Bridal Shower, Acara Pengantin Masa Kini

bridal shower
Bridal Shower
Bridal Shower

Sebetulnya udah pengen nulis ini dari bulan lalu, cuma nongkrong di draft terus. Beberapa waktu lalu habis dari undangan salah satu teman yang sebelum pernikahannya menggelar bridal shower. Pasti sering denger ya akhir-akhir ini soal acara yang satu ini, acara pengantin kekinian tepatnya *maklum pas saya nikah ga ada yang beginian ?

Hati seorang perempuan mana yang tidak berbunga-bunga ketika hendak dipersunting pria pujaan hatinya meskipun mungkin saja ada beberapa orang yang terluka termasuk mantan *eaaaaa hahhaa. Terlebih keluarga dan teman yang mungkin merasa bahwa ketika menikah tentu saja waktu dan perhatian tidak akan tercurah melimpah untuk mereka, karena begitu menikah maka ditetapkanlah skala prioritas yakni keluarga yang baru dibina.

Jika dulu kita mungkin hanya mengenal istilah siraman, pengajian dan midodareni. Maka sekarang kita akan akrab juga dengan istilah Bridal Shower.

Apa itu Bridal Shower ?

Adalah sebuah acara yang digelar untuk memberikan hadiah kepada calon pengantin. Acara ini biasanya digelar oleh teman-teman dekat. Di indonesia acara ini tidak dihadiri oleh kerabat atau keluarga. Jadi istilahnya bener-bener girls time.
Trus ini tuhlebih ke acara curhat, akrab-akrab an, kumpul-kumpul seru antara sahabat dekat, having fun together.
Acara bridal shower di negara barat identik dengan pemberian hadiah untuk calon pengantin, biasanya sih hadiah-hadiah ini untuk ” bekal ” kehidupan setelah menikah. Tapi di indonesia sepertinya lebih suka ngasih hadiah pas hari H ya, jadi si acara ini fokus buat ngerjain dan kangen-kangen an sama calon manten aja.

Bridal shower mungkin sebetulnya adalah evolusi dari pesta lajang yang memang sudah dikenal sejak lama. Saya pribadi sih ga merayakan dan mengadakan pesta lajang. Dulu setelah pengajian teman-teman dekat pada datang, ngerumpi, jajan dan makanan konyol, main gelembung, nangkep ayam -.-” hahhaa *keren kan bridal shower saya hahhaha kayanya secara acara waktu itu saya mengadakan bridal shower yah hahhaha kan having fun together.

Engga lah yah, karena bridal shower ini sebetulnya identik dengan pesta kecil calon pengantin. Biasanya diadakan di cafe, pake accesoris-accesoris lucu, ngerjain calon pengantin, makan kue, pesta minum teh sampe mabok, dan ga lupa foto-foto. Hehhehe

Makin ngehits nya bridal shower ini kayanya pas artis-artis melakukan ini ya kayanya. Seperti artis favorit saya Chelsea Olivia mungkin banyak artis lain mengadakan ini cuma maklum ya saya ini fans garis kerasnya chelsea jadi taunya cuma doi aja yang bikin bridal shower super kereeenz

Foto diambil dari google - Bridal Shower
Foto diambil dari google –
Bridal Shower

Duh itu pasangan bahagia banget yaa .. Romantis terus 

Kita ini emang ga mau ketinggalan ya yang namanya trend.. Padahal sejatinya tau ga sih asal muasal adanya bridal shower ini ? Saya baca dari sebuah blog bahasa inggris sih, dan berusaha merangkumnya disini.

Asal Mula Bridal Shower 

Jadi ini adalah kebiasaan yang bermula di tahun 1890 *woo udah lama ya ternyata. Dulunya sih bridal shower ini dikenal sebagai alternatif mas kawin.
Dulu ceritanya ada pria ganteng nan baik hati ia bekerja untuk kemanusiaan dalam hal membantu yang miskin dan sakit, seluruh warga desa mengenalnya sebagai seorang yang amat sangat baik hati, kemudian dia jatuh cinta pada seorang gadis yang juga warga desa tersebut. Saking jiwa sosialnya tinggi, dia tak bisa menyisihkan sedikit untuk mas kawin. Jadi keluarga si gadis ini tidak mengizinkan dia menikah karena dianggap pria itu terlalu miskin.

Mendapati hal tersebut, si gadis yang mencintai pria itu menangis. Hingga seluruh warga desa tahu *ga kebayang deh ini gadis meraung-raung kali ya
Si pria ini tidak bisa melakukan apa-apa karena jelas memang dia tidak memiliki harta benda. Seluruh warga desa mengenal pria tersebut dan menginginkan si pria ini hidup bahagia, maka seluruh warga termasuk anak muda menyumbangkan sebagian harta mereka untuk diberikan kepada keluarga wanita sebagai mas kawin. Hadiah ini terus berdatangan. Didalam cerita ini disebutkan jika dijumlahkan seluruh hadiah ini maka bisa untuk membeli rumah yang besar. Dan kejadian ini memenangkan hati keluarga gadis itu.
Pria tampan dan gadis pujaan hatinya akhirnya menikah dan hidup bahagia.

Mirip kisah negeri dongeng ya.

Jadi sebetulnya bridal shower ini sudah berevolusi ya. Saya dulu memang nyangkanya kalau bridal shower ini acara kasih-kasih hadiah untuk calon pengantin, ya mirip-mirip sama baby shower lah ya. Tapi ternyata, pemberian hadiah ga di utamakan.

Tercerahkan deh soal bridal shower ini hehhe..
Nah temen-temen ada yang mau ikut mengadakan acara yang lagi trend ini untuk pernikahannya ? Atau mungkin membantu mempersiapkan acara ini untuk keluarga atau sahabat ?

 

– Yasinta Astuti –

 

14 thoughts on “Bridal Shower, Acara Pengantin Masa Kini

  1. Temen-temenku ada beberapa yang ngadain bridal shower, dari yang elegan sekedar makan, ngobcan di cafe, atau foto-foto tapi banyak juga yang jadinya capengnya malah dikerjain. Didandanin kayak badut sampe disuruh yang aneh-aneh.

  2. Kalo aku kayaknya gak tertarik sama bridal shower apalagi kalau ada ngerjain calon manten. Selain jadi kebanyakan acara, juga ibuku akan bilang ‘aneh-aneh aja sih…?’ Haha.

    Tapi sejarahnya bridal shower ini keren amat ya… kali gitu ada yang mau buatin filmnya.

    1. Yoi mbak, jadi sejenak bisa deh haha hihi sama temen-temen deket dan melupakan kerempongan menjelang pernikahan

  3. Mungkin seperti di tradisi arab sebelum menikah ada malam bapacar. Ini khusus kumpul cewek-cewek dan meletakkan hena di tangan si calon penganten secara bergantian. Makasih sharingnya, mba 🙂

    1. Wah baru tau tradisi arab seperti itu, makasih mbak alida.. Tar seluncur ahh soal malam bapacar ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *