Mau Liburan Murah ? Lakukan 7 Tips Ini untuk Liburan Asik dengan Budget Pas-Pasan!

Liburan adalah bentuk refreshing dari segala aktivitas keseharian yang membuat penat dan menguras tenaga. Berlibur ke tempat – tempat yang indah memang bisa menghilangkan beban yang kamu rasakan. Jika ingin berlibur tentunya kamu perlu merencanakan persiapan untuk pergi liburan.

Perencanaan yang harus dilakukan adalah dengan cara mengatur tujuan dan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Setelah itu baru kamu bisa hitung-hitungan budget yang harus kamu keluarkan. Tentunya kamu pasti tidak ingin merogoh kantong yang cukup dalam hanya untuk liburan saja. Berikut adalah hal yang perlu kamu lakukan jika ingin berlibur dengan budget yang murah.

liburan budget, liburan hemat

Kunjungi Destinasi Wisata Baru

Jika kamu ingin berlibur dengan budget yang murah maka pergilah ke tempat wisata atau wahana yang baru. Karena, tempat wisata yang baru akan memberikan harga-harga promo untuk menarik para pengunjung. Sangat beda sekali dengan tempat yang sudah terkenal. Biasanya akan sangat jarang sekali memberikan promo karena sudah banyak pengunjung yang berdatangan. Tiket wisata yang terkenal pun biasanya lebih mahal bila dibandingkan tiket wisata baru.

Baca juga : Top 5 Kuliner di Bali yang Bikin Kangen Bali

Membawa Makanan Dari Rumah

Jika kamu ingin berlibur dengan hemat, kamu perlu memperhatikan berapa biaya yang kamu keluarkan untuk makan. Untuk meminimalisir uang yang harus kamu keluarkan, sebaiknya kamu membawa makanan sendiri dari rumah. Karena, biasanya harga seporsi makanan di tempat wisata lebih mahal. Tapi jangan terlalu hemat-hemat banget ya, kamu juga perlu mencoba kuliner ditempat yang kamu kunjungi karena itu dapat menambah pengetahuan.

Pergi pada saat low season

Pergi liburan pada saat high season pasti akan menguras kantong sekali, karena biasanya pemilik tempat wisata akan membandrol harga yang mahal pada waktu high season. Bahkan si pemilik bisa menaikan harga berkali – kali lipat untuk satu harga tiket karena pasti akan banyak orang yang berlibur pada high season. Jadi jika kamu ingin menghemat biaya liburan, pergi lah pada saat low season. Tempat wisatanya pun pasti tidak akan terlalu ramai. Sebab tempat wisata hanya ramai pada waktu liburan saja.

Cari Penginapan Yang Murah
hotel murah, travel blogger, traveling saat low season

Penginapan merupakan hal yang sangat kamu perlukan sekali pada saat liburan antar kota. Jika kamu ingin menghemat pengeluaran maka carilah penginapan yang murah. Walaupun tempatnya tidak senyaman dan semewah penginapan mahal, namun yang paling terpenting ada tempat untuk berteduh dan beristirahat. Maka dari itu sebelum kamu berlibur, di sarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu apakah ada penginapan murah di daerah yang akan kamu kunjungi.

Membeli Oleh-oleh Seperlunya
hotel murah, travel blogger, traveling saat low season

Liburan memang kurang afdol jika tidak membeli oleh – oleh untuk orang rumah. Namun perlu kamu ingat bahwa kamu harus menghemat pengeluaran. Maka dari itu belilah oleh – oleh seperlunya dan yang bermanfaat saja. Kamu bisa membeli karya seni atau cemilan lokal khas dari daerah yang kamu kunjungi.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

liburan budget, liburan hemat
sumber : gardaoto.com

Liburan dengan menggunakan kendaraan pribadi akan menghemat pengeluaran kam. Lantaran kamu hanya mengeluarkan uang hanya untuk membeli bahan bakar, tempat penginapan dan tiket wisata saja. Namun, jika kamu hendak pergi dengan mobil pribadi, kamu perlu memeriksa kondisi mobil atau bila perlu mengganti oli mobil terlebih dahulu agar mobil kamu bisa dipakai untuk perjalanan jauh.

Menggunakan Paket Wisata

paket wisata pelni
Sumber : pelni.co.id

Untuk liburan murah sebaiknya kamu memakai paket wisata yang sudah termasuk transport, penginapan, makan dan juga destinasi wisata. Karena biasanya paket seperti itu lebih murah dan memudahkan kamu untuk pergi kemanapun.

Walaupun kamu mencoba untuk menghemat tetapi jangan terlalu over sekali sampai kamu tidak menikmati waktu liburan. Karena, tujuan untuk berlibur adalah untuk bersenang – senang dan bersantai.

16 thoughts on “Mau Liburan Murah ? Lakukan 7 Tips Ini untuk Liburan Asik dengan Budget Pas-Pasan!

  1. Dari 7 tips liburan murah, saya baru ngelakuin beberapa diantaranya aja, Teh.
    Pergi ke tempat wisata yang baru, bawa makanan dari rumah, beli oleh-oleh secukupnya dan menggunakan kendaraan pribadi.
    Memang kerasa lebih hemat.

  2. Nah betul Mbak. Yang penting itu, tujuan liburan adalah untuk refreshing, bukannya malah tambah pusing mikir penghematan hahaa. Mungkin bisa di rencanakan jauh-jauh hari sebelumnya, kalau memang mau liburan yang benar-benar total. Jadi bisa mempersiapkan dana. Kalau liburan tipis2 sih mending seperti yang disampaikan dia atas. Banyak juga kok tempat wisata yang murah meriah tapi sudah cukup nyaman untuk refreshing. Makasih tipsnya Mbak.

    1. Iya betul mbak, apalagi kalau anaknya udah dua kaya saya. Kayanya kalau mau liburan perlu diperhitungkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Kalau udah direncanakan pasti lebih enak ya pas berangkatnya

  3. Bawa makanan sendiri kalo piknik itu wajib kudu. Aku jadi inget pas kecil, Mamaku udh nyiapin semaleman u bekal piknik. Papaku ngomel ngamain repot sih. Eh…yg ambil paling banyak yaaa Papaku itu. Engga salah lah feeling Mama¬≤ mah…

  4. Nah,ini masalah suamiku. Kalau aku kan sukanya hemat, suaminu maunya berlibur ya yang enak, mosok berlibur harus susah. Hadehhh, makanya bener kata Mbak Shinta. Jangan kebangetanlah, namanya juga liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *