[TIPS ] Maternity Photography : Di Rumah, Studio dan Outdoor.

matternity photography tips, motret hamil, pemotretan kehamilan

Long time no see, especially for my photography category hehhe, so here i am again hehe.. Kali ini mau  share cerita dan sedikit tips tentang pemotretan kehamilan.

Pada dasarnya foto hamil sama aja dengan fotografi model, portrait photography pada umumnya, cuma objeknya kali ini adalah wanita yang sedang hamil. Duh saya selalu senang melihat wanita yang sedang hamil, cantik gitu. Cantik dengan versinya yang akan segera menjadi ibu, dalam beberapa bulan kemudian lalu kita akan melihat perut buncit kembali pada ukuran aslinya, berganti dengan baby mungil di pangkuan. Jadi, hamil itu sesuatu kan, cuma 9 bulan ( tjie “cuma” kaya ga kerasa aja ? )

matternity photography
About Matternity Photography

Dan udah familiar pasti dengan matternity photography, sebuah trend fotografi yang di populerkan oleh artis-artis ( eh gimana ) hahaha. Ga di pungkiri tapi trend ini emang jadi booming seakan jadi kebutuhan sebelum melahirkan, jika beberapa orang setelah 7 bulan sibuk belanja baby stuff maka beberapa di antaranya juga tidak mau melewatkan untuk motret perut unyu nya, kenang-kenangan buat hamil lah singkatnya.

Di mana di lakukan matternity photography alias foto hamil ? Kalau saya dulu di kamar pas masih ngontrak wkwkwk. Sessi dadakan sama papi, background di buat gelap biar kamar ga keliatan berantakan. Ga pake fotografer khusus, cuma papi aja. Pas mau foto berdua, set timer ( keren khan ? )
Serius, matternity photo itu bisa di lakukan di mana saja, tapi mostly emang di gelar di studio, karena lebih ga cape, aman dan nyaman. Kecuali dengan konsep khusus atau emang bumil ga keberatan untuk di ekspose perut unyu nya di outdoor 😀

Kemarin salah satu istri temen pas SMA saya hamil, setahun yang lalu saya motretin prewedding mereka, Awil dan Qory.  Pas ketemu lagi mereka udah mau punya baby. Ucchh seneng, bentar lagi punya ponakan balu.. Emesh pastinya.
Di usia kandungannya yang masuk ke 8 bulan, dengan perut yang sudah bulat sempurna maka photoshoot ini di gelar. Di rumah saja, di studio aja dan di halaman belakang saja. Kembali saya makeup in teh Qory, setelah vakum dan produk makeup beterbangan entah kemana, saya memberanikan diri makeup in lagi ?. Di iyain karena dia suka makeup saya, saya pernah makeup in dia, dan dia tidak keberatan dengan peralatan ” seadanya ” ( we are friend, so we are understand each other ? )

matternity photography tips, motret hamil, pemotretan kehamilan
Makeup dulu, untung makeupnya minimalis dan natural

And photoshoot begin …
Sekitar 3 jam an ya satu sessi standar ya. Banyak nongkrong, dan haha hihi. Pake 2 kostum dengan tema elegan, sessi aman dan lancar, teh Qory senang dengan hasilnya, begitupun saya hehe.

Sekalian aja mau share tentang tips pemotretan kehamilan, sejatinya bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja, bahkan misal pake smartphone sekalipun, secara smartphone sekarang udah canggih-canggih cuma kalau emang pengen pasti bagus call saya aja ( promosi wae ih *lalu di keplak ?? )

  • Pemilihan Background

    matternity photography tips, motret hamil, pemotretan kehamilan
    Pemilihan background foto kehamilan

    Apa yang penting dari sebuah foto selain objeknya adalah background nya pasti, nah tentukan mau latar seperti apa. Saya tidak menyarankan tembok putih ya, karena beberapa tembok ketika di kasih cahaya jadinya tidak rata, atau mantul atau cape ngedit karena ada bocelnya *tutup muka
    Pemilihan latar ini erat kaitannya dengan konsep foto, dengan pemilihan kostum, seperti yang saya ceritakan tadi, kebanyakan suka di studio untuk foto hamil ini, karena lebih bebas, latar yang di pilih juga rata-rata di warna hitam dan putih, netral dan bisa di buat banyak hal. Kemarin versi studio pakai warna hitam ( kain background ), lalu  ruang tamu dengan latar bunga kertas putih, dan belakang rumah dengan latar tanaman rambat.
    Prinsip dasar cahayanya, semakin cerah objek semakin gelap latar yang akan tampak.

  • Feel
    matternity photography tips, motret hamil, pemotretan kehamilan
    Matternity Photography

    Ini sebenernya harusnya di yang pertama atau ga usah di tulis sama sekali, karena abstrak dan sulit di pahami *tsaah
    Kita motret apapun mesti ada soul nya, di barang sekalipun. Saya selalu suka quotes dari fotografer.net ” biar foto yang bicara ” foto apapun ya. Apalagi ini motret orang, jelas ada jiwanya, dua lagi hihi ?
    Yang saya lakukan adalah selalu membangun komunikasi, bertanya dia ingin fotonya seperti apa, membangun percaya diri bumil juga penting. Kita selalu bilang ” ibu hamil itu cantik ” sayangnya tidak sedikit dari mereka yang merasa gendut, tidak menarik. Dan itulah tugas fotografer yang sebenarnya, make them happy and capture it, ketika bumilnya merasa percaya diri, nyaman, merasa cantik, merasa bahagia saya jamin sessi akan berjalan dengan cepat dan lancar. Itu sebabnya saya suka bilang ” belum panas ” di awal sessi foto ?Setiap sessi foto, saya selalu memastikan semuanya bahagia. Jadi sessi lancar, selesai dengan bahagia dan saya menerima uang dengan sangat bahagia juga *eh

  • Lighting

    foto kehamilan
    Outdoor session

    Matternity photography juga tentang permainan lampu studio, hal yang paling saya pusing wkwk karena butuh waktu yang ga sedikit untuk cek lighting yang paling oke, terutama di studio. Papi lah di sini yang sangat dan selalu berjasa settingin studio untuk saya *kecup papi dulu ?
    Rata-rata memakai 2 – 3 lampu, bisa sampai banyak banget juga tergantung kebutuhan. Kalau pas di area ruang tamu saya sih pake flash external di bouncing ke atas, trus pas melipir satu – dua jepret di belakang pake available light kesukaan saya, matahari.
    Jam – jam ambil fotonya jam setengah 2 siang, pas bandung sedang mendung jadi cahayanya ga keras. Ini belakang rumah, senang ada tanaman rambat di belakang, look so instagramable ☺️

  • Add Some Props and Improvisation
    Ini ga wajib sih, cuma tambahan aja biar fotonya banyak variasi. Macam props nya bisa apa saja yang berhubungan dengan kehamilan. Misalnya hasil USG baby, sepatu baby, blok nama, pita, atau bekreasi sesuai keinginan kita.

    matternity photography tips, motret hamil, pemotretan kehamilan
    Add some props for matternity photography
    foto kehamilan
    Pake pita 😀

    Kira-kira apa props yang cocok untuk kamu ?

  • Editing – Cropping – Colouring

    matternity photography tips, motret hamil, pemotretan kehamilan
    Small editing

    Foto yang bagus tentu ga lepas dari proses editing. Minimal balancing warna ( jika meleset atau perlu efek khusus ) atau sekedar cropping menghilangkan bagian yang tidak perlu agar lebih fokus ke bagian tertentu, atau mengatur kontras agar foto lebih enak di lihat. Dan bagi saya itu oke – oke aja. Dan editing ini tentu akan lebih mudah jika hasil foto sudah bagus, beberapa yang saya lakukan pas editing lebih ke menonjolkan warna, memuluskan wajah, crop and resize. Its about your taste lah ya soal editing mah.

Oya melibatkan suami juga bisa jadi salah satu hal yang dilakukan saat sessi pemotretan hamil, biasanya ide nya lebih bisa di eksplor. Cuma kemarin temen saya, Awil agak malu-malu untuk ikut foto bersama. Jadi memang sessi ini di khususkan untuk foto hamil saja.  Soal pose sih standar kaya motret mereka saat prewedd dulu, padahal bisa sih kalau mau agak edan dikit ( kaya saya *hahha )

matternity photography tips, motret hamil, pemotretan kehamilan
Melibatkan suami di pemotretan kehamilan.

Jadi motret hamil itu mudah, sama seperti portait photography pada umumnya. Dengan sessi yang jauh lebih pendek dan ekstra gerak untuk fotografer yang misal mau cari angle khusus. Karena tentu saja ibu hamil ga bisa se attracktif model biasanya. Pemotretan kehamilan juga biasanya adalah sessi yang pendek karena bumil kan ga boleh cape dan tidak bisa bergerak bebas seperti biasanya.

Well tipsnya umum banget ya hehe ( maaf ) lebih ke cerita aja senang bisa kembali nulis sedikit-sedikit tentang fotografi. Semuanya di ambil dengan kamera canon 600D dan lensa Tamron 17-50 kesayangan.
Seneng banget bisa motret model lagi, motret orang lagi setelah beberapa minggu berkutat dengan produk, ceritanya nanti mau saya share juga ahh. Biar abadi dan siapa tau menginspirasi hehe

foto kehamilan
Foto bareng dulu yah kitaaaaa

Buat Qory dan Awil dan semua mom to be,semoga sehat semuanya dan lancar persalinannya.

Pregnancy, happiness is on the way 

Salam jepret,

yasinyasintha.com

6 thoughts on “[TIPS ] Maternity Photography : Di Rumah, Studio dan Outdoor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *