[RESEP] Sup Fillet Ikan Gurame Asam Pedas

resep ikan gurame, sup ikan gurame, foto makanan

Saya bersyukur memiliki ingatan yang kuat dalam mengingat suatu kejadian atau tempat, walau ingatan saya sangat buruk kalau berhubungan dengan navigasi dan jalan. Saya ingat betul makanan apa yang saya santap dengan papi dengan bahagia berbunga – bunga, emang kalau makan mah pasti bahagia sih cuma maksudnya beberapa makanan kayanya sampai sekarang beberapa diantaranya punya cerita tersendiri.

Makanan dan tempat, dua hal yang menurut saya punya ruang dan cerita sendiri di sudut otak dan hati kita yang bekerja, memori – memorinya akan terus ada selama kita mau mengingatnya. Seperti cerita blog saya saat ini, saya tidak pernah membayangkan bisa menyukai sup ikan loh jadi pada saat menawarkannya, saya udah agak mual mendengarnya. Maklum ya di bayangan saya adalah bau amis dipadu dengan kuah, iyuuuuch hahhaa emang dasar saya aja yang katro ternyata.

Beberapa kali menolak hingga akhirnya mau nyoba, dulu pertama kali coba di daerah Lodaya. Saya masih ingat namanya ” Gule Pala Ikan ” tempatnya seperti kedai dengan pengunjung yang tidak terlalu banyak, dan menunya adalah kalau ga sup ikan ya gule ikan.

Ga ada ikan bakar atau goreng, akhirnya pesanlah Sup Belly Nila masih dengan membayangkan yang aneh – aneh bikin ga mau makan, tapi ternyata yang tersaji menggugah selera. Wohoooo mualnya gajadi hahhaa karena rasanya mantap jiwa ! Semenjak itu saya suka sup ikan, dan kalau ke sebuah tempat makan kebetulan ada sup ikan saya pasti pesan.

Ahh entahlah apa kata papi, mungkin ngakak ya liat saya sok ga mau akhirnya malah jadi favorit 😝

Memasak Sup Ikan Sendiri

resep ikan gurame, sup ikan gurame, foto makanan, fillet gurame
Fillet ikan gurame Fish Express

Menikah dan tinggal ( agak ) jauh dari pusat kota, saya dan papi akhirnya lebih sering masak sendiri. Kalaupun beli jadi yang deket – deket aja. Wisata kuliner jadi tidak sesering dulu, walau begitu akhirnya saya jadi bisa masak dikit – dikit yang di luar kebiasaan dulu, ya gimana lagi kemampuan masak saya segitu – gitu aja sementara papi udah kaya master chef yang wuzz wuzz kalau masak lalu tring jadi dan enak banget ( udahnya doang yang ga enak soalnya dapur udah kaya habis dipake perang teluk wkwkwkwk )

Baca juga : Resep Nasi Ayam Hainan 

Kangen sama sup ikan yang dulu kami santap, akhirnya seringnya bikin. Ikan nila selalu saya ganti dengan gurame karena nyatanya lebih nikmat dengan ikan gurame. Masalahnya adalah duri dan ngebersihinnya bikin pengen nangis, warung tempat saya tinggal tidak bisa menyediakan ikan gurame yang sudah siap masak. Kalau dulu oke lah ya, bertarung menaklukkan kepakan dan sirip ikan yang kadang menusuk – nusuk.

Tapi sejak hamil, alamaaak belum harus bertarung dengan ikan saya harus bertarung dengan mamah saya atau tukang warung juga yang ga berhenti bilang ” Awas.. awas lagi hamil ga boleh bersiin ikan loh nanti ….. ” begitulah bikin parno walaupun sebenernya sepertinya itu mitos ya, tapi tetep kalau di omong – omong terus mah bikin parno dan ga nyaman.

resep ikan gurame, sup ikan gurame, foto makanan, fillet gurame
Ini fileetnya setelah defrost dan dicuci, segaaaar filletnya bagus

Eh btw ini malah curhat panjang yah hahhaa

Lalu saya terbantu pas tau teh Ulu ( Bandung Diary ) ternyata produksi fillet ikan, kenapa saya ga tau dari dulu sih hiks. Pasnya lagi ternyata produk fillet tersebut ada ikan gurame nya. Sungguh ya itu kaya nemu uang pas lagi lipet – lipet baju ( apaaa cobaaa analoginya ga banget haha ) pokoknya seneng dan terbantu banget banget.

Ahh jadi pengen pamer ke tukang warung *eh
Namanya Fish Express, dan sesuai namanya banget ini emang masak ikan jadi mudah karena tinggal keluarin dari freezer biarin sebentar lalu siap di olah. Selain fillet gurame ada juga fillet lele dan ikan dori.

Jadilah keinginan saya terpenuhi, pengen makan sup ikan asam pedas buatan sendiri. Cing percaya saya bisa masak dikit – dikit mah ehehe, ini gampaaang banget loh. Dan rasanya endes menggugah selera.

RESEP SUP FILLET GURAME ASAM PEDAS
Bahan :
– 250 gram fillet ikan gurame (  @Fish Express ) cuci bersih
– 4 Belimbing wuluh ( cuma nemu segini dari belakang rumah hehe, idealnya 6 – 7 )
– Kentang ( mau diganti pake wortel atau lobak putih juga oke sih )
– 3-5 buah lemon, peras ( jumlah lemonnya disesuaikan selera sih. Dan tergantung ukuran lemonnya juga )
Duh maaf ya ga jelas banget ngasih takaran hahaha
– Haluskan : Garam, merica, 3 siung bawang putih, 2 siung bawang merah
– 2 buah tomat masing – masing dipotong 4
– Daun kemangi
– Air untuk sup
– Garam dan Gula / Penyedap secukupnya
– Cabai cengek utuh sesuai selera

Cara Membuat :
1. Didihkan air, masukan kentang yang sudah di potong dadu. Biarkan mendidih lalu tumis bumbu yang dihaluskan lalu masukan ke air yang mendidih. Masak hingga kentang empuk.
2. Kecilkan api masukan fillet ikan
3. Masukan belimbing wuluh, air perasan lemon
4. Biarkan 5 menit
5. Masukan daun kemangi dan irisan tomat dan cabai utuh
7. Tambahkan garam dan gula/penyedap secukupnya lalu cicipi
8. Matikan api

resep ikan gurame, sup ikan gurame, foto makanan
Tada, jadii !!! Sup Fillet Ikan Gurame Asam Pedas

Simpel banget tinggal nyemplungin doang kan trus cicipin. Saya ngira kalau pake fillet bakal hancur eh ternyata engga dong dan utuh sampe di piring. Saya dan papi makan lahap, iioo belum suka karena liat cengek udah takut duluan dan memutuskan makan gurame goreng kering aja. Semuanya senang dan kenyang, malemnya tepar semua mabok makan ikan enyak.

Saya kemarin nyobain yang kemasannya 500 gram. Bisa 3 kali masak di saya ( 2 kali buat iioo, sekalinya buat saya dan papi ) lagi mau pesen lagi fillet gurame karena papi pengen bikin gurame grill katanya sedang saya pengen bikin pindang ikan seperti yang mamah saya sering masak.

Pas saya sms mamah lagi masak ikan, mamah cuma nanya ” saha nu mersihan lauk ? ” saya jawab tinggal cemplungin ini fillet ikan. Lalu ia ga percaya ada fillet ikan, taunya fillet ayam aja. Fix ya nanti pesanan berikutnya kudu nyimpenin buat masakin mamah kalau ke sini biar percaya.

Saya suka banget sama Fish Express, produknya juara dan segar banget dan gurih tanpa butuh bumbu berlebihan dan harganya terjangkau Rp. 52.500 buat fillet gurame 500 gram. Sedangkan fillet lele dan ikan dori cuma 36K ajah dapet 500 gram dan say good bye sama repotnya bersihin ikan. Termanjakan gini yaa jadi emak jaman now 😅

Dan duh ternyata saya udah nulis mau 900 kata haha. Nuhun ya yang sudah mau baca, ketemu lagi ( kapan – kapan ) di cerita masak saya yang lebih banyak curhatnya daripada resepnya.

FISH EXPRESS
IG : @fishexpress_id
0811 221 0830

yasinyasintha.com

1 thought on “[RESEP] Sup Fillet Ikan Gurame Asam Pedas

  1. Waa..terbantu banget ya mba klo nemu yang serba tinggal cemplung cemplung gini.

    Aku blm pernah masak sop ikan mb. Sama..mbayanginnya amis2 gmn..soalnya klo masak ikan, maunya yang kriuk.

    Tp setelah baca ini jadi penasaran. Blimbing wuluh bisa diganti ga yaa? Btw, nanti supnya asem ya mba..lemonnya bnyak banget.

Comments are closed.