Charity Peduli Sesama dan Seminar Ibu Bijak

seminar ibu bijak bersama blogger bandung -

Sabtu lalu, tepatnya tanggal 23 Januari 2016 di Prodia Wastukencana bandung yang diadakan oleh Yayasan Kharisma Satria Kirana, saya dan teman-teman lainnya dibuat teriris dengan foto-foto para lansia di panti jompo yang kondisinya jauh dari kata layak. Acara penggalangan dana melalui seminar ini jelas mendapat respon yang positif dan baik.
Dan diseminar tersebut, setidaknya ada 5 materi berbobot yang disampaikan oleh 5 pemateri yang sangat kompeten. Saya dibuat terbelalak karena banyak hal yang tidak saya ketahui mengenai menjadi ibu bijak.
Banyak sekali memang peran seorang ibu, banyak hal yang mungkin masih banyak tidak kita tahu, saya khususnya. Banyak pemahaman salah yang beredar di masyarakat. Harusnya seminar ini dihadiri lebih lebih lebih banyak bunda juga ayah lainnya. Untuk menjadi orang tua bijak yang mengantarkan kita menjadi keluarga yang bijak dan bahagia tentunya.

1. Deteksi Dini Gangguan Tumbuh Kembang Anak oleh Dr. Yovi

Siapa sih yang ga ingin anaknya tumbuh optimal dari segi fisik dan juga mental. Tapi nyatanya 80% anak indonesia itu kurang stimulasi itu hanya satu dari beberapa persentasi lain yang mencengangkan.
Dr Yovi juga menjelaskan mengenai tumbuh kembang anak. Apa sih tumbuh kembang anak itu ? Tumbuh berarti anak bertambah ukuran, berat dan jumlah sel ( ukuran fisik/ kuantitatif ) sedangkan berkembang adalah bertambah kemampuan struktur fungsi tubuh yang lebih kompleks secara kualitas. Makanya untuk ibu harus lebih aware nih tentang tumbuh kembang anak, apakah sesuai tahapan dan usianya.
Sudah jadi rahasia umum, jika 2 tahun pertama adalah masa emas dimana perkembangan anak sedang dalam masa puncak, meskipun untuk perkembangan otak terus berkembang hingga usia 40 tahun ( ini sebabnya manusia tidak boleh berhenti belajar untuk mengembangkan dirinya ).

seminar ibu bijak bersama blogger bandung
Dr Yovi sedang menjelaskan mengenai tumbuh kembang anak

Apa pentingnya mendeteksi dini gangguan tumbuh kembang anak ?
Penting sekali, karena semakin dini mengetahui masalahnya, semakin dini juga mengetahui langkah apa yang harus dilakukan dalam menanggulanginya.
Dr Yovi juga mengingatkan, mengenai pentingnya melatih gerak halus / motorik halus anak, menjaga anak agar tetap menjadi anak yang happy, memberikan apresiasi, mengajarkan sosialiasi dan kemandirian.
Untuk gangguan pada anak itu sendiri bisa terjadi karena genetik atau bawaan, bisa juga dari lingkungan ( bisa dicegah ) makanya perlu banget kan mendeteksi gangguan pada anak. Salah satu yang paling mudah dan praktis dan bisa dilakukan oleh orangtua adalah mengecek kartu KMS yang diperoleh dari semenjak baby lahir, di lihat deh tuh grafiknya. Naik turun atau stagnan jangan lupa juga lihat apakah di area aman ataukah harus mulai waspada, selain itu di lihat juga nih sesuai ga perkembangan aktifitas dan kemampuannya menurut usianya.
hmmm… tugas ibu banyak ya, eits.. Ini tugas orang tua lho, jangan lupa libatkan si ayah.

Sessi awal ini berlalu dengan cepat dan padat sekali isinya. Jelas sekali nih bagi saya yang miskin ilmu melongok-longok. Namun karena masih ada 4 materi lainnya maka pembahasan ini dicukupkan tapi baik banget deh dr Yovi ini, beliau membuka kesempatan untuk konsultasi pribadi bagi ibu yang masih memiliki ganjalan pertanyaan *buru-buru sms bu dokter

2. Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Optimal oleh Dr Siti Nur Fatimah

Berbicara tentang tumbuh kembang, tidak lepas dari kebutuhan nutrisi. Iya dong happy baby is happy tummy. Dan happy tummy ini mesti terpenuhi dari segi gizi dan porsi nya tentu saja.
You are what you eat. Wah berat deh kalau udah bicara soal beginian, bukan apa-apa saya ngerasa banget jauh dari gaya hidup sehat padahal menurut dr Siti, anak akan meneruskan orang tua dari segi kebiasaan.

seminar ibu bijak bersama blogger bandung
Mengenai nutrisi tumbuh kembang optimal

Makin kesini makanan yang beredar di masyarakat dan yang dikonsumsi semakin beragam tapi semakin banyak tantangan untuk kita sebagai ibu dalam memberikan kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak, karena mau tidak mau pertumbuhan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor : penyakit, pola makan dan aktifitas fisik. Jika kita mengharapkan anak kita tumbuh dan berkembang secara maksimal maka kita pun harus menjadi biduk dalam mengajarkan pola hidup sehat. Berkali-kali dr. Siti menjelaskan bahwa kita harus senantiasa menambahkan variasi makanan baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk anak meskipun pada prakteknya pasti dijumpai tantangan misalnya anak ketika makan selalu aktif, perubahan sikap terhadap makanan atau bahkan tidak suka makanan yang bergizi. Hal tersebut pasti kita jumpai namun kita sebagai orang tua memang harus pintar-pintar dalam menyajikan dan mengajarkan anak mengenai pola makan sehat dan seimbang, dan hal tersebut tentu untuk kebaikannya sendiri. Dr. Siti juga menambahkan agar kebiasaan ngemil snack yang tidak sehat harus diganti dengan buah atau mungkin kacang-kacangan. Ini hal yang langsung saya noted untuk saya lakukan dirumah.

3. Guiding Puberty oleh Dr David 

Setelah suasana riuh soal anak. Kembali kemudian materi dilanjut, jika tadi yang dibahas adalah soal anak – anak dan anak, maka tak kalah penting adalah remaja. Uhhhh pada tau kan ya remaja zaman sekarang ini gaul dan maju nya seperti apa. Makanya nih sebagai orang tua tetap ya harus aware kepada anak yang sudah remaja. Terlebih yang akan atau tengah mengalami puber.

seminar ibu bijak bersama blogger bandung
Guiding Puberty – Charity Peduli Sesama

Kalau zaman saya sih biasanya pembicaraan mengenai puber dan tanda-tandanya agak tabu dibahas. Namun seiring berjalan waktu, kini masyarakat memang lebih terbuka untuk urusan privasi seperti ini. Jangan salah tanggap dulu, hal seperti ini memang penting untuk diketahui karena masih banyak dari kita yang awam dan tidak mengetahui dengan benar mengenai puberitas dan perkembangan optimal yang bisa dicapai oleh kita sebagai individu. Dengan jelas dr. David menjelaskan bahwa makanan menjadi tonggak bagaimana perawakan seseorang, bagaimana kita mempersiapkan anak agar tidak gagal tumbuh. Semua dikupas tuntas disini.
Berbicara mengenai puber ada erat kaitannya dengan perubahan tubuh termasuk alat vital. Jangan malu untuk bertanya karena ternyata banyak terjadi salah kaprah dilingkungan masyarakat mengenai hal ini. Contohnya saja mengenai tumbuhnya bulu-bulu pada area tertentu tubuh, agak risih memang membicarakan tapi agar diketahui ternyata jika tidak tumbuh itu merupakan gejala gangguan yang harus segera diantisipasi.
Belum selesai ter oh-oh manggut-manggut, dr. David kemudian menjelaskan peranan makanan pada pembentukan struktur muka, ada beberapa panduan pola makan agar anak tumbuh secara optimal dan tidak gagal tumbuh *seperti yang terjadi pada saya yang mentok tinggi di 156cm huhuhu
Dan untuk wanita, siapa yang tak ingin memiliki tubuh ideal ? Inilah kesalahannya, kita seringkali menghindari makan besar tapi mengemil yang tentu saja ini salah sekali dan bikin badan semakin bengkak alias melar *liat perut..

Setidaknya inilah panduan makanan untuk anak berdasarkan gendernya agar tumbuh kembangnya optimal

seminar ibu bijak bersama blogger bandung
Guiding Puberty
seminar ibu bijak bersama blogger bandung
Guiding Puberty

Saya sekarang jadi agak ngerti kalau iioo kulitnya putih, sepertinya karena saat hamil dulu saya hobi banget banget makan sayur, buah dan susu kedelai. Mulai sekarang mau semangat nyiapin makanan yang keras-keras buah ioo *kursi misalnya #eh dasar mami gila ahahhaa piss..
Oya, dr. David ini juga mengingatkan agar melakukan screening puberty untuk mencegah dan antisipasi terhadap kelainan pubertas misal wanita tumbuh kumis atau laki-laki tumbuh payudara, ini memang nyata terjadi. Dan hal tersebut masih bisa di perbaiki lewat koreksi pola makan, koreksi olahraga dan mengoreksi gangguan hormonal.

Sessi materi ini heboh banget pokoknya ..

4. How To Maintain Sexual Desire on Your Marriage Life oleh Dr Jenny

Saat orang bilang dunia seorang ibu adalah anaknya, maka jelas hal tersebut memang benar adanya. Tapi jangan sampai lupa terhadap suami. Suami dan anak itu sama pentingnya, dan keduanya tentu membutuhkan perhatian yang berbeda. dr Jenny menjelaskan setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan dalam menjaga kehidupan rumah tangga dalam hal berhubungan intim.

  • Eksplorasi kualitas berhubungan
  • Lakukan foreplay
  • Fokus pada pasangan
  • Menjadi versi terbaik dari diri sendiri
  • Menghidupkan kembali kegembiraan bulan madu

Jelas sekali kehidupan berumah tangga saat memiliki anak berbeda dengan awal pernikahan. Meski begitu tentu saja perlu usaha ekstra agar kehidupan rumah tangga senantiasa harmonis, dan jika suami istri bahagia maka anak pun akan bahagia. Kebahagiaan itu menular bukan ?

5. Life Balance Quadrant oleh Bapak Jahja B Soenarjo 

Dari saat melihat sosok bapak ini saya sudah tersenyum, sosok humoris dan positif langsung terpancar.
Tak jauh – jauh pembahasannya adalah tentang keseimbangan, tentu saja dalam hal keluarga. Seimbang waktu dan kualitas tentunya.

seminar ibu bijak bersama blogger bandung - jahja b soenarjo
Life balance Quadrant – Bapak Jahja B Soenarjo

Menjelaskan dengan cerita, banyak sekali yang harus dipelajari agar keseimbangan ini bisa dicapai sehingga hidup akan lebih tenang dan damai. Bapak Jahja juga menjelaskan hubungan antara MIND – BODY – HEART yang berputar mengelilingi SPIRIT atau SOUL, saat semua nya seimbang maka jadilah kita manusia yang seutuhnya, dan manusia yang seutuhnya akan berkarya. *Supeeer bgt

seminar ibu bijak bersama blogger bandung - jahja b soenarjo
Life balance Quadrant

Ada lagi soal pengganggu keseimbangan. Berefek pada kualitas tidur yang kurang baik, hubungan suami istri yang kurang menyenangkan dan tentu saja sikap pada anak yang membuat anak jauh dengan orang tua. Banyak aspek, namun kembali pada kita apakah akan meratapi atau akan bangun lagi dalam kondisi lebih kuat.

Bapak Jahja juga bercerita, tentang bagaimana keluarganya pun pernah mengalami masa jatuh dan kemudian bangun dalam kondisi yang lebih baik. Semua tantangan hidup memang harus dihadapi dengan semangat, karena semangat itu akan diteruskan.

Anak-anak akan meneruskan semangat kita

Begitu katanya, ada pula cerita tentang berbagi. Tidak semua orang memiliki kesadaran tinggi dalam hal membagi rezekinya, padahal sejatinya rezeki itu adalah aliran. Mau tidak mau harus kita alirkan untuk beberapa kondisi dan kebutuhan, jika tidak rezeki tersebut akan tetap diambil. Dengan cara tuhan, yang kadang tidak kita sukai caranya.
Keseimbangan dalam hidup itu meliputi spiritual dan sosial, berkaitan dengan bagaimana peranan kita terhadap kondisi sosial orang lain yang membutuhkan.
Dalam materi terakhir ini, saya benar-benar dipukuli habis-habisan dalam hal kesadaran sosial yang masih kurang ” ngeuh ” pada kondisi orang lain. Dan sudah saatnya kita bergerak dan berubah dalam berbagai action, salah satunya adalah dengan kegiatan charity. Charity peduli sesama yang orang-orangnya mungkin saja ada didekat kita namun kita memiilih menutup mata, sekali lagi teriris lagi hati saya berdiri saat acara ini usai menatapi slide foto bergulir menayangkan potret kesusahan lansia di panti jompo.
Hati ini menjerit ” Tuhan, mampukan saya agar bisa memberi dan melakukan lebih untuk sesama “

— CHARITY PEDULI SESAMA BERSAMA YAYASAN KHARISMA SATRIA KIRANA —

Saya bertemu dengan beberapa blogger lainnya yang tadinya hanya saya tau di dunia maya dan media sosial.
Beruntung akhirnya bisa bertemu menjalin silaturahmi secara langsung.

seminar ibu bijak bersama blogger bandung -
Kegiatan Charity Peduli Sesama

Terima kasih teman-teman blogger untuk ilmu dan banyak hal …
Semoga selalu bisa berbagi dalam kebaikan. Amin

Salam berbagi,

10 thoughts on “Charity Peduli Sesama dan Seminar Ibu Bijak

  1. Katanya kalo rajin makan sayur itu indikasi calon bayinya perempuan. Eh ternyata enggak, ya.
    Duh aku malah mentok di 145cm nih . Andai kenal dokter David sejak remaja dulu, ya (ngarang).

    1. Ehehehhee .. iya aku juga mentok nih tinggi badan teh malah skrg cuma berkembang ga tumbuh wkwkwk
      Ini ioo aku kira emang perempuan dulu, keluarnya laki udah gitu putih *darisiapa ya, ternyata konsumsi makanan saat hamil hhee

  2. Ahh..paling demen emang pas Dokter Delon ngasih materi, apa mungkin anakku udah abegeh yaa, jadi nendang bingiits…

    Nah, kalo gituh nanti mau bawa oleh2 yang keras2 biar badan iio tegap *daging rendang :v

  3. waaah, materinya padat ya, bermanfaat banget sharingnya buat saya yg nggak bisa dateng, makasih yaa

  4. PR banget nih buatku yang punya 2 krucils, biar mereka bisa tinggi2, ganteng dan cantik.

    Yang Guiding Puberty, tiap kali Dokter David menyelesaikan kalimatnya, aku : Oooooo
    Banyak banget nambah ilmu baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *