Naik Kereta ke Jakarta, Perjalanan Dekat yang Melekat

Yasinyasintha.com – Dari banyaknya ragam moda transportasi, kereta adalah yang paling saya sukai sebenarnya. Melempar pandangan ke luar jendela saat kereta melaju cepat adalah kesan tersendiri, terakhir saya naik kereta adalah ke Jakarta. Perjalanan dekat tapi sungguh nikmat rasanya, tak ayal kereta api menjadi primadona angkutan umum untuk bepergian terutama lintas provinsi.

Warga jawa apalagi, sudah akrab pastinya dengan naik kereta api. Hiruk pikuknya stasiun selalu berhasil membangkitkan kenangan akan rumah, kereta api selalu jadi pilihan berbagai kebutuhan perjalanan, mulai dari jalan – jalan, urusan pekerjaan hingga mudik pastinya. Saya sendiri menggunakan kereta api untuk keperluan pekerjaan, nantinya sih mau coba merencanakan traveling keluarga naik kereta.

Naik Kereta ke Jakarta

Tanggal ke Jakarta sudah didapat, tinggal memilih naik apa nih. Saya dan teman-teman memilih kereta alasannya karena jaminan waktu juga perjalanan yang nyaman dan menyenangkan, iya saya ini baper orangnya jadi kalau naik kereta tuh suka merasa syahdu aja gitu hihi.

Disamping urusan perasaan, bagi saya naik kereta itu punya beberapa kelebihan yang menjadikan kereta api jadi salah satu moda transportasi favorit masa kini. Diantaranya adalah :

• Nyaman, aman dan on time
    Agak kaget sih pas masuk gerbongnya, naik kereta api sekarang nyaman banget bahkan di kelas ekonomi sekalipun sudah ada AC dan tempat duduk yang sleepable alias nyaman buat bobo cantik, lalu saat itu saya harus di Jakarta jam 10 pagi, naik kereta pukul 05.00 pagi dari Bandung dan hati tenang aja karena tau ga bakal telat malah banyak spare waktu nanti di sana. Kalaupun ada delay, paling sekitar 10 menitan. Soal aman, sudah pasti dong naik kereta api ini jauh lebih aman.
  • Menikmati pemandangan
    Duduk sebelah jendela, pandangannya melihat keluar. Sesekali melintasi sawah, gunung, sungai. Apalagi kalau io naik kereta, uhh dia seneng banget. Ga mau turun, bawaannya pengen jalan aja terus. Jadi naik kereta ini cocok banget buat transportasi keluarga, karena anak pasti senang dan jadi perjalanan yang bisa dinikmati anak juga.
  • Proses check in yang mudah
    Datang setidaknya 30 menit sebelum berangkat, tinggal mencetak boarding pass melalui mesin otomatis yang sudah disediakan. Sebelum masuk peron, kita tinggal menyiapkan kartu identitas untuk diperiksa petugas dan ga butuh waktu lama untuk kita bisa masuk peron dan menunggu kereta datang. Mudah banget kan.
  • Bisa beli tiket online
    Penting sih ini, karena kalau mesti jauh-jauh ke stasiun daku tak sanggup hehe. Tinggal buka Traveloka dan pilih bagian Kereta Api/ Train lalu tentukan tujuan, selanjutnya tinggal booking saja. Proses pembelian tiket ini sangat mudah dilakukan.

Membeli Tiket Kereta Api Lewat Traveloka

kereta traveloka

Salah satu must have apps di smartphone pokoknya ya Traveloka, semakin banyak fitur dan promo yang menarik yang pas dilirik bikin pengen kerja terus biar bisa liburan terus nantinya ya kan.

Booking Cepat dengan Passenger Quick Pick

Jadi waktu saya ke Jakarta kemarin, saya beli tiket kereta via Traveloka. Ga butuh waktu lama untuk alhamdulilah saya dapet tiketnya, dan dengan bantuan fitur Passenger Quick Pick, menyiapkan data pengguna kereta semudah itu ya ternyata.

Salah satu keunggulan dari fitur Passenger Quick Pick adalah hemat waktu dan kemudahan saat booking tiket kereta. Bahkan kita bisa menambahkan teman seperjalanan untuk pembelian tiket. Jadi semacam pembelian tiket secara kolektif sangat mungkin dilakukan.

Cara menggunakan Passenger Quick Pick ini pun mudah.
– Masuk Akun Traveloka
– Pilih Passenger Quick Pick, secara otomatis nama kita sudah terdaftar di sana.
– Tambah Penumpang, tinggal masukan nama teman perjalanan dan isi detail informasi yang diperlukan.

Enaknya lagi daftar tersebut secara otomatis tersimpan, jadi jika di lain waktu kita akan bepergian lagi dengan teman seperjalanan. Mudah saja, tinggal memilih dari nama yang sudah tersedia. Makin hemat waktu urusan booking tiketnya.

Baca juga : Mengenal Sejarah Prama dan Prami PT KAI Indonesia Yuk

Pembayaran Mudah dengan Fitur Pay Later dari Traveloka

Selain mudah booking, mudah pula saat melakukan pembayaran. Ragam jenis pilihan pembayaran dari Traveloka memungkinkan kita untuk memilih jenis mana yang paling nyaman bagi kita, kita bisa menggunakan pembayaran melalui kartu kredit ( My Card ) atau dengan fitur Pay Later yang merupakan pilihan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit.

Melalui fitur Pay Later, kamu yang tidak memiliki kartu kredit tetap bisa melakukan transaksi dengan ketentuan cicilan. Fitur ini memungkinkan kita bisa mengatur pembayaran dengan jangka waktu 1 – 12 bulan. Prosesnya pun mudah, hanya dengan KTP dan satu dokumen pendukung kita sudah bisa mengakses pinjaman hingga Rp. 10.000.000, prosesnya sendiri mudah dan cepat sekitar 1 jam aja.

Yang paling penting fitur Pay Later ini tanpa biaya tambahan, tanpa biaya tahunan dan tanpa uang muka. Soal pembayaran nantinya pun mudah, bisa dikelola dan diakses langsung lewat app Traveloka.

Bagi yang memiliki kartu kredit atau kartu berlogo Visa, cara pembayaran yang mudah dan cepat juga dilakukan dengan satu kali klik. Tinggal menambahkan kartu pada fitur My Card. And voila ! We ready for Traveling and having fun.

Tetap Sampai Tujuan dengan Kereta Lanjutan dari Traveloka

Tujuan nun jauh di sana lalu kehabisan tiket kereta sudah bukan lagi alasan membatalkan keberangkatan, karena layaknya naik pesawat kini dengan kereta pun kita bisa menggunakan kereta lanjutan. Dengan kata lain kita bisa menggunakan sistem transit kemudian melanjutkan perjalanan. Lewat Traveloka, kita tetap bisa sampai tujuan dengan menggunakan kereta lanjutan.

Nah ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan kereta lanjutan :

• Check-in untuk kereta pertama di stasiun asal
    Dengan menggunakan e-tiket pertama, cetaklah boarding pass kereta pertama di stasiun keberangkatan. Naik kereta pertama kamu menuju stasiun transit.
  • Turun dari kereta di stasiun transit
    Pastikan kamu membawa semua barang bawaan. Dari sinilah kita akan melanjutkan perjalanan.
  • Check-in untuk kereta lanjutan.
    Saat tiba di stasiun transit, cari konter check-in untuk mencetak boarding pass kereta lanjutan dan gunakan e-tiket yang kedua.
  • Selamat menikmati menuju kota tujuan kamu

Mudik Lebaran, Kereta Tambahan Traveloka

Setiap tahunnya, urusan mudik seringkali jadi perbincangan. Mulai dari memilih moda transportasinya hingga soal tiketnya yang sudah dipesan dari jauh-jauh hari. Kalau ga gitu soalnya ada kemungkinan kehabisan tiket.

Kabar gembiranya, dengan menggunakan app Traveloka kita bisa booking tiket kereta 90 hari sebelum keberangkatan, melalui app Traveloka gunakan kalkulator pemesanan untuk memilih tanggal terbaik pesan juga tanggal terbaik memesan agar kamu tak kehabisan tiket.

Salah satu cara mendapatkan tiket berburu kereta lebaran adalah dengan menggunakan fitur – fitur yang ada pada app Traveloka. Kamu yang lagi hunting tiket kereta, sebaiknya membayar dengan Pay Later, UANGKU, atau My Card soal mengisi data pemesan, gunakan fitur Passenger Quick Pick yang pastinya lebih mudah dan akurat untuk urusan data yang diperlukan.

Jika masih belum dapat tiket, jangan khawatir. Ada fitur Kereta Lanjutan yang bisa mengantarkan hingga tujuan. Atau bisa juga menggunakan kereta tambahan yang akan diinformasikan begitu kereta tambahan tersedia.

Ga Takut Kehabisan Kursi dengan Train Seat Allert

Rencana liburan saya bersama keluarga dengan kereta seringkali dibayangi dengan habisnya tiket kereta. Yang berujung jadinya menunda liburan yang sudah direncanakan, tapi ternyata kita bisa mendapatkan notifikasi informasi  jika kursi yang yang kita pesan kembali tersedia pada kereta yang sudah full book, dengan bantuan Train Seat Allert.

Caranya pun mudah banget ternyata :
– Tinggal klik bagian Pasang Notifikasi yang muncul pada pencarian daftar kereta yang sudah penuh. Atau kita juga bisa klik ikon Notifikasi Kursi pada halaman search. Notifikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mendapatkan info saat penjualan tiket dimulai sehingga kita bisa menjadi pembeli pertama, asik kan!

naik kereta ke Jakarta
Iioo dan kereta ( di TMII ) Jakarta

Naik kereta untuk kepentingan apapun terasa lebih mudah sekarang dengan App Traveloka, saya sih baru ke Jakarta aja. Tapi setelah tau berbagai fitur baru yang memanjakan, 2019 ini rencana jalan – jalan sekeluarga dengan kereta jadi semakin semangat jadinya.

Kalian sendiri gimana nih ? Terutama buat teman-teman yang nantinya mudik, instal deh app Traveloka biar ga kehabisan tiket kereta.

Semoga tulisan saya ini bisa membantu teman-teman yang mempersiapkan bepergian dengan kereta ya.

20 thoughts on “Naik Kereta ke Jakarta, Perjalanan Dekat yang Melekat

1. Aku pernah pulkam ga kebagian tiket KA lagi di web resmi PT KAI. Terus coba Traveloka dong…eh masih ada tiketnya. Happy!
    Tqpi waktu itu belum ada Pay Later sih…kalau kini dah ada pasti membantu sekali buat yang membutuhkan:)

2. kalo di traveloka lebih suka nyari tiket pesawat kalo kereta lgs ke website keretanya eh tapi keknya lebih murah dan lebih mudah di traveloka yes? wah mau ah nanti pas mau jalan2 sama paksu naik kereta beli di traveloka, makasih mba sharingnya.

3. Dg traveloka semua jadi mudah. Duduk manis di rmh modal jempol dpt deh tiket

4. Wah, wah, wah … Sebagai salah satu pelanggan setia KAI, sepertinya aku ketinggalan Train Seat Alert. Ada di mana ituuu? Apa aplikasi Traveloka-ku perlu perlu diupdate dulu, ya? Baru kemarin soalnya mendapati kursi Bandung – Gambir penuh lalu malamnya iseng cek lagi ternyata banyak yang kosong. Kan lebih asyik lagi kalau ada alert-nya. Kulik-kulik, ahhh …

5. Jujur, saya belum pernah merasakan naik kereta api di tanah air. Maklum, di Sulawesi gak ada kereta. Pertama kali naik kereta malah saat menetap di negeri jiran.

6. Saya juga selalu pesan tiket KA dan pesawat via traveloka. Bulan Januari kemarin saya juga ke Jakarta bersama keluarga. Berangkat dari Yogyakarta naik KA dan kembali naik pesawat. Namun, ada pengalaman kurang memuaskan ketika di dalam KA. Meskipun naik KA eksekutif ternyata pelayanan tidak selalu terjamin puas. Malam itu saya tidak otomatis diberi fasilitas selimut padahal ACnya dingin sekali. Akhirnya saya minta ke petugas yang kebetulan melintas di dalam gerbong.

1. Wah gitu ya mbak, saya malah belum pernah kalau naik yang executif. Jadi kayanya kalau fasilitas selimut harus kita minta langsung ke prama-prami nya ya ini. Makasi ini loh udah sharing informasi

7. Dari kemarin2 udah mupeng pengen naik KA. Secara udah lama sekali gak naik KA sejak ada si kecil. Harus dimulai nih. Apalagi si kecil yang udah 2.5 tahun antusias banget dg segala moda transportasi.

Wah, pake traveloka jadi Makin memudahkan urusan naik KA, ya. Sip. Mau cobain booking tiket via traveloka, insya Allah.

8. Aku baru sekali teteh naik kereta perjalanan jakarta ke Bandung. Malam itu tapi masya Allah iya keretanya nyaman banget teh dan bersih ya. Tepat waktu lagi. Sekarang enak ya kalau naik kereta tinggal pesen aja di traveloka. Asa dimudahin

9. Saya juga suka lho mbak, mengenalkan anak, dengan moda transportasi umum. Saya kira Traveloka hanya untuk mesan tiket pesawat atau kapal saja, ternyata untuk urusan kereta api juga bisa ya. Suka dengan fitur yang seat alert, jadi tidak merasa was-was tidak kebagian kursi kereta lagi.

10. Membantu sekali teteh… Satu lagi alasan naik kereta lebih disukai adalah karena nggak ada aroma bahan bakar seperti bensin yang bikin mual, hahaha

11. Semakin bagus ya semakin baik juga layanannya jika dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya. Sekarang mudah dapet kursi tinggal cek online via Traveloka

12. malu aku, naik ke kereta di Indo baru sekali :D. itupun zaman kereta blm sebagus skr sistemnya. jd pgn sih ngerasain lg naik kereta, apalagi bareng anak2 :). pasti happy mereka. tp sayangnya pas mudik lebaran thn ini, suami lbh milih naik mobil supaya di solo nanti ada kendaraan. akubudh kebayang sih macetnya ini hahahahaha.

1. Hihi kalau mudik lebaran mah harus udah siap dengan macetnya ya mbak. Aku pengen naik kereta yang pas ga musim liburan biar bisa menikmatii hihi