Manfaat Buku Kas untuk Usaha yang Perlu Kamu Tau

manfaat buku kas untuk usaha

Yasinyasintha.com – Bagi kamu yang sedang atau akan menjalani usaha, ada beberapa aspek yang perlu dipelajari yang nantinya akan membantu kamu dalam mengembangkan usaha. Salah satunya memahami tentang buku kas. Buku kas adalah alat manajemen keuangan paling tua berisikan transaksi baik itu catatan pemasukan maupun pengeluaran yang masih digunakan sampai sekarang, bahkan tetap diperlukan di masa yang akan datang.

Hampir setiap orang yang menjalani usaha baik itu usaha kecil, mikro, atau pun besar sudah tentu menerapkan pembukuan dalam usahanya baik itu buku kas masuk maupun buku kas keluar.

buku kas adalah buku yang menyimpan data keuangan usaha
Fungsi buku kas untuk usaha ( Sumber : Canva )

Fungsi utama dari buku kas digunakan untuk mengetahui sumber pemasukan dan pengeluaran usaha. Setiap usaha perlu dilakukan pencatatan keuangan yang rapi, hal ini akan berpengaruh dengan kesehatan finansial usaha yang sedang kamu jalani.Terlebih lagi bisa dijadikan sebagai acuan dalam berbagai hal, salah satunya dalam mengambil keputusan.

Membuat buku kas bisa menggunakan berbagai cara, mulai dari cara yang manual dengan menulis catatan di buku, bisa juga dengan menggunakan Microsoft Excel di perangkat pintar milik kamu. Terlebih lagi kamu juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi pembukuan seperti bukumitra dari Bukalapak yang kamu gunakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran kas kamu.

Manfaat Utama Melakukan Pembukuan Kas

manfaat buku kas untuk usaha
Cari tau manfaat buku kas di sini ( Sumber : Canva )

Melindungi Usaha

Pembukuan kas berguna untuk melindungi usaha kamu. Zaman sekarang mungkin untuk mengelola uang terasa lebih mudah dengan adanya bank yang bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan maupun melakukan berbagai transaksi.

Tetapi, agar lebih detail akan pemasukan dan pengeluaran kas usaha, kamu perlu menggunakan buku kas. Terkadang nominal yang ada di rekening bisa saja berbeda dengan yang kamu catat. Terlebih lagi untuk menghindari salah penghitungan.

Adanya bank juga akan mempermudah kamu untuk menghitung semua pemasukan yang didapat hal ini didukung dengan adanya buku tabungan yang disediakan bank.

Kamu juga bisa menyamakan catatan yang ada di buku tabungan dan buku kas. Untuk mengembangkan sebuah usaha agar menjadi maju kamu perlu memperhatikan setiap aspek yang akan membuat usaha kamu berjalan lancar.

Menganalisa Sumber Penghasilan Usaha

Dapat membuat analisa terhadap sumber penghasilan utama, terkadang naik turunnya omset dari usaha akan membuat kamu bingung dengan saldo utama dari usaha kamu. Uang yang masuk belum tentu itu saldo utuh dari usaha kamu, bisa juga dari hasil penjualan hari ini, pembayaran hutang pelanggan, atau penjualan aset non usaha.

Kamu bisa menganalisa sumber-sumber yang masuk ke kas usaha melalui buku kas. Jika transaksi penerimaan kas tidak dicatat, hal ini bisa berdampak kerugian dari usaha yang sedang kamu jalani.

Memantau Perputaran Uang

Manfaat pembukuan berikutnya adalah memantau semua perputaran uang, salah satu cara pengelolaan usaha yang baik adalah dengan memperhatikan sekecil apapun pemasukan maupun pengeluaran kas.

Setiap pengeluaran yang dilakukan harus melalui pertimbangan dari tujuan usaha yang sedang dijalani, dengan buku kas kamu bisa membuat semua informasi pengeluaran yang dikeluarkan maupun pemasukan yang dihasilkan.

Salah satu kesalahan yang sering dialami oleh para pengusaha yang mengakibatkan kerugian dalam usahanya adalah mencampurkan uang pribadi dengan uang usaha, Buku kas bisa membantu kamu memantau pengeluaran uang.

Mengetahui Perkembangan Usaha

Dengan adanya buku kas, kamu juga bisa memantau perkembangan dari usaha yang sedang kamu jalani. Untuk mengetahui perputaran uang dalam suatu usaha diperlukan catatan yang merekapitulasi semua pemasukan maupun pengeluaran uang.

Semua akan lebih mudah jika kamu mulai menggunakan buku kas dari pertama kali usaha dibuka agar tidak ada kebingungan di kemudian hari. Karena, jika hanya melihat saldo bertambah atau tidak dalam rekening yang kamu miliki tidak menentukan berapa pendapat murni yang usaha kamu hasilkan, maka dari itu, untuk mengetahui sumber uang masuk dan buat apa pengeluaran tertentu perlu dibuat pencatatan yang rapi.

Mudah untuk Dibuat

Manfaat lainnya dari buku kas adalah sangat sederhana dan mudah dibuat. Membuat buku kas bisa dengan banyak cara antara lain, menggunakan buku kemudian ditulis dengan rapi, bisa juga dengan menggunakan Microsoft Excel di perangkat pintar milik kamu. Akan tetapi, dibutuhkan kedisiplinan dalam menggunakan buku kas agar pencatatan yang kamu buat tidak ada yang terlewat

Jenis Buku Kas

buku mitra adalah buku kas digital yang memudahkan pencatatan kas kamu
Download buku Mitra yuk untuk kemudahan membuat buku kas

Selain buku kas umum, terdapat lagi jenis-jenis buku kas lainnya yang bisa kamu manfaatkan, setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda. Berikut jenis-jenis buku kas menurut perannya masing-masing.

Buku Pembantu Bank

Buku kas pembantu bank adalah catatan yang dikhususkan untuk bank. Transaksi yang dilakukan hanyalah yang berkaitan dengan transaksi menggunakan bank baik itu yang dilakukan melalui teller maupun atm.

Buku Kas Pembantu Pajak

Buku kas pembantu pajak adalah suatu buku yang mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan pajak. Mulai dari PPH, pemungutan dan juga penyetoran pajak yang dipungut selaku wajib pajak, sampai dengan berbagai pencatatan pajak lainnya.

Buku Pembantu Panjar

Terakhir ada buku kas yang dikhususkan untuk catatan yang didalamnya terdapat riwayat transaksi seputar pengeluaran dan juga pengiriman kas untuk bisa diserahkan pada pihak tertentu sesuai dengan SKPD atau Satuan Kerja Perangkat Daerah.
Itulah beberapa manfaat dari buku kas yang mungkin kamu perlu ketahui sebagai pengusaha baru.

Semoga informasi yang ada di artikel ini dapat membantu kamu untuk ke depannya, ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.