Tutorial Membuat Konten Carousel Bersambung

mikroblog merupakan konten yang diminati orang, karena punya keterkaitan antara slidenya dan belajar dari yasinta

Yasinyasintha.com – Wara wiri di timeline konten – konten carousel bersambung, ituloh model konten carousel yang perpotongan slidenya terdapat gambar yang tidak terputus, konten model ini juga biasanya punya kesatuan yang utuh layaknya sedang membaca artikel, itu sebabnya carousel bersambung disebut juga microblog. Dan ini adalah tutorial membuat konten carousel bersambung.

Mengapa Carousel Bersambung

Kita tentu tau, kalau Instagram dan hampir semua platform social media pastinya punya tujuan utama bikin betah user. Dan itu jadi tujuan kita juga sebagai konten kreator, karena jika user betah berlama-lama di postingan kita sudah bisa dipastikan bahwa konten kita menarik. Otomatis memiliki engagement tinggi.

Konten carousel bersambung dinilai lebih memiliki engagement tinggi daripada single post, meski tidak selalu dan membuat konten carousel merupakan salah satu upaya optimasi konten yang bisa dilakukan, setelah optimasi akun Instagram. Cukup masuk akal mengingat user yang menemukan konten carousel bersambung/microblog akan membaca dari slide 1 hingga slide terakhir. Dan jika dirasa bermanfaat, tingkat save dari postingan tipe ini biasanya lebih besar daripada single post biasa yang mengandalkan kekuatan visual 1 post dan caption.

Bagi blogger atau reviewer, jumlah carousel post yang bisa diisi hingga 10 slide dalam satu postingan berarti kita punya canvas lebih banyak untuk membuat karya, bahkan bisa jadi memindahkan postingan di blog ke Instagram dan mengemasnya kembali dengan tampilan lebih menarik khas IG, poin plusnya dari tipe carousel bersambung/microblog ini punya tingkat save dan share yang tinggi, paling enak digunakan untuk konten berupa edukasi, tutorial, tips, atau ringkasan.

Dimensi Konten Carousel Bersambung

dimensi carousel instagram untuk konten microblog
Dimensi konten Instagram carousel bersambung

Membuat konten carousel bersambung itu seru, kita bisa bermain dengan dimensi carousel dengan panjang 10 slide. Untuk square 10800×1080, sedangkan untuk portrait dimensinya yakni 10800 x 1350. Yang bikin puyeng dari bikin konten carousel ini adalah menentukan titik perpotongan slide, ga bisa pake feeling dong karena kalau meleset berpengaruh pada desain yang sudah dibuat jadi kurang presisi dan sempurna.

Makanya sebaiknya punya template master untuk itu. Jadi bisa bikin konten carousel bersambun tanpa pusing mikirin perpotongan slidenya, saya sendiri biasanya bikin di Photoshop atau Canva, dan Canva so far the best apps karena tersedia juga element-element pendukung, nah untuk mempermudah desain. Kita membagi desain 10 slide dalam 2 bagian, kita buat 7 slide dan 3 slide, agar mudah saat pengerjaan.

Dan dimensinya sebagai berikut :

Dimensi Portrait 7 slide : 7560 x 1350
Dimensi Portrait 3 slide : 3240 x 1350

Dimensi Square 7 slide : 7560 x 1080
Dimensi square 3 slide : 3240 x 1080

Point plusnya di Canva adalah desain terakhir selalu tersimpan, setidaknya kita punya template yang bisa digunakan berulang-ulang. Kekurangannya harus ada akses internet, itu sebabnya menurut saya kita tetap harus punya master templatenya.

Tutorial Membuat Carousel Bersambung di Canva

carousel bersambung adalah salah satu tipe konten yang digemari untuk instagram
Tutorial carousel bersambung di Instagram

Kita bisa membuat dari awal dengan memasukan custom size jika mau manual membuat dari awal sendiri. Lalu perkirakan titik perpotongannya, desain lalu bisa langsung download. Cobain deh, menentukan garis perpotongan per slidenya itu sesuatu banget kalau ga punya master templatenya.

Berhubung baik dan tidak sombong, maka sudah saya siapkan nih template carousel bersambung dimensi square yang bisa langsung digunakan. Lengkap dengan garis bantu dan ilustrasinya sebagai referensi. Kalian bisa pakai langsung dan desain sesuai kebutuhan dan kreativitas sendiri.

Dimensi 7 slide square – Carousel Bersambung 

cara mudah membuat carousel bersambung dengan template
Template 7 slide carousel bersambung

Dimenasi 3 slide – Square Carousel Bersambung 

slide carousel bersambung untuk edukasi
template 3 slide carousel bersambung

Setelah desain siap, langkah berikutnya adalah memotong slide tersebut. Percayalah walau kemampuan Photoshop saya lumayan, tapi urusan motong slide ini saya lebih memilih menggunakan website pinetools.com karena presisi banget, mudah dan cepat.

Cara Memotong Slide Konten Carousel Bersambung dengan Pinetools.com

cara crop gambar carousel post instagram
cara memotong slide carousel bersambung di pinetools.com
  • Buka pinetools.com /split-image
  • Masukan desain yang sudah dibuat ( bisa drag langsung desaign atau lewat choose file dan pilih ke sini )
  • Pilih HORIZONTAL, pilih format PNG, dan pilih jumlah slide yang akan dipotong ( jika membuat 7 slide maka klik sampai angka 7, juga kalau misal desain yang dibuat adalah 3 slide, maka klik angka 3)
  • Pilih split image dan klik untuk save desain satu per satu
  • Selesai, file terdownload langsung

Dan ya, saya membuat tutorial lengkapnya juga di Youtube, di kolom deskripsi juga saya tuliskan template yang bisa digunakan.

Sedikit tips paling enak membuat desain ini di laptop atau PC, lebih leluasa. Terutama di bagian pemotongan gambar atau desain, menggunakan laptop lebih mempercepat pengerjaan bagi saya, emang sih agak ribet karena kita harus mengirim file ke handphone untuk kemudian diunggah tapi itu sama sekali bukan masalah bukan ? Apalagi jika sudah terbiasa.

So gimana nih? Sudah siap membuat carousel bersambung ala konten kreator veteran? Yang sudah mau dong ngintip, yang belum dan sudah mencoba ala saya saya akan senang jika dicolek juga di Instagram @thayasintha.

Selamat bersenang-senang !

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

6 thoughts on “Tutorial Membuat Konten Carousel Bersambung

  1. Makasih banyak tutorialnya Yas, terbhaique ini! AKu jadi bisa bikin microblog sekarang, dan sungguh ketagihan beneran deh 🙂
    Semoga aku gak lupa daratan, alias gak lupa nulis blog yaaa, soalnya microblog ternyata mengasyikan ya 🙂 dunia baru buat aku 🙂
    Once again, makasih banyaak atas templatenya juga 🙂

    1. Sama-sama dan dengan senang hati mbak Oline hihi. Emang bikin microblog kalau udah biasa, seru kan jadi informatif juga blog kita

  2. Waduhh luar biasaa hebat euyy salut, gua kagum sama cewek yg jago desain, tutorial nya jga bagus.. Salam kenal ya mba.. nnti saya follow akun ig dehh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *