Puasa dan Rokok Harus Mahal

Yasinyasintha.com – Pengap dan sesak itulah gambaran saya tentang rokok, seringkali saya bertanya – tanya tentang apa yang membuat seseorang kemudian merokok. I mean what they looking for, kan tidak mengenyangkan pun jelas – jelas tertera membahayakan kesehatan. Lalu bagaimana mungkin seseorang dengan sengaja membahayakan dirinya sendiri, ahh saya ini memang awam tentang rokok. Maka mengikuti siaran dari KBR ( Kantor Berita Radio ) hari rabu kemarin pukul 09.00 – 10.30 WIB, saya mengikutinya lewat fb live, siarannya kali ini mengusung tema : Perempuan, Puasa dan Rokok Harus Mahal.

Perempuan, Puasa dan Rokok Harus Mahal

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok merupakan salah satu tindakan pemborosan dan penyia-nyiaan terhadap harta yang juga membahayakan kesehatan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena di dalam rokok sendiri terdapat ribuan racun berbahaya belum lagi merokok mengakibatkan kecanduan sehingga tak heran bagi perokok yang sudah kadung kecanduan, rokok termasuk pada kebutuhan pokok.

Perempuan, Puasa dan Rokok Harus Mahal ( Sumber : FB KBR )

16 Mei 2018 kemarin, saya mendengarkan paparan yang dari narasumber : Ibu Krisna Puji Rahmayanti selaku dosen UI sekaligus wakil dari Komnas PT dan Ibu Tresia Mahaputri, MARS, MPM. selaku koordinator divisi pelayanan majelis kesehatan Pimpinan Pusat Aisyiyah. Dalam siaran bersama KBR dalam Ruang Publik tersebut dijelaskan dengan lengkap tentang bahaya merokok dan mengapa rokok harus mahal, kedua narasumber bersama penyiar juga mengajak momentum puasa ini menjadi salah satu titik balik para perokok untuk bisa berhenti merokok.

Secara pandangan agama merokok merupakan hal yang dilarang, hal tersebut ada baik pada firman Allah di Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 195, surat An-Nisa ayat 29 juga pada hadist dari Ibnu Abas. Sedangkan secara global disampaikan juga oleh WHO yang menghimbau untuk menjauhi rokok karena bahayanya yang mengintai kesehatan.
Maka dibutuhkan dukungan semua pihak untuk membuat regulasi yang membatasi konsumsi rokok, pemerintah Indonesia sendiri telah melakukan gerakan GERMAS ( Gerakan Masyarakat Sehat ) dimana diantaranya tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol, tapi tentu saja perlu dukungan dari kita semua agar lingkungan merokok semakin dibatasi, tidak bisa dilakukan dimana saja karena perokok pasif juga mendapat kerugian serupa.

Di Indonesia, rokok sangat mudah didapat dan juga dijual dengan harga murah. Hal ini juga yang menjadikan tingginya jumlah perokok di Indonesia, jika dilihat lagi hal ini dikarenakan rendahnya cukai di Indonesia beda dengan negara lain yang menetapkan tingginya cukai sehingga harga jual rokok yang tinggi. Sementara harga jual rokok yang tinggi bisa menjadi salah satu cara mengendalikan penjualan rokok. Dan pada sessi siaran ini, dibuka pula sessi tanya jawab dan interaksi, beberapa penelpon masuk dan memberikan pertanyaan, tanggapan juga dukungan.

Banyak penelpon dan juga sms yang masuk ke KBR saat siaran ini mendukung rokok harus mahal dan juga mengharapkan adanya payung hukum yang tegas dan jelas untuk tindakan merokok terutama untuk anak di bawah umur karena kita seringkali dibuat miris dengan pemandangan anak di bawah umur bahkan setara anak SD yang menghisap rokok, harganya yang tak jauh beda dengan harga lolipop serta mudahnya mendapatkan rokok membuat mereka terpapar dengan kebiasaan merokok bahkan pada usia dini.

Momentum puasa ini diharapkan bisa menjadi hal yang mengerem kegiatan merokok, jika seseorang kuat tidak merokok selama seharian lantas mengapa tidak diteruskan saja berhenti merokok sekalian. Secara kesehatan lebih sehat, juga untuk keuangan akan lebih baik karena dana yang tadinya dipergunakan untuk merokok bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat, seperti tambahan uang makan atau sedekah saja sekalian.

Nah kembali pada #RokokHarusMahal sebagai salah satu cara pengendalian regulasi rokok, setujukah teman – teman dengan harga rokok yang mahal ? Karena dengan harga rokok yang tidak lagi terjangkau diharapkan menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk berhenti merokok, setidaknya dikalangan masyarakat bawah yang lebih membutuhkan ” uang rokok ” untuk dipergunakan untuk gizi keluarga daripada untuk merokok saja.

Kita sendiri bisa memulai untuk mendukung gerakan dukung #Rokok50Ribu dengan menandantangi petisi online di change.org/rokokharusmahal, yang merupakan gerakan dari 1000 perempuan yang diinisiasi oleh 50 tokoh perempuan dan banyak organisasi baik organisasi pemuda, mahasiswa, organisasi perempuan, profesi dan lainnya yang semangat mendukung kenaikan cukai secara signifikan sehingga harga rokok tidak lagi terjangkau.

Perempuan sendiri dalam komunitas terkecil yang mempunyai peran penting dalam keluarga yang mampu menggerakan keluarga untuk kemudian memiliki gaya hidup yang lebih sehat dan jauh dari rokok sangat mungkin untuk membantu tercapainya cita – cita rokok harus mahal. Apalagi bulan puasa begini, perempuan sebagai istri dan ibu sangat mungkin untuk membantu suami/anggota keluarga untuk berhenti merokok, kebutuhan puasa yang meningkat bisa menjadi salah satu alasan juga mengapa uang rokok sebaiknya dikurangi bahkan di stop bukan ?

Teman – teman saya sudah menandatangani petisinya, kalian juga yuk ! Kita dukung gerakan Rokok Harus Mahal untuk menjadikan lingkungan kita lebih sehat dan tidak ada lagi pemandangan anak di bawah umur yang menghisap asap rokok. Kalian yang mendengarkan siaran ini sangat bisa juga mengikuti lombanya, hanya dengan menuliskan satu artikel mengenai talkshow yang digelar per episode siaran ruang publik di KBR.

Kalian bisa menyimak langsung di radio – radio jaringan KBR nusantara. Di Jakarta bisa mendengarkan di Power FM 89,2 atau streaming langsung di KBR.id bisa juga nonton FB Live ( seperti saya ) di Kantor Berita Radio – KBR

Akan dipilih 3 pemenang yang akan mendapatkan uang tunai 1,2 juta (untuk 3 pemenang) setiap minggunya . Catat ya tanggal talkshow lengkapnya :

PUKUL : 09.00-10.00 WIB

  1. Jumat, 11 Mei 2018 ;
  2. Rabu, 16 Mei 2018.
  3. Rabu, 30 Mei 2018;
  4. Rabu, 6 Juni 2018;
  5. Rabu, 20 Juni 2018;
  6. Rabu, 11 Juli 2018;
  7. Rabu, 25 Juli 2018;
  8. Rabu, 15 Agustus 2018

Syarat an ketentuan bisa dilihat di sini : http://bit.ly/2InVIgZ  

Selamat puasa ya teman – teman, jangan lupa untuk selalu aktif berperan menjadikan lingkungan kita lebih baik lagi setiap waktunya. Semangats !

2 thoughts on “Puasa dan Rokok Harus Mahal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *