Pengalaman Khitan Anak dengan Metode Smart Klamp

sunat di mutiara cikutra

Yasinyasintha.comAir mata saya jatuh begitu saja kala io memeluk saat proses khitan, saya memilih memeluknya daripada melihat prosesnya. Wajah kami beradu, mengingatkan pada masa io saat masih bayi dan saya adalah ibu baru. Ahh nak, satu kewajiban kami terlewati, satu fase dalam hidupmu dilalui. 

Meminta Khitan Sejak Lama

sunat metode klamp - yasinyasintha
seketika kalimat itu mengagetkanku

” Mami aku mau disunat “ pinta io, kala menjelang usia 5 ( Mei 2019). Triggernya adalah salah satu teman baiknya sudah sunat dan memperlihatkan “bentuk” barunya pada io saat ganti baju setelah berenang. Ahh anak-anak ini emang ada saja ya tingkahnya. Saat mengetahui io ingin disunat, saya kaget dan lantas memeluknya sambil menahan haru dan sedih, ” kok anak udah gede lagi ya “ gumam saya dalam hati.

Saya dan Papi memutuskan tidak mengkhitan io saat itu juga seperti kemauannya, rasa takut ada dalam diri dan merasa io masih terlalu kecil untuk dikhitan, lagian iiaa baru berulang tahun yang pertama, lagi jail-jailnya dan belum bisa jalan. Jujur saja, saya masih kerepotan dan inginnya kalau io dikhitan nanti, saya bisa menemani io 100% dengan kondisi iiaa nya juga sudah bisa lebih diarahkan.

Tapi sejak saat itu, setiap ada kesempatan saya selalu cerita ke io. Kalau sunat itu ada sakitnya, beberapa hari io tidak boleh terlalu petakilan, ga boleh pipis sembarangan, dan khitan adalah tanda bahwa io sudah besar, harus lebih bisa menjaga diri sendiri ga boleh ada yang pegang, ga boleh diliat-liat apalagi sama orang asing.

sunat - yasinyasintha

Setiap sessi ngobrol ini, saya capek luar biasa. Haha, ya gimana ya merangkum itu dalam bahasa anak-anak, ditambah dengan pertanyaan io yang kadang tak terduga. Sedikit-sedikit io mengerti, saya dan Papi juga bilang io udah harus semakin rajin sholat dan ke mesjid setelah sunat, io senang dan makin tak sabar. Tetap, kami memutuskan nanti dulu.

Lebaran, liburan dan kembali sekolah. Soal khitan ini terkadang terlupakan oleh io, hingga kemudian ketika akhir Desember 2019 dan saya bilang soal jadwal libur, io meminta lagi untuk disunat, kali ini saya memilih untuk bilang pada io bahwa akan tanya Papi dulu, setelah mengobrol panjang lebar hampir semalaman dan dilanjut siangnya akhirnya kami memutuskan : Ya, iioo di sunat aja ( dalam masa liburan )

Ternyata banyak diantara teman-teman saya yang mengkhitan anaknya juga, jadilah jadi bahan tanya jawab bagi saya soal biaya, metode khitan, perawatan setelah khitan. Setelah itu saya bertanya ke beberapa tempat khitan, dan saya menyimpulkan (secara pribadi) metode smart klamp adalah metode khitan paling tepat untuk io.

khitan - klinik mutiara cikutra
Ini iioo sesaat setelah sunat, matanya sembab abis nangis tapi setelah itu doi happy

Perbedaan Metode Khitan Smart klamp dan Khitan Metode Cauter Laser ( sumber : informasi dari Klinik Mutiara Cikutra – Bandung )

Khitan Smart Klamp
– Tidak dilakukan penjahitan, sehingga hasilnya lebih bagus
– Tanpa risiko pendarahan
– Setelah khitan boleh langsung kena air ( boleh mandi )
– Aktivitas tidak dibatasi ( bisa langsung sekolah, mandi, dll )
– Prosesnya cepat ( 5-10 menit )
– Perawatan mudah ( Tidak perlu diberikan salep setiap hari )
– Sayatan luka alami menggunakan pisau bedah

Khitan Cauter Laser
– Dilakukan penjahitan
– Risiko terjadi Pendarahan
– Setelah khitan tidak boleh kena air
– Aktivitas dibatasi ( Tidak boleh terlalu banyak bergerak )
– Prosesnya 15-20 menit
– Harus diberikan salep setiap hari
– Sayatan luka bakar ( menggunakan kawat panas )

Dari sekian tempat khitan yang saya hubungi, kami akhirnya memutuskan untuk meng-khitan io di Klinik Mutiara Cikutra dengan alasan service-nya paling bagus dalam menjelaskan metode khitan, menjawab pertanyaan dan detail dalam menanyakan riwayat anak bahkan saat saya masih proses tanya-tanya ( belum fix khitan di sana ), hal – hal yang ditanyakan meliputi berat dan tinggi anak untuk catatan apakah anak termasuk anak obesitas atau tidak, riwayat alergi dan penyakit pun turut ditanyakan.

Khitan di Klinik Mutiara Cikutra

klinik mutiara cikutra - yasinta astuti
klinik mutiara cikutra – yasinyasintha.com

Setelah mendaftar via whatsapp, didapatlah tanggal khitan. Saat itu adalah tanggal 3 Januari 2020, mepet ke tanggal masuk sekolah. Tapi janji adalah janji dan begitulah kami mengajarkan dan mencontohkan kepada iioo, iioo mendapat giliran pukul 07.00 pagi, saya siapkan dahulu io sarapan. Barang yang saya bawa adalah air putih, susu kotak, bekal makanan dan sarung.

Di sana ada mbah, yangti dan ateu menunggu. Klinik Mutiara Cikutra ini jaraknya tak terlalu jauh, kami disambut hangat dan dipersilakan untuk naik ke lantai 2 ( Fyi gada lift ya di sini ). Ruang tunggunya cukup nyaman, tersedia galon air minum, kopi seduh dan gelas – gelas sekali pakai bagi pasien dan keluarga yang datang.

sunat di klinik mutiara cikutra - yasinyasintha
iioo lagi nunggu nih
khitan di klinik mutiara cikutra
Ada tulisan gini. Holiday means sunat hehe

Tak butuh waktu lama untuk kemudian nama io dipanggil dan kami bertemu dokter khitan. Namanya dokter Subianto, sebelum memulai dokter ini memberitahu bahwa prosesnya akan sedikit sakit dan juga memberitahu soal hadiah lego yang akan diberikan setelah sunat, iioo bersiap dan berbaring. Saya memegang tangannya, Papi memegang kakinya.

Air mata saya jatuh begitu saja kala io memeluk saat proses khitan, saya memilih memeluknya daripada melihat prosesnya. Wajah kami beradu, mengingatkan pada masa io saat masih bayi dan saya adalah ibu baru. Ahh nak, satu wajiban kami terlewati, satu fase dalam hidupmu dilalui.

sunat di mutiara cikutra
Beres sunat, iioo mami pakein sarung. Degdeg ser emaknya 😀

Iioo menangis kesakitan saat proses anestesi, setelahnya io lebih kalem tapi tetap memilih pegangan dan memeluk saya. Prosesnya betul tidak lama, dokter kemudian menjelaskan mengenai bagian dari klamp ini yang terdiri dari tabung dan klamp nya itu sendiri. Seperti yang dikatakan dokter dan informasi yang saya dapat sebelumnya, tak ada obat-obatan yang diberikan di permukaan kulit, kalau pipis pun tinggal dibanjur semua bagiannya dan mengeringkan bagian dalam menggunakan cotton bud.

Penyembuhan dari khitan ini sangat tergantung pada perawatan di rumah, saya dijelaskan dan dibekali dengan selembar kertas panduan perawatan di rumah. Setelah selesai kami dipersilakan ke bawah dan membereskan administrasi, biaya yang dikeluarkan adalah Rp. 1.175.000 sudah termasuk obat berupa antibiotik dan pereda nyeri dan kontrol 5 hari setelah khitan. Sebagai tambahan, kami membeli 2 celana batok agar io bisa leluasa beraktivitas tanpa takut celananya mengenai penisnya.

sunat di Klinik Mutiara Cikutra
Tiga generasi, keren ya judulnya heheh
khitan klinik mutiara cikutra
Sebelum pulang foto dulu nih io sama mbah, yangti, ateu dan Papi

Perawatan Pasca Khitan Smart Klamp

Kami diresepkan obat berupa antibiotik dan pereda nyeri, ketika pulang iioo sempat nangis karena sakit. Sepertinya efek anestesinya sudah habis, saya buru-buru memberikan pereda nyeri setelah itu memberikan antibiotik sesuai jadwalnya. Hal yang saya syukuri dari io adalah dia termasuk anak yang kuat, ga mengeluh dan cepet sembuh, pereda nyeri hanya diberikan sehari aja. Sesuai anjuran dokter, kalau anak tidak mengeluhkan sakit, cukup berikan antibiotiknya saja.

obat - obatan khitan
Antibiotik dan Pereda Nyeri

Saya juga memperhatikan dengan seksama saat suster menjelaskan mengenai perawatan di rumah, katanya sih ya bentuk penis ini dipengaruhi oleh perawatan pasca khitan, itulah mengapa ada jenis penis yang bengkok. Jadi berikut tata laksana perawatannya.

Perawatan dimulai dari hari ke 4 di subuh hari, anak harus mandi berendam air hangat sampai bagian klamp nya terendam. Setelah itu harus dibanjur bagian klamp yang dekat tabung dengan baby oil 2 jam sekali. Fungsinya agar tabung licin, perawatan di rumah dikatakan bagus dan berhasil kalau tabungnya copot sendiri.

sunat smart klamp
Klamp nya setelah dibuka

Masih di hari ke-4 di siang hari, buka klamp dengan memotongnya menggunakan gunting kuku. Lalu lepaskan, yang buka ini Papi dan io bekerja sama dengan sangat baik, no drama hehe. Setelah itu mandi berendam lagi dan setelahnya dibanjurin baby oil masih berlanjut bahkan malam ( dikira-kira aja sih ga dua jam sekali banget pas malam kan kepotong tidur ).

Hari ke 5 adalah hari kontrol. Subuh sebelum berendam saya kaget bukan main, penis io bengkak tapi ga sakit katanya, setelahnya io mandi dan berendam dengan air hangat merendam tabungnya. Saya berharap di sini tabungnya akan copot sendiri, karena pas kena air si tabung ini ngembang, tapi ternyata ga copot sendiri. Setelah saya konsul dengan klinik lewat WA katanya tidak apa-apa bahwa tabung akan dilepas di klinik, satu titik di diri saya merasa sedih perawatan di rumah udah bener kok tabung ga lepas, ehh emak-emak galau haha.

Kontrol pukul 3 dan sebelum kontrol io mandi lagi berendam dengan terus dibanjuri baby oil. Pakai celana batok, pasang sarung dan bersiap berangkat. Di jalan, io mengeluhkan penisnya sakit, padahal tadinya ga pernah mengeluhkan sakit sekalipun. Tiba di klinik dan segera masuk ruangan, suprise ternyata tabungnya copot haha, saya bahagia kaya abis menang lomba, jadi si tabung ini akhirnya copot sendiri sepertinya di mobil pas io bilang sakit itu si tabung copot.

Hari konrol ( Klinik Mutiara Cikutra )
Hari konrol, hari ke 5 setelah sunat

Saat kontrol alhamdulilah tidak ada masalah kecuali bengkak. Suster mengatakan bahwa bengkak itu disebabkan aliran darah yang tidak lancar dan akan normal dengan sendirinya. PR nya adalah mengompres dengan cairan infus NACL dengan menggunakan kain kasa, sehari 2 kali selama masa penyembuhan. Ini akan membantu lingkaran kulit mati yang mengelilinginya segera lepas.

pasca smart klamp
Perawatan Pasca Sunat Smart Klamp

Saya mengompres io dua kali sehari sesuai anjuran, ini membantu io mengatasi gatal pada permukaan kulit mati yang masih menempelnya juga. Iiaa memperhatikan ga pernah sedikitpun ganggu, saya benar-benar beruntung punya dua anak yang begitu bisa diajak kerjasama. Selama saya merawat io, iiaa tak pernah sekalipun mengganggu io. Ketika ia melihat io tiduran, ga pernah sekalipun ujug-ujug dudukin seperti biasanya, we are team. Thanks kids !

elvio, family blogger, mom blogger
Love you io

ps untuk io :
Iioo, semoga semakin sehat dan sholeh ya. Semoga Allah senantiasa menjagamu, terima kasih telah menjadi anak yang sangat baik dan menghibur kami. Terima kasih telah menjadikan Mami dan Papi orang tua yang selalu belajar setiap waktunya, terima kasih juga sudah menjadi tim yang baik di keluarga ini, pengertian sekali untuk anak seusianya, sayang sekali sama iiaa, perhatian sekali sama Mami dan Papi. I Love You.

43 thoughts on “Pengalaman Khitan Anak dengan Metode Smart Klamp

  1. Kalau aku lihat prosesnya. hahaha.. habis penasaran sih kayak gimana. Bagian pegang dan elus-elus Akram itu Abinya, aku gendong Arfan sambil ngambil vidio, wkwk

    1. Uwuuuu jagonya mama gemesh, akutu ga kuat liat yang disayat gitu suka lemes. Takutnya pingsan kan ga lucu huahahhaa. Alhamdulilah ya anak – anak kita udah sehat selamat soleh dan ceria lagi

      1. Adek Fi juga tgl 1 februari kmrn sunat pakai metode klamp. Bener ya, Mba sedikit pendarahannya dan badan anak tetap bersih karena bisa mandi. Saya belum sempat nulis nih. Xixixi.

  2. Alhamdulillah serasa ikutan deg²an pas baca yg proses khitannya Mbak. Tahun lalu anak kduaku jg khitan. Saking tktnya, dipromosiin dokternya agar pake Smart Klamp, ayahnya malah yang minta pake cara konvensional aja, hihi… Padahal Smart Klamp lbh praktis kayanya ya.

    Sehat selalu yaa io, jadi anak saleh. Aamiin

    1. Aamiin aamiin. Apapun metodenya yang penting sehat lancar ya mbak. Kalau aku pilih ini karena io anaknya aktif banget jadi agak susah kalau disuruh diem istirahat jangan lari-lari. Kitanya yang ngeri jadinya hehe

  3. Alhamdulillah … Selamat ya, Io … InsyaAllah semakin sholih ya, Nak.

    Anak-anak seringkali bersikap jauh lebih dibandingkan yang hati kita inginkan ya, Teh. Senantiasa ada kejutan dari mereka yang bikin orangtua meleleh hatinya. MasyaAllah …

  4. Anak sulungku dulu khitan pakai metode ini , smart klamp..yang bungsu cauter laser. Memang ada lebih kurangnya keduanya
    Alhamdulillah Io sudah dikhitan..Selamat ya Io, semoga makin soleh, tambah pintar dan sehat selalu

  5. Hebat Io, barakallah ya nak. Sebagai emak dengan 2 anak laki-laki, saya serius ini bacanya mba. Hahaha. Oya mba, ada juga anak teman saya yg dikhitan seminggu setelah lahir. Itu gimana ya mba?

    1. Wah kalau itu aku gatau mbak kalau seminggu setelah lahir gitu kayanya harus sama bedah anak kali ya soalnya bayi banget. Kalau klamp ini sebenarnya katanya sih recomended untuk anak yang aktif dan mengalami obesitas

  6. Selamat ya sayang, sunat bikin emaknya deg-degan sampai sekarang mau aku tulis di blog soalnya rada panik ngelihat nya hehe… semoga menjadi anak sholeh dan selalu smart ya.

    1. Aamiin aamiin, makasi mbaak.
      Hayu mbak tulis juga hehe, utamanya sih aku nulis sebagai pengingatku dan semoga bisa bermanfaat juga buat yang baca nanti

  7. Biasa anak-anak takut kalau mau di-khitan ini malah anaknya yang minta. Maa syaa Allaah kakak io nya pemberani ya semoga anak saya juga gitu nantinya,hehe . Btw saya punya dua anak laki2 jadi senang sekali bisa baca postingan ini. Setidaknya saya bisa dapat informasi terkait metode khitan yang saat ini semakin variatif ya. Tapi saya masih belun kepikiran anak saya dikhitan dengan metode apa nantinya, hehe

    1. Hehe semangat mbak, pilihannya ada beberapa pastinya dengan kelebihan dan kekurangannya ya mbak. Nanti pas milih yang paling cucok meong di hati ya pastinya biar prosesnya mudah juga

  8. Semoga dek Io semakin sholeh ya, pinter deh dari umur 5 tahun udah minta di sunat. Dan sabar banget disuruh nunggu sampai kedua orang tuanya siap.

    1. Aamiiin, iyaa ini mah malah anaknya yang nunggu emak bapaknya ya hehe, alhamdulilah anaknya baik banget

  9. Alhamdulillah sudah sunat ya mbak.. Ini kelegaan tersendiri bagi yang punya anak cowok.. Kedua putra sy juga sunat dengan metode smart klamp. Buat sy lebih mudah dan nyaman juga buat mereka..

    1. Alhamdulilah mbak kalau gitu. Aku juga pas liat review dan dijelaskan merasa ini yang paling cocok untuk anakku jadi pilih ini deh pas sunat io kemarin

    1. Aamiin aamiin, iya tante Andy. Lama sekali ga ketemu yaa.

      Sehat terus juga ya untuk mba Andy dan keluarga

  10. Wah Io hebat. Udah minta dikhitan ya. Aku nih nunggu anak ke-3 minta, gak minta2 aja. Masih takut katanya. Semoga nanti kelas 2 mau deh. Dan mau nanya2 tentang metode ini.

    1. Wah semangat ya teh. Nunggu anaknya mau ya teh emang enaknya biar udah siap dan semangat pas prosesnya

  11. Masya Allah. Terima kasih banyak sudah berbagi tentang metode sunat ini Mba. Duh, mungkin saya pun akan mengalami masa ini sebentar lagi, karena saya punya dua putra dan sepertinya akan jadi part mengharu biru tersendiri untuk saya nanti.

  12. Terimalah informasinya mba, saya jadi ga perlu repot lg cari info, Krn anak yg kelas lima, liburan besok emg mau kami khitan kan…masih episode membujuk…hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *