5 Lagu Simple Untuk Anak Mulai Belajar Piano

: Seorang anak perempuan yang sedang memainkan sebuah lagu dengan menggunakan piano.

Kenapa anak harus belajar piano? Apa manfaat anak belajar bermain piano? Lagu apa sajakah yang bisa digunakan untuk belajar piano bagi anak?

Sebagian orang tua berpikir bahwa bermain piano itu menyulitkan anak. Namun, tahukah Mama dan Papa bahwa belajar piano memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Hanya saja belajar piano itu tidak sebentar, butuh waktu dan usaha yang lama bagi si kecil agar bisa lancar melantunkan lagu dengan iringan piano.

5 Rekomendasi Lagu Anak Belajar Piano

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan 5 rekomendasi lagu sederhana yang dapat Mama dan Papa gunakan bagi si kecil yang mulai belajar piano. Penasaran apa saja rekomendasi lagunya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Chopstick

: Seorang anak perempuan yang sedang memainkan sebuah lagu dengan menggunakan piano.
Belajar piano ternyata bisa digunakan sebagai langkah untuk membantu si kecil menjelajahi bidang musik. Image credit: freepik.com

Lagu waltz sederhana yang memiliki judul asli “The Celebrate Chop Waltz” ini menjadi rekomendasi lagu yang wajib dipelajari oleh si kecil. Lagu ini terbilang mudah dimainkan karena melodinya hanya menggunakan dua jari yang saling memotong sehingga menyerupai sumpit. Inilah kenapa lagu ini disebut Chopstick atau sumpit.

Lagu yang ditulis oleh Euphemia Allen ini muncul pada tahun 1877 yang kemudian diadaptasi menjadi lagu duet dan banyak muncul di berbagai film terkenal dunia. Dengan demikian, tidak ada salahnya untuk membantu si kecil berlatih lagu Chopstick ini saat belajar piano.

2. Heart and Soul

Lagu selanjutnya adalah Heart and Soul yang ditulis oleh Hoagy Carmichael. Lagu ini sering dijadikan sebagai materi saat proses belajar piano karena memiliki pola progresi yang berulang. Pola progresi ini dimainkan oleh second atau pemain kedua dan dalam format duet piano atau one piano, four hands.

Pada tahun 1938, lagu ini diaransemen dalam bentuk orkestra oleh Larry Clinton dan kemudian muncul di sebuah film pendek. Karena ketenarannya inilah yang membuat Heart and Soul wajib dimainkan oleh si kecil yang sedang belajar piano.

3. Flohwalzer

Siapa yang tidak kenal dengan lagu legendaris flohwalzer ini? Flea Waltz atau yang dalam bahasa Jerman disebut Der Flohwalzer ini adalah lagu piano yang sangat populer dan banyak dikenal oleh pianis dunia. Lagu yang ditulis dalam birama 2/4 ini mendapatkan julukan Waltz yang menggunakan permainan jari pada tangga nada F-Sharp, G-flat major, dan sebagian besar nadanya dimainkan dalam kunci hitam.

Ditambah dengan permainan tangan yang menyilang, membuat lagu ini memiliki kesan akrobatik dan sulit dimainkan. Meskipun demikian, lagu ini banyak disukai dan diminati oleh pecinta piano di seluruh dunia.

4. Canon in D

 

Link: https://www.freepik.com/premium-photo/happy-smiling-girl-playing-piano-with-bright-decorations-background_1189820

Seorang gadis yang sedang bermain piano untuk hari natal.
Belajar piano bukan hanya melatih kemampuan si kecil, tetapi juga sangat menyenangkan.( Sumber : Freepik.com )

Saat belajar piano, si kecil wajib mempelajari lagu yang satu ini. Canon in D adalah sebuah lagu yang ditulis oleh Johann Pachelbel yang merupakan seorang komposer dan organis terkenal asal Jerman untuk format basso continuo dan 3 biola. Lagu ini menjadi lagu terkenal yang paling banyak masuk ke dalam list “paling diinginkan” oleh murid piano pemula.

Lagu ini mulai terkenal pada zaman Jean-Francois Paillard yang merupakan seorang konduktor asal Prancis yang membuat rekaman lagu ini. Sejak saat itu, lagu ini memiliki berbagai versi yang kemudian melambungkan namanya menjadi lagu pop. Yang menariknya adalah lagu ini memiliki harmoni yang ikonik, yang dimana memiliki nada basso ostinato dan dalam bentuk canon.

5. Ode to Joy

Guru yang sedang mengajarkan si kecil bermain piano
Mempelajari lagu yang mudah saat belajar piano bisa mendorong si kecil dalam minatnya terhadap piano. Image credit: freepik.com

Ode to Joy menjadi lagu populer selanjutnya yang wajib dikenalkan kepada buah hati. Kenapa demikian? Karena lagu Ode to Joy adalah sebuah puisi yang dinyanyikan yang pada tahun 1785 oleh Ludwig van Beethoven. Lagu ini ditulis oleh Friedrich Schiller yang merupakan seorang penyair, penulis drama, hingga sejarawan asal Jerman.

Lagu Ode to Joy berkisah tentang sebuah puisi perayaan yang dapat menyatukan seluruh umat manusia. Saking terkenalnya, lagu ini sering disebut sebagai masterpiece yang paling terkenal dalam genre musik klasik karya Beethoven.

Lagu ini juga sering dinyanyikan di beberapa gereja Inggris. Bahkan lagu ini disebut sebagai himne yang ditulis pada tahun 1907 dengan judul “Joyful, Joyful We Adore Thee” yang ditulis oleh Henry van Dyke, seorang penulis terkenal asal Amerika. Di balik ketenarannya, lagu ini sangat mudah dimainkan dan cocok untuk dipelajari si kecil sebagai pemula.

Nah itulah 5 rekomendasi lagu sederhana saat belajar piano. Untuk membantu si kecil saat belajar piano, Mama dan Papa bisa mempercayakannya kepada Kiddo.id yang juga memiliki beberapa pilihan kelas private piano classic maupun pop untuk si kecil. Kenapa harus Kiddo.id? karena Kiddo.id adalah sebuah platform bergengsi yang akan membantu Keluarga Kiddo dalam memaksimalkan semua potensi anak, salah satunya kemampuan bermain piano.

Yang menariknya adalah Kiddo.id telah menyediakan ratusan aktivitas dan kursus yang mengedukasi. Untuk terus membantu orang tua Indonesia, Kiddo.id bahkan baru saja mengeluarkan sebuah fitur baru bernama Milestone Tracker yang bertujuan untuk membantu Mama dan Papa memantau tumbuh kembang serta potensi yang dimiliki si kecil secara maksimal. Menarik bukan?

Jika Mama dan Papa tertarik untuk membantu si kecil saat belajar piano, yuk segera kunjungi website resmi Kiddo.di di laman https://kiddo.id maupun unduh aplikasinya di Play Store atau App Store. Bagaimana menurut Anda? Apakah membantu? Jika iya, tunggu apalagi? Segera daftarkan buah hati Anda.

Referensi :
http://jeliaedu.blogspot.com/2018/05/5-lagu-piano-yang-menarik-bagi-pemula.html
https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/onicmetheany/lagu-untuk-merangsang-kecerdasan-balita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *