Menyewa Perlengkapan Bayi, Yay or Nay ?

Yasinyasintha.com” I didn’t realize a tiny baby would need so much stuff “ tulis Raisa pada akun Instagramnya ( @raisa6690 ). Semua pasti setuju, bahwa menyambut dan memiliki anggota keluarga baru yang mungil dan lucu sangat membahagiakan. Menjadi orang tua, terutama ibu menyadarkan kita bahwa bayi mungil ini kebutuhannya banyak dan tak jarang menyita tempat. Mulai dari tempat tidur, kereta dorong, kursi, mainan, dan endebre – endebre lainnya yang kalau di list dan diturutin semua entah listnya akan sepanjang apa karena nambah terus.

Masalahnya keperluan dan perlengkapan bayi ini mudah sekali berubah dan berganti, sedangkan untuk disimpan cukup menyita banyak tempat, belum lagi harganya pun seringkali membuat kita harus merogoh kocek lebih dalam dari keperluan pribadi. Dont be sad mak, i feel you. Hahaha.

Kalau berencana banyak anak sih ga masalah, atau situ orang kayah. Kan horang kaya mah bebas wkwkwk, beli aja semua borong setoko ga masalah karena bisa disimpan buat anak kedua dan selanjutnya.

Nah bagi kamu yang berencana anak satu aja, males ribet, pengen hemat atau ga punya gudang untuk nyimpennya bisa coba cara saya nih. Nyewa ! Haha iya bener nyewa aja.

Menyewa Perlengkapan Bayi

Pernah pasti kan liat stroller yang harganya lebih mahal dari sepeda motor, ukh keselek akutu. Ya gimana lagi barangnya emang bagus, bermerk, kokoh tapi ringan ahh pokoknya yaa bagus aja. Itu baru kereta dorong ya, belum box bayi, bouncer, car seat, high chair, baby swing, play room, baby walker, push walker, mainan bahkan sampai gendongan juga printilan lainnya.

Ketika io ( anak pertama saya ) berumur 1 tahun, secara ajaib menemukan bon belanjaan yang tercecer. Iseng ga ada kerjaan saya totalin, dan totalnya bikin melongo sendiri karena mencapai angka 5 juta lebih. Itu baru perlengkapannya aja, belum tetek bengek lain seperti alat makan, baju bayi dan segala rupa. Dan itu baru di satu toko yang sama, entah bon lain kemana saya ga pengen nemuin takut keselek akutu.

Mulailah saya mencari alternatif, dan baru tau bahwa perlengkapan bayi itu bisa disewa. Ahh telat tau nih! Hahha. Akhirnya cobalah saya menyewa car seat karena kebetulan akan ke luar kota, biaya sewanya per bulan Rp. 150.000 saat itu.

Senang akhirnya bisa coba bawa anak naik mobil tanpa kudu mangku, ternyata si anak betah dan malah anteng banget. Tergeraklah akhirnya untuk membeli carseat dengan model dan merk yang sama karena liat io udah nyaman dengan itu, pas liat harganya di toko perlengkapan bayi terpampang nyata Rp. 1.800.000 saya dan papi memutuskan untuk urung membeli, KITA NYEWA AJA.

sewa stroller bandung, sewa perlengkapan bayi
Jalan – jalan sama papi

Bulan berikutnya berhubung stroller lama udah ga kondusif di io akhirnya saya dan papi memutuskan untuk menyewa stroller. Merknya Maclaren, saya ingat betul soalnya. Biaya sewanya Rp. 100.000/bulan, saya ambil karena butuh banget stroller sebagai pengganti untuk memudahkan hidup saya haha. Baik di rumah ataupun saat harus bepergian bawa anak, ajaibnya dengan stroller ini io yang saat itu sedang aktif-aktifnya nyaman banget keliatannya di sini, sering ketiduran ga rewel. Sampe kepo ini stroller kok magic amat.

sewa stroller bandung
Ini loh stroller nya ^^ ( iioo menjelang 1 tahun )

Kami menyewa stroller ini sampai 2 bulan karena tak sampai hati mengembalikan sementara io suka dan itu amat membantu saya. Lalu pada bulan ketiga akhirnya kami memutuskan beli stroller baru, kalau bisa Maclaren lagi deh biar nyaman dan ringkas dan ringan cuma 4 kg saja pikir saya dan papi.

Datanglah kita ke toko perlengkapan bayi ( Lavie Baby House ) dan terjadi lagi. Pas liat harga stroller yang io pakai persis dibandrol dengan harga 4 jutaan. Aduh keselek lagi kan akutu ( keselek muluk ahh kamu tha ) haha. Lalu memutuskan cari yang mirip ringkas dan ringan. Ketemulah stroller lain, Cocolatte isport.

foto tahun 2015, iioo umur 1,5 tahun

Segitu urgentnya memandang stroller ini soalnya kita mau jalan-jalan jauh ceritanya. Iya kami ke Yogyakarta jam 11 malamnya haha. Urgent kan wkwkwkw, review stroller ini soon ya emang awet banget sampe sekarang masih ada dan bagus.

Kali ketiga tertambat menyewa perlengkapan bayi adalah push walker, sebulan hanya Rp. 100.000 saja. Alih-alih memakai baby walker, nyatanya push walker memang lebih membantu banyak berdiri dan berjalan ( fyi, saat itu io umurnya udah 18 bulan dan seperti yang takut melangkah ) akhirnya dengan bantuan push walker ini, io lancar jalan. Dan feeling saya betul, hanya sewa 2 bulan saja udah saya kembalikan karena io udah lancar jalannya.

Ga niat beli push walker karena mikirnya gakan kepake lama dan saat itu harganya mayan banget, sekitar Rp. 700.000 jadi daripada keselek ( lagi ) kami memutuskan NYEWA AJA LAGI.

ps. mon maap ga nyimpen foto-foto di hape jadi ga ada foto lama. Adanya video >.<

Keuntungan Menyewa Perlengkapan Bayi

sewa perlengkapan bayi di bandung 2
Sewa perlengkapan bayi di Bandung ( doc pribadi di Baby Gears Rent Jl Anggrek no. 36 )

Berdasarkan pengalaman pribadi, ini dia keuntungan menyewa perlengkapan bayi.

  • Lebih hemat, haha iya ini nomor satu lah ya buat ibu-ibu macam saya. Kapan lagi bisa pake barang yang bagus dengan harga yang terjangkau. Kaya stroller jutaan rupiah yang io sewa berbulan-bulan itu, kalau beli jujur saja sepertinya tak ada budget sampai segitu untuk itu.
  • Barang terjaga kondisi dan kebersihannya, yakali bermerk aja ga cukup kalau udah ga layak pakai ya. Jadi saat kita menyewa barang sudah disiapkan dalam kondisi baik dan bersih.
  • Hemat tempat, barang bayi tuh banyak dan ukurannya mayan makan tempat kalau disimpan di gudang. Dengan menyewa kita bisa lebih irit tempat, apalagi yang ga punya ruangan khusus buat naro, yang kapasitas gudangnya terbatas.
  • Menghindari mubadzir, ya bayangkan saja punya barang dikekepin aja. Mau dijual sayang, entah karena harganya jatoh banget atau karena kenangannya. Disimpan hingga berdebu sampai anak besar, kalau apik banget banget banget sih gapapa bisa kali ya buat cucu qiqiqi.

Apalagi ya kelebihannya ? *mikir ( bantuin mikir napa ) haha.

Yang jelas saya sih prefer sewa kalau barang – barang yang ga terlalu lama masa pakainya. Atau urgent butuh untuk keperluan tertentu kaya saya perlu car seat karena mau ke luar kota, perlu sewaan stroller yang kecil dan nyaman untuk traveling atau perlu gendongan dan lain – lain.

Tempat Sewa Perlengkapan Bayi di Bandung

sewa perlengkapan bayi di bandung, sewa peralatan bayi, sewa stroller
Ini di Baby Gears Rental, Jl. Anggrek no. 36 Bandung

Btw ini saya cerita aja yes, bukan sponsored post atau endorse (walaupun ngarep sih *eh) dulu pas zaman io tempat sewanya di Arcamanik, namanya Baby Gears Rental ( @babygearsrental ) ini tempat penyewaan perlengkapan bayi khusus Bandung. Saya kurang hafal ya hanya khusus orang Bandung atau pemakaian di Bandung juga bisa.

Karena pas pengambilan barangnya, kita harus membawa copy KTP dan KK ( Kartu Keluarga ), dulu sih cuma copy KTP aja nah sekarang harus ngasih copy KK juga sama deposit 100K yang nanti bisa diambil pas pengembalian barang. Yang datang lupa foto copy santai aja bisa copy scan di lokasi. Enak lah ya memudahkan whehhe.

Jadi akhirnya saya ke Baby Gears Rental lagi, saat ini alamatnya di Jl. Anggrek no. 36 Bandung dekat taman foto. Sebelumnya saya liat-liat dulu di IG dan nanya ketersediaan barang. Chit chat lalu booking, nah sistem sewa nya juga ga bisa booking lalu bayar dp dulu gitu, booking kita hanya berlaku 24 jam aja jadi kalau ga diambil, besoknya open new booking. 

sewa perlengkapan bayi di bandung, sewa peralatan bayi, sewa stroller
Pilih – pilih push walker. Akhirnya milih yang depan, lebih ga licin soalnya

Jadi saya datang langsung ke sana. Nah kebetulan pas di sana banyak push walker lain, alhasil bisa cobain nih dan alhamdulilah bisa dapet yang vira suka juga. Setelah pembayaran deposit, kita bisa bawa pulang barangnya dan dipake. Surat rentalnya jangan sampai hilang, buat ambil deposit nanti.

Nah jadi gimana nih tentang sewa perlengkapan bayi ? Yay atau nay ?
Saya mah tim yay aja sih disesuaikan dengan sikon dan kantong hehe, teman-teman yang punya pengalaman full beli atau sewa perlengkapan baby boleh banget sharing juga ya.

Pastinya menyewa atau membeli sendiri setiap kita ini memiliki pertimbangan tersendiri, seperti teman saya teh Uwien yang memilih untuk tidak menyewa perlengkapan ataupun mainan bayi, ceritanya bisa dibaca di sini.

Nanti tentang push walker ini saya buat tulisan terpisah ya di menu Motherhood Journal hihi. Pengen cerita banyak tentang Vira.

8 thoughts on “Menyewa Perlengkapan Bayi, Yay or Nay ?

  1. Sewa ajaaa … Melihat salah satu teman berbisnis penyewaan perlengkapan bayi, seketika aku mikir, “Kok dulu aku nggak nyewa aja, ya?”

    Eh tapi jaman anak-anakku kecil, penyewaan perlengkapan bayi tuh belum ngetrend. Jadi ya akhirnya membeli. Boong ding, aslinya dapat lungsuran dari kakakku, wkwkwwk …

    Aku nggak pernah cek harga perlengkapan bayi kecual stroller, lho. Ternyata harganya menawan ya, dih mendingan aku pakai belum saham, hahaha …

    1. Wkwkwk orang saham mah gitu yah 😛
      Tapi iya barang – barang bayi yang oke harganya emang aduhai, aku makanya ga beli. Sewa aja 😛

  2. aku kemarin beberapa peralatan juga nyewa kayak stroller dan pushwalker.waktu itu jalan di rumah ibuku masih jelek jadi mau makai stroller juga kayaknya nggak nyaman. akhirnya nyewa pas mau ke tempat mertua

    1. Wheheeh iya ini zaman nyewa dulu kalau ke rumah ibuuku di kampung sana ga pernah bawa stroller soalnya jalannya malah ga nyaman kalau pake stroller

  3. Dulu pas lahiran neng Marwah kenapa gak kepikiran buat sewa yah heheh, padahal kan sewa mah lebih enak yah lebih hemat pula dan pastinya lebih ati2 makenya soalnya kan itu barang orang lain, hehe. Nuhn informasinya Yas.

    1. HIhi iyaa teh, cuma emang harus dijaga banget aja ya kan namanya sewa mah. Ini lumayan kalau sewa ngurangin PR nyimpen barang nantinya

  4. Punya 3 anak, aku belum pernah nyewa. Bukan horang kayah sih, makanya aku beli yg murah2 aja yang penting berfungsi dengan baik. Terus kalo udah nggak dipakai, bisa dijual lagi.
    Nggak mikir sewa karena aku sadar orangnya nggak terlalu ‘apik’ sama barang, jadi takut rusak. Kalo punya sendiri kan bebas. Hehehe

    Aah ku jadi mau cerita lebih panjang lagi di blog, kita collab yuk. Qiqiqi

    1. Whehe justru karena daku bukan horang kayah makanya ini sewa aja teh. Karena kalau beli mayan harganya, dan mikirin udahnya kadang susah dijual.
      Kemon kolab yuks, biar makin mantul blog kitaaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.