Mainan Anak dan Kreativitasnya

Semua orang tentu ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang ceria dan kreatif. Hal tersebut harus didukung penuh oleh orangtua dan sekitar, saya bersyukur sudah 1,5 tahun belakangan iioo ga terlalu suka gadget sampe ipad di rumah rusak saking ga pernah dipake sedang dulu sampe bingung cara menghentikannya. Dan kalau saya terlihat di depan laptop lama – lama dia pasti menarik baju atau lengan ” Ayolaaah mami, kita main. Jangan kerja aja ” ahaha okelah saya mengalah. Karena nyatanya dulu pernah saya bilang “ Sebentar ya, mami sibuk ” lalu saat saya mengajaknya main dia berujar hal yang sama. Dan rasanya ternyata mak jleb ya, yaaa lesson learn lah ya.

Mainan Anak dan Kreatifitas 
Dulu saya dan papi kalau beliin mainan asal doi seneng. Koleksi mobil lungsuran pun udah se-box gede, anteng sih bikin cerita kemacetan di kasur dan kalau kesenggol dikit walau saya benerin lagi iioo pasti tau haha. Tapi sekarang saya dan papi pun juga yangti dan mbah kakungnya tau bahwa iioo perlu mainan yang lebih edukatif tapi tetap menyenangkan. Mencoba berbagai jenis mainan aja pada akhirnya, iioo lagi suka main cap – cap an dengan alphabet dan berbagai warna kalau lagi main ini ada aja ceritanya seperti mengeja dan bertanya ” Mami ini huruf apa ? ” kalau saya bilang ” E ” lalu dia bilang ” Panggilah Elaaang Eaak Eaaak ” yaya begitulah sampe huruf Z selesai. Yang tak jarang muncul hal – hal yang menurut saya kok kepikiran yaa kaya gitu, ya bermain sama anak kita juga belajar dan terhibur.

Baca juga : Mendidik Anak Lewat Buku Cerita 

Ada lagi wood block yang sekarang sedang jadi kesayangan iioo, apalagi kalau bukan bikin menara atau benteng yang berakhir dengan bermain peperangan antara mobil sport dengan bus tayo 😅
Jadi ia memang senang bermain cerita, imajinasi dan playing pretend. Tiba – tiba saya harus jadi siput lah, jadi emaknya burung lah, jadi telur lah atau saya jadi tiang wkwkwk. Hal seperti ini sudah bikin kami senang, dia mampu berpikir kreatif dari segi cerita dan ini kemajuan mengingat iioo ini tipe anak yang kinestetik tinggi. Bagaimanapun setelah sekolah, iioo jadi lebih kalem dan makin ceria.

Kegiatan menonton youtube nya tidak pernah saya larang, karena iioo punya ukulele hadiah ulang tahun dari yangti, ia senang sekali menonton The Piano Guys Channel dan menganggap itu sebagai cello walau berkali – kali saya beritahu bahwa itu adalah gitar kecil dan ia keukeuh bahwa itu adalah cello pada akhirnya iioo tahu bahwa itu ukulele. Sering sekali bermain gitar dan piano di rumah. Belum lagi kalau ke dapur iioo menggunakan peralatan dapur menjadi banyak hal lain yang kadang di luar pemikiran kita. Mendorong anak berpikir kreatif juga tidak melulu dari mainan kok, sering juga datang dari barang – barang sekitar dan pada aktivitas bersama yang melibatkan anak bahkan sering terjadi secara tiba – tiba, kalau mainan sih salah satunya aja bagi saya karena sebagian besar waktu iioo dihabiskan bersama saya di ruang tengah tempat mainan berada.

Sekarang lebih seru malah, papi punya banyak waktu juga buat digangguin iioo. Jadilah iioo senang bongkar – bongkar barang, main obeng, main break break di radio persis seperti papi. Dan kalau papi ajak membongkar atau membuat lampu, udah pasti senengnya pake banget belum lagi kalau papi motret udah pasti ikutan ” Mami puter, mami puter, mami geser mami…. ” yaa gitulah.

Hal paling penting dari memicu kreativitas anak adalah membiarkannya mengeksplor sekitar, mengajaknya ikut terlibat dalam keseharian dan kegiatan kita, menemaninya bermain dan memfasilitasi minatnya. Poin 3 perihal menemani ini emang masih agak sulit bahkan untuk saya pribadi yang sudah jadi full time mom, apalagi tahun depan ( insyaallah ) iioo akan punya adik saya pikir lebih bijak kalau waktu saya dicurahkan memang untuk keluarga.
Dan mengasuh anak di rumah tidak sebosan yang saya bayangkan dulu, ternyata it makes me happy too. All day, all the time. Pada Akhirnya kita sebagai orangtua hanya bisa berusaha menjadikan dan berharap anak menjadi seorang yang kreatif, karena bagi saya sisi kreatif adalah sisi yang harus secara alami terasah dan terbentuk dan hal itu lebih mudah terbentuk karena melihat sekitar baik itu dari orangtua maupun lingkungan, ya bagaimanapun kita adalah role modelnya ya. Jadi ingat kegemaran saya pada dunia menjahit dan craft karena bertahun – tahun sedari kecil melihat mamah saya menjahit.

Post ini saya buat sebagai tanggapan trigger Mak Rita Rahmawati, yang menjelaskan bahwa memicu kreatifitas anak memiliki dampak besar bagi anak di masa depannya. Dan tentang Memacu Anak Berpikir Kreatif bisa dibaca disini. Dan ini dia gengs Siti Nurbaya Collaborative Blogging by KEB

kumpulan emak blogger, kolaboratif blog
Gengs Siti Nurbaya

 

11 thoughts on “Mainan Anak dan Kreativitasnya

  1. Hahaha iioo, lucu amat masa maminya disuruh jadi tiang. Tapi kreativitas itu memang menular mak, kalau kita ngapain anak-anak ngikutin. Makanya kita jadi ortu harus kreatif juga biar anaknya ketularan. Kalo mami papi iioo sih udah jangan ditanya lagi yak kreativitasnya. Hihi.

    1. Mangat mak, mungkin faktor mau punya adek ya. Iioo jadi manjah banget mak dan asa ga bisa nolak aku nya.
      Tar juga nemu formula waktu yang pas lah mak hihi

  2. halo mba yasinta, lama ngga mampir kesini hehehe. seneng deh baca cerita soal iio, aku kan belum punya anak tapi kalo liat ibu yang menikmati hari-hari bersama anaknya gini juga jadi pengen punya anak juga.

    btw iya, wood block itu emang mainan favorit kayanya. ponakanku kalo udah main woodblock imajinasinya bisa kemana-mana. terakhir aku tanya dia lagi mainan apa dia bilang lagi bikin masak-masakan (iya block buat rumah-rumahan itu dia masukin ke panci mamanya huahahaha)

    1. Hahahha kreatif itu berasa masakin daging yang dipotong dadu kali ya.
      Hihi semoga nanti pas punya buah hati jadi bermanfaat juga ya tulisanku ini, dan jangan lupa berbagi cerita 😀

  3. Mak, aku bayangin jadi siput itu gimana 😀 tantangan ibu bekerja di rumah di protes anak2 juga yaa, kerja melulu. Mereka minta main bareng
    io suka tayoo yaaa

    1. Iyaa mak begitulah, seru – seru kesel kadang ups hihihi kalau lagi ga ada deadline sih aku turutin aja mau nya
      Iioo suka banget mak kalau sama tayo, tiap ada bus biru damri di jalan di sapain 😀

  4. Hi..hi, jadi ingat pas raka kecil..ia suka juga bermain peran seperti ioo..jadi di kasur pura2 ia sedang naik perahu. Bantal menjadi ikan, lalu ia pura2 lempar jala…

    Klo yang cewek..sukanya didongengin mba..

  5. Aku suka memancing kreativitas anak , lewat buku mba. Trutama ttg mengarang cerita. Krn jujurnya cm di sini aku dan anak bisa sama2 nyambung :D. Aku suka baca, suka nulis, suka menghayalkan cerita juga, dan anakpun begitu.. Kalo kreatifitas dlm hal bikin mainan, bongkar pasang dll, itu lbh ke papinya :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *