7 Rekomendasi Game Online Gratis di Plays.org

game petualangan dengan karakter adventure time

Yasinyasintha.com – Kejenuhan seringkali datang di sela aktivitas, entah itu saat bekerja maupun anak – anak belajar. Dan kita semua setuju, game jadi salah satu obat mujarab pengusir bosan. Beruntung, kita hidup di era teknologi yang menyediakan banyak kemudahan mengatasi bosan. Salah satunya adalah dengan game online di Plays.org dan ini gratis.

Game Online dan Manfaatnya Bagi Anak

manfaat game untuk anak
Kenali yuk manfaat main game untuk anak

Sebagai orang tua, ada kekhawatiran tersendiri saat anak asyik bermain game. Padahal tidak selalu negatif lho, karena selain menyenangkan, game bisa punya manfaat tersendiri. Selain utamanya untuk hiburan, tak disangka game pun punya beberapa manfaat diantaranya :

  • Melatih fokus, saya jadi ingat salah satu cara melatih fokus io dulu saat guru mengatakan rentang fokus io yang pendek harus dilatih, saya menggunakan game sebagai salah satu cara melatih fokusnya terhadap sesuatu, Alhamdulilah it works.
  • Mengembangkan otak kanan, saat kita atau anak bermain game, secara otomatis akan berusaha menyelesaikan misi-misi dan naik level. Hal tersebut berhubungan dengan sisi logika, kreatif dan melatih strategi yang merupakan tugas otak kanan.
  • Melatih kesabaran dan sikap pantang menyerah, kalah dalam hal permainan game jadi hal yang biasa. Meski kesal, tapi anak-anak biasanya jadi belajar sabar, pantang menyerah dan belajar dari kesalahan sebelumnya. Salah satu hal yang suka saya bahas juga ke Vio dalam hal belajar, saya selalu bilang it’s like a game,when you wrong, you fail, you try again with your best. Lalu saya bisa lihat dia jadi lebih semangat, hehe.
  • Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, karena kebanyakan game berbahasa Inggris, secara otomatis anak akan berusaha memahami instruksi, dan secara tidak sadar kita telah membantu anak meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya.
  • Menghilangkan stress, di atas segalanya, inilah manfaat game. Bisa jadi penghilang stress, bagi anak pun bagi orang dewasa, bermain game online bisa jadi pelarian sesaat kala penat.

Website Game Online, Plays.org

website game online gratis untuk anak
Website game online, Plays.org

Alih-alih dari hape, saya pribadi lebih suka main game online di laptop atau PC. Pun untuk Vio dan Yaya yang seringkali juga saya ajak mencoba bermain game di PC saja. Alasannya, selain layarnya lebih lebar, saya lebih bisa memonitor anak-anak main apa. Lalu juga menyoal ke postur tubuh, bermain game di PC atau laptop menurut saya lebih baik dari bermain game di Handphone yang cenderung membuat anak sering menunduk.

Salah satu website yang menyediakan banyak game online adalah Play.org yang merupakan website untuk bermain game online dengan pilihan game yang super banyak dan gratis. Happy banget sih ada website ini yang menyediakan berbagai macam kategori game untuk dimainkan.

7 Rekomendasi Game Online di Plays.org

Saya belum coba semua sejak 2 minggu lalu sering buka plays.org kalau lagi jenuh atau stuck atau ketika anak-anak mau main game online. Tapi setidaknya ada 7 game yang seru dan gratis untuk dimainkan di sini, berikut adalah game – gamenya :

Adventure Time Break the Worm Beat-Em-Up Game

game petualangan dengan karakter adventure time
game adventure time

Game yang satu ini seru karena karakternya berasal dari serial televisi berjudul Adventure Time. Gamenya ini tentang perjalanan dan mengalahkan para cacing dan Penguin yang menyerang di sepanjang perjalanan. Mainin game ini, anak-anak jadi belajar koordinasi tangan kiri dan kanan loh, karena harus hadap kiri atau kanan sambil meninju-ninju cacing dan penguin jahat. Coba deh main Adventure Time Break The Worm Beat-Em-Up Game ini.

Colorush

game online yang mengasah strategi, cocok untuk anak 5 tahun ke atas
Colorush game di Plays.org

Game Colorush ini adalah salah satu favorit saya, karena bermain dengan strategi. Misinya adalah menembakan peluru warna ke tempat berbentuk lingkaran. Semakin tinggi levelnya, tantangannya semakin sulit. Ada tanda X yang harus dihindari peluru warna agar tak pecah berkeping-keping. Btw, saya juga seneng ngajakin io main ini, kami asik menerka kemana bola peluru akan memantul dan sibuk menentukan arah segitiga yang bisa memantulkan bola peluru warna agar misi selesai.

Bermain game ini selain belajar warna, tentu saja mengasah strategi. Game yang sederhana tapi menyenangkan.

Monster Mansion Memory Match

Nah kalau ini game kesukaan Yaya. Game-nya super simple, tentang menemukan kembaran di monster yang akan muncul di jendela. Semakin lama, mansion si monster ini akan semakin tinggi. Game Monster Mansion Memory Match ini selain seru, ngajak anak atau kita untuk mengasah daya ingat. Pun mudah tinggal klik, so simple but fun.

Tom and Jerry Parade Pranks

game ular dengan karakter tom and jerry
Tom and Jerry Parade Pranks

Masih dengan game simpel yang saya dan Yaya suka mainin. Temanya Chinesse New Year, konsep gamenya kaya game ular yang ada di hape jadul. Tapi ini lebih colorful dan game simpel gini lumayan juga buat ngisi waktu, ga bikin addict tapi tetap seru dimainkan. Misinya juga mudah, hindari perangkat si Tom. Coba deh mainkan langsung deh Tom and Jerry Parade Pranks.

Dennis and Gnasher Defend the Den

game menembak musuh zombie
Dennis and Gnasher Defend The Den

Game yang ini santai tapi sekaligus bikin degdegan. Apalagi kalau mainnya sama Vio dan Vira, misinya adalah menembak Zombie yang akan menyerang rumah pohon si Dennis, mana Zombie-nya ngebut lagi jalannya. Dijamin pada rame deh kalau diajakin main game Dennis and Gnasher Defend The Den ini.

Craig of the Creek Defend The Sewers

game menembak bola dan balon untuk anak-anak online
Play Craig of the Creek Defend the Sewers Balloon Game

Game ini adalah game yang biasanya kami mainkan secara bergantian, karena setiap level, karakternya pun berganti. Play Craig of the Creak Defend The Sewers Ballon Game ini adalah game ini cukup simpel tapi juga bikin penasaran karena di awal kita disuguhkan pada perjalanan, pun gambarnya sangat kartun dan anak-anak banget.

Alien vs Math

game matematika untuk anak
Alien vs Math on Plays.org

Nah kalau game ini sih dari judulnya udah ketebak ya, sambil main game sambil belajar matematika dalam rangka menyelamatkan sapi yang akan diculik alien. Game ini tentu dimainkan sama Vio, sambil latihan berhitung. Setiap selesai mengerjakan 1 misi, level berikutnya hitungannya semakin sulit, kita juga bisa pilih jenis matematikanya. Penambahan, pengurangan, bagi atau kali. Bermain sambil belajar, nyata banget di Game Alien vs Math ini.

Kesimpulan

Bermain game tak hanya menyenangkan tapi juga bisa jadi sarana belajar anak kok. Bermain sambil belajar, apalagi di Plays.org ini menyediakan ratusan game dengan berbagai kategori. Mulai dari jenis game sampai dengan kategori game berdasarkan karakter anak.

Kita juga bisa klik menu ” New Game ” untuk melihat game – game terbaru yang ada di website Plays.org ini. Jika sedang bingung main game apa, menu ” Random Plays ” bisa jadi pilihan main game.

So, gimana tertarik coba dong? Segala sesuatu punya dampak baik jika dilakukan dalam porsi yang tepat, termasuk bermain game online. Kamu sendiri, sukanya game apa nih? Kunjungi Plays.org deh buat coba game online gratis sama anak-anak dan keluarga.

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

One thought on “7 Rekomendasi Game Online Gratis di Plays.org

  1. Waaah mbaaa, aku seneng nih diksh tau beberapa nama permainannya yg seru2. Aku udh tau ttg play. Org ini. Tapi Krn pilihannya banyak banget, aku biasanya search yg aku udh tau aja kayak Solitaire. Ntr permainan di atas mau aku mainin Ama anak2 :D. Yg ttg sapi dan UFO menarik tuh. Mereka bisa sekaligus belajar 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *