Cara Transfer Uang Lewat HP, Lebih Aman & Praktis

ada berbagai cara transfer uang, yang paling mudah adalah lewat hp, simak tips amannya di sini

Kemudahan transaksi keuangan pasti dibutuhkan oleh setiap orang. Apalagi bagi pemilik bisnis yang memiliki aktivitas padat. Mengetahui cara transfer uang lewat HP yang praktis akan menghemat waktu kamu. Tidak perlu khawatir perihal keamanan saat melakukan transfer uang via HP. Asalkan mengikuti petunjuk dari pihak bank atau penyedia layanan, uang kamu akan aman sampai ke rekening tujuan.

Transfer uang lewat HP tidak melulu harus menggunakan aplikasi. Kamu bisa juga menggunakan software pembayaran terpercaya. Agar lebih jelas, simak cara transfer uang lewat HP di bawah ini.

Cara transfer uang lewat HP

Transfer atau memindahkan dana dari rekening untuk keperluan pembayaran atau pengiriman bisa dilakukan dari hp dengan lebih aman

Ada 6 cara transfer uang lewat HP yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa memanfaatkan layanan SMS Banking hingga software pembayaran.

1. Layanan SMS Banking

SMS banking adalah satu-satunya cara transfer uang lewat HP yang tidak memerlukan akses internet. Bila kamu sering beraktivitas di lokasi dengan sinyal internet terbatas, cara ini bisa jadi solusinya.

SMS banking disediakan oleh pihak bank di mana kamu membuka rekening tabungan. Layanan ini hanya bisa diaktifkan oleh petugas bank. Sehingga, kamu perlu mengurusnya dengan cara menemui customer service alias datang ke kantor bank tersebut.

Cara mengirim uang melalui SMS banking sama seperti namanya, yakni melalui pesan singkat. Transaksi dapat kamu lakukan dengan mengirim pesan singkat ke nomor layanan dari pihak bank. Biasanya isi pesan harus sesuai dengan format yang juga diberikan oleh bank.
Pengiriman uang menggunakan SMS banking memerlukan biaya pulsa. Karenanya, kamu harus selalu memiliki pulsa dengan jumlah yang cukup.

2. Aplikasi Mobile Banking

Mobile banking adalah aplikasi layanan keuangan yang dibuat oleh pihak bank tertentu. Mobile banking juga dapat digunakan untuk melakukan transfer uang lewat HP.

Sama seperti SMS banking, setelah mengunduh aplikasi mobile banking, kamu perlu melakukan registrasi dan menunggu verifikasi dari pihak bank.

Jika aplikasi mobile banking kamu sudah aktif, selanjutnya kamu bisa mencoba transfer uang. Caranya cukup mudah. Kamu bisa mulai dengan masuk ke aplikasi (login) lalu cari menu transfer.Lalu, akan muncul pilihan apakah kamu akan melakukan transfer ke rekening dari bank yang sama atau berbeda? Selanjutnya, kamu hanya perlu memasukkan nomor rekening tujuan, nominal, dan menyelesaikan proses transfer. Voila! Cara transfer uang via aplikasi gampang sekali, bukan?

3. Internet Banking

Sama seperti kedua cara sebelumnya, layanan internet banking bisa diakses setelah diaktivasi oleh pihak bank. Jadi, kamu harus melapor ke kantor cabang bank yang kamu gunakan.
Fitur internet banking biasanya digunakan karena memiliki limit transaksi yang lebih besar dibanding SMS dan mobile banking. Tak heran jika perusahaan biasa menggunakan fitur transfer ini.

Jika sudah mendapatkan kode aktivasi akun dari pihak bank, kamu bisa login ke situs/website layanan internet banking. Transfer uang dilakukan dengan cara memilih menu transfer lalu masukkan nomor rekening tujuan dan nominal yang ingin dikirimkan. Dalam proses verifikasi pengiriman, kamu perlu memasukkan kode token yang kamu terima. Ingat, kode token ini tidak boleh dibagikan kepada siapapun tanpa pengecualian.

4. Aplikasi E-Wallet

Cara transfer uang via HP tanpa harus repot datang ke kantor bank dapat dilakukan menggunakan aplikasi e-wallet. E-wallet atau dompet digital bisa digunakan untuk transfer ke rekening tujuan jika akun kamu memiliki saldo. Saat ini setidaknya ada 3 jenis e-wallet yang paling banyak digunakan. Semuanya memiliki cara transfer yang hampir mirip.

Proses transfer dari e-wallet ke rekening bank dilakukan dengan cara memasukkan pilihan jenis bank, nomor rekening tujuan, dan nominal yang akan ditransfer. Selanjutnya, kamu juga akan dikirimkan kode token untuk memverifikasi aktivitas transfer.

5. Software Pembayaran

Software pembayaran adalah sebuah layanan transfer online berbasis web. Layanan ini dapat memudahkan aktivitas transfer sebuah perusahaan. Misalnya dalam hal pembayaran vendor, kamu tidak perlu menginput data vendor satu-persatu untuk melakukan proses transfer.

Transfer uang menggunakan software pembayaran dapat menghemat waktu kamu hingga 80%. Selain itu, semua catatan transfer online akan tersusun rapi di dalam satu dashboard yang lengkap.

6. Rekening Bersama

Cara transfer menggunakan rekening bersama adalah dengan memanfaatkan pihak ketiga. Para pihak yang berperan dalam proses ini disebut pihak pengirim, pihak netral, dan penerima.
Jika kamu mengirim uang melalui rekening bersama maka kamu akan diminta mengirimkan uang dengan kode tertentu ke rekening pihak ketiga. Selanjutnya, pihak ketiga akan mengirimkan uang kamu kepada pihak yang menerima.

Tips agar transfer uang via hp lebih aman

aman transfer lewat hp dengan
tips aman transfer via HP

 

Kejahatan perbankan di dunia internet sudah sering terjadi. Karenanya, kamu harus memahami bagaimana cara agar proses transfer uang berjalan aman.

Berikut ini adalah 9 tips agar transfer uang via HP lebih aman:

  • Jaga kerahasiaan data pribadi seperti username dan password, data perbankan, identitas diri, dan data lainnya.
  • Update password secara berkala.
  • Pastikan alamat website bank/layanan transfer benar jika kamu menggunakan internet banking.
  • Cek rekening secara berkala, jika ada transaksi yang tidak beres segera hubungi bank.
  • Jangan bagikan kode OTP/token pada siapapun.
  • Selalu log out atau keluar dari akun jika sudah melakukan transaksi.
  • Gunakan HP pribadi.
  • Aktifkan fitur pengaman HP seperti kata sandi atau fitur sidik jari.
  • Jangan gunakan wifi atau VPN gratis saat melakukan transaksi keuangan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan saat melakukan transaksi keuangan. Di era saat ini ancaman penipuan melalui internet sangat marak terjadi.

Demikian 6 cara transfer uang lewat HP yang bisa kamu gunakan. Untuk memudahkan dalam mengelola keuangan bisnis, sebaiknya gunakan layanan transfer online yang disediakan oleh software pembayaran terpercaya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.