Review Buku Resep Sehat JSR Karya dr. Zaidul Akbar

resep-jsr-karya-zaidul-akbar

” Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu upaya kita mengembalikan tubuh dalam keadaan baik kepada penciptaNya “

Tergugah sekali saya ketika mendengar dr. Zaidul Akbar mengatakan ini pada acara launching Buku Resep Sehat JSR yang digelar secara virtual tapi tak mengurangi manfaat dari acaranya. Sebuah kalimat yang memiliki makna sederhana tapi mendalam, mengingatkan kita bahwa menjaga kesehatan dan tubuh dalam keadaan baik tiada lain adalah demi mengembalikannya dalam kondisi yang baik pula kepada penciptaNya.

Buku Resep Sehat JSR Karya dr. Zaidul Akbar

buku resep JSR adalah buku resep kumpulan JSR yang ditulis oleh dr. Zaidul Akbar
Buku Resep Sehat JSR Karya Zaidul Akbar

Membuka buku resep di dapur menjadi kenangan tersendiri bagi saya, menyenangkan dan punya kenangan tersendiri. Meski terkesan jadul, tapi jujur saja secara pribadi saya lebih nyaman membuka buku resep di dapur ketimbang mencari resep dari gawai, maka kehadiran Buku Resep Sehat JSR dalam bentuk cetak tentu sangat saya tunggu.

Sudah cukup lama saya mengikuti Instagram dr. Zaidul Akbar yang populer dengan resep JSR nya. Resep yang dibagikannya sudah dicoba oleh banyak orang dan menjadi senjata minuman herbal mudah, kaya manfaat dan mudah dibuat. Maka launching buku Resep Sehat JSR yang digelar secara virtual benar-benar seru, ditunggu dan membuat banyak pihak excited menunggu bukunya, sekali lagi terima kasih Syaamil Qur’an untuk menerbitkan buku Resep Sehat JSR karya dr. Zaidul Akbar.

Apa itu JSR ?

JSR adalah singkatan dari Jurus Sehat Rasulullah yang dikenalkan oleh dr. Zaidul Akbar
Ada yang belum tau JSR itu apa ?

Bagi yang belum tau, JSR adalah kepanjangan dari Jurus Sehat Rasulullah yang dipopulerkan oleh dr. Zaidul Akbar dalam membagikan resep maupun banyak tipsnya. Bahan – bahan pembuat minuman JSR ini sebenarnya dekat sekali dengan kita, dan memiliki banyak sekali manfaat. Dalam buku ini, tak hanya 200 resep dituliskan, di bagian awal bukunya, kita bisa menemukan manfaat dari ” produk ciptaann Allah ” mulai dari rimpang-rimpangan, bumbu dapur, umbi, bunga-bungaan, kacang-kacangan, tumbuhan, daun-daunan, buah, hingga sayur.

Identitas Buku Resep Sehat JSR

  • Nama Penulis : dr. Zaidul Akbar
  • Tahun Terbit : 2021
  • Penerbit : PT Sygma Media Inovasi
  • Jumlah halaman : 524 halaman
  • Berat : 800 gram
  • Harga Buku : Rp. 249.000
  • Nomor ISBN : 978-623-95687-1-9
  • Profil Penulis : Zaidul Akbar merupakan seorang dokter yang kini lebih dikenal sebagai ahli pengobatan islami. Lulusan universitas Diponegoro ini makin dikenal masyarakat sejak menawarkan konsep hidup sehat dari pengobatan islami. Sebelumnya, dr. Zaidul Akbar telah menulis buku berjudul Jurus Sehat Rasulullah yang telah terbit pada februari tahun 2020.

Review Buku Resep Sehat JSR Karya dr. Zaidul Akbar

review buku resep sehat JSR oleh blogger bandung oleh Yasinta
Salah satu halaman di Buku Resep Sehat JSR

Membuka buku resep di dapur menjadi kenangan tersendiri bagi saya, menyenangkan dan punya kenangan tersendiri. Meski terkesan jadul, tapi jujur saja secara pribadi saya lebih nyaman membuka buku resep di dapur ketimbang mencari resep dari gawai, maka kehadiran Buku Resep Sehat JSR dalam bentuk cetak tentu sangat saya tunggu.

Di dalam buku ini juga kita bisa menemukan quote yang ditulis oleh dr. Zaidul Akbar yang sederhana tapi punya makna mendalam. Sama halnya dengan quote HR Al Bukhari No. 5246 yang berbunyi : ” Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya “

Ini benar nyata adanya, dan kadang penawar dari penyakit itu ternyata ada di sekitar kita, Masyaallah. Karena jika Allah berkehendak maka sesederhana apapun dan metode juga sarana apapun yang digunakan maka penyakit tersebut akan sembuh dengan izinNya.

Packaging Buku Resep Sehat JSR

tampilan buku resep sehat jsr dikemas dengan hard cover dan kertas art paper full color
Buku Resep Sehat JSR

Pertama kali memegang bukunya selain bahagia saya begitu takjub dengan desain buku yang sangat menarik dan memiliki sampul hard cover sehingga begitu kokoh saat dipegang. Ukuran bukunya A5 dengan bahan art paper full color, menarik sekali secara visual karena tak hanya teks, tapi dilengkapi dengan foto-foto yang ciamik.

Dilengkapi dengan book marker berupa pita hijau yang sama dengan buku pertamanya yang bertajuk Jurus Sehat Rasulullah. Khas sekali.

Resep – Resep di Buku Resep Sehat JSR

resep JSR untuk batuk kering pada orang dewasa sangat mudah dan ampuh mengusir batuk
Salah satu resep di Buku Resep Sehat JSR

Mau cari resep apa di sini? Ada 200 resep di buku ini, lengkap sekali bahan, cara meraciknya hingga foto sebagai pelengkap, bikin semangat liat dan prakteknya.

Di buku ini, kita bisa menemukan berbagai resep seperti resep infeksi dan alergi yang terdiri dari 14 lebih resep. Ada untuk sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem endokrin, sistem saraf, sistem pernapasan, sistem rangka dan otot, sistem jantung dan pembuluh darah, sistem kekebalan tubuh, sistem eskresi dan urinaria, untuk darah dan gangguan darah dan resep-resep lainnya seperti resep mengobati depresi, kesehatan mata hingga mencerahkan kulit.

manfaat jahe untuk tubuh di resep JSR
Ada bagian khusus membahas produk ciptaan Allah

Kita dipermudah dengan adanya daftar isi, jadi mau resep apa tinggal buka halamannya. Menariknya lagi, kita bisa mencoba beberapa resep untuk mengobati penyakit yang sama, ini tentu memudahkan kita dalam membuatnya bisa disesuaikan dengan bahan yang paling mudah ditemukan.

Resep JSR Favorit Saya

resep JSR untuk menurunkan berat badan
Resep favorit nih ga cuma buat mengatasi obesitas, buat daya tahan tubuh juga

Sebenarnya ada beberapa resep JSR yang saya sering buat di rumah, seperti resep untuk mengobati perut kembung yang berbahan jahe, air dan madu. Surprisenya, anak-anak ternyata suka ketika saya membuat minuman seperti ini. Alhamdulilah sekali, jadi saya bisa combine dengan pijat perut anak di rumah juga untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Dan ini adalah resep yang lagi rajin saya buat di rumah, resep untuk mengatasi obesitas. Hehe, iya nih kelebihan berat badan ga cuma ke masalah penampilan, tapi juga jadi gampang cape, dan banyak kerasa hehe. Utamanya, pengen lebih sehat dan bugar. Dan ini dia salah satu resepnya :

Ramuan Infused Water Lemon – Jahe – Kurma

resep JSR turunkan berat badan dan atasi perut kembung
Resep JSR

Bahan : 1 buah lemon, 7 buah kurma dan jahe. Setelah itu masukan ketiga bahan tadi ke dalam 600 ml air, diamkan selama 6 jam. Setelah 6 jam infused water ini siap diminum.

Ramuan ini tuh ga cuma buat mengatasi obesitas ya, karena bisa untuk menjaga daya tahan tubuh, membantu menurunkan kadar lemak, memperbaiki pencernaan dan bisa menguatkan jantung. Super mudah, bahannya ada di rumah.

Kesimpulan

resep-jsr-karya-zaidul-akbar
praktek resep JSR dari buku Resep Sehat JSR

Buku ini sangat membantu saya menjaga diri dan keluarga tetap sehat dengan cara yang mudah dan dianjurkan rasulullah. Buku Resep Sehat JSR saya simpan di dapur dan jadi “Kitab” di dapur kalau saya hendak meracik ramuan untuk berbagai keadaan. Adanya buku ini jadi memudahkan saya menemukan resep sesuai kebutuhan ketimbang searching dadakan yang biasanya saya lakukan.

Saya rasa, semua orang harus punya buku ini bahkan mungkin bisa menjadikannya hadiah bagi orang terkasih karena ada banyak sekali manfaat di dalamnya yang jika dipraktekan insyaallah membawa kebaikan dan kesehatan bagi kita semua, Aamiin.

Semoga ulasan ini bisa membantu kalian ya.
Yuk sehat dengan JSR.

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

One thought on “Review Buku Resep Sehat JSR Karya dr. Zaidul Akbar

  1. Papaku suka beli buku2 ttg khasiat rempah dan herbal gini mba. Dan dari dulu papa srg nerapin beberapa resep di daily diet nya juga. Hasilnya kurasa kliatan, Krn di umur skr papa msh sehat dan msh kuat handle bisnis2 nya.

    Aku dulu sempet dibiasain minum air jahe, air kurma, tp setelah ga tinggal Ama ortu, lupa deh lgs bikinnya :p.

    Bgus yaaa cover bukunya. Hard cover pula. Dengan buku setebal itu, hrgnya msh di bawah 300rb, murah sih. Kayaknya aku mau beliin buat papa kalo blm punya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *