Les Renang Anak di Bandung, Kampung Belajar Swimming Club

les renang anak di bandung timur

Yasinyasintha.com – Sejak lama saya ingin sekali mencarikan Vio les renang. Bukan hanya untuk olahraga, kondisi kesehatan Vio yang punya alergi dingin dan turunan asma dari Papi membuat kami semakin semangat menjadikan renang sebagai salah satu pilihan olahraga untuk Vio. Olahraga iya, terapi iya, manfaatnya double jadinya. Tulisan ini, adalah tentang les renang anak di Bandung. Khususnya di Kampung Belajar.

Renang untuk Anak

pengalaman belajar renang sama anak
Pengalaman mendaftartkan anak belajar renang

Jauh sebelum pandemi, berenang jadi ajang quality time kami. Tidak secara spesifik ngajarin Vio renang, tapi lebih ke bersenang-senang aja main air. Biasanya pakai ban renang, agar lebih aman juga. Saya masih inget nih ban renang pertama Vio bentuk mobil, hadiah ulang tahun dari seorang teman, Teh Chandra yang punya anak seusia Vio juga.

Setiap renang Vio senang bukan kepalang. Kadang main di kolam anak dengan perosotan. Kadang juga kami bawa ke kolam dalam dengan menggunakan ban renang tadi. Yang saya suka setelah renang, tidurnya lebih nyenyak pun makannya jadi banyak. Ini kayanya kita yang dewasa juga ya kalau abis renang pasti enak tidur dan bawaannya laper terus haha.

Lebih lanjut, manfaat renang untuk anak juga banyak. Ga Cuma fisik, tapi juga mental. Melansir dari beberapa sumber, berikut saya rangkumkan beberapa manfaat renang untuk anak.

Manfaat Renang untuk Anak

manfaat renang bagi anak
Manfaat renang bagi anak
  • Untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru anak
  • Latihan otot, gerak melawan gaya air bisa melatih otot anak menjadi lebih kuat
  • Mencegah obesitas, percaya atau tidak nih ya sejak disunat, berat badan io naik terus.
  • Makannya hebat, dan kami tentu saja senang. Tapi muncul juga kekhawatiran terjadinya kelebihan berat badan, maka berenang adalah salah satu usaha kami mencegahnya.
  • Meningkatkan percaya diri anak
  • Membantu kesehatan mental anak karena anak menjadi lebih tenang, memiliki mood yang baik dan dapat menurunkan risiko depresi ( apalagi udah mulai sekolah nih Vio hehe )
  •  Kualitas tidur yang lebih baik, kalau kualitas tidur anak baik kesehatan anak jadi terjaga juga
  • Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan dan kemampuan mengikuti instruksi

Masih banyak lagi sih manfaat berenang untuk anak. Yang jelas kegiatan renang ini jadi kegiatan mingguan di keluarga kami. Dan sejak Vio les renang, Vira juga jadi rajin ke kolam renang juga. Main air dan kami biasakan ia dengan lingkungan kolam renang.

Memilih Les Renang Anak

tempat les renang di kampung belajar
Yaya dan Papi lagi main air nih

Sejak 4 tahun lebih saya dan Papi tuh udah nanya-nanya soal les renang ini. Kami bahkan emang punya kegemaran untuk mencoba kolam renang yang ada di Bandung beberapa tahun lalu. Mulai dari ke Kolam Renang Batu Nunggal Indah, Siliwangi, Sampoerna, El dorado. Sayangnya review tentang tempat tersebut hilang hiks, mudah-mudahan ada waktu ke sana lagi dan buat blog post baru ya yang lebih update juga.

Range harga belajar renang ini variatif, gimana tempat pun gimana pelatihnya. Ada yang 700 ribu per bulan untuk 4 kali pertemuan, ada juga yang mematok harga per pertemuan saja di angka 80 – 120 ribu ( belum termasuk tiket renang anak dan pelatih ), ini semua gimana kita. Pernah suatu hari saya dan Papi mencoba pelatih yang dibayar per visit, 80ribu dengan kolam renang yang kita pilih saat itu ada di Bandung timur, Kampung Swarga. Sayangnya baru sekali pertemuan, pandemi Covid-19 merebak. Jadi terputus deh les renang Vio.

Les Renang Anak di Kampung Belajar

pelatih renang anak di bandung
Kak Zaki, pelatih renang iioo

Baru tahun ini, 2021. Tepatnya bulan September, orang tua teman sekolah Vio memberikan info tempat les renang di Bandung Timur, bersama Kampung Belajar ( thank you so much Mama Ghira ) sebenarnya saya udah pernah dengar beberapa kali nih mengenai kampung belajar ini, tapi masih maju mundur. Beruntung Mama Ghira ini memberikan info yang lengkap dengan nomor kontak Kampung Belajar Swimming Club ( KBSC ) ini, jadi saya bisa bertanya lebih lanjut.

Kontak via Whatsapp dan lanjut ke trial langsung dan mendaftar. Tersedia 2 pilihan kelas yakni sekolah renang dan private renang. Keduanya tersedia dalam pilihan waktu weekday dan weekend, yang membedakan, tentu saja harganya hehe.

kampung-belajar-anak
Area makan Kampoeng Belajar

Private Renang ( 1 Pelatih 1 Anak ) Latihan seminggu sekali biayanya Rp. 450.000 sedangkan weekday Rp. 400.000. Jika ingin lebih intens, ada juga dengan biaya yang berbeda tentu saja. Sekolah Renang ( 1 pelatih 5 anak ) latihan seminggu sekali biayanya Rp. 250.000 ( weekday ) dan Rp. 300.000 ( weekend ). Sama dengan private, tersedia juga latihan seminggu 2 kali dengan biaya tambahan 50 ribu saja dong per bulannya. Cukup terjangkau ya.

Semuanya belum termasuk tiket renang ya. Tiket anak Rp. 20.000, dewasa Rp. 25.000 sedangkan pengantar cukup membayar Rp. 5.000 saja.

Oya, di awal ada registrasi senilai Rp. 75.000 dan bayar trial ( Weekday Rp. 100.000 dan Rp. 150.000 untuk weekend ) untuk mengukur kemampuan anak di dalam air.

ps. Ini semua harga Oktober 2021 ya, bisa saja mungkin nanti naik.

Alasan Memilih Les Renang di Kampung Belajar

review tempat les
Kampoeng Belajar

Kasus covid yang naik turun emang jadi alasan kuat kita selektif memilih aktivitas di luar rumah. Tak terkecuali untuk renang anak. Baru September kemarin kami memberanikan mendaftarkan Vio untuk les renang. Ada alasan tertentu langsung klik sama KBSC ini.

  • Rekomendasi teman, yang memberikan info adalah orang tua teman sekolah Vio saat TK. Yang ia pun mengikutsertakan anak-anaknya untuk les renang di sini. Jadi tentu saja langsung percaya dan ikut mendaftar langsung. Alhamdulilah cocok nih di sini.
  • Tempatnya private, sesuai namanya Kampung Belajar. Jadi yang di sini hanya untuk yang belajar berenang saja, bukan kolam renang umum. Bahkan dulu, orang tua atau pengantar tidak diperkenankan ikut berenang. Sekarang udah boleh nih ikut berenang juga sambil nunggu kita yang nganter olahraga.
  • Tersedia 2 kolam ( kolam dewasa dan anak )
  • Fasilitas cukup lengkap ( Ruang ganti, tempat makan, ruang tunggu orang tua )
lokasi kampoeng belajar
Lokasi Kampoeng Belajar ini cukup sulit, kita butuh jalan kaki menuju ke tempat les renang

Kekurangan les renang di sini adalah 1, lokasinya yang tidak terjangkau mobil. Jadi kamu yang datang dengan kendaraan roda empat, parkir di parkiran ruko komplek Taman Sari Ujung Berung. Sedangkan kamu yang datang kendaraan roda dua bisa melewati gang kecil untuk sampai.

Pengalaman Mendaftarkan Les Renang Anak di Kampung Belajar

Setiap Vio les, Vira ikut renang juga

Berhubung sekolah masih daring, mengisinya dengan les renang jadi pilihan saya dan Papi untuk Vio. Selain itu, sudah setahun belakangan juga Vio punya aktivitas Taekwondo ( Nanti saya cerita tentang ini ).

Setelah mendapat informasi tentang les renang ini, saya langsung chat nomor Official KBSC dan menanyakan seputar program les renang. Dapatlah program dan harga, dan ternyata ga Cuma les renang anak saja. Dewasa pun bisa, bahkan untuk terapi atau trauma. Lengkap ya suka deh.

Saya ceritanya mendaftar untuk sekolah renang dengan pilihan waktu weekend. Pas datang ke sana, sudah disambut hangat, berhubung pertemuan pertama jadi Vio trial dahulu secara privat bersama ka Zaki. Saya mengawasi dari jauh saja sambil ngajak Yaya main di kolam anak. Saya bisa lihat nih, Vio ternyata ada sedikit trauma air, mungkin karena pernah kami ajak masuk kepalanya ke dalam air ( jangan ditiru ya kesalahan kami yang ternyata membekas ).

Satu jam berlalu, giliran Kak Zaki mendatangi kami memberikan report. Benar saja, katanya Vio ada sedikit trauma dengan air. Pertemuan pertama lebih ke pengenalan kolam, dan adaptasi anak, sambil diajarkan teknik meniup ( mengembuskan udara napas ) ke dalam air. Ini saya Vio ketakutan, dan dalam satu jam melihat Vio sudah mulai berani memasukan setengah wajah ke dalam air, rasanya itu sudah merupakan progres.

Kami diberikan PR, katanya Vio diajak meniupkan udara tadi di ember ketika di rumah agar terbiasa. Saya lihat, Kak Zaki ini begitu sabar mengajarkan Vio. Akhirnya, setelah dipikir-pikir kami memutuskan untuk Vio mengambil les renang privat saja bersama Kak Zaki. Supaya pelatih fokus mengajarkan, pun Vio bisa lebih fokus juga mengikuti instruksi.

Awal Oktober ini, 1 bulan sudah Vio berenang. 4 Kali pertemuan, saya lihat dia sudah bisa meluncur dengan pelampung. Sedang belajar teknik menggunakan tangan, dan penguatan otot kaki untuk renang gaya bebas. Saya puas dengan progresnya, Vio juga semangat tidak menyerah.

Ada kejadian lucu, hampir 2 tahun lebih tidak berenang lalu saat pulang dan sudah di rumah Vio bilang masih berasa berjalan di dalam air, lantainya terasa seperti puding katanya, Haha.

Bulan ini Vio masih private les renang bersama Kak Zaki. Semoga dengan private di bulan ke dua ini, Vio sudah bisa lebih percaya diri dan bisa menguasai. Nantinya akan tetap berenang dan lanjut di program sekolah renang agar Vio punya teman juga ga belajar sendiri. Pengen juga ngelesin renang Yaya, karena katanya sudah bisa dengan program private. Kami masih maju mundur antara coba dulu atau menunggu nanti kalau Yaya sudah 4 tahun saja.

Kesimpulan

renang balita di kampung belajar

Renang ini seperti memasak kata Papi, adalah skill dasar yang harus dimiliki sebagai skill bertahan. Saya juga semangat membantu Vio agar bisa berenang dengan teknik yang tepat, berhubung saya tidak bisa berenang. Jadi orang tua itu ternyata tentang kita ingin memberikan apa yang dulu tidak bisa kita dapatkan ya kepada anak, saya dan Papi ingin Vio lebih baik dari kami, ingin Vio lebih baik lagi, dan terpenting ingin ia bahagia dan berhasil.

Semoga tulisan saya tentang les renang anak ini bisa membantu teman-teman yang mencari tempat belajar renang anak di Bandung ya, terutama di Bandung Timur. Bener deh, KBSC ini recomended. Coba ceki-ceki aja Instagramnya @official_kbsc_bandung buat info lebih lanjutnya.

See you on another story.

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

 

 

4 thoughts on “Les Renang Anak di Bandung, Kampung Belajar Swimming Club

  1. Duuuuh aku JD pengen les- in anakku lagi mba. Sebelum pandemi mereka juga les renang, tapi gara2 COVID ini aku stop :(. Kalo skr msh belum berani sih jujurnya. Tapi pasti setelah kondisi aman, mereka bakal aku Les in lagi kok. Krn anak2 juga suka bangettttt les berenang ini

    Aku sendiri dulu les renang pas SD. Tapi cuma sampe kls 5 SD, Krn dilarang papa setelah kls 5, aurat katanya 🤣. Zaman dulu kan blm ada baju renang muslimah mba :D. Tapi untungnya udh menguasai 2 gaya, walopun skr ini cuma gaya dada aja yg msh inget. Gaya punggung udh byeee lupaaa hahahaha

    1. Iya mbak fanny emang agak degdegan juga ngelesin renang tuh. Aku beruntungnya karena nemu tempat belajar renang yang private aja ini. Jadi lebih sedikit orangnya ga kaya kolam umum. Nanti aku juga kepikiran pengen les renang juga, soalnya segede gini belum bisa berenang aku tu haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.