membuat sessi foto anak di rumah , kids photography, DIY kids photography
Photography

KIDS PHOTOGRAPHY : Membuat Sendiri Sessi Foto Anak di Rumah

January 30, 2017

Foto-fotonya flashback 1 tahunan yang lalu. 

Punya foto anak? Punya pasti atuh, bahkan bisa dibilang tiga perempat dari galeri hp seorang emak biasanya adalah foto anaknya, foto anaknya lagi duduk, makan, main, tidur, mandi dan apa saja. Semuanya punya cerita sendiri, menghadirkan rasa sendiri saat menatapnya kembali. Nah lalu bagaimana dengan menggelar sessi foto anak? Yang secara khusus direncanakan dan di set sedemikian rupa ? Saya punya cerita dan beberapa tipsnya.

Agak nyesel karena waktu io baby banget ga kepikirian ngebuntel-buntel dia jadi semacam lontong lucu lalu difoto, pernah coba pas io mulai duduk dan sessinya gagal total karena juga ga berhasil duduk lama dan anaknya kurang anteng-an walau ada mainan. Coba lagi pas io agak gedean dikit, di suatu siang pas iioo berumur kurang lebih  15 bulan dan baru pandai berdiri tapi belum bisa jalan, saya dan papi mendadak punya ide bagus mengenai mencoba lagi membuat sessi foto untuk io. Moodnya yang sedang baik akhir-akhir itu, sering anteng duduk manis, lagi sering ngaca memperhatikan diri sendiri ? ( ini pasti dari emaknya wkwk ), lalu dia baru bisa berdiri tapi belum bisa melangkah hahha. So I think it’s a perfect time !

kids photography, DIY kids photography
Begitu io bobo langsung set tempat foto buat io pas dia bangun

Tips membuat sendiri sessi foto anak :

  • Pastikan anak dalam kondisi good mood. Dari pagi saya perhatiin iioo dia cungar cengir mulu bikin saya makin kesengsem, makannya lahap dan senang main pesawat saat itu.
  • Pastikan anak kenyang dan cukup tidur. Sessi ini justru saya siapkan pas io tidur, jadi jam setengah 12 an siang iioo makan lalu setengah 1 nya doi bobo ganteng, bangun setengah 3. Selama io tidur saya dan papi pak pik pek ngumpulin barang-barang buat sessi foto dibelakang rumah.
  • Siapin diri jadi tim hore, siap-siap teriak – teriak ” ini liat sini.. Itu apa, eh mana senyumnya ” terus gitu diulang-ulang semacam kaset rusak hehe. Mandinya tar aja soalnya pas sessi keringat bercucuran hehe *tips macam apa ini
  • Pikirkan setting tertentu ( jika mau ) seperti saya cerita diatas, memori hp saya emang penuh sama foto io, udah jarang deh saya selfie semenjak keberadaannya *ini beneran. Nah emang pengen bikin yang ga biasa, dalam arti sessi foto beneran di mana kejadian tersebut disetting sedemikian rupa. Kalau foto io dengan berbagai aktifitas udah bejibun banget, yang bedain cuma baju dan backgroundnya dan dia nya yang tambah besar. Pas kepikiran bikin sessi foto ini, saya dan papi bikin temanya traveling *tjie kereen ya. Ini konsep dadakan mengingat properti di rumah sedang ada banyak koper dan io lagi suka main pesawat. Kalau di rumah lagi banyak kue, pasti kita bikinnya tentang cheff gitu whehhee.

Ahh tipsnya segitu doang aja menurut saya mah.
Jadi begitu doi bangun, saya cuma bilang ayo main di luar dan buru-buru gantiin bajunya, taro di dalam koper, ajak liat sana itu , kasih mainan ini itu, selama itu pula shutter terus menjepret. Sebenernya dititik ini mungkin antara doi anteng atau nyawanya belum ngumpul yah hahha. Maafkan mami nak.
Dan jujur sessinya cuma bertahan 15-20 menit doang, setelah keliatan  ga betah walau saya udah niup gelembung sekuat angin, mau ga mau fotonya diudahin. Puas banget karena pas liat banyak foto yang pas.

Foto-fotonya kurang lebih kaya gini, tempatnya dibelakang rumah.

membuat sessi foto anak di rumah , kids photography, DIY kids photography
Ini lah hasil ” liat sana, liat sini, Itu apa?! ” hehe
membuat sessi foto anak di rumah , kids photography, DIY kids photography
Ini favorit versi saya 😀
membuat sessi foto anak di rumah , kids photography, DIY kids photography
Iioo berdiri tapi belum bisa jalan, kesempatan bagus kan buat difoto
membuat sessi foto anak di rumah , kids photography, DIY kids photography
Kaca, best prop saat itu. Dia berhasil diam sekitar 3 menit 😀
membuat sessi foto anak di rumah , kids photography, DIY kids photography
Menit-menit sebelum sessi akhirnya disudahi 😀

Foto berakhir beresin properti dan ajak io mandi. Seperti tidak terjadi apa-apa, tapi kemarin-kemarin io liat foto-foto ini dia yang udah pandai ngomong bilang ” ini pio, main pesawat jadi pilok ” hihi. Wajah io udah berubah juga dari foto setahun yang lalu, dulu masih agak montok, sekarang karena aktif jadi segitu-gitu aja, senyumnya sih selalu jadi juara di hati saya.
Beresin folder foto anak dari berbagai sumber, hp saya, hp papi, kamera dengan waktu yang berbeda, membuat saya sadar betul. Foto-foto ini akan jadi kenangan yang indah dikemudian hari, saat io sudah bukan bayi lagi hingga dewasa kelak. Setidaknya saya punya banyak gambarmanis untuk dilihat.
Foto bagi saya adalah catatan sejarah, apalagi soal anak. Makin besar kerasa deh iioo udah agak susah difoto, harus curi-curi kesempatan, jadi senang rasanya bisa punya foto ini. Mengingatkan pada banyak hal, ga jarang berujung pada haru biru.

membuat sessi foto anak di rumah , kids photography, DIY kids photography
I love you

Hehhe malah jadi curhat.
Menggelar sendiri sessi foto anak bagi saya jadi cerita tersendiri. Seru aja pokoknya. Sekarang banyak juga jasa foto baby, kids and family kalau ga mau repot, cuma yang saya tau harganya emang agak mihil. Iya lah namanya motret anak, harus sabar dan ngikutin mood si anak. Foto baby yang dibuntel-buntel gitu juga perlu keahlian khusus.

Oya, foto ini pakai kamera canon 600D dan lensa 85mm F 1,8 dengan settingan AV ( wkkwkwk setting cepat favorit ) ga pake flash karena masih terang sekitar pukul 15.00 – 15.30 WIB
Yang penting dicatat sih, perhatikan fokus ya. Jangan sampe semuanya udah pas malah miss fokus, kalau dikit mah santai sih masih bisa diperbaiki di photoshop hehe

Jadi tertarik ga bikin sendiri sessi anak ? Selamat mencoba ya, dan semoga sharing fotografi saya kali ini bermanfaat ya.

Salam jepret,

yasinyasintha.com

Only registered users can comment.

  1. kereeeen mbaaa :D.. ihh, kalo kamu mah kayaknya memang ga usah lg sewa photographer ;p.. yg ini udh cakep2 hasilnyaa… aku blm kepikiran mau bikin sendiri, soalnya anakku ga bisa dieeem ;p, wkwkwkwk… dulu kakanya pernah kita foto di studio.. dan usaha banget itu dapat foto2 yg bgs 😀

  2. aww lucu banget <3
    Keren bisa foto foto sendiirii kreatif sangat

    Sayang aku blm menikah dan belum punya dedek jadinya hahaha
    Kayaknya patut di coba nanti 😀

    1. Ga sampe satu jam, keburu iioo keliatannya ga nyaman. hihi Jadi emang di banyakin mainan aja, ambilnya candid gitu akhirnya

  3. Io lucu banget, dan iya yah momen anak baru bangun tidur itu innocent’nya makin dapet ternyata ya.

    Suka gemes juga ngeliat mereka baru bangun, meskipun bau acem tetep aja diciumin ya hahaha. Trims tipsnya Mbak, jadi penasaran nih hehehe.

  4. Pio jadi pilot ya maksudnya? Soalnya pilok kan artinya cat semprot juga, sempat nggak ngeh dengan perkataan io hihihi.
    Saya belum pernah coba foto anak-anak dengan niatan di set propertinya dan lokasinya. Keseringan candid, mbak 🙂
    Itu foto anak-anak aja udah banyak banget di HP. Pun disimpan di komputer sampai penuh, Iya folder-foldernya perlu dirapikan pula 🙂 Hmm… Mbak taruh dimana foto-foto biar nggak sampai penuh di hard drive?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *