Mendidik Anak Lewat Buku dan Cerita

buku anak, buku cerita anak, parenting, blogger

Ngomongin anak emang ga ada habisnya, apalagi di usia anak yang udah mulai aktif ( banget ) dengan rasa ingin tau yang tinggi dan mengiyakan pernyataan teman setiap masanya orang tua dihadapkan pada tantangan yang berbeda, yang paling mendasar adalah mendidiknya secara sikap karena saya secara pribadi meletakkan attitude di atas segalanya, i mean sikap seseorang/karakter lah yang paling penting dan saya tentu saja berharap iioo akan tumbuh menjadi anak yang santun, penyayang, sholeh, disiplin dan tegas dalam beberapa situasi.

Tapi ngajarin anak ga bisa serta merta begitu saja berhasil ya ternyata, rasanya takkan berhasil kalau misal anak dijejali harus begini begitu, perlu cara tersendiri saya rasa dan senang sekali saya sudah menemukan caranya yaitu dengan cerita dan buku. Iioo ga book lover banget sih memang, karena emang anak aktif mah begini kali ya bisa anteng baca cerita hanya ketika book mode nya lagi on dan dia yang minta. Karena kalau saya yang ajak paling setengah atau 1 buku dia udah pegang mobil, thomas, dll. Tapi kalau dia yang minta bisa sampe 7 buku harus kami ceritakan bersama dan semuanya iioo yang milih.

Belajar Banyak Dari Buku Cerita

buku anak, buku cerita anak, parenting, blogger
iioo’s first book

Koleksi buku iioo alhamdulilah lumayan sekarang, mulai dari yang kita sengaja beli sampai lungsuran zaman papi masih kecil. Bukunya panjang umur banget dan masih dalam kondisi yang sangat bagus, seneng rasanya. Terima kasih yangti.
So far karena belum bisa baca jadi pilih buku yang gambar-gambarnya gede – gede, teksnya dikit banget. Jadi udah otomatis kita yang harus ceritain, buku pertama iioo berjudul ” Fino Gatal – Gatal ” ceritanya tentang anak kecil yang main ulet bulu lalu gatal – gatal, dari buku ini saya berhasil menanamkan bahwa ga boleh pegang apa – apa sembarangan, trus kalau keluar harus pake sendal bisi nginjek ulet, trus kalau harus minum obat kudu pinter. Dan semuanya berhasil hahha *tertawa penuh kemenangan 😎
Buku ini sudah sobek – sobek dan beberapa halamannya hilang, udah di lakban-lakbanin karena tetep iioo suka. Karakter Vino diganti jadi Vio, jadi buku favorit iioo karena merasa dirinya ada dalam buku 😅

Buku – buku lainnya lebih beragam. Ada tentang berdoa, bersikap sopan saat bersin, belajar antre, memberi hadiah, menolong teman, kehilangan barang, seri hewan peternakan – serangga, dan salah satu yang tak kalah favorit adalah belajar mandi sendiri, buku karangan kang Ali Muakhir.
Belajar memang bisa lewat media apa saja, semenjak iioo sering membaca buku kesukaannya terhadap gadget juga berkurang bahkan kalau saya tawarin nonton youtube sebentar karena beberapa hal yang butuh fokus banget, paling banter nonton adalah 15 – 20 menit dan setelah itu gadget emaknya di letakkan begitu saja -.-” dan memilih liatin saya ngetik atau kegiatan lainnya lebih sering recokin sih emak nya ga boleh ngapa – ngapain kudu ngasuh dia bener – bener haha.

Saya masih belajar juga nih mendidik iioo dengan sebaik mungkin dan lewat buku saya menjadi banyak terbantu karena anak – anak senang cerita. Di rumah mama saya udah beda lagi ceritanya, udah pasti tentang dongeng yang familiar dan tak pernah berubah, dongeng seekor monyet dan kura – kura yang pelajarannya adalah tentang bersikap jujur, tidak mengambil barang orang lain dan menyayangi teman. Iioo never get bored about this stories so i am hihihi.

buku anak, buku cerita anak, parenting, blogger
Salah satu halaman lucu di flap book iioo ( Seri : Peternakan )

Dan sepertinya memang sudah saatnya saya berburu buku baru untuk iioo, kadang sudah kehilangan pilihan dan bosan membaca yang itu – itu saja nih, favorit iioo sebulan belakangan adalah buku flap book, jujur saya juga suka banget buku gini penuh dengan misteri dan kejutan haha ( in a good way tentunya ). Kayanya butuh buku cerita tentang berbagi kasih sayang dengan adik nih buat buku cerita selanjutnya ☺
Teman – teman punya buku rekomendasi buat anak yang kaya pesan ? Kasih tau juga ya 😀

Tulisan ini jadi respon tulisan trigger di KEB dengan judul ” Jangan Sebut Ia Anak Yang Nakal ” yang ditulis oleh mbak Eva Dzulkhulaifah Rahmat ( http://youngesteight.com/ ) yang merupakan respon post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Siti Nurbaya.

yasinyasintha.com

kumpulan emak blogger, kolaboratif blog
Gengs Siti Nurbaya

 

13 thoughts on “Mendidik Anak Lewat Buku dan Cerita

  1. Sama aja ya anak kecil mah bukunya pasti penuh lakban. Kadang baru dilakban kemarin sore eh pagi-pagi udah ada bagian lain yang sobek. Mungkin karena buku favorit jadinya terlalu excited hahahaa.

    Semoga anak-anak selalu memiliki minat baca yang tinggi ya mak. Soalnya memang enak memberi contoh dari buku, anak lebih nurut sama buku daripada sama emaknya. Lol.

  2. Aku kelupaan mampir ksinii ya mak 😆
    Io aku suka bukunyaa…
    Jadi email hrs perhatian sama dia yaa 😁 kayak anakku maak. Aku kira anak cewek aja yg gituuu 😁 io jg bgitu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *