AJT Cogtest, Pentingnya Mengenal Kemampuan Kognitif Anak

test kognitif anak, test kemampuan otak anak

Yasinyasintha.com – Menemani io belajar seringkali menjadi sebuah tantangan kesabaran bagi saya sendiri, bohong kalau merasa tidak pernah khawatir dengan kemampuan anak sendiri. Misalnya saja sampai sekarang io masih mengalami kesulitan mengenali huruf “b” dan “d” huruf “m” dan “n” dan beberapa hal lainnya. Tapi kalau soal gerak dan angka, saya bisa tersenyum bangga.

Pentingnya Mengenali Kemampuan Kognitif Anak

test kognitif anak, test kemampuan otak anak
test kognitif anak, test kemampuan otak anak

Tidak ada anak bodoh dan pintar, yang ada adalah mereka perlu memahami sesuatu dengan cara dan waktu yang berbeda. Itulah mengapa sampai saat ini saya cukup senang dengan sekolah io yang rutin mengadakan psikotest minimal setiap tahun ajaran, agar sebagai orang tua dan guru di sekolah pun kami sama – sama mendorong dan mendukung kemampuan anak.

Lantas apa itu kemampuan kognitif ?

Kemampuan kognitif adalah konstruksi proses berpikir, termasuk mengingat, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan, sejak kecil menuju remaja hingga dewasa.

 

Sampai saat ini, saya dan papi belum memutuskan kemana SD untuk io. Ngecengin sih udah tapi belum memutuskan secara penuh sekolah mana yang akan dituju untuk perjalanan belajar 6 tahun io nanti. Kami masih memilah dan memilih, tentunya sebagai orang tua ingin yang terbaik yang juga bisa diikuti dan dinikmati oleh io nantinya dalam setiap prosesnya.

Saat ini usia io 5 tahun dan kami berencana untuk mencoba test kognitif tahun ini sebagai referensi mencari sekolah yang tepat dan yang terpenting mengenali kemampuan kognitifnya dan kemampuan belajarnya. Yang jelas saya tidak mau emosi saat menemaninya belajar haha juga sebaliknya, saya tidak mau iioo tertekan saat proses belajar yang dijalaninya nanti.

Setiap anak itu cerdas, tidak hanya tergantung pada tingkat IQ nya karena saya sudah tau dari lama bahwa alat test IQ ini adalah test yang dicopy dari luar negeri yang tidak bisa lantas disamakan begitu saja dengan Indonesia. Maka dari itu yang perlu orang tua ketahui itu bukan nilai IQ nya, tapi memahami apa potensi anak dan bagaimana membantunya terarah mengoptimalkan potensi yang dimiliki lebih maksimal.

AJT CogTest, Test Kognitif Anak Indonesia

Buibu dan pakbapak bakal suka ini, kita yang tinggal di Indonesia tentu perlu hasil yang relevan dengan lingkungan tempat kita tinggal dan norma yang berkembang di dalamnya, karena seperti yang kita tau bahwa lingkungan dan norma memiliki peranan penting dalam perkembangan kemampuan anak.

Alhamdulilah rezeki banget beberapa waktu yang lalu saya mengetahui tentang AJT CogTest yang merupakan alat tes kognitif yang merupakan satu-satunya tes kecerdasan yang dikembangkan sesuai norma Indonesia yang disesuakan berdasarkan karakter dan budaya Indonesia, AJT CogTest ini disediakan oleh PT Melintas Cakrawala Indonesia ( PT. MCI ).

AJT CogTest ini diperuntukan untuk rentang usia 5 – 18 tahun. Hal ini sesuai dengan usia anak mengembangkan pembelajaran, jadi io udah bisa ikut test ini ya alhamdulilah tahun ini biar mami papi lebih mantap memilih sekolah io nantinya.
Test ini tak tanggung – tanggung loh karena merupakan hasil penelitian dari 250 psikolog Indonesia yang dilakukan selama 4 tahun terhadap 5000 siswa dari 6 provinsi di Pulau Jawa dan telah diuji coba di 10 sekolah terkemuka se – Jabodetabek.
Dan setidaknya ada 8 bidang kecerdasan atau aspek kognitif yang bisa diukur sebagai bahan identifikasi kekuatan dan kelemahan kemampuan berpikir anak dalam belajar secara komprehensif. Nah berikut ini adalah 8 bidang kecerdasan yang diukur lewat AJT CogTest.
Mengenali ini pasti bakal membantu saya dan guru di sekolah anak, jadi jika anak lemah di satu bidang bukan berarti dia bodoh dan justru menjadi motivasi untuk saya agar lebih mampu mengasah kemampuan anak di bidang tersebut dengan tidak melupakan potensi alaminya.
Nah test AJT CogTest ini dilakukan oleh psikolog yang sudah disertifikasi di perusaan PT. MCI sebagai perusahaan penyedia tes kognitif. Paketnya sendiri ada 2, yaitu :

  • AJT CogTest FullScale, tes kognitif untuk mengindentifikasi 8 kemampuan kognitif anak dan menampilkan profile lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak, biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 760.000
  • AJT CogTest Comprehensive, bagi anak yang membutuhkan data yang lebih detail untuk dianalis dan membutuhkan tambahan test, biaya sebesar Rp. 1.200.000.
Testnya ini dilakukan di kantor PT. MCI atau bisa juga di sekolah – sekolah yang nanti hasilnya akan diberikan berupa softcopy melalui email dalam kurun waktu 7 – 14 hari setelah test dilakukan.
Saya sih ngeceng yang AJT CogTest FullScale, iioo kan masuk SD masih tahun depan atau tahun depannya lagi, jadi masih punya banyak waktu memahami kemampuan otaknya dan cara belajarnya. Dan masih punya cukup waktu menimbang dan memilih sekolah io nantinya.
Nah teman-teman di sini, bagaimana sudah semakin kenal belum dengan AJT CogTest ini ? Untuk informasi lebih lanjut tentang AJT CogTest kita bisa menemukan informasi lengkap di website, sosial media atau whatsapp customer service 087883258354.
Kenali
Baiklah teman-teman, ini dulu aja sharing tentang parenting kali ini tentang perlunya tes kecerdasan anak ya. Semoga bermanfaat. Kalau teman-teman ingin tahu lebih lanjut tentang AJT CogTest ini, selain di websitenya, informasi juga bisa cek di akun instagram @melintascakrawalaid. Bisa juga hubungi WhatsApp customer service-nya nomor HP ini 087883258354.

Website : http://www.melintascakrawala.id
IG : @melintascakrawalaid

Yuk kenali kemampuan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *