Trik Jitu Raih Beasiswa Perguruan Tinggi

mendapatkan beasiswa kuliah

Menempuh pembelajaran di perguruan tinggi tentunya menjadi impian sebagian besar siswa sekolah menengah atas. Namun, karena kendala biaya, banyak yang akhirnya berhenti berharap, namun tak sedikit pula yang gigih mencari peluang beasiswa agar cita-citanya tercapai.

Saat ini, ada banyak sekali peluang beasiswa yang bisa didapatkan, apalagi di dunia digital yang semakin berkembang seperti sekarang ini, info mengenai beasiswa sangat mudah didapatkan. Akan tetapi kebingungan masih sering melingkupi para pencari beasiswa bagaimana cara mendapatkan beasiswa yang diidamkan tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa trik jitu yang bisa dilakukan agar dapat meraih beasiswa perguruan tinggi yang diidamkan.

Trik Jitu Raih Beasiswa Perguruan Tinggi

kejar beasiswa perguruan tinggi

1. Kenali Potensi Diri

Hal pertama yang dilakukan adalah mengenali potensi yang dimiliki, seperti jurusan atau fakultas apa yang diinginkan? Kemudian motivasi apa yang dimiliki? Kualifikasi apa yang dipunyai untuk bisa meraihnya?
Semua hal yang harus dilakukan harus disesuaikan dengan potensi diri, jangan hanya cuma ikut-ikutan teman atau kakak kelas.

2. Rajin Mencari Informasi

Saat ini, informasi tentang peluang beasiswa bertebaran dimana-mana, seperti di website, media sosial, atau juga kita bisa bertanya pada pihak kampus. Miliki buku kecil untuk mencatat beasiswa apa yang sedang dibuka dan apa saja syaratnya, sehingga kamu bisa lebih mendapatkan informasi rinci dan akan lebih memudahkan kamu untuk memilih kampus mana yang kamu tuju.

Kamu juga bisa bertanya pada kakak kelas, teman, atau saudara yang pernah mendapatkan beasiswa yang kamu tuju untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih detail, jangan lupa dicatat ya informasi-informasi tersebut.

3. Kuasai Bahasa Inggris

Hampir semua beasiswa saat ini memiliki syarat penguasaan bahasa inggris yang baik, ada yang mensyaratkan skor TOEFL, ada pula yang memberikan syarat skor IELTS. Nah, buat kamu yang masih belum mencapai skor TOEFL atau IELTS yang tinggi, sebaiknya lebih giat lagi belajar Bahasa Inggrisnya, ya.

4. Giat dan Konsisten Belajar

trik mendapatkan beasiswa untuk perguruan tinggi
mendapatkan beasiswa perguruan tinggi dengan giat belajar

Bagi yang ingin mendapatkan beasiswa S1, jangan lupa untuk giat dan konsisten belajar ya, karena biasanya untuk meraih beasiswa S1 memiliki syarat nilai raport yang bagus sesuai dengan jurusan yang akan diambil.

Misalnya saja, apabila kamu mau mendapatkan beasiswa untuk jurusan sains, maka nilai-nilai mata pelajaran rumpun IPA akan menjadi syarat. Nah, buat kamu yang merasa masih kurang dalam nilai pelajaran, kamu masih punya kesempatan untuk memperbaiki nilai-nilai kamu jika tetap ingin mendapatkan beasiswa.

Kamu bisa mulai belajar secara online di ruangguru, di ruangguru ini kamu akan mendapatkan beragam pelajaran dengan metode menyenangkan serta mudah dipahami. Video penjelasannya juga bisa kamu ulang-ulang lho sehingga kamu bisa lebih mahir dalam pelajaran. Buat kamu yang ingin belajar di ruangguru, informasi selengkapnya dan download aplikasinya.

5. Hal Positif dalam CV

Saat mendaftar beasiswa, biasanya akan diminta untuk mengirimkan CV, dalam CV tersebut masukkan hal-hal positif yang kamu miliki, seperti prestasi juga keaktifan dalam berorganisasi, karena hal tersebut akan menjadi nilai tambah untuk bisa mendapatkan beasiswa.

6. Doa

Setelah semua usaha dilakukan, selanjutnya adalah tinggal bertawakal dan memasrahkan segalanya pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Berdoa sesering mungkin dan sekhusyu mungkin menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Jangan lupa juga untuk meminta doa pada orang tua, saudara, juga guru-guru yang sudah banyak memberikan ilmu selama di sekolah.

Itulah tips jitu yang bisa kamu lakukan untuk meraih beasiswa di perguruan tinggi. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam meraih cita-cita.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.