Tips Aman yang Wajib Dilakukan Saat Naik Pesawat di Masa PPKM

tips aman naik pesawat saat ppkm

Pandemi Covid-19 sampai saat ini masih terjadi. Di Tanah Air pun pemerintah berupaya keras untuk menurunkan angka masyarakat yang terpapar virus corona. Salah satu cara yang belakangan ini gencar dilakukan adalah melakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Setiap wilayah memiliki level masing-masing berdasarkan angka kenaikan atau penurunan yang terpapar Covid-19.

Meski begitu pemerintah tetap mengizinkan berbagai transportasi umum beroperasi selama PPKM, namun dengan syarat yang cukup ketat. Bagi Anda yang memiliki urusan untuk bepergian, pilihlah transportasi yang aman untuk ke bandara. Anda bisa memesan taxi Blue Bird ke bandara.

Kenapa pilih Blue Bird? Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1972 ini terus menerapkan protokol kesehatan dengan tertib, sejak awal kemunculan virus corona sampai saat ini. Bahkan, Blue Bird terus berinovasi untuk membuat para pelangganya aman. Tidak hanya saat menuju ke bandara, Anda juga perlu aman saat naik pesawat.

Tips Aman Naik Pesawat di Masa PPKM

Ikuti tips di bawah ini yuk supaya liburan makin aman.

1. Pilihlah Maskapai dengan Bijak

maskapai pesawat yang ada di traveloka adalah maskapai rekomendasi yang bisa dijadikan pilihan perjalanan
Di Traveloka ada banyak pilihan maskapai pesawat nih

Hal utama yang perlu Anda lakukan ketika naik pesawat saat PPKM seperti sekarang ini adalah memilih maskapai penerbangan dengan bijak. Tidak semua maskapai memiliki prokes yang baik. Maka dari itulah pilih yang setidaknya sesuai dengan arahan yang diberikan oleh pemerintah. Mulai dari pembatasan penumpang sampai dengan kebijakan lainnya.

Anda bisa melihat berbagai maskapai yang melayani penerbangan saat PPKM beserta informasi tentang prokes-nya di Traveloka Lifestyle SuperApp. Selain pilihan maskapai, Anda juga bisa mengecek harga tiket pesawat di Traveloka. Siapa tahu tiket ke destinasi yang ingin Anda tuju sedang promosi ya.

Beli tiket pesawat di Traveloka bisa dilakukan dengan online. Anda tidak perlu lagi panas-panasan ke luar rumah hanya untuk memesan tiket. Tidak perlu juga itu antre panjang hanya untuk selembar tiket. Dengan Traveloka, Anda bisa pesan tiket kapan saja, baik itu untuk pesawat, kereta api, shuttle bus, sampai berbagai akomodasi seperti halnya hotel, apartemen, dan tempat glamping.

2. Makan Sebelum Berangkat Bandara

Ada peraturan terbaru yang menyebutkan untuk perjalanan pendek selama kurang 2 jam, Anda dilarang makan, minum, dan berbicara kepada kru atau penumpang selama di pesawat. Nah, untuk membuat Anda tetap dalam kondisi yang kenyang dan tubuh nyaman, makan dahulu sebelum berangkat ke bandara ya.

Tidak hanya makan saja, usahakan minum air yang cukup supaya tidak merasa kehausan selama di perjalanan. Perihal makan dan minum memang sangat sepele, namun jika tubuh kekurangan dua hal tersebut dalam jangka waktu lama akan menderita juga, bisa lemas saat sampai tujuan.

3. Menjaga Jarak dengan Penumpang Lainnya

Pastinya tempat duduk sudah diatur sedemikian rupa sehingga Anda akan memiliki jarak dengan orang lain. Masalahnya, bagaimana jika ingin ke kamar mandi? Supaya tetap aman, selalu jaga jarak ya. Maksudnya, jika akan ke kamar mandi harus gantian, jangan asal serobot. Selain itu jika sedang antre, lakukan physical distancing.

Intinya, usahakan untuk sebisa mungkin mengurangi kontak dengan orang lain. Termasuk juga dengan kru di pesawat. Jika tidak ada hal-hal mendesak, tidak perlu ramah tamah dengan pramugara atau pramugari.

4. Pakailah Masker Ganda, Bawa Juga Cadangannya

dobel masker saat traveling sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan anda
Jangan lupa double masker ya

Wajib dilakukan saat berada di dalam pesawat adalah mengenakan masker. Lebih disarankan lagi mengenakan double masker. Masker kain di luar dan medis di dalam. Seperti yang kita ketahui saat berada di dalam pesawat, udara yang mengalir hanya itu-itu saja, tidak ada pergantian yang sehat. Maka dari itulah, guna meminimalisir penyebaran virus corona saat berada di dalam pesawat wajib kenakan masker dengan benar.

Jangan lupa juga sebagai jaga-jaga, bawa masker cadangan di dalam tas ya. Ini dilakukan untuk mengantisipasi jika tiba-tiba saja masker putus, hilang saat dilepas, atau sudah terlalu kotor. Jika memungkinkan bawa cadangan yang cukup banyak supaya stok selalu tersedia jika dibutuhkan.

5. Bersihkan Tangan Rutin dengan Hand Sanitizer

Supaya tangan tetap terjaga kebersihannya, rutinlah untuk membersihkan tangan dengan menggunakan sabun. Dengan menggunakan sabun kemudian bilas, dengan begitu kotoran atau kuman akan pergi setelah pembilasan. Namun jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan di dalam pesawat, bisa menggunakan hand sanitizer atau tisu basah.

Bawa juga kresek untuk membuang berbagai sampah pribadi. Misalnya saja bekas tisu basah atau digunakan untuk membuang masker kotor. Setelah itu buang di tempatnya, jangan sampai sembarangan ya.

6. Antre Saat Masuk atau Keluar dari Pesawat

Hal-hal sederhana yang dilakukan memang sangat memengaruhi kondisi kesehatan diri. Upaya lainnya untuk menjaga diri adalah dengan selalu antre saat masuk dan keluar pesawat. Saat ini maskapai penerbangan telah memiliki kebijakan untuk masuk dengan tertib. Pun saat keluar juga sesuai dengan urutan. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah lakukan sesuai dengan instruksi yang diberikan.

vaksin covid bagi traveler
jangan lupa vaksin juga teman-teman

Bagi Anda yang yang ingin merasa lebih aman lagi untuk bepergian, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi dosis selanjutnya. Jika masih susah menemukan tempat untuk melakukan vaksinasi tahap 2, misalnya, ada Traveloka yang bisa diandalkan. Aplikasi yang sudah ada sejak 2012 ini menawarkan vaksinasi dosis kedua gratis di Bandara Soekarno Hatta. Cek berbagai syarat dan kelengkapannya di Traveloka yuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *