ASI Bernutrisi, Ada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding di Baliknya

review blackmores blogger

Yasinyasintha.com – Lahiran anak ketiga setelah sebelumnya kehilangan buah hati, rumah besar yang kami tempati, tanpa ART menemani, iioo yang berusia 4 tahun dan sedang aktif-aktif ingin dibersamai, lalu disempurnakan dengan suami yang bekerja di luar kota dan pulang seminggu sekali. Satu yang jadi pikiran saya saat itu, akankah saya berhasil menyusui ?

Menyusui Itu Perlu Banyak Support System

menyusui perlu support system
Menyusui dan support system

Jadi satu-satunya sumber nutrisi ideal untuk bayi tidak hanya membanggakan tapi juga sedikit banyak adalah tanggung jawab yang besar. Bayangkan saja, bayi yang lahir sangat bergantung pada ibu sebagai pemasok makanan nomor satu. Tak hanya kenyang, bayi harus cukup nutrisi agar ASI yang dikonsumsi bayi mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Di sisi lain, ibu pun harus memulihkan diri setelah perjuangan melahirkan bayi ke dunia.

Saya masih ingat betul hanya ditemani sekitar 3 minggu saja setelah melahirkan, sisanya jungkir balik di rumah sebesar ini bertiga : Saya, io dan ia yang baru lahir. Tanpa bantuan di rumah untuk sekedar menyambi pekerjaan domestik ibu rumah tangga, yang saya khawatirkan adalah mungkinkah mampu menyusui, apakah ASI saya cukup untuknya ? Bagaimana saya melewati ini ? Alhasil, bukan deras ASI yang terjadi, melainkan ASI mendadak. Dipencet-pencet pun nihil, tak ada yang keluar. Nah kan panik !

Saya menarik napas panjang di sela – sela ingin menangis, pelukan dari suami adalah support terbaik untuk saya berjuang lagi, tidak hanya suami deng karena saat itu io yang masih balita saja sangat perasa dan turut membantu dan bekerjasama. “We are team, Mami“ serunya, saya masih ingat. Saya kemudian belajar meyakinkan diri bahwa saya adalah ibu yang istimewa dan kuat, istimewa untuk bayi perempuan yang istimewa, ibu yang kuat untuk keluarga yang hebat.

Ajaib memang, ASI saya kembali, belum deras dan cenderung bertekstur cair dan agak bening,“hmm apa lagi ini ?”

Tantangan lain hadir dalam bentuk bayi yang tak kunjung kenyang, berat badan stuck dan tidurnya tidak lelap, padahal sudah menyusui beberapa waktu lamanya, alhasil iiaa cenderung rewel karena masih lapar sementara badan saya sudah remuk rasanya. Terima kasih pada Ibu-Ibu, portal berita dan forum yang seringkali membagikan pengalaman soal ini, dikatakan kondisi yang saya alami ini karena kebutuhan nutrisi dan jumlah ASI yang dibutuhkan anak meningkat sedangkan kualitas ASI saya segitu-gitu saja. Kualitas ASI saya juga artinya kurang bagus, makanya bayi pengennya menyusu terus.

Ahh apa lagi ini ? Bisik hati ini.

Ciri – Ciri ASI Berkualitas

asi berkualitas
Foto session ia ( 1 month old ) abis mabok ASI

Saya tadinya mengira, ASI ya kualitasnya sama setiap harinya. Nyatanya tidak, bahkan makanan yang kita konsumsi saat menyusui akan turut mempengaruhi preferensi anak menyukai suatu makanan atau tidak. Selain kuantitas, anak membutuhkan ASI yang berkualitas. Nah ada cirinya ternyata, apa ya ? Yuk kenali ciri ASI berkualitas :

  • Dari segi warna, ASI yang berkualitas cenderung memiliki warna yang kekuningan atau putih pucat, tapi ini dipengaruhi dengan berbagai hal juga
  • Bayi tidur nyenyak, ini salah satu indikator palin mudah mengukurnya. Bayi yang tidur nyenyak setelah menyusu atau memiliki kualitas tidur yang baik didukung oleh kualitas ASI yang bagus
  • Kenaikan berat badan bayi, seolah punya target rasanya saya sering ngecek grafik kenaikan berat badan iiaa, berdasarkan KMS ( Kartu Menuju Sehat ) yang biasanya jadi pedoman mamak-mamak mengukur berat dan tinggi anak. Karena salah satu ciri ASI berkualitas bisa dilihat dari kenaikan berat badan buah hati kita, misalnya saat memasuki 4–6 bulan, kenaikan berat badan berkisar antara 90–120 gram setiap minggu.
  • Frekuensi buang air kecil, bergembiralah jika anak sering pipis. Karena itu artinya ia mendapatkan ASI yang berkualitas, lalu dari segi tampilan bisa dilihat berwarna jernih
    Setelah tau ciri kualitas ASI, pastinya jadi bertanya – tanya bagaimana kita meningkatkan atau mempertahankan kualitas ASI untuk anak. Saya punya cara tersendiri, diantaranya :
  • Istirahat cukup, jungkir balik banget di 1 tahun pertama menyusui ia. Karena selain LDM sama suami, saya tinggal di rumah yang cukup besar tanpa ada yang membantu, jadi pakepuk banget deh urus io yang 4 tahun dan sekolah, lalu ada bayi. Saya biasanya ga terlalu ambil pusing urusan rumah yang berantakan, baju saya dan io saya laundry, minum pake botol jadi ngurangi cucian gelas. Ga masak dari awal, jadi nyetok makanan setengah matang dan memutuskan catering ke tetangga yang jago masak agar fresh makananya.
  • Makan sayur dan buah, udah kaya herbivora deh kayanya saya tuh pas menyusui iiaa, haha. Saking bulatnya niat untuk menyusui secara eksklusif. Kangkung, bayam, katuk,sawi, keciwis, daun singkong dan sayuran lainnya digilir tiap hari, tahu tempe ga pernah kelewat. Buah apel dan pisang selalu sedia, hidup gaya hidup sehat !
  • Perbanyak minum air putih, saya beruntung nih termasuk yang punya kebiasaan minum air putih yang banyak, jadi pas menyusui makin rajin minum dan selalu sedia botol minum di jangkauan tangan
  • Kelola stres, bohon jika dikatakan menjadi ibu tanpa hambatan. Banyak faktor pemicu stres yang kalau ga ditangkal bisa – bisa bikin depresi, and i’ve been there saat iiaa 5 bulan. Ngeri banget, dan punya support system yang bagus adalah salah satu kunci bisa mengelola stress
  • Konsumsi suplemen khusus untuk meningkatkan kualitas ASI, kalau ngandelin makan dan minuman yang kita konsumsi udah babak belur kayanya kualitas ASI saya. Dan kemudian memutuskan mengkonsumsi suplemen multivitamin dan mineral yang diperuntukkan untuk bumil dan busui, ini bagus banget buat meningkatkan kualitas ASI, ga Cuma kualitasnya aja jumlah ASI pun juga melimpah, penyelamat banget emang : BLACKMORES Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG)

Tentang Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ( PBFG )

blackmores review - blogger
Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

Bulan Agustus ini, bertepatan dengan World Breasfeeding Week, dukungan ibu memberikan ASI pada buah hati meggema di penjuru dunia. Tak hanya untuk buah hati saja, kesehatan ibu saat menyusui tak lepas dari perhatian Kalbe Farma sebagai perusahaan yang memproduksi farmasi, suplemen, nutrisi dan layanan kesehatan. Tak diragukan lagi produk Blackmores ini jadi andalan ibu hamil dan menyusui dalam melengkapi kebutuhan nutrisi dan mineral.

Setidaknya terdapat 17 nutrisi esensial dalam Blackmores PBFG antara lain asam folat dan zat besi yang dapat membantu menjaga ibu dari resiko anemia, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu. Blackmores PBFG juga mengandung Omega 3/DHA tidak berbau sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi. Selain untukmenunjang pertumbuhan otak dan mata buah hati, Omega 3/DHA penting dikonsumsi karena dapat mengubah vitamin, mineral dan lemak menjadi lebih baik kadarnya.

review asi booster, blackmores

Kalbe Blackmores Nutrition melalui produk untuk ibu hamil dan menyusui, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG), berupaya untuk membantu ibu hamil dan menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi. Blackmores PBFG mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan agar ibu dapat secara optimal memberikan asi bernutrisi, khususnya di masa 1.000 hari pertama kehidupan si buah hati” ungkap Dian, selaku Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition.

Ada juga Tifanny Pratiwi Suwandi, selaku Brand Manager Kalbe Blackmores Nutrition juga lebih lanjut menambahkan bahwa pentingnya dukungan dari berbagai pihak agar proses pemberian ASI berjalan lancar tanpa kendala. Lebih lanjut, beliau menambahkan bahwa Kalbe Blackmores Nutrition lewat akun instagram @blackmoresid tak henti untuk memberikan edukasi seputar ASI dan menyusui dan mengajak para ibu bersatu dan tak enggan untuk berbagi pengalaman dan tantangan di masa menyusui.

Harapannya jelas, karena dengan demikian kita sesama ibu bisa saling menguatkan dan tak merasa sendiri, sehingga bisa lebih peracya diri dalam menjalani masa menyusui dan memberikan ASI bernutrisi bagi si buah hati.

Tak hanya itu, Kalbe Blackmores Nutrition dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui juga telah dibuktikan melalui kerjasama Blackmores Nutrition dengan Bumi Sehat Foundation, organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layak.

Setidaknya ada 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gols dibagikan setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua. Ini tercipta atas kerjasama bersama Yayasan Bumi Sehat sejak 2017 demi terpenuhinya kebutuhan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan buah hati, hal ini disampaikann oleh Bapak Dickson Susanto, General Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

Pengalaman Menggunakan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

review blackmores blogger
Pengalaman menggunakan Blackmores selama menyusui

Seperti telah saya ceritakan dari awal, bahwa BPFG alias Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini adalah penyelamat saya sehingga lancar menyusui dalam menghadapi tantangan saat menyusui ia. Saat mendapati ASI yang melimpah dengan kualitas yang bagus saya menjadi tenang menjalani masa menyusui.

Bagi saya, suplemen multivitamin saat menyusui ini penting banget karena kita mungkin tidak bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan tubuh lewat makanan yang kita konsumsi, supaya makin yakin, cek yuk komposisi PBFG di bawah ini :

Komposisi :
Asam folat 200 µg, Kalium iodide 98 µg (Iodium 75 µg), Fish oil 500 mg mengandung 165 mg Omega-3 (DHA 125 mg + EPA 25 mg), Fe (II) fumarate 15.7 mg (Zat besi 5 mg), Niasin 7.5 mg, Vitamin C 30 mg, Kalsium karbonat 300 mg (Kalsium 120 mg), Zinc sulfat 20.8 mg (Zinc 7.5 mg), Magnesium oksida 49.8 mg (Magnesium 30 mg), Thiamine nitrate 500 µg (Vitamin B1 405 µg), Riboflavin (Vit B2 750 µg), Pyridoxine HCl (Vit B6 750 µg), Vit B12 1.5 µg, d-alpha tocopherol (natural Vit E 5.21 IU), Dunaliella salina cell extract soft concentrate 72 mg

review Blackmores - yasinta
Packaging Blackmores

asi booster blackmores

Dari segi kemasan, saya suka sekali dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini karena dikemas dalam botol dengan tutup semi karet yang mudah dibuka dan ditutup dengan rapat. Biasanya saya membeli PBFG yang berisi 60 kapsul, pas untuk satu bulan karena saya cukup mengkonsumsinya 2 kapsul saja setiap harinya setelah makan.

suplemen menyusui, asi booster
2 kapsul Blackmores per hari untuk lancar menyusui dan ASI bernutrisi

review blackmores

Tersedia juga botol dengan isi 120 kapsul dan 180 kapsul biar tenang kalau banyak stok multivitamin gini ya kan. Soal kapsulnya sendiri, ukurannya memang cukup besar, tapi karena bentuknya adalah soft gel jadi lebih mudah diminum.

Saya sendiri mengkonsumsi Blackmores ini selama masa menyusui, ga pernah merasa kurang dengan jumlah ASI dan semakin tenang karena yakin ASI saya bernutrisi, alhasil masa menyusui ia berjalan dengan lancar dan menyenangkan setelah mengenal Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini, benar-benar teman yang istimewa bagi momen istimewa.

Produk Blackmores ini mudah ditemukan di toko perlengkapan ibu anak, apotek maupun secara online di Official storenya di e-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada atau Shopee.

Semangat ya ibu-ibu di seluruh dunia, kita ini hebat ! Semangat dalam mengASIhi, jangan lupa cintai diri sendiri, percaya diri dan konsumsi makanan bernutrisi dan Blackmores untuk mendukung langkah kita memberikan yang terbaik bagi buah hati, dan buat mom to be. Konsumsi dari sekarang deh, bakal berasa banget pas menyusui nanti.

Yuk siapkan ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa!

Website : https://blackmores.co.id/mom-and-baby
Instagram : @blackmoresid

12 thoughts on “ASI Bernutrisi, Ada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding di Baliknya

  1. Ternyata perjuangan banget yach, memberikan asi yang terbaik buat si kecil. Terimakasih sharingnya mba.

    1. Makasi mbak sudah mampir. Perjuangan banget emang untuk sampai di titik sukses menyusui, semangat selalu

  2. Alhamdulillah ada Blackmores ini selama masa menyusui, jumlah ASI cukup dan ASI bernutrisi, sehingga berjalan dengan lancar dan menyenangkan .
    Memang benar-benar bisa jadi teman yang istimewa bagi momen istimewa ya Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini.

    1. Iya mbak Dian, suplemen Blackmores ini bantu banget ASI bagus dan melimpah. Kalau udah gini kan jadi tenang yaa hati

  3. Aahhh Nano Nano ya rasanya masa menyusui itu mba. Apalagi klo support system berkurang atau gak maksimal… Duh… Beruntung ada Blackmores sebagai suplemen pelengkap untuk mendukung kita memberikan ASI berkualitas untuk baby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *