Nyamannya Transportasi Masa Kini, Ramah Ibu Anak Hingga Disabilitas

Yasinyasintha.com“ Jadi itu tempat duduk khusus yang disiapkan untuk orang yang sudah tua, yang sedang sakit, ibu hamil sama ibu – ibu yang bawa anak baby “ terang saya pada io saat ia bertanya mengenai kursi yang berada dekat dengan pintu keluar masuk dan dibiarkan kosong.

Diam – diam saya bersyukur sekali, transportasi masa kini sudah sedemikian sadarnya dengan hal-hal tadi, bus Damri yang kami tumpangi juga nyaman, bersih dan berfungsi dengan baik. Soal harga jauh dekat hanya Rp. 3.000 saja, nominal yang terjangkau bagi semua kalangan, di dalamnya kita pun merasa aman dan nyaman pula ditambah dengan sopir dan kondektur yang sopan dan juga friendly.

Potret Transportasi di Masa Lampau, Kilas Balik Pengalaman Suram Transportasi Satu Dekade yang Lalu

Tinggal di daerah yang hanya bisa dijangkau oleh beberapa kendaraan saja bukanlah hal yang membanggakan, saya masih ingat betul saat jantung saya yang berpacu lebih kencang ketika risau pulang larut malam, Ibu dan Bapak saya lebih khawatir lagi seraya menunggu di pinggir jalan.

Pulang larut dari Bandung menuju Majalaya kala itu, lewat pukul 8 malam maka mereka yang pulang malam seperti saya harus memberanikan diri pulang dengan kendaraan pribadi yang disulap menjadi angkutan malam. Jika amit-amit terjadi hal yang tak diinginkan, siapa yang akan kami laporkan.

Bagi perempuan seperti saya, transportasi di masa lampau laksana momok. Kata aman dan nyaman hanya ada dalam angan, jika bisa menawar tentu saya juga teman-teman saya yang pernah mengalami pengalaman suram saat itu akan dengan semangat menuliskan harapan.

Saya pun ingat betul dengan drama mengejar Kopaja saat merantau di Jakarta, mengejar angkutan yang tak pernah benar-benar mau berhenti demi menaikkan penumpangnya. Bahkan saya pernah langsung menyaksikan insiden angkutan yang mendapat penghakiman berupa aksi anarkis karena angkutan dianggap lalai dalam berkendara hingga menyebabkan insiden. Saya juga kerap mengalami kesulitan mencari ojek yang mangkal jika pulang saat pulang larut, yang jelas kondisi transportasi saat itu sangat berbeda dengan masa kini.

Saya juga teman-teman yang merantau saat itu mau tidak mau harus bersinggungan dengan kondisi tersebut setidaknya 2 kali sehari saat kewajiban bekerja menuntut kami berangkat apapun risikonya, lagi – lagi harapan menikmati transportasi yang nyaman dan aman adalah harapan.

Dan memikirkan membawa anak ( nantinya ) dengan transportasi umum jelas tidak ada di otak saya saat itu.

Wajah Baru Transportasi Unggul di Masa Kini, Ramah Anak dan Disablitas

salah satu wajah baru transportasi masa kini di Jakarta

Saya tak benar-benar hafal betul kapan ini dimulai, yang jelas setiap kali menemukan berita mengenai perkembangan transportasi baik itu di daerah saya, Bandung. Maupun di kota lain seperti Jakarta sebagai ibu kota selalu membuat saya merasa senang, seperti saat kali pertama mendengar diresmikannya Transjakarta sebagai transportasi umum yang memiliki banyak keunggulan, saya ikut riang. Satu wajah baru transportasi unggul tercipta.

Ini tak lepas dari pembangunan infrastruktur jalan, bandara, dan pelabuhan yang dilakukan dalam 4 tahun terakhir, yang tentunya membawa dampak positif bagi pertumbuhan industri transportasi nasional dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Prediksi pertumbuhan industri transportasi pada 2019
11.15%
Kenaikan anggaran infrastruktur 2020 mendatang
4.9%

Karena disadari atau tidak mobilitas masyarakat masa kini sangat tinggi dan membutuhkan dukungan transportasi yang memadai, melihat prediksi pertumbuhan di atas yang merupakan data dari SCI ( Supply Chain Indonesia ) yang menjelaskan pada tahun ini, 2019 mengalami peningkatan pertumbuhan industri transportasi sebanyak 11,15% tak heran jika kemudian pemerintah berencana akan menaikkan anggaran pembangunan infrastruktur sebesar 4,9% pada tahun mendatang, 2020. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar perekonomian juga meningkat jika transportasi unggul.

Memiliki anak dan mengajaknya mengenal transportasi umum adalah tentang berdamai juga dengan masa lalu, sekitar 2016 an saya baru berani mengajak anak pertama saya io, yang saat itu berusia 2,5 tahunan untuk mencoba naik bis setelah melihat wajah baru transportasi umum di Bandung menjadi ramah anak dan layak untuk dicoba, bus nya ini berwarna biru cocok sekali menggoda untuk dinaiki anak-anak, serasa menaiki Tayo, tokoh kartun berupa bus yang ramah.

Di balik pesatnya perkembangan transportasi dan pembangunan jalan dan infrastruktur yang mendukung transportasi, juga teknologi yang dikembangkan untuk mendorong bertumbuhnya ragam transportasi, saya ingin bisa memperlihatkan secara langsung anak-anak dengan transportasi umum, bahwa transportasi umum masa kini tak kalah nyaman dari menaiki kendaraan sendiri.

IMG_20191111_124559
IMG_20191111_124816
IMG_20191111_124827

Baru sekitar beberapa hari yang lalu, perjalanan saya dan io yang kini sudah lebih besar ( 5 tahun ) dan kami memilih transportasi umum berupa bus DAMRI alias Trans Metro Bandung, alih-alih menggunakan transportasi online, ternyata iioo menikmati sekali setiap perjalanan menggunakan bus ini. Bus nya sendiri memiliki kondisi yang baik, bersih ( bahkan tersedia tong sampah di dalamnya ) tertib tak ugal-ugalan, adem karena AC nya berfungsi dengan baik, tempat duduk nyaman, harga terjangkau, kursi nyaman, tidak berhenti sembarangan sehingga tidak membahayakan pengguna jalan lain, aman, juga ramah anak, lansia, ibu hamil dan disabilitas karena terdapat space khusus yang disiapkan demi kenyamanan penumpang.

Sepanjang perjalanan io bertanya apa artinya gambar ini

Shelter – shelter bus pun tersedia di beberapa titik memudahkan bus menaik turunkan penumpang. Bahkan teman disabilitas akan merasa nyaman dengan naik bus ini mengingat ukuran dalam bus pun cukup luas. Busnya pun stabil saat berbelok atau melewati jalan yang kadang tidak rata.

iioo enjoy his travel on TMB

Wajah baru transportasi umum inilah yang membuat saya merasa harapan demi harapan terwujudkan, tidak dalam waktu sebentar namun 5 tahun belakangan begitu banyak kemudahan dan kenyamanan tercipta. Satu yang tak berubah dalam transportasi umum yang saya nikmati sekali, bertemu penumpang lain dan bisa bertukar cerita pendek, bagi anak-anak sendiri seperti io, ia menikmati pemandangan yang tak biasa dari atas bus, ia bisa belajar toleransi dan tenggang rasa, dan yap belajar disiplin dan menghargai dengan cara yang menyenangkan.

Wajah baru transportasi yang unggul pasti diikuti dengan Indonesia yang maju, dari saya sebagai seorang ibu dengan cara mengakrabkan anak-anak saya dengan berbagai transportasi, khususnya transportasi umum yang kini tak kalah nyaman, aman dan menyenangkan. Dia akan melihat banyak hal dari sudut pandang yang berbeda dari biasanya dalam kendaraan sendiri, transportasi umum bisa menyiratkan pelajaran dan pemahaman mengenai banyak hal, saya jadi tak sabar mengajak io ke Jakarta menikmati MRT, LRT, menjajal KRL, naik kereta api yang nyaman, mengajak io naik Transjakarta juga ke tempat lain seperti Bali dengan tol yang keren dan pembangunan jalan yang semakin baik dari waktu ke waktu, kita ke Jawa Tengah atau Jawa Timur juga mari kita kunjungi kota lain di Kalimantan dan Sumatera.

Sabar ya nak, nanti kita jalan-jalan lagi. Yang jauh dan mari kita coba naik transportasi yang lainnya, kamu akan senang. Kamu akan belajar dan kamu akan bangga berada di Indonesia.​

Transportasi Unggul, Indonesia Maju

Cari tau seputar informasi transportasi langsung dari website Kemenhub yuk klik di sini :


dephub.go.id


@kemenhub151

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *