Belajar SEO, Karena Blogger Bukan Hanya Menulis Blog

belajar seo untuk pemula bersama kak pewe dan mas Irwin

Yasinyasintha.com – Pernah denger ga kalau semakin tau semakin merasa ga tau, hal ini yang kemudian membuat saya selalu haus ilmu. Saya tau betul kalau menjadi blogger bukan hanya tentang memiliki blog dan menulis di sana, lebih dari itu banyak hal yang sebaiknya dikuasai. Terlebih jika ingin menunjang karir atau setidaknya agar tulisan lebih banyak pembacanya, dan inilah pengalaman belajar SEO dari saya.

Berangkat Belajar SEO

Saya masih ingat betul hampir 10 tahun yang lalu menukar ilmu foto dengan belajar SEO, sebetulnya menurut saya SEO ini tak hanya sekedar teknik semata, lebih dari itu punya makna dalam dan tersendiri bagi saya. Seperti, bagaimana kita menuliskan sesuatu yang ingin dibaca orang, atau menempatkan diri sebagai orang awam saat riset keyword. Sedikit demi sedikit, saya mempelajarinya. And thats a long long ago, hehe.

Tak pernah usai pula menurut saya, karena secara algoritma pun terus berubah. Google secara berkala memperbarui cara kerja crawler website dan semua konten yang ada. Maka bisa dipastikan, bahwa mempelajari SEO bukanlah belajar sekali jadi, melainkan sesuatu yang harus dimaintenance. Pada akhirnya, benar kata mas Irwin dan Kak Pewe yang mengatakan :

“ SEO itu seni, menurut A ini belum tentu menurut si B, SEO itu seni cari gurunya jangan dari 1 orang, sebanyak banyaknya jika bisa, karena bisa tajam jika sering diasah “.

Lalu saya beruntung karena kini setidaknya dua orang tersebut menjadi guru SEO saya, 2 orang yang sangat humble dan bersedia membimbing, dari bawah. Yap, dari hal paling mendasar sekalipun.

Saya masih ingat betul, hampir 10 tahun yang lalu berangkat belajar SEO menembus tengah malam dan di sana sampai dini hari. Papi mengajar teman kami ini dahulu, lalu kemudian saya yang belajar dari dia, pertukaran yang menarik bukan ? Saya cukup sungkan untuk minta dibimbing dari awal, maka mengetahui SEO secara garis besar saja sudah cukup membahagiakan. Sisanya, gali-gali sendiri sampai dapat formula yang tepat untuk mengisi website usaha jasa foto pernikahan saat itu.

Saya masih ingat betul, hampir 10 tahun yang lalu memutuskan untuk belajar SEO, yang dengan beruntungnya membuat saya dan papi bisa memajukan usaha kami. Dikenal dan mampu survive di bisnis tersebut. Sejak itulah saya mencintai dunia digital, dan kita tak pernah tau kemana ia membawa kita esok hari, bulan nanti, atau bertahun-tahun kemudian. Sejak itu juga saya tau, bahwa saya suka menulis.

Percayalah, kita tak pernah tau kemana tulisan membawa kita. Karena hari ini, saya kemudian saya bisa memilih untuk menulis di blog saya sendiri.

Saya masih ingat betul, 2 minggu yang lalu memutuskan untuk belajar SEO untuk blog lagi. Hal yang ingin saya lakukan sejak dulu, meningkatkan kualitas diri, mengosongkan gelas dan siap menerima segala perubahan yang dibutuhkan, dipaksa bisa karena memang harus. Karena jika tidak, bersiaplah tertinggal, dan saya tidak mau tertinggal.

Pengalaman Belajar SEO bersama Kak Pewe dan Mas Irwin

belajar seo untuk pemula bersama kak pewe dan mas Irwin
Belajar SEO bersama Kak Pewe dan Mas Irwin

Kedua guru SEO saya ini ilmunya bikin silau, tapi pembawaanya yang down to earth bikin malu sendiri liatnya. Keduanya tak segan membantu jika salah satu blogger kesulitan, saya pernah mengalami backlink bermasalah padahal saya sedang mengerjakan jon tersebut. Pusing setengah mati, udah pengen nangis karena ga ngerti, dan Mas Irwin juga kak Pewe dengan sabar dan teliti membimbing langkah apa yang bisa dilakukan, beberapa cara dicoba dan alhamdulilah berhasil.

Seperti quote di Men In Black Internasional : “ always remember, the universe has a way of leading you to where you’re supposed to be at the moment you’re supposed to be there “ dan betul terasa waktunya sangat cocok untuk saya menanyakan mengenai kelas SEO yang diadakan oleh mas Irwin dan Kak Pewe, sebelumnya saya masih agak takut belajar lagi karena khawatir tak bisa mengikuti, atau mengetahui kenyataan bahwa blog saya tak baik-baik saja selama 5 tahun ini.

Dan yap, saya ikut mendaftarkan diri untuk kelas SEO ini ! Scary and excited at the same time, saya masih ingat bagaimana rasanya saat terbukti bahwa ya saya banyak ketinggalan, tapi ini adalah waktu yang tepat untuk mengejar ketertinggalan. Masih ingat bagaimana 2 hari yang lalu mengetahui blog saya tak baik-baik saja, tapi kemudian saya siap memperbaikinya.

Kelas ini digelar di Whatsapp Group dengan peserta terbatas, sehingga bimbingan yang diberikan juga terasa personal. Isi kelasnya tak basa basi dan bukan kaleng-kaleng, saya diajak untuk melek melihat apa yang harus saya mengerti agar bisa lebih baik lagi.

Apa yang didapat dari kelas SEO online ini ? Here it is :

Google Analytics

google analytic adalah tools untuk sebuah blog atau website
Google Analytics, sudahkah kamu memasang dan memahaminya ?

Penting mengetahui berapa jumlah pengunjung blog. Tapi apakah tahu demografi pengunjung blog ? Padahal mengetahui demografinya jadi hal yang juga penting, karena dengan begitu bisa menulis sesuai dengan usia, lokasi juga perilaku pengunjung. Ibarat kita lagi butuh lalu ada terus, gimana ga sayang ya kan ? Di sini saya kemudian mengaktifkan demografi Google Analytic, baru materi pertama saya saya udah berasa naik kelas, hehe.

Google Seacrh Console

Perlukah mendaftarkan blog kita ke google search console
Apa sih Google Search Console ? Ini kata Google

This one is totally new for me. Yap, karena dulu taunya kan webmaster, dan jujur saja yang ngurusin ini dulu ya Papi. Secara garis besar, Google Search Console ( GSC ) ini memiliki fungsi memonitor kinerja blog kita, terutama di ranah organik. Saya dibimbing dari awal juga nih sama kedua master SEO ini untuk mendaftarkan blog saya agar bisa mengetahui kinerjanya di masa mendatang.

Hal yang baru bagi saya adalah melihat kueri di laman GSC tersebut karena saya jadi tau kata apa saja yang dideteksi Google ada di blog kita. Ini bisa membantu bidikan keyword selanjutnya ya kan? Keren pokonya materi ini tuh.

Keyword Research

riset keyword untuk blogger
Penting memasukan dan menyebarkan keyword pada tulisan

Selama ini mentok yang saya lakukan dalam menentukan keyword di blog adalah dengan mengira-ngira, haha apeu banget ya. Ternyata ada beberapa tools dan website yang bisa membantu untuk menentukan keyword ini, dengan begitu bukan ga mungkin kan bisa nangkring di pejwan Google. Percaya deh, semua ada ilmunya.

SEO On-Page

belajar seo on page pemilik website dan blogger
Ini kata guru SEO ku tentang SEO On-Page

Materi ini cukup berat nih buat saya. Butuh waktu memahaminya dengan betul, dan menemukan juga kesalahan-kesalahan yang saya lakukan selama ini. Di pemapasan materi ini kita dikenalin sama yang namanya LSI atau Latent Semantic Indexing atau mudahnya adalah keyword turunan, atau kata yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung. Di materi on page ini, saya jadi banyak PR juga nih memperbaiki tulisan-tulisan sebelumnya

SEO Off Page

seo off page dibutuhkan untuk meningkatkan rangking di Google untuk
Ini kata guru SEO ku tentang SEO Off Page

Tak hanya di dalam blog. SEO bisa bisa kita usahakan di luar blog, caranya dengan membagikan tulisan kita di media sosial misalnya, atau melakukan collab bersama blogger lain saling tukar backlink. Jika dikerjakan dengan benar, menurut Mas Irwin dan Kak Pewe, menaikan DA ( Domain Authority ) dengan SEO Off Page bukan hal yang njelimet

Audit SEO dan Laman Web

audit blog dibutuhkan untuk mengukur kesehatan blog
Ini yang bikin serem pas hasil auditnya keluar

Yang saya takutkan beneran kejadian di sini, untungnya saya sudah mempersiapkan diri bahwa pasti akan banyak PR yang harus saya lakukan di sini. Tapi tetep aja ketika Kak Pewe mengirimkan hasil audit, rasanya potek hati ini melihat banyaknya masalah yang berulang terjadi di blog saya.

audit website atau blog diperlukan untuk mengetahui sebaik apa laman website Anda
Audit blogku dari kak Pewe, duh PR nya banyak banget tolong

Hasilnya saya punya to do list baru, dengan semangat 45 saya akan memperbaiki kamu, rumah maya ku, blog ku tersayang.

Banyak tertegun dan tertampar sendiri mengikuti kelas SEO online bersama Mas Irwin dan Kak Pewe. Blogger tak hanya harus pandai menulis, karena nyatanya banyak sekali yang harus dipelajari. Mengikuti kelas ini secara tiba-tiba membuat saya banyak tugas, bukan dari gurunya karena sungguh kedua master SEO ini baik luar biasa dan memberi kebebasan mengenai mau tidaknya mengerjakan tugas. Karena pada akhirnya, yang bisa merubah nasib ( blog ) kita adalah diri kita sendiri.

Senangnya, grup whatsapp kami tak dibubarkan kendati kelas sudah usai. Katanya kami masih boleh bertanya, senang ga tuh. Pengalaman belajar SEO ini takkan saya lupakan. This class super recomended SEO class buat yang ingin meningkatkan kualitas diri dan kualitas blog juga websitenya.

Saya jadi ingin mengutip sebuah quote juga yang pernah saya baca, “ SEO adalah ilmu pertama yang dipelajari oleh orang yang terjun ke bisnis online, ditinggalkan karena ketidaksabaran dan salah penerapan, namun akhirnya dijemput kembali ketika segala yang lain tidak berjalan sesuai rencana “

Thats, super true !!

Terakhir, terima kasih banyak Mas Irwin dan Kak Pewe atas bimbingannya dan tentu saja kesabarannya membersamai keinginan saya untuk memperbaiki blog, berkah untuk segala yang dilakukannya, berkah juga ilmunya.

3 thoughts on “Belajar SEO, Karena Blogger Bukan Hanya Menulis Blog

  1. Duuuh itu kebayang sih kalo dapet report audit :p. Lgs keinget kayak di kantor, diksh tau hasil tangkapan auditor apa ajaaaa hahahahahah. Aku blm prnh jg ikutan kelas begini. Yakin pasti banyak PR ku. Slama ini ga terlalu perhatian Krn sbnrnya blogkan hanya utk nyalurin hobiku nulis. Itu Thok. Ga kepengin dipake utk menetisasi. Walo bukan berarti aku ga serius nulisnya. Cm yg menyangkut SEO aku msh blm konsisten utk lakuin :D. Mungkin pelan2 memang harus diubah caraku menulis di blog. Biar tetep bisa bertahan sebagai blogger 😀

    1. Hihi ga juga kak, pasti setiap orang punya kelebihannya hihi. Makanya baiknya belajar dari banyak guru dan sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *