Music Tour Swara Harmony, Cari Tau Minat Musik Anak

les musik anak

Yasinyasintha.com – Sejak ada keyboard di rumah, dan io sehari setidaknya beberapa kali memainkannya membuat aku penasaran, kira-kira io ada minat ke musik ga ya ? Atau mungkin adakah bakat musik di dalam dirinya. Jika iya, apa ya kira-kira alat musik yang cocok untuk io ? Saya yakin, banyak ibu penasaran juga pada minat musik si anak, daripada menerka akhirnya aku jajal juga music tour dari Swara Harmony, anak dikenalkan dan diajak mencoba langsung alat musiknya.

Musik dan Anak-anak

swara harmony music tour 2
iioo mencoba pernapasan pas belajar vokal

Suara adalah hal pertama yang kita perkenalkan pada anak, bahkan sedari dalam kandungan sekalipun. Maka musik sudah jadi bagian dari hidup seseorang, masing-masing dari kita pasti punya musik favorit atau mungkin alunan nada tertentu, jadi bisa dibilang musik adalah hal yang dekat dengan kita, bedanya ada yang menghidupkannya ada yang menyimpannya untuk sendiri saja.

Bagi anak-anak, musik punya peranan penting diantaranya :

  • Mencerdaskan otak
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan konsentrasi anak
  • Melatih kemampuan motorik
  • Meningkatkan kreativitas

Saya emang udah ngebayangin banget bisa ngasih kesempatan buat belajar musik, maklum aku dulu ga pernah punya kesempatan macem ini. Belajar alat musik ya pas sekolah aja, itu pun semacam gamelan dan suling tradisional ( dan pernah nyambi nyanyi dangdut haha ).

Udah agak lama juga punya rencana ngenalin io ke sekolah musik, kayanya pas io umur 4 tahunan udah makin besar tekad kami, tapi saat itu keburu hamil dan merawat iiaa, jadi rencana tersebut kami tunda.

Music Tour di Swara Harmony

swara harmony music school
Swara Harmony Music School

Pucuk dicinta ulam pun tiba, saat tau kalau ada program Music Tour di Swara Harmony. Jadi ini adalah program untuk mencoba 4 alat musik atau program kelas di Swara Harmony tanpa terikat, artinya dengan mencoba ini kita tidak terikat wajib mendaftar kelas langsung, walaupun setelah dicoba, ya jadi pengen les di sini aja karena keliatan banget anaknya nyaman, gurunya ramah dan komunikatif.

Bayarnya, cukup Rp. 200.000 saja untuk mencoba program ini, setelah mendaftar kami kemudian mendapat jadwal, berhubung rumah kami agak jauh dari lokasi Swara Harmony Music School, akhirnya kami memutuskan untuk music tour io dalam satu hari, total durasi 2 jam dengan mencoba 4 alat musik.

Keseruan Mencoba Music Tour di Swara Harmony

belajar drum untuk anak di bandung
Music Tour Swara Harmony

Dijadwalkan pukul 12.30 WIB, kami meluncur ke kawasan Ruko Paskal Hypersquare dimana Swara Harmony ini berada, disambut dengan ramah. Dan kemudian kami dinfokan bahwa io akan mencoba instrumen berupa : Biola, Vokal, Piano dan Drum. Gausah khawatir, di sini menerapkan protokol kesehatan kok, bahkan sebelum masuk ruangan SH, kami musti disemprot desinkfektan, semua orang di dalam menggunakan face shield dan masker, lalu saat belajar vokal, dipasang juga shield setinggi orang dewasa agar masker anak bisa dilepas dan berlatih vokal.

Iioo udah excited banget mencoba alat musik, ini kali pertama untuknya. Selama ini, secara langsung io hanya tau keyboard, piano, gitar dan ukulele. Sisanya tau dari layar kaca saja, maka saat mencoba dan memegang biola, io sampe bergetar kegirangan. Dipandu oleh guru biola langsung, kak Cecilia. Iioo dikenalkan pada biola, memetiknya, memegangnya dan mencoba menggeseknya. Yang bikin takjub adalah ternyata setelah saya intip, arahan nada yang dikenalkan kak Cecil berupa not balok, dan menemukan io bisa membaca not balok jadi terharu sendiri, anakku pintar sekali.

les musik anak
Iioo diajarin biola oleh kak Cecilia

30 menit berlalu dengan cepat rasanya, io lanjut belajar vokal. Dan untuk pertama kalinya, saya jadi tau juga nih kalau menyanyi yang bagus itu didukung dengan belajar teknik vokal yang ternyata ga gampang, kaya artikulasi yang jelas, posisi tubuh, juga power saat menyanyi juga dibutuhkan. Thanks kak Prilia yang sabar banget sama io pas belajar vokal, anaknya goyang-goyang mulu haha.

Belajar vokal dari kak Prilia - Music Tour Swara Harmony
Belajar vokal dari kak Prilia – Music Tour Swara Harmony

Setelah 1 jam mencoba biola dan vokal, kami diberikan waktu untuk rehat selama 30 menit. Ini demi memulihkan stamina dan fokus io dulu. Apalagi bagi anak kinestetik kaya io, meskipun menyenangkan sekali bermain musik, tentu cukup melelahkan. Untungnya SH ini berada di kawasan paskal hypersquare jadi mencari tempat jajanan dan jalan-jalan sedikit tidak sulit, setelah io on lagi kami kemudian mulai kembali.

Note : Satu yang harus dipastiin ya, jadi pastikan jadwal yang kita buat bersama SH ini udah fix, karena berhubungan dengan jadwal guru dan murid lainnya.

swara harmony - gitar
iioo coba belajar gitar

Instrumen ketiga yang dikenalkan pada io adalah gitar, bersama kak Yanuar yang juga jago main saxophone dan klarinet, io diajak untuk mengetahui alat musik tiup. Dan khusus alat musik ini ga bisa dicoba ya, karena berhubungan dengan oral. Tapi liatnya aja mata io udah berbinar – binar. Untuk kali pertama, melihat klarinet beneran soalnya biasanya Cuma liat di kartun Spongebob ya kan.

Mencoba gitar ini io agak kesulitan, karena ukuran gitar yang relatif besar, tapi meski begitu io diajak mencoba memetik gitar bersama kak Yanuar. Setelahnya, giliran alat musik yang io tunggu akhirnya. Iyah, io coba drum dipandu oleh Kak Dewa.

belajar drum anak, les drum anak bandung, sekolah musik anak
belajar drum anak, les drum anak bandung, sekolah musik anak

Pukul-pukul dan membuat suara udah jadi kebiasaan io, maka saat diajak mencoba drum, doi maunya main tempo yang cepet. Ga asal pukul loh ya, kak Dewa ini ngasih tau juga nama masing-masing bagian drum, diajarin dasar drum : dung tak, dungdungdung tak, ya semacam itu lah. Diajarin megikuti lagu dengan tempo yang lambat, ahh baru liat aja akutu udah terharu loh.

mom blogger bandung - sekolah musik anak
Ioo langsung coba drumnya sendiri

Saya beruntung, karena yang mengajak io mencoba music tour ini adalah teman lama Papi, bu Carolina. Teman dari jaman kami masih pacaran sampe sekarang udah beranak wkwk, berhubung beliau tau kami di rumah punya keyboard, diajaklah juga io mencoba piano. Meski singkat, tapi io begitu ingat bagaimana bu Carolina mengajarinya.

Setelah sessi music tour selesai, kami kemudian di tak melewatkan untuk foto bareng. Ketemu temen lama masa iya melewatkan foto bareng ya kan hihi.

sekolah musik bandung
Foto bareng dulu sama teman lama kami, bu Carolina
swara harmony review
Iioo ga melewatkan foto bareng juga sama kak Dewa, guru drum-nya io

Well, music tour ini jadi pengalaman tersendiri untuk io, juga untuk saya dan papi. Setidaknya kami jadi punya bayangan apa jenis alat musik yang io minati, lalu pengetahuan juga pengalaman io pada musik setidaknya bertambah. Sekarang io di rumah jadi rajin main piano, praktek posisi jari yang diajarkan oleh bu carolina nih katanya.

Program music tour ini super recomended deh, dan bagi pembaca yang ingin mencoba juga bisa hubungi langsung nih Swara Harmony Music School ya dan atur jadwalnya. Menurut kalian sendiri gimana nih, penting ga mengenalkan musik pada anak sejak dini ? sharing yuk !

Swara Harmony Music School
Ruko Paskal Hyper Square Blok B no 26 lantai 2, 3 & 4,
Jl. Pasir Kaliki No.25, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung
Telepon: 0851-0078-4797

One thought on “Music Tour Swara Harmony, Cari Tau Minat Musik Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *