Keterampilan Sosial, Bekal Utama Anak Di Masa Depan “

seminar parenting, parenting, seminar SGM, blogger reportase

Karena menjadi orangtua adalah tentang langsung praktek, tidak ada sekolahnya, tidak ada ilmu pastinya dan ngerinya lagi tidak ada remedialnya. Maka penting belajar terus, penting bisa meraup dan upgrade ilmu dan pengetahuan juga pengalaman, dari sesama ibu juga dari ahlinya.

Memiliki anak yang mudah beradaptasi tentu akan sangat menyenangkan, karena itu menunjukan tingkat percaya diri anak juga aspek lainnya. Memulainya dari keluarga, sejak dini dan terus diasah adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan agar anak memiliki karakter dan kepribadian yang baik. Di luar itu, anak yang percaya diri atau sebaliknya merupakan keterampilan. Dan keterampilan itu bisa diasah, erat kaitannya dengan kemandirian dan kreativitas. Inilah yang dinamakan keterampilan sosial ( Pelajaran dimulai …  ) 

Seminar Parenting SGM ” Keterampilan Sosial Pada Anak “
Bareng SGM saya dan teman blogger yang lainnya ikut seminar parenting yang digelar di Hotel Harris Festival Citylink tanggal 6 Mei 2017 kemarin, seminar parenting dari SGM Eksplor ini merupakan rangkaian kegiatan edukasi sebagai wujud dukungan pada orangtua dalam mendampingi si kecil.

seminar parenting, parenting, seminar SGM, blogger reportase
Mba Anna yang menjelaskan mengenai keterampilan sosial

Menghadirkan psikolog anak dan keluarga mba Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.si.,Psi., sebagai narasumbernya juga dipandu oleh MC cantik dan seru Cici Panda yang menggiring semua ibu untuk menyimak juga aktif bertanya mengenai keterampilan sosial pada anak.

Mengapa keterampilan sosial ?
Karena keterampilan sosial adalah modal dasar anak untuk mampu mengembangkan keterampilan lainnya, dimulai dengan meniru orangtua dan lingkungan sekitarnya, makanya penting orangtua mendampingi dan menerapkan pola asuh yang tepat karena mau tidak mau hal tersebut berpengaruh pada kemampuan sosial dan emosional anak.
Mba Anna menjelaskan bahwa dengan memiliki kemampuan sosial, bukan hanya anak yang akan merasakan manfaatnya. Tapi lingkungan sekitarnya pun akan merasakan manfaatnya, karena anak yang memiliki keterampilan sosial dinilai memiliki kelebihan yang dapat membantu sekitarnya dengan menunjukan rasa percaya diri, mandiri dan kreatif.  Dengan memiliki keterampilan sosial, keterampilan lainnya akan lebih mudah dikuasai.

Lalu apa saja yang menjadi syarat agar anak mampu bersosialisasi dan mengembangkan keterampilan sosialnya ? Setidaknya ada 3 hal berikut :

  • Tubuh sehat, tubuhnya harus sehat dan kebutuhan nutrisi tercukupi
  • Cerdas dan mampu berimajinasi, mampu mengembangkan kecerdasan dan kreativitas dengan baik
  • Emosi, memiliki perkembangan emosi yang baik ( mandiri )

Setelah 3 syarat tadi tercukupi, kita sebagai orangtua tentu saja harus berusaha mengembangkan hal tersebut, karena anak perlu menguasai keterampilan sosial sesuai dengan usianya pastinya.

seminar parenting, parenting, seminar SGM, blogger reportase
Sessi tanya jawab bersama mba Anna Surti

Setelah anak memenuhi syarat tadi, kita sebagai orangtua perlu mengembangkan keterampilan sosialnya. Ada 2 tahapan yang harus diperlukan, meliputi tahap awal yand terdiri dari : kedekatan anak dengan orangtua, rasa percaya anak pada orangtua dan anak sudah mampu mandiri sesuai dengan usianya. Tahap selanjutnya yakni tahap lanjutan adalah : anak perlu mengenal emosi, menjaga diri sendiri, mampu berkomunikasi, mampu fokus dan berimajinasi dan memiliki rasa empati.
Alhamdulilah tahap awal dan lanjutan ini sudah lengkap pada iioo, tenang rasanya. Dan langsung inget kalau iioo punya daya imajinasi yang tinggi.

Acara ini seru banget karena interaktif dan antusias dari peserta yang aktif bertanya dan langsung dijawab oleh pakarnya, belum lagi rangkaian games seru yang bikin acaranya jadi menyenangkan dan bersemangat.
Saya jadi banyak seruput ilmu di sini, tak ada lagi kekhawatiran yang mengganggu saat mengetahui bahwa semua syarat dan ciri perkembangan keterampilan sosial iioo sesuai dengan usianya, tinggal mengembangkan pola asuh yang benar agar iioo jadi anak yang terampil di masa depan.

Seneng banget bisa ikut acara parenting bersama SGM ini, karena menjadi orangtua memang tak ada sekolahnya, adanya acara kaya gini sangat membantu untuk saya yang masih banyak ga tau.

Keterampilan sosial memang bukan jaminan seorang anak akan sukses di masa depan, namun dengan menguasai keterampilan sosial kemungkinan anak menjadi generasi maju semakin dekat untuk diraih.
Jadi buibu, yuk kembangkan keterampilan sosial pada anak.

seminar parenting, parenting, seminar SGM, blogger reportase
Bareng temen-temen Emak blogger yang upgrade ilmu parenting bareng

Terima kasih banyak SGM yang sudah mengadakan acara keren kaya gini, bener-benar kaya manfaat !

13 thoughts on “Keterampilan Sosial, Bekal Utama Anak Di Masa Depan “

  1. Anakku percaya diri jika hrs berhadapan dengan orang lain, nggak malu-malu. Tapi dia masih belum bisa mengenali emosi.

    Acara macam ini memang penting banget ya bagi orang tua. Thanks for sharing.

    1. Dengan senang hati mbak. Emang seneng banget kalau ada acara kaya gini, kita dapet suntikan ilmu yang bener-bener manfaat buat anak

  2. memang sangat perlu sekali ya ketrampilan sosial agak anak juga bisa diterima oleh temannya, mampu beradapatsi dg baik dg lingkungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *