Ragam Pekerjaan Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, Mudah dan Untung

usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan tambahan

Ada banyak sekali ragam pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga. Jika anda tidak bisa bekerja di luar rumah karena terlalu sibuk mengurus rumah dan anak, anda tetap bisa produktif lho. Caranya dengan membuka usaha kecil-kecilan di rumah.

Apalagi jika anda memiliki keahlian di suatu bidang. Daripada terbuang sia-sia, lebih baik menyalurkannya melalui berbagai usaha sampingan tersebut. Jangan khawatir tentang modal, karena usaha-usaha sampingan ini tidak membutuhkan modal banyak.

7 Ragam Pekerjaan Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

pekerjaan sampingan ibu rumah tangga ada banyak loh

Apabila anda mahir dalam mengelola sebuah bisnis, pastinya usaha anda akan berkembang dan banyak orang yang mulai mengenal bisnis anda. Lantas apa saja usaha sampingan tersebut? Dari halaman InvestBro.id berikut berbagai pekerjaan sampingan bagi ibu rumah tangga, diantaranya :

Membuka usaha katering

Apakah anda jago memasak? Cobalah untuk menyalurkan hobi anda menjadi sebuah peluang bisnis. Jika masih ragu, mulai dengan usaha kecil-kecilan, misalnya dengan membuka jasa katering. Tentukan makanan apa yang ingin dibuat, contohnya makanan padang atau jenis soto yang disajikan sebagai prasmanan atau paket nasi kotak.

Usaha ini tidak membutuhkan biaya yang besar untuk menyewa tempat, sebab anda bisa menjalankan usaha ini di dapur rumah. Lakukan percobaan pada keluarga, teman terdekat, hingga lingkungan tetangga. Apabila mereka suka, segeralah untuk melakukan promosi usaha katering melalui media sosial.

Berjualan Makanan Ringan

Selain usaha katering, anda juga bisa membuka usaha makanan ringan, seperti camilan atau roti. Pastinya usaha ini sangat menguntungkan, sebab hampir semua orang sangat menyukai makanan ringan.

Jangan sia-siakan bakat anda dalam membuat dan mengkreasikan kue. Selain untuk menyalurkan bakat dan hobi, anda juga dapat banyak keuntungan jika berjualan kue. Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan dalam membangun usaha makanan ringan:

  • Memiliki rasa yang enak, unik, dan bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Pastinya kue anda harus lebih unggul dibanding yang lain.
  • Jangan memakai bahan yang itu-itu saja. Supaya tidak monoton, cobalah untuk membuat inovasi baru pada kue, dengan mengkreasikan bahan-bahan yang lain.
  • Kemaslah kue anda dengan kemasan yang menarik, sehingga calon pembeli tertarik dengan jualan anda. Misalnya mengemasnya dengan bahan bambu atau kertas daur ulang.

Membuat Kerajinan Tangan

Apabila anda memiliki kreativitas tinggi dalam mengkreasikan barang menjadi sebuah kerajinan tangan yang berkualitas tinggi, jadikanlah kreativitas anda menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Usaha ini tidak membutuhkan banyak modal, karena bahan-bahan yang diperlukan sangat murah dan mudah ditemukan. Anda hanya perlu kreativitas tinggi untuk membuat barang yang menarik dan bermanfaat. Kerajinan tangan yang bisa dibuat, seperti seserahan pernikahan, suvenir, jepit rambut, tempat tisu, kalung, dan sebagainya.

Anda juga bisa lho mengikuti pelatihan khusus yang biasa diadakan oleh UKM di kota anda. Dengan begitu kemampuan anda dalam membuat kerajinan tangan, semakin meningkat.

Membuka Usaha Mencuci Pakaian

Bisnis mencuci pakaian ini kian hari semakin berkembang dan bisa kita temui dimanapun. Hal itu karena pangsa pasar untuk usaha laundry sangat besar dan banyak yang membutuhkan jasa ini, misalnya mahasiswa yang tinggal di kostan yang peralatan mencucinya sangat terbatas, atau pekerja kantoran yang sibuk dan tidak sempat untuk mencuci pakaiannya.

Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalani usaha ini, yaitu mesin cuci, alat setrika, dan sabun. Selain menguntungkan, usaha ini tidak perlu keahlian yang khusus. Jadi sembari bekerja, anda masih bisa mengurus anak dan rumah.

Usaha Menjahit

Tidak semua orang bisa membuka usaha jahit menjahit, karena selain dibutuhkan keahlian khusus, kesabaran, dan ketelitian dalam menjahit. Apabila anda mempunyai keahlian pada bidang ini, kenapa anda tidak menjadikannya sebagai ladang bisnis. Peluang usaha ini sangat tinggi lho.

Jika anda masih ragu, bergabung saja ke tempat kursus menjahit supaya kemampuan anda dalam menjahit semakin meningkat. Untuk memulainya, anda bisa memperlihatkan hasil jahitan ke keluarga atau teman-teman dekat. Jika mereka sangat suka, mulailah promosikannya masyarakat luas dengan memasang iklan di internet. Tidak menutup kemungkinan banyak konsumen mengunjungi toko anda, apabila jahitan yang anda buat sangat rapi, indah, dan bagus.

Membuka usaha bimbingan belajar

Anda juga bisa membagikan ilmu-ilmu yang telah didapat dari bangku sekolah atau perguruan tinggi, dengan membuka bimbingan belajar di rumah. Apalagi saat ini banyak murid yang membutuhkan materi tambahan selain di kelasnya, mengenai pelajaran yang mereka pelajari.

Supaya tidak menyita waktu dan mengganggu urusan rumah, cukup pilih satu jenjang pendidikan yang anda kuasai, contohnya membuka les untuk siswa yang usianya sebaya dengan anak anda. Dengan begitu, semangat belajar anak anda akan meningkat karena bisa belajar bersama dengan teman-temannya.

Menyediakan Tempat Kost

Buat anda yang tinggal di dekat area kampus atau perkantoran dan memiliki rumah yang cukup luas, tetapi tidak ditempati, cobalah jadikan rumah anda sebagai tempat kos untuk para perantau. Para perantau yang tinggalnya jauh dari tempatnya bekerja atau sekolah sangat membutuhkan tempat kos, karena mereka sangat sibuk dengan pekerjaannya, sehingga tidak bisa pulang ke rumahnya.

Kemudian tentukanlah untuk siapa kostan anda dibuat, misalnya khusus mahasiswa pria atau wanita, atau bisa juga khusus untuk karyawan. Hal itu agar tempat tinggal anda tidak begitu bising dan tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Jangan lupa untuk menambahkan kebutuhan untuk penghuni kos, seperti kamar mandi. Kemudian promosikan usaha kostan anda dengan memasang iklan di internet atau menyebarkan brosur ke kantor atau kampus terdekat.

usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga sambil menjaga anak

Itulah ragam pekerjaan sampingan untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan saat senggang. Selain untuk mengisi waktu senggang, dengan bisnis ini bisa membantu pemasukan keuangan keluarga anda. Sangat menguntungkan bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *