Lingkaran Pertemanan

LP

Bergerombol – Berkelompok – Menyendiri

Kata-kata itu sering diucapkan oleh ibu saya. Entah pada saat saya duduk dibangku SD kelas berapa, saya tak pernah benar-benar mengerti maksudnya hingga suatu waktu kaget rasanya mendapati kita yang dulu selalu bergerombol kesana kemari melakukan hal-hal konyol dan membela teman diatas segalanya sejurus kemudian hanya memiliki beberapa teman saja. Bahkan mungkin jumlahnya cuma 1 atau 2 saja.

Dan kemudian saya terngiang kata-kata tersebut. Lingkaran pertemanan dan sosial kita memang membesar dan mengecil sesuai aktivitas sosial kita. Namun jika dilihat-lihat lingkaran pertemanan memang akan semakin mengecil. Alasan kesibukan menjadi yang utama. Dan pada akhirnya memang mereka yang terbaiklah yang akan bertahan bersamamu meski dipisahkan oleh waktu, jarak dan kesibukan.

Pada akhirnya kamu akan memiliki mereka yang terbaik. Yang mungkin memiliki keberanian pula untuk mengakui kehilangan teman-teman karena berbagai alasan. Pada akhirnya yang tersisa memang yang terbaik, seperti kata pepatah badai selalu menyisakan pohon-pohon terkuat inipun berlaku untuk lingkaran pertemanan. Ini bukan lagi tentang berapa banyak jumlah teman kamu, tapi seberapa berartinya kamu dimata mereka dan mereka dimatamu.

Dan ketika kamu memiliki mereka yang terbaik. Berbahagialah, karena Rasulullah SAW sekalipun pernah bersabda ” Mereka yang Allah kehendaki mendapat keberuntungan, Allah berikan ia sahabat yang baik ”

Selamat menikmati lingkaran pertemanan teman-teman !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *