Sukses PJJ Bersama Ruangbelajar dari Ruangguru

ruangguru adalah aplikasi belajar online terbaik yang ada di Indonesia

Yasinyasintha.com – Situasi pandemi ini memberikan dampak hampir kepada seluruh lapisan masyarakat, baik itu pekerja maupun pelajar dan mahasiswa. Segala macam kegiatan diimbuhi dengan embel-embel from home. Mulai dari kegiatan belajar, bekerja hingga olahraga, semuanya diupayakan dilakukan di rumah! Dan yang dirasa paling rumit adalah school from home, atau yang lebih dikenal dengan PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh.

Pembelajaran Jarak Jauh, Belajar dari Rumah

pembelajaran jarak jauh di tahun 2021 sepertinya masih akan berlanjut
PJJ, Pembelajaran Jarak Jauh

PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh terasa begitu rumit? Karena melibatkan anak-anak dimana cara mengajarkan anak-anak memang tidak semudah mengajar remaja yang relatif sudah lebih besar, misalkan setingkat SMP atau SMA. Cara mengajar anak-anak usia SD harus selalu menarik dan berbeda. Di situlah Ruangguru mengambil peran.

Tidak heran jika PJJ menjadi momok menaktukan bagi beberapa orang tua. Sebab memang tidak terbiasa belajar bersama anak. Kondisi seperti ini menyebabkan kita harus beradaptasi dan mencari solusi terbaik. Saya mengalaminya setahun ke belakang ini. Namun sekarang saya tidak kesulitan lagi sebab saya merasakan sukses PJJ bersama Ruangbelajar dari Ruangguru.

Ruangbelajar by Ruangguru

Ruangbelajar adalah salah satu lini dari ruangguru yang dikhususkan untuk anak usia SD
Ruangbelajar, cara belajar yang menyenangkan

Ruangguru adalah startup yang bergerak di bidang pendidikan, di dalamnya terdapat banyak pilihan untuk membantu pembelajaran menjadi lebih mudah. Ruangguru bisa diambil sebagai pilihan sarana belajar yang tepat bagi orangtua yang peduli dengan pendidikan anak. Dan sebagai startup berbasis pendidikan terbaik, Ruangguru memiliki banyak produk yang bisa dipilih. Salah satunya adalah ruangbelajar. Apa itu ruangbelajar?

Ruangbelajar adalah sebuah platform yang berisi ribuan video materi dan pembahasan dengan lebih dari 1.200 total sub-topik untuk semua jenjang. Siswa dapat memilih berdasarkan kelas dan mata pelajaran yang diminati, lalu memilih sub-topik yang ingin dikerjakan. Di Ruangbelajar juga dilengkapi kuis, latihan soal serta rangkuman berbentuk infografis yang menarik.

Di dalam Ruangbelajar sendiri terdapat berbagai macam fitur. Ada Ruangguru PET, Ruangguru adventure, jadwal belajar, asah otak, bank soal, laporan belajar, dan ada juga fitur yang akan rilis di bulan Juli yaitu Adapto dan Konsep kilat.

Fitur-fitur Ruangbelajar by Ruangguru.com

kelebihan ruangguru dibanding aplikasi belajar online lainnya
Kelebihan Ruangguru

Seperti apa fitur-fitur tersebut dan apa serunya? Mudah saja, bisa dibuka di Ruangguru.com dan bisa dicoba dulu secara gratis lho! Saya sedikit jelaskan di bawah ya seperti apa dan keunggulannya bagaimana.

Di Indonesia, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini mendapat tantangan tersendiri yaitu sinyal yang tidak merata. Ruangbelajar menjawab tantangan itu dengan tangan terbuka, kenapa? Karena tanpa akses internet pun semua materi belajar di sini bisa diunduh dan diakses secara penuh tanpa butuh koneksi internet.

Belajar di Ruangbelajar by Ruangguru ini dilengkapi dengan fitur gamification yang membuat siswa lebih semangat dan lebih rajin dalam belajar.

Orangtua juga bisa memantau perkembangan anak-anaknya melalui fitur Rapor Anak yang bisa diakses hanya melalui Whatssapp! Tinggal kirim pesan dan orangtua bisa mendapatkan laporan perkembangan kemampuan anak secara komprehesif! Udah kayak belajar di sekolah beneran ya?

Kalau kita bicara soal ribuan soal, di mana-mana juga ada. Apa perbedaan soal-soal yang beredar secara umum dengan soal-soal yang ada di Ruangbelajar? Soal-soal yang ada di Ruangbelajar memiliki kesulitan yang sama dengan soal-soal yang ada di luar, tapi yang membuatnya berbeda adalah pambahasan! Di Ruangbelajar, pembahasan soal-soal dibuat menarik dengan menggunakan ribuan video. Dan videonya bisa diputar lagi, lagi, dan lagi. Tenang aja, Master yang ngasih pelajaran tidak akan kecapekan walaupun videonya diputar berulang-ulang.

latihan soal di ruangguru

Soal-soal yang ada di Ruangbelajar dari Ruangguru secara umum tidak dibuat secara sembarangan lho! Soal-soal ini dibuat oleh master-master yang kualitasnya tidak diragukan! Ada yang lulusan luar negeri, ada lulusan kampus dalam negeri terbaik, ada guru terbaik yang meraih penghargaan, dan masih banyak lagi master-master yang super duper keren! Dan semua fitur-fitur unggulan tersebut tersedia dengan harga yang sangat murah.

Kesimpulan

ruangguru adalah aplikasi belajar online terbaik yang ada di Indonesia
Ruangguru sebagai aplikasi belajar online terbaik

Ruangbelajar dari Ruangguru Tempat Orang Tua dan Anak Sama-sama Belajar
Sebuah ungkapan populer mengatakan bahwa orang tua adalah sekolah pertama bagi anak-anak. Karena orang tualah yang pertama kali mengajarkan anak dari mulai tengkurap, merangkak, berjalan, bicara, dan dari orangtualah anak-anak pertama kali mengenal huruf, angka dan pertama kali belajar berhitung.

Orang tua adalah sekolah pertama bagi anak-anak. Namun sayangnya tidak semua orang tua tahu cara mengajar. Para orang tua tentunya pernah sekolah SD, tapi masalahnya, pengalaman sekolah SD-nya sudah lewat bertahun-tahun sebelumnya, yang membuat orang tua lupa tentang pelajaran yang ada sekarang. Belum lagi ditambah perubahan kurikulum.

Ruangbelajar dari Ruangguru ini adalah sebuah terobosan yang luar biasa, sebagai layanan belajar online terbaik dengan bantuan teknologi yang dikemas mudah untuk anak-anak dan orang tua akan mengalami pengalaman belajar yang menarik, sehingga tanpa sadar ikatan batin antara orangtua dan anak-anak akan tumbuh dengan baik, dan kuat.

Mau kan, sukses PJJ bersama Ruangbelajar dari Ruangguru? Buibu sudah punya pengalaman tersendiri? Bagikan juga dong kita sharing serunya jadi orang tua mendampingi anak PJJ dengan bantuan Ruangguru ya.

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *