Tune Up Mobil, Pahami Manfaat dan Biayanya

tune up mobil di bengkel resmi

Sebagai pemilik mobil, tentu saja Anda harus memerhatikan perawatan kendaraan roda empat secara berkala, yaitu servis dan tune up. Pertanyaannya kini, berapa sih biaya tune up mobil?

Sebelum melakukannya, tentu saja Anda harus mengetahui biaya tune up mobil. Untuk itu, Anda bisa cek biaya tune up mobil di dokter mobil seperti halnya saat ingin melakukan cat mobil di bengkel umum, tentu saja harus cek biaya cat mobil di bengkel umum.

Di mana pun melakukan perawatan satu ini, Anda akan menjalani penyetelan ulang semua komponen kendaraan saat tune up mobil. Melakukan pengaturan kembali, sebuah mobil perlu penyetingan semua komponennya setelah lama digunakan agar kinerja mesin mobil bisa lebih maksimal lagi.

Buat lebih jelasnya mengenai tune up mobil hingga biaya yang harus disiapkan, mari simak pemaparan berikut ini:

Mengenal Tune Up Mobil

tune up mobil di dokter mobil

Secara umum, tune up mencakup beberapa perawatan dan penggantian komponen pada mobil yang diperiksa berdasarkan masa pakai efektif. Dalam banyak kasus, beberapa komponen yang diganti secara rutin ialah busi, filter oli, filter udara, kampas rem dan sebagainya.

Selain itu, prosedur penggantian dan biaya tune up mobil antara bengkel resmi dan bengkel umum juga berbeda sehingga sebagai konsumen yang bijak Anda wajib memahaminya.

Manfaat Tune Up Mobil

Jika Anda melakukan tune up mobil secara rutin, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat yang sangat baik, di antaranya:

1. Performa Mesin Mobil yang Maksimal

Mobil yang tidak diperiksa dan dirawat secara rutin, mesinnya rentan mengalami kerusakan yang bisa membuat Anda tidak nyaman saat berkendara. Jika hal seperti ini dibiarkan, ada kemungkinan mesin akan tiba-tiba mati di tengah jalan saat Anda sedang berkendara.

2. Mencegah Terjadinya Kerusakan, Sehingga Biaya Perbaikan Tidak Terlalu Mahal

Tune up juga bisa mencegah terjadinya kerusakan yang parah, karena saat ada sedikit tanda-tanda kerusakan, pihak bengkel akan langsung menanganinya.

Berbeda jika Anda tidak memeriksa mobil secara rutin, bisa saja kerusakan kecil yang dibiarkan akan bertambah parah, sehingga biaya untuk memperbaikinya jadi lebih mahal.

Baca juga : Jenis Asuransi Mobil Terbaik dan Cara Bayar Pajak Online

3. Menjaga Kondisi Mesin Mobil

Mesin mobil adalah komponen yang sangat penting, jika tidak dirawat dengan baik akan memengaruhi performa dari mobil. Makanya tune up mobil secara rutin bisa menjaga kondisi mesin mobil tetap dalam kondisi baik.

4. Memastikan Semua Komponen Mobil dalam Kondisi Baik dan Stabil

Pemeriksaan komponen mobil secara rutin juga sangat penting, jika ada masalah pihak bengkel akan langsung menanganinya.

Biaya Tune Up Mobil

Biaya tune up mobil di bengkel umum dan bengkel resmi berbeda. Biaya tune up mobil di bengkel resmi lebih mahal di bandingkan bengkel umum karena harga suku cadang yang harus diganti.

Bengkel resmi akan menyediakan suku cadang original dari pabrikan, berbeda dengan bengkel umum, di mana kebanyakan opsi suku cadangnya jauh lebih murah.

Tak hanya itu saja, model kendaraan turut memengaruhi biaya tune up mobil. Dengan begitu, tune up mobil harus dilihat secara case by case.

Biaya Tune Up Bengkel Resmi

Seperti dipaparkan sebelumnya, biaya tune up di bengkel resmi biasanya jauh lebih mahal dibandingkan bengkel umum. Rata-rata biaya tune up mobil di bengkel resmi mencapai Rp3 jutaan lebih, lain halnya jika ingin tune up mobil ringan, maka cukup menyediakan sekitar Rp300 ribuan.

Tak hanya lebih mahal saja, tune up di bengkel resmi juga dilakukan dengan waktu yang relatif lebih lama. Sebab, proses pengecekan akan dilakukan oleh tim mekanik terbaik yang memeriksa seluk beluk mobil untuk melihat performa mobil.

Biaya Tune Up Bengkel Umum

Lain halnya dengan biaya di bengkel resmi, tune up mobil di bengkel umum hanya membutuhkan biaya sedikit saja untuk melakukan pemeriksaan rutin. Sebab, bengkel umum tidak menetapkan profit terlampau tinggi sehingga biaya tune up mobil jauh lebih terjangkau.

Biasanya konsumen hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp350 ribu hingga Rp500 ribuan untuk melakukan tune up mobil ringan di bengkel umum. Hanya saja, biaya itu belum termasuk biaya penggantian sparepart yang telah rusak parah.

Biaya Tune Up Mobil di Dokter Mobil

Selain bengkel resmi dan bengkel umum, Dokter Mobil merupakan bengkel spesialis untuk tune up dan AC mobil. Cabang Dokter Mobil ini cukup tersebar luas di kota Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, bahkan hingga Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Untuk Anda yang ingin melakukan tune up mobil ringan di Dokter Mobil, maka bisa menyiapkan Rp100 ribu, sedangkan tune up mobil sedang sekitar Rp500 ribu sampai Rp1 jutaan, dan tune up mobil tinggi biayanya sesuai dengan suku cadang yang diganti.

Itulah pembahasan mengenai tune up mobil, manfaat, dan biaya yang harus disiapkan saat melakukannya di bengkel resmi, umum atau Dokter Mobil. Semoga bermanfaat!

One thought on “Tune Up Mobil, Pahami Manfaat dan Biayanya

  1. Suami ku termasuk rajin kalo udah masalah perawatan mobilnya mba 😄. Dirawat banget Ama dia. Tapi selama ini kami memang lebih suka di bengkel resmi sih, dalam hal ini Krn mobilku Toyota, jadi selalu di auto2000 kalo servis. Udh percaya aja sih. Deket rumah juga, dan Krn males nyari yg lain 😀 . Yg penting Krn rajin servis , jadi tiap kali ganti mobil dan jual yg lama, mobil pak suami selalu cepet laku dengan harga bagus. Krn memang kondisinya masih bagus dan terawat tiap kali kami jual.

    Coba ah ntr aku cek dokter mobil di Deket area rumahku ada atau ga 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.