Menjadi Narasumber Foto Produk dengan Smartphone

pembicara foto produk dengan handphone yasinta astuti

Yasinyasintha.com – Berkali saya bilang, kita tak pernah tau kemana sosial media akan membawa kita, and its just happened again! Tiba-tiba di kontak oleh salah satu mahasiswa jurusan managemen Universitas Brawijaya yang meminta saya untuk menjadi narasumber di acara tahunannya, DIY atau Do It Yourself 2020, saya “dilamar” bulan Juni untuk acara yang akan digelar Oktober 2020 kemarin. Tersanjung sekali.

Persiapan Menjadi Pemateri Foto Produk dari Hape

narasumber foto produk dengan handphone, yasinta astuti
Persiapan menjadi narasumber foto produk dengan hape

Sudah beberapa kali menggelar kelas dan workshop foto produk, tapi tetap saja saya degdegan setiap ada acara baru. Rasanya selalu menjadi yang pertama, tapi tau ga hal itu juga adalah yang terus saya jaga tetap ada, memperlakukan pekerjaan seperti itu adalah pekerjaan pertama saya. Dengan begitu akan mempersiapkannya sebaik mungkin, rasa excited yang besar dan membawa performa terbaik pada setiap kelasnya. But honestly, ini workshop online pertama saya, karena sebelumnya selalu digelar offline.

Baca juga ini, 5 tips memotret dengan hape

5 Tips Photography With Phone

Memotret dari hape memang jadi makanan sehari-hari hampir semua orang, kemudahan menjadi salah satu alasan memotret dari handphone digandrungi, belum lagi fitur-fiturnya yang kian canggih tapi tetap mudah digunakan. Membuat foto dengan smartphone semakin jadi pilihan, terlebih bagi para pemilik usaha UMKM, memotret produk menjadi salah satu kebutuhan wajib. Karena foto yang disuguhkan dengan baik.

Untuk persiapan menjadi pemateri foto produk dari hape, saya jadi bebongkar lagi materi workshop dulu. Bongkar lagi file foto produk, dan menyadari banyak diantaranya udah saya hapus ( gatau ini alasannya apa ya sampe hapus – hapus segala kan bisa tetep disimpan tapi resize ) haha yasudalah menyesal pun takan memperbaiki keadaan ya kan.

workshop foto produk dengan hape di seminar online DIY brawijaya
Do It Yourself 2020, and yap ! Thats me

Tiba kemudian menuju hari yang ditentukan, flyer sudah disebar dan saya ikut mengajak teman-teman untuk bergabung sekalian.

Btw saya membuat materi menggunakan Power Point, dengan latar yang sebelumnya sudah saya siapkan berupa format PNG yang dibuat di Photoshop. Hasil akhirnya sendiri berupa format pptx dan PDF, i am ready for DIY 2020.

DIY 2020, Acara Tahunan Fakultas Manajemen Universitas Brawijaya, Malang

seminar onilne foto produk untuk mahasiswa dan umkm
Pemaparan materi, monmaap ga sempet ss pas sessi pemaparan materi, jadinya fotonya seadanya diambil dari instagram doityourself.20

Waktu merayap kadang berlari menuju tanggal yang dinanti sekaligus bikin degdegser di hati. Yap, 17 Oktober 2020 webinar digelar, lebih dari ekspektasi karena peserta yang tadinya ditargetkan maks 50 orang menjadi 69 orang, satu sisi lega banget sisi lain bikin degdegan juga nih. Berbekal materi yang dikuasai dan dipersiapkan, alhamdulilah acara berjalan lancar. Mulai dari sessi pemaparan materi hingga sessi tanya jawab, di akhir semua peserta diajak untuk mengirimkan hasil karya berupa foto buah-buahan dengan menerapkan materi yang sudah didapat, sekali lagi saya merasa tersanjung.

Ada beberapa materi yang saya sampaikan pada acara seminar online DIY : Attracting Consumer Interest Through Product Photo :

  • Camera Setting, di sini saya menjelaskan mengenai tata cara pengaturan kamera hape yang baik sebelum eksekusi foto, di sini kita bisa mengatur ratio, ukuran foto yang diambil dan beberapa hal lainnya. Seperti tidak menggunakan flash, HDR prefer off ( kecuali sikon tertentu ), ada juga tips memotret dengan handphone seperti mengunci focus dan exposure dan tips lainnya.
  • Lighting, kita semua tahu bahwa hasil foto dengan smartphone akan maksimal ketika didukung dengan cahaya yang baik. Paling mudah dan gratis tentu saja menggunakan cahaya matahari. Tapi jika tak memungkinkan bantuan artificial light juga bisa digunakan. Nah ini adalah materi yang saya paparkan juga di seminar online DIY 2020
  • White Balance, terlihat sepele tapi begitu terasa. Begitulah menurut saya mengenai White Balance alias WB ini. Pengaturan warna pada sebuah foto tak bisa dipungkiri bisa memberikan suasana tersendiri pada sebuah foto
  • Angle, pernah saya tulis dan share di postingan instagram. Saat memberikan materi mengenai angle, saya kembali membawakan ini. Sudut pengambilan foto sangat berpengaruh pada ketepatan hasil foto mempengaruhi bentuk objek foto.

Bisa baca di sini juga seputar angle : 4 Angle Motret Produk 

  • Komposisi, tak lengkap belajar fotografi jika tak membahas komposisi. Salah satu unsur yang membuat seseorang disebut sebagai “fotografer” nih karena biasanya ini secara singkat tentang bagaimana kita membagi ruang foto. Di materi ini saya membahas mengenai komposisi dead center, rule of third, negative space, simplifikasi, dan komposisi pemotretan flatlay
  • Product Styling, terdengar berat padahal sederhana aja loh. Sesederhana kita memindahkan objek ke tempat yang lebih “bersih” atau membetulkan posisi objek atau saat menentukan background yang akan dipakai. Saat pemaparan materi ini, saya lebih menitikberatkan pada tips yang biasanya saya lakukan saat memotret dengan smartphone
  • Basic Photo Editing, hasil foto yang bagus tentu jadi tujuan utama. Tapi menguasai basic editing foto tidak ada salahnya bukan ? Menggunakan snapseed, saya kemarin memberikan tutorial berupa video pendek pada saat pemaparan materinya.

Menjadi Narasumber Foto Produk dengan Smartphone dan Juri Lomba Foto

yasinta astuti sebagai pemateri webinar foto produk dengan handphone
Pemberian vandel dari DIY 2020, sumber foto : instagram @doityourself.20

Ini kali pertama jadi narasumber seminar foto produk via online, ada ketakutan tersendiri karena event online seperti ini saya tidak bisa memastikan materi yang saya sampaikan bisa diterima dengan baik atau tidak. Hanya bisa berharap, sudah cukup jelas dan bisa dipahami dan bisa dijadikan bekal untuk peserta yang mengikutinya.

Alhamdulilah seminar DIY 2020 ini berjalan lancar, dari sessi pemaparan hingga tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama.

Rangkaian acaranya DIY tahun 2020 ini dimeriahkan dengan adanya lomba foto dengan objek berupa buah-buahan. Saya lagi-lagi merasa tersanjung karena diperkenankan menjadi juri untuk lomba fotonya juga. Penilaian meliputi beberapa hal diantaranya : teknik, lighting, angle, estetik, dan editing. Alhamdulilah kemudian terpilih 5 orang pemenang yang menurut saya hasil fotonya sudah cukup bagus.

Foto peserta Photo Competition DIY 2020

peserta lomba foto diy 2020 brawijaya
5 besar peserta lomba foto diy 2020

Saya senang sekali bisa jadi bagian dari acara sekeren DIY 2020, dipilih menjadi narasumber foto produk dengan smartphone dan juri lomba foto oleh HMJM Universitas Brawijaya, satu lagi pengalaman baik tercipta.

Sekalipun seminar ini digelar online, tapi tak mengurangi keseruan acara ini. Bahkan saya mendapatkan vandel yang sangat bagus sebagai kenang-kenangan dari DIY 2020 ini. Ahh terima kasih ya panitia DIY dan seluruh HMJM Brawijaya. Semoga bisa bertemu lagi di lain kesempatan dan apa yang saya bagikan bisa menjadi keberkahan untuk semua.

Nah btw, dari jajaran materi singkat tadi. Kira-kira paling mau belajar yang mana ? Nanti saya tulis lengkapnya deh di blog ini tentang materi yang kalian pilih.

5 thoughts on “Menjadi Narasumber Foto Produk dengan Smartphone

  1. Teteh Yas keren! Kalimat pembukanya noted banget buat aku ‘kita tak pernah tau kemana sosial media akan membawa kita’ Bangga juga kalau segala karya dan usaha kita bisa menjadi berkat dengan berbagi ilmu.
    Foto-foto 5 besarnya bagus. Pingin deh belajar semua materi di atas.

  2. Keren nih Teh Yasinta. Saya masih gitu-gitu aja deh kemampuan foto pake smartphone. Komposisi harus coba banyak alternatif, smp bener-bener dapet yg bagus. Ato akunya yg kurang ilmu? hehe…

  3. Hasil foto2mu memang bagus mbaaa :). Aku pun selalu suka ngeliatnya. Eh aku baru tau kalo HDR prefer di off kan aja. Itu kenapa ya? Selama ini aku selalu on kan :o.

  4. Aku mau ditulis di blog semua Mbak..biarin maruk gapapa
    habis dirimu keren sangats..Ya Allah ngajarin mahasiswa foto produk dan jadi juri juga.
    Keren warbiyasa
    Terus melangit dengan karya-karyanya ya!! Semoga sukses selalu!

  5. Maaf teh, saya mau belajar semuanya tapi tulisnya satu-satu yah, biar saya bisa memahami dengan pelan-pelan lalu praktikkan satu-satu. Saya buta sebuta-butanya soal memotret ini padahal saya sukaaa sekali melihat hasil foto-foto dari orang-orang yang sudah piawai, seperti teh Yasinta.
    Tidak apa-apa kan meminta, semoga teh Sinta jatuh kasihan ke saya terus besok – besok nulis, wkwkwk cara norak merayu. Btw, kalau sudah posting, jangan lupa saya dikasi tahu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *