Top 5 Kuliner Bali yang Bikin Kangen Traveling ke Bali

Yasinyasintha.com – Saya tengah menyusun itinerary selama 3 hari 2 malam ke Bali, mendadak air liur terasa menetes kala menuliskan rencana wisata kuliner saya selama di Bali akan apa saja, berkunjung ke tempat baru untuk tujuan wisata pastilah lengkap dengan kuliner yang perlu dijajal, ada beberapa makanan Bali yang bikin saya gagal move on dan selalu bikin kangen Bali lagi. Siapa nih yang setuju dengan top 5 kuliner Bali yang selalu bikin kangen.

Top 5 Kuliner Bali Yang Bikin Kangen Traveling ke Bali

  • Nasi Campur Bali

    sumber : openrice

    Saya ingat betul dengan nasi campur Bali pertama yang saya cicipi, lokasinya tak jauh dari hotel tempat saya dan papi menginap. Hanya butuh jalan kaki 10 menit saja lalu sampai, dari pertama memasuki kedai tersebut, saya langsung tertuju pada menu nasi campur Bali.
    Rupanya saya memang tak salah pilih, salah satu makanan khas Bali yang paling populer ini membuat saya langsung jatuh cinta sama kuliner Bali. Dalam sepiring nasi campur Bali, setidaknya ada sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap dan lawar ayam. Tak lupa nasi hangat dan sambal matah.
    Uniknya nih ya, saya mencoba nasi campur Bali di beberapa tempat dan ada ragam lauk, ada yang menghidangkannya dengan kulit ayam goreng, ikan pindang atau telur sambal tomat. Kesemuanya, selalu bikin saya kangen Bali nih.

  • Sate Lilit

    Sumber : resephariini

    Nasi campur Bali seakan membuat saya jatuh cinta pada setiap menu yang dihidangkan bersamanya, salah satunya adalah sate lilit. Kali pertama saya mencoba sate yang dagingnya tidak ditusuk, melainkan dililit ke batang serai.
    Aroma serai yang khas menambah selera makan jadi melupa, dagingnya yang empuk dan menjadi gurih plus bercita rasa beda sekali, bumbu Bali sama magisnya nih sama kebudayaan dan keindahan alamnya. Bikin saya teringat terus akan sate lilit Bali, oya beberapa tempat juga menyediakan sate lilit dengan tangkai bambu, tapi favorit saya tetep deh sate lilit ikan tenggiri yang dililit ke batang serai. Yummmm….

  • Ayam Betutu
    Sumber : willmeyrick.com

    Uwooh ini sih juara ya, siapa ga kenal sama kuliner Bali yang satu ini. Menuliskannya saja membuat saya teringat pada cita rasa pedas nampol yang bikin kita melek dan bawaannya pengen nambah terus. Ayam betutu ini berhasil bikin banyak orang kembali ke Bali, gimana engga mencicipi ayam yang dibumbui dengan bumbu rempah bertekstur pedas yang melimpah. Saya yang pecinta hidangan ayam sih udah pasti nyari terus nih ayam betutu, sedangkan papi lebih suka hidangan bebek betutu yang katanya rasanya lebih gurih. Hmmm mari coba yaa nanti pas ke Bali lagi.

  • Lawar Kuwir

    Sumber : resep hari ini

    Kali pertama mendengar namanya saya merasa asing karena tak biasa ( maklum orang Sunda aseli aku teh hehe ) tapi setelah menjajal kuliner yang satu ini ternyata saya suka. Sekali lagi, bumbu Bali selalu jadi primadona setiap kulinernya. Lawar ini merupakan campuran sayur dan daging cincang dengan bumbu Bali.
    Lawar kuwir sendiri merupakan campuran sayur dengan daging entog ( nah loh ), pantesan pas pertama coba dagingnya saya merasa familiar. Rasa gurih dari daging kuwir ( entog ) cocok banget bersanding dengan melimpahnya bumbu Bali dan sayuran.

  • Serombotan

    Sumber : detik food

    Sebagai pecinta sayuran sejati, kuliner satu ini membuat saya kangen Bali terus dan tak lupa untuk memasukannya pada daftar kuliner yang nanti harus saya jajal lagi. Jadi serombotan ini adalah campuran sayur-sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, tauge, dan pare yang dipadu dengan bumbu bernama kalas yang merupakan santan berisi campuran bumbu kunyit, lengkuasm bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur. Tak lupa nih ada bumbu kacang dan bumbu pedas sebagai pelengkap, rasanya ? ahh enaaaak deh beda dengan kuliner sayur yang berada dipulau Jawa, kangen deh makan ini di Bali.

Menyusun itinerary ke Bali memudahkan saya merencanakan perjalanan, maklum sudah berbuntut persiapan yang dibutuhkan tidak lagi sama seperti masih lajang dulu, hal pertama dari menyusun rencana perjalanan ke Bali tentu saja memulainya dari mencari tiket pesawat ke Bali, untung kemudahan pemesanan dan pembelian tiket pesawat kini bisa dinikmati lewat ponsel aja.

Hunting Tiket Pesawat ke Bali Lewat PegiPegi.com

Hampir setiap hari dan setiap kesempatan, saya mengecek tiket pesawat ke Bali demi mendapatkan harga promo yang lebih terjangkau, haha maklum mamak irits. Adalah pegipegi.com tempat saya memutuskan mencari tiket pesawat ke Bali untuk rencana keberangkatan kami sekeluarga, alasannya karena kemudahan pencarian promo lewat bagian promo bulanan di pegipegi.com sehingga saya bisa mempertimbangkan kapan waktu terbaik berangkat berdasarkan promo tiket pesawat yang ada.

Tiket pesawat ke Bali yang saya beli ini sudah termasuk airport tax dan biaya bagasi dan kabin sesuai kebijakan maskapai yang saya pilih. Online booking tiket pesawat lewat pegipegi.com ini memudahkan saya dan papi dalam mewujudkan traveling keluarga ke Bali nanti.

Jadi ga sabar pengen segera ke Bali nih, kalian ada yang suka cari tiket lewat pegipegi juga ? Samaan yah kita !

13 thoughts on “Top 5 Kuliner Bali yang Bikin Kangen Traveling ke Bali

  1. Ihh Mbak bikin ngeces aja nih hahaha…kayaknya memang perlu di coba semua ini kalau berkunjung ke Bali. Saya baru ngarasin pie sama kacangnya, di kirimi teman yang tinggal di Denpasar.

    1. Harus coba nih top 5 kuliner yang versi saya mbak. Aslinya banyak sih makanan enak di Bali, tapi yang ini selalu bikin saya kangen bali

  2. Waini! Serombotan aku yang belum pernah mba. Jadi diingetin kudu ke Bali lagi nih. Kuliner yang paling disuka Panda adalah ayam betutu. Kalau aku, kayaknya kurang pas di lidah kuliner Balinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *