Family Trip ke Pradipto Farm, Kebun Hidroponik Ramah Anak

kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger

Yasinyasintha.com – Cuaca terik di Tangerang tak menyurutkan semangat kami sekeluarga menembus jalanan menuju Cicayur Kabupaten Tangerang menuju perkebunan hidroponik, Pradipto Farm. Sepintas, saya sempat ragu apakah ini benar Tangerang mengingat jalan menuju ke sana masih melewati pohon di kiri kanan bahkan pohon bambu yang menyerupai lorong, sungguh bahagia sekali di tengah kota yang begitu sibuk masih menjumpai daerah sesegar ini.

Berkunjung ke Pradipto Farm, Kebun Sayur Hidroponik

kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger, blogger bdg

Teman kami sudah sampai lebih dahulu, adalah Bu Arlin yang memberikan kesempatan dan mengajak kami sekeluarga untuk berkunjung ke sana. Tinggal di kota, bekerja dan bersinggungan terus menerus dengan teknologi membuat saya sedikit lupa bahwa berada diantara tanaman hijau yang sehat semenyenangkan ini, sebahagia ini. Bahkan suara aliran air yang mengalir di pipa – pipanya saja sudah membuat pikiran tenang. Mendadak rindu kampung halaman jadinya.

Baca juga : Liburan Bersama Keluarga? Menginap Saja di Villa

kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger
Sayuran yang ditanam di media tanam rock wool, entah kenapa liatnya seneng banget
kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger
sudah mulai tumbuh
kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger
langsung panen pokcay

Tanaman yang siap panen baik dan yang baru saja tumbuh terlihat jelas, warna hijaunya segar dilihat dan disentuh. Pas kami datang pemandangan pertama adalah kangkung yang berusia 12 hari dan siap panen. Kalian harus ke sana untuk mencoba ini : ambil sayurannya dan langsung makan, krunchi banget dan seger banget.

Ahh ini yaa yang namanya sayuran sehat, batin saya berbisik bahagia, bahwa sayur atau tanaman yang mendapat nutrisi, vitamin dan mineral alami itu ya seperti ini rasa aslinya.

Kami berkeliling melihat sekaligus memanen sayuran yang sudah siap panen, saat kami ke sini jenis sayuran yang ditanam adalah pokcay, green butterhead, green oakleaf, red oakleaf, dan kangkung. Segar semua pokoknya, apalagi green oakleaf ini sudah familiar sekali bagi orang sunda macam saya, ini tuh selada kan ( semoga saya ga salah soalnya rasa dan bentuknya saya udah familiar banget ) kalau red oakleaf sih bisa dijumpai kalau kita makan salad di resto, atau saat makan steak.

kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger
Red Oakleaf, ini langsung cabut, cuci, makan udah enaque

kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger

Setiap periodenya, sayuran yang ditanam tidak selalu itu – itu saja kok, ada sistem rolling yang disesuaikan dengan demand dari pasar. Pradipto Farm ini biasanya menginfokan sayuran yang siap panen melalui media sosialnya.

Kami beruntung di sana ditemani oleh ownernya langsung, Pak Adim yang dengan semangat menjelaskan mengenai kebun hidroponiknya juga mengenai pembangunan kebun dan bangunan lainnya yang dirancangnya sendiri, beliau juga menjelaskan seputar pemilihan sayuran yang ditanam, kebutuhan sayuran hingga tentang pestisida alami yang digunakan.

kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger
Bersama Pak Adim, pemilik Pradipto Farm
kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger
Ioo diajarin panen
kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger
Senangnyaaaaa lalu mendadak bercita-cita pengen jadi petani juga katanya

Setelah melihat – lihat kebun, kami memutuskan untuk duduk sejenak dan melihat proses pengemasan sayuran yang sudah di bersihkan terlebih dahulu, setelah bersih dan ditiriskan, sayuran di tata dan dikemas dalam wadah plastik khusus yang sudah disiapkan. Sayuran hidroponik ini tentu saja lebih mudah dikonsumsi karena sudah bersih dan kita tinggal memotong bagian bawahnya saja.

Gaya hidup sehat yang saat ini menjadi trend masyarakat merupakan salah satu faktor sayur hidroponik ini memiliki pasar tersendiri, apalagi kaum urban yang sebenarnya sudah menyadari bahwa pola hidup sehat adalah kunci dari hidup yang sehat dan bugar bebas penyakit.

Oya bagi teman – teman yang ingin berkunjung juga ke sini, bisa banget loh dengan biaya hanya Rp. 50.000/orang sudah langsung dapat 1 plastik sayur dan mineral water atau paket Rp 115.000/orang untuk paket visit, plus makan siang berupa nasi uduk kampung, ikan asin, lalapan, sambel dan ayam goreng ( duh nulisnya aja udah bikin laper nih ) dan kebayang aja sih makan di sini dengan suasana kebun hidroponik, pasti menyenangkan plus berkesan banget.

kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger
Sebelum pulang, foto duluuuu

Menurut pengalaman saya setelah ke Pradipto Farm, tempat ini worth to visit apalagi untuk family terutama anak – anak sambil mengenalkan kegiatan bercocok tanam ala hidroponik yang bisa diterapkan juga di rumah. Kegiatan outdoor seperti ini jelas dibutuhkan untuk menyeimbang kegiatan anak-anak yang kini didominasi oleh teknologi dan modernisasi, seperti yang io lakukan di sini. Semangat banget dan happy banget bisa memanen sayuran segar di sini, bahkan setelah pulang mendadak bertambahlah cita-citanya ingin jadi petani juga seperti Pak Adim, aamiin yaa iioo. Sedangkan ia sibuk liat angsa yang berada di area samping kebun, tenang ada pagar pembatasnya kok jadi gakan ada drama dikejar soang haha.

kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger
Nih soangnyaa, sehat ya kamu soang makan sayur sehat terus tiap hari
kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family blogger
Sayur segar sehat Pradipto Farm

Oya, Pradipto Farm ini panen setiap minggunya dengan jenis sayuran yang berbeda-beda yang sudah pasti segar dan sehat, kalian yang ingin coba bisa nih pesen aja langsung melalui WA 081391649966 atau dm instagram ke @pradiptofarm, pengiriman bisa via gosend atau diantar langsung jika area nya dekat dengan pusat pengiriman yakni dari Bintaro Sektor 9.

Kami sekeluarga bersama teman – teman menghabiskan waktu sekitar 3 jam an di sini, rasanya tak ingin pulang jika tak menyadari bahwa perjalanan ke Bandung masih panjang dan hari sudah petang. Tapi jika ada kesempatan lagi, kami pasti akan ke sini lagi.

Yuk teman – teman kita perbanyak konsumsi sayur organik yang sudah pasti lebih sehat untuk tubuh, jangan lupa juga olahraga ya, serta kumpul bersama teman dan keluarga sesering yang kalian bisa karena sudah pasti bikin bahagia.

kebun hidroponik, pradipto farm, travel blogger, family bloggerDan cung yang belum pernah nyobain sayuran hidroponik ? Mesti coba deh dan pasti bakal ketagihan untuk konsumsi terus karena rasanya yang emang beda dari sayuran biasa. Buat teman-teman di daerah Tangerang dan sekitarnya bisa coba langsung order sayur segar sehat dari Pradipto Farm ya !

Pradipto Farm
WA : 081391649966
IG @pradiptofarm

8 thoughts on “Family Trip ke Pradipto Farm, Kebun Hidroponik Ramah Anak

  1. Sebagai penikmat sayuran, saya bisa kalap nih kalau ke sana. Cuma ke pasar atau warung liat sayuran macem2 saja sudah segala dibeli, apalagi datang ke kebunnya langsung. Dompet langsung kosong deh.hehehe

  2. Seru sekali teh kunjungannya, aku termasuk yang suka sayuran dan jadi pengen banget ke sini. Aku makan sayur hidroponik palingan di resto sehat doang hahaha. Kalo ke sini pasti borong deh hihi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *