus tercukupi. Jika cinta sudah pasti ada, stimulasi bisa diberikan secara maksimal maka si kecil perlu nutrisinya tercukupi, di acara Dancow seminar parenting ini dijelaskan pula produk Dancow Advanced Excelnutri + sebagai inovasi baru dari Dancow sebagai advance protection yang mengandung lebih dari 3x lactobacillus rhamnosus yang memiliki manfaat melindungi si kecil dari terkena infeksi saluran cerna dan infeksi saluran pernapasan. Acara seminar parenting ini ditutup dengan demo pembuatan susu pertumbuhan yang baik dan benar agar nutrisi dalam susu tersebut tetap terjaga.

seminar parenting dancow, syahnaz haque, yasinyasintha.com, yasinta, blogger
Ayo berkata IYA BOLEH untuk mendukung eksplorasi si kecil

Well, mengikuti seminar parenting ini saya tercerahkan lagi bahwa iioo memang semakin tumbuh dan berkembang setiap waktunya, semakin banyak kata IYA BOLEH yang akan terlontar, ada perasaan haru saat ia mampu mencapai hal baru, sebagai orangtua saya pun hanya bisa mengawasinya dari jarak pandangan, memastikan ia aman bereksplorasi.
Saya semakin sadar, berkata ” iya boleh ” baik untuknya, bagaimana dengan ayah dan bunda? Sudahkah mendukung anak dengan berkata iya boleh ?
Bolehkan saja ya bunda, kita kan tetap mendampinginya 🙂

seminar parenting dancow, syahnaz haque, yasinyasintha.com, yasinta, blogger
Me and iioo

Salam,

yasinyasintha.com

8 thoughts on “Berkata ” IYA BOLEH ” Dan Dukung Eksplorasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *