Menabung Emas Sebagai Investasi Cerdas

menabung emas sebagai investasi cerdas

Yasinyasintha.com – Ketika awal-awal pandemi, para pelaku usaha dibuat kalang kabut karena tumbangnya berbagai sektor usaha, jangankan usaha kecil. Usaha – usaha besar pun banyak yang di ujung tanduk, banyak karyawan dirumahkan. Menariknya, yang cukup stabil adalah nilai emas, ini membukakan mata saya juga, bahwa investasi emas merupakan investasi cerdas.

Investasi Emas

investasi emas adalah menabung dalam bentuk emas
investasi emas

Dilansir dari Pluang.com, investasi emas pada umumnya memberikan perlindungan terhadap depresiasi Rupiah dan inflasi sehingga sangat cocok dijadikan aset safe-haven. Harga emas akan melesat naik dengan cepat pada masa-masa krisis dan ketidakpastian ekonomi karena banyak investor mencari aset aman dan memiliki nilai lindung.

Bagi ibu-ibu, emas sudah sangat dekat tentunya dalam bentuk perhiasan yang umumnya dipakai. Benar jika dikatakan, yang berkilauan itu memang disukai perempuan. Bukan tanpa alasan tentunya perempuan lebih dekat dengan emas, karena menurut beberapa teman perempuan saya pun membeli emas adalah investasi yang menyenangkan.
Investasi emas sangat cocok menjadi investasi jangka panjang.

Seperti halnya investasi lain, selalu ada risiko pada jenis investasi apapun apalagi nilai emas juga bisa naik dan turun. Tapi dalam jangka panjang, emas memberikan hasil yang stabil terhadap Rupiah.

Emas Perhiasan VS Emas Logam Mulia VS Emas Digital

jenis emas untuk ditabung lebih baik dalam bentuk emas logam mulia atau emas digital
Pilihan menabung emas

Tidak salah jika kamu termasuk yang suka investasi emas dalam bentuk perhiasan, tidak salah juga jika memilih logam mulia bersertifikat kemurnian emas, atau kamu yang memilih emas digital aja karena dinilai tidak ribet, praktis disimpan dan tidak memakan biaya cetak.

Yang salah adalah kamu yang tidak berinvestasi emas, nah loh hehe piss.

Saya termasuk yang menyukai investasi emas dalam bentuk emas digital, selain praktis saya merasa investasi emas digital merupakan investasi emas yang paling aman dan bisa dipantau pergerakannya.

Secara pribadi, pilihan emas digital ini karena saya tidak terlalu suka memakai perhiasan dan ceroboh dalam menyimpan barang, risiko barang hilang karena lupa menyimpan dimana menjadi besar. Dan lagi ternyata setelah saya baca – baca berinvestasi pada emas perhiasan patut dipertimbangkan karena harga jualnya yang cenderung lebih rendah dari harga beli.

Jadi bagi saya, emas perhiasan dibeli secukupnya saja.

Pertanyaannya jadi bertambah : Bagaimana hukum jual beli emas digital? Ternyata sudah ada fatwa MUI mengenai ini, setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan :
– Harus tunai
– Harus sepadan
– Emas harus segera diserahkan setelah transaksi selesai

Ini sejalan dengan emas digital, karena nilai emas bisa dipantau sesuai waktu kita akan membelinya dan begitu dibeli, nilai emas pada platform akan bertambah.

Tips Menabung Emas ala Yasinta

menabung emas di masa pandemi dengan cara mudah
Tips Menabung Emas Ala Yasinta

Saya baru mulai menabung emas sekitar 2 tahun terakhir, masih sangat newbie tapi begitu excited dengan investasi ini, dan saya punya tips sendiri bagi kamu yang sedang mempertimbangkan investasi emas.

  • Memiliki tujuan atau motivasi, well segala sesuatu yang berasal dari ikutan trend biasanya tidak bertahan lama bukan? Serupa dengan itu, investasi emas juga loh. Jika hanya ikutan karena melihat teman-teman share tabungan emas, maka biasanya menabung emas jadi semacam semangat coca cola saja, kenceng diawal lalu melempem hehe. Saya sendiri semakin terpacu ketika memiliki motivasi menabung emas untuk sekolah Yaya. Jadi terukur jumlah dan waktunya juga.
  • Punya alokasi dana, saya memiliki alokasi dana tersendiri untuk menabung sekolah Yaya. Jadi tidak mengganggu kebutuhan harian atau rencana-rencana lainnya. Bagi saya, alokasi dana ini penting tapi sifatnya masih fleksibel juga. Yang penting, jangan sampai mengganggu kebutuhan harian atau hal yang lebih penting.
  • Jenis emas yang dipilih, sesuaikan dengan kebutuhan dan kecocokan, hehe. Asli loh, tidak semuanya merasa cocok dengan emas digital, pun tidak semua merasa sreg dengan emas batangan atau perhiasan. Semua memiliki kelebihan tersendiri, saya memilih emas digital karena aman dan praktis serta tidak memakan biaya cetak.
  • Memilih tempat menabung emas, sebelum mulai menabung emas, baiknya cari informasi sebanyak mungkin mengenai platform penyedia emas. Bandingkan dan jangan lelah mencari ya, investasi harus dimulai sedini mungkin tapi juga tidak boleh gegabah karena bisa – bisa bikin rugi. Pilih penyedia investasi emas yang terpercaya.
  • Memperkaya diri dengan pengetahuan seputar investasi, ini wajib deh menurut saya. Karena dengan mengetahui banyak informasi kita semakin bijak pula berinvestasi. Salah satu kelebihan memiliki tabungan emas digital adalah bisa dengan mudah memantau grafik nilai emas, seperti yang ada di website pluang.com yang merupakan website yang menyediakan ragam investasi termasuk investasi emas yang terpercaya.
grafik harga emas
Grafik harga emas di website pluang.com

Dengan memantau grafik ini, kita jadi tau nih kapan kira-kira waktu yang tepat membeli emas, kapan saat menjualnya.

Gimana nih teman-teman, tertarik untuk investasi emas juga? Yuk pilih tabungan emas sebagai investasi cerdas untuk masa kini dan masa depan. Teman-teman yang punya tips dan pengalaman investasi emas, boleh juga dong yaa sharing pengalamannya.

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *