Review Buku " Kisah – Kisah Paling Mengharukan di Dunia 2 "

Hello friend, let me tell something great about my June. My hobby is back, yup yup yup my hobby is back !ย  Juni yang luar biasa bukan? Nah cerita dulu sedikit..
Dulu saya sering merasa hilang dan lupa segalanya ketika berjumpa dengan hobi saya, seperti tunduk pada kesukaan gitu lah ( wow ). Menjadi seorang yang gemar membaca, kadang terlihat membosankan. Namun ketahuilah inilah sumber kebahagiaan yang bisa saya teguk dengan puas, sepuas hati, selapang pikiran, dan sebanyak waktu yang saya punya untuk kemudian menjadi seseorang yang ” tenggelam ” dan hilang dalam keasyikan dunia ini.

Saya menemukan beberapa buku ( ditoko buku tentunya :p ) ย salah satunya ” Kisah – Kisah Paling Mengharukan di Dunia 2 ” yang kemudian saya putuskan untuk bawa pulang ( setelah bayar :p ) tanpa saya cari tahu dulu tentang isinya.

Lembar demi lembar telah habis saya baca. Buku karangan Akhmad Sirodz terdiri dari 196 halaman dengan 18 kisah. Beberapa kisahnya pernah saya lihat dan kadang sering nampang di page facebook, tapi ada juga beberapa yang baru saya baca dan memang mengharukan *duh jadi sedih ๐Ÿ™

Ada 2 cerita yang menjadi favorit saya. Yang pertama, ” Cinta Ayah dan Botol Acar ” dari judulnya saja sudah membuat penasaran dan setelah dibaca menjadi sangat mengharukan ( bagi saya ), cerita ini mengisahkan tentang seorang ayah yang bekerja menjadi buruh dipabrik tekstil dan setiap harinya menyisihkan koin-koin yang dimasukan dan dikumpulkan dalam sebuah botol acar besar yang setelah penuh segera ia tabung ke bank, tentu saja tabungan tersebut untuk anak laki-laki semata wayangnya. Yang setiap hari ditempa dengan kata-kata ” Kau tidak boleh seperti ayah, yang hanya menjadi buruh pabrik tekstil. Ayah akan berusaha agar kau kuliah dan mendapatkan hidup yang lebih baik “

Sang ayah memang bukan seorang yang banyak bicara, apalagi menjanjikan masa depan cerah untuk anaknya. Sang ayah hanya terus berusaha, dengan tenaganya, dengan menyisihkan kepingan-kepingan koin dalam botol acar besarnya. Dilain hari sang anak telah tumbuh besar, menyelesaikan kuliahnya, sukses dan berkeluarga. Sang anak kemudian mengerti, bahwa cinta sang ayah sangat besar namun sederhana. Dalam sebuah botol acar besar. Diakhir cerita, sang anak yang telah berkeluarga dan memiliki anak kemudian merawat ayahnya dirumahnya. Pada suatu sore ia menemukan botol acar besar tua berada disudut lemari, dengan mata berkaca-kaca ia ambil dan mengajak sang anak mengisi botol acar besar dengan koin. Rupanya ia semakin mengerti, cinta seorang ayah adalah cinta yang sederhana, mendalam, jarang terungkap, tidak tersurat namun sangat tersirat. *jadi inget bapak ๐Ÿ™

Ada cerita lain yang tak kalah menarik. ” Seorang Perampok dan Anak Buta ” cerita ini lebih ke inspirasi ( bagi saya ). Tentang seorang dokter yang kemudian dipenjara karena suatu hal dan ketika keluar dari penjara ia sangat sulit untuk menghidupi dirinya sendiri, sehingga ia memutuskan untuk merampok sebuah rumah. Ternyata rumah yang ia datangi ditinggali oleh seorang anak buta berusia 7 tahun. Dan ia berpikir inilah kesempatan emasnya, namun ketika ia mencongkel pintu rumah sang anak mendengar bunyi pintu dan bertanya siapakah disana. Si perampok mengatakan bahwa ia adalah teman ayahnya, dan ayahnyalah yang menitipkan kunci kepadanya.

Namun betapa terkejutnya siperampok. Ketika anak ini kegirangan dan segera mengajaknya untuk bermain dan kemudian ia mengiyakan. Kemudian si perampok kembali terkejut ketika melihat si anak yang buta ini lihai sekali memaikan tuts piano serta melukis dengan percaya diri. Hasil lukisannya pun tidak jelek. Kemudian si perampok memberitahukan bahwa hendaklah si anak menambahkan matahari dalam lukisannya. Dan si anak dengan polos bertanya ” Bagaimanakah bentuk dan rupa matahari itu paman ? ” ย Si perampok kemudian merasa tercekat, kemudian dengan berkaca-kaca ia memberitahukan bahwa bentuk matahari itu bulat, besar, bersinar, dan berwana keemasan dipagi dan sore hari. Si anak yang penasaran bertanya lagi, apakah itu warna keemasan ? dengan kembali tercekat dan merasakan sesuatu, si perampok ini menuturkan.

Si perampok ini lupa akan niat awalnya bahkan memang ia telah melupakan niat awalanya setelah bertemu dengan si anak buta tersebut. Sebelum pulang ia menuliskan sebuah surat permohonan maaf telah masuk sembarangan dan merusak pintu rumahnya,tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada si anak yang telah mengajarkan hal yang sederhana. Ia menyadari, seringkali kita menginginkan hal besar bahkan milik orang lain sekalipun. Tanpa sadar bahwa kita sebenarnya hanya perlu melihat kepada diri kita sendiri, melihat kedalam dan jauh lebih dalam kedalam diri kita dan merasakan betapa banyak sekali nikmat dan keberuntungan yang kita punyai jika dibandingkan dengan mereka yang kekurangan. Di lain hari si perampok ini telah menemukan jalan dan berhasil meneruskan studi kedokterannya, dan ia kembali kerumah itu untuk memberikan sepasang mata kepada si anak yang luar biasa tersebut ( tanpa merusak pintu tentunya ๐Ÿ˜€ )

Itulah 2 cerita favorit saya.

Intinya, buku ini recomended. Banyak hal yang bisa diambil dalam setiap cerita. Tentang ketuhanan, keluarga, cinta, kasih sayang tulus, pengertian, ikhlas, perjuangan dan yang paling saya suka adalah dimana cerita tersebut menyiratkan bahwa kebahagiaan itu sederhana. Sungguh sangat sederhana. Kita tidak perlu pergi ketempat jauh dan mahal untuk mendapatkan kebahagiaan. Tidak perlu juga pergi dengan mobil mewah, makan enak atau pergi dengan wanita cantik atau pria tampan. Kebahagiaan itu sangat dekat dan sederhana. Karena kitalah yang menciptakan kebahagiaan kita sendiri, pergilah jauh kedalam diri dan temukan dan rasakan bahwa kita sangat beruntung. Kita jugalah yang menciptakan pasangan yang sempurna untuk kita cintai dan saling kemudian saling membahagiakan.

Sekali lagi dalam buku ini. Temukanlah, bahwa bahagia itu sederhana dan hidup adalah perjalanan. Dimana kamu menjadi peran utamanya, be a boss for your own way ๐Ÿ˜€

Sekian ya kawan reviewnya, semoga bermanfaat bagi kawan pembaca dan kawan blogger semua. Salam sukses ! Keep God , GOOD and HAPPINESS inside !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *