Jenis Asuransi Mobil Terbaik dan Cara Bayar Pajak Online

kendaraan yang dimiliki sebaiknya diasuransikan untuk mengantisipasi adanya kerusakan

Memiliki asuransi mobil akan membuat kita sebagai pemilik kendaraan tidak perlu merasa khawatir dengan mahalnya biaya perbaikan di bengkel, atau ketika mengalami pencurian/perampasan kendaraan karena perusahaan asuransi mobil yang akan menanggungnya.
Tidak hanya menjamin perbaikan akibat benturan dan kerusakan saja, yang di cover asuransi mobil hingga bencana alam dan kehilangan.

Seperti diketahui, asuransi mobil merupakan produk jaminan finansial yang memberikan perlindungan atas segala risiko yang terjadi terhadap mobil kesayangan seperti mengalami kecelakaan, kehilangan, atau pencurian.

Selain menyadari pentingnya asuransi mobil, Anda selaku pemilik kendaraan harus tahu juga cara bayar pajak mobil. Termasuk, cara bayar pajak mobil online via ATM.

Mengenal 2 Jenis Asuransi Mobil

asuransi mobil diperlukan untuk proteksi mobil

Asuransi mobil terbagi ke dalam dua jenis, yaitu asuransi mobil all risk (comprehensive) dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil all risk menanggung semua risiko alias menyeluruh, sedangkan asuransi mobil TLO hanya menanggung kerusakan parah saja. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi pertanggungan maupun besaran premi.
Sementara produk asuransi TLO memberikan ganti rugi atas risiko kerusakan di mana biaya perbaikannya sama atau lebih dari 75 persen nilai aktual kendaraan.

Premi asuransi mobil bisa ditarik jika masa asuransi belum berakhir. Namun, jika sudah pernah mengajukan klaim, nominalnya akan disesuaikan. Bila belum pernah klaim, premi yang dikembalikan sesuai dengan sisa masa asuransi.

Pertanggungan Asuransi Mobil

Umumnya, asuransi mobil memberikan pertanggungan dasar atas kerugian yang disebabkan oleh beberapa berikut:
● Benturan, tabrakan, terbalik, terperosok atau tergelincir.
● Kebakaran (termasuk tersambar petir).
● Perbuatan jahat.
● Pencurian (termasuk pencurian yang diawali atau diikuti tindakan kekerasan).
● Risiko-risiko lainnya.
Selain itu, nasabah juga bisa membeli perluasan manfaat asuransi (dengan tambahan premi) yang menanggung hal berikut:
● Banjir dan angin topan.
● Gempa bumi dan tsunami.
● Huru-hara dan kerusuhan.
● Tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Bayar Pajak Mobil Secara Online

cara membayar pajak mobil secara online

Setelah mengetahui jenis-jenis asuransi mobil, Anda juga harus membayar pajak mobil. Salah satu cara paling mudah bagi Anda yang supersibuk adalah secara online. Tak perlu lagi pergi ke Samsat sampai harus antre berjam-jam untuk membayar pajak, Anda hanya cukup membayar pajak secara online.

Pasalnya, kalau gak bayar pajak mobil atau pajak motor, maka kendaraanmu itu gak bakal bisa dibawa ke mana-mana. Sebab begitu ada pemeriksaan oleh Polisi bersama dinas perpajakan daerah, pemilik kendaraan yang belum bayar pajak kendaraan akan ditindak.

Telat bayar pajak kendaraan bermotor atau PKB juga bisa bikin kamu kena denda, besarannya variatif, bisa lebih dari 25 persen dari pajak, tergantung dari berapa lama kamu telat bayarnya.
Saat ini, bayar pajak kendaraan bermotor, terutama untuk pajak tahunan kendaraan bermotor sangat mudah. Sudah ada beberapa provinsi yang mempermudah warganya dalam membayar pajak kendaraan bermotor atau PKB.

Adapula Samsat online nasional yang merupakan jaringan elektronik dari Tim Pembina Samsat Nasional untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan.

Tempat Bayar Pajak Mobil

Berikut beberapa tempat bayar pajak yang bisa kamu datangi, termasuk cara bayar STNK online melalui minimarket.

  • Samsat, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dari dulu menjadi satu-satunya tempat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan. Di sini kamu bisa membayar pajak tahunan, juga penggantian STNK lima tahunan.
    Jangan lupa untuk membawa syarat bayar pajak mobil atau motor secara lengkap, ya.
  • Samsat Drive Thru, Pembayaran pajak bermotor kini bisa dilakukan layaknya memesan makanan di restoran cepat saji. Fasilitas yang disediakan adalah Drive Thru Samsat.
    Bayar di tempat ini dijamin lebih cepat ketimbang di Samsat pada umumnya, bahkan kamu gak perlu turun dari kendaraan. Waktu yang dibutuhkan kurang dari 2 menit. Wah, cepat banget ya!
    Tapi sayangnya layanan ini baru ada di Jakarta. Jadi untuk warga di daerah lain, mungkin untuk lebih bersabar, siapa tahu saja di tempat kamu bakalan ada yang kaya gini.
  • Kantor kecamatan, baru tau ga nih? keistimewaan yang satu ini juga hanya berlaku di Kota Jakarta. Pada tahun 2015 lalu, pihak Pemprov telah meluncurkan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor via Kantor Kecamatan. Keuntungannya membayar di Kecamatan, para wajib pajak jadi gak perlu repot-repot lagi untuk berjalan jauh ke kantor Samsat dan mengantre.
    Tapi sayangnya, Kecamatan hanya melayani pembayaran pajak tahunan saja. Kalau pajak lima tahunan atau penggantian STNK, kamu tetap harus melapor ke Samsat.
  • Samsat Keliling, Ada juga pilihan alternatif lainnya yaitu membayar di Samsat Keliling. Samsat ini menggunakan mobil yang sudah dimodif layaknya loket pembayaran.
    Tapi, kamu harus rajin-rajin mengecek jadwal mereka. Bisa dicek di akun media sosial kantor Samsat masing-masing. Setelah mengetahuinya, kamu tinggal datang deh. Biasanya, lokasi yang dipilih oleh Samsat Keliling daerah-daerah yang ramai penduduk dan mudah dijangkau.
  • Minimarket, Kamu pun juga bisa melakukan cara bayar pajak mobil online di minimarket lho. Sejauh ini, ada dua minimarket yang melayani pembayaran pajak, yaitu Indomaret dan Alfamart.

Walaupun begitu, gak banyak daerah yang memberlakukan kebijakan pembayaran pajak di minimarket. Daerah-daerah yang menerapkan metode pembayaran ini, antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten. Lalu, seperti apa cara membayar pajak mobil di minimarket? Berikut ini langkah-langkahnya.
– Datangi minimarket terdekat dengan membawa STNK asli dan KTP.
– Kasir nanti bakal menanyakan nomor KTP, nomor tanda kendaraan bermotor (nomor pelat polisi), nomor mesin kendaraan, dan nomor HP wajib pajak.
– Data diverifikasi dan kasir bakal memberi tahu nominal pajak yang dibayarkan.
– Setelah membayar, kamu bakal menerima struk bukti pembayaran dan SMS bitly yang berisi Electronic Registration and Identification (ERI).
– SMS bitly berisikan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (e-TBPKP) beserta QR code yang bisa disimpan ataupun dicetak.
– Selanjutnya, lakukan konfirmasi pembayaran ke Polres dengan membawa bukti pembayaran agar dicetak lembaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Cara bayar pajak mobil online di e-Samsat online melalui ATM
● Buka menu e-Samsat di ATM (Nama rekening dan pemilik kendaraan harus sama).
● Masukkan nomor polisi kendaraan (nomor).
● Masukkan huruf yang tertera di pelat. (dikonversikan ke dalam angka, misal A=01, B=02, dst).
● Setelah itu akan muncul nama dan jumlah besaran yang harus dibayarkan
● Simpan struk bukti pembayaran.
● Kunjungi kantor samsat, samsat keliling, atau kantor kecamatan untuk meminta cap pengesahan.

Cara bayar pajak mobil online di aplikasi Samsat Online Nasional
Berikut panduan membayar pajak dengan aplikasi Samsat Online Nasional.
● Install aplikasi Samsat Online Nasional di smartphone dengan download di App Store atau Play Store.
● Buka aplikasi dan pilih Mulai.
● Pilih menu Pendaftaran
● Pilih Setuju kalau sepakat dengan Terms and Conditions.
● Isi data-data, dari NRKB/No. Polisi, NIK/No. KTP, No. Rangka, No. Ponsel, dan e-mail.
● Pilih Lanjutkan.
● Kalau ditemukan, hasilnya nanti dilampirkan di layar info data kendaraan.
● Kode bayar cuma berlaku selama 2 jam dari proses pendaftaran.
● Pilih Setuju buat melanjutkan proses pembayaran.
● Pilih Salin Kode buat memudahkan proses pembayaran.

Pembayaran Samsat Online
Untuk pembayaran Samsat Online Nasional, kamu bisa menggunakan salah satu dari bank di bawah ini.
● Bank Pembangunan Daerah (BPD) masing-masing provinsi
● BNI
● BRI
● Mandiri
● BTN
● BCA
● Permata
● CIMB Niaga
Bayar pajak mobil online ini sangat membantu buat kamu yang sedang tidak berada di kota asal. Semoga informasi ini bisa membantu kalian ya.

One thought on “Jenis Asuransi Mobil Terbaik dan Cara Bayar Pajak Online

  1. Suamiku bayar pajak mobilnya juga selalu online. Apalagi bank tempat dia kerja memang menjadi salah satu tempat pembayaran, JD LBH gampang 😄. Kalo skr, rasanya harus datang ke Samsat hanya utk urusan begini ribet ya mba. Udahlah, lebih enak online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.