5 Makanan Khas Bali yang Masih Jarang Diketahui

5 makanan khas bali yang jarang diketahui

Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan berbagai objek wisatanya yang indah. Keindahan pulau Bali berhasil menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke sana. Tidak hanya pemandangan, makanan khas Bali juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terutama pecinta kuliner.

Makanan Bali memiliki ciri khasnya tersendiri yang membedakannya dengan kuliner di daerah lain. Ciri yang pertama adalah kaya akan rempah-rempah dan aroma yang kuat. Masakan di Bali sering disajikan secara Base Magenep, atau disajikan dengan bumbu dan rempah yang lengkap. Ciri khas yang kedua adalah rasa yang pedas dan manis..

5 Makanan Khas Bali yang Belum Banyak Diketahui

sate lilit bali
sate lilit bali

Meski banyak memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri, masih banyak makanan khas Bali yang belum banyak diketahui. Diantaranya adalah seperti berikut:

1. Sate Pentul

Sate pentul Bali memiliki ciri khas yang berbeda dari sate-sate pada umumnya, yakni tusukannya yang didapat dari batang serai, bukan dari bambu, kayu, atau batang kelapa. Biasanya daging yang digunakan untuk membuat sate pentul bukanlah daging ayam, bebek, atau sapi dan kambing, namun menggunakan hasil laut berupa ikan seperti ikan tenggiri atau ikan kakap yang dicampur dengan daging udang agar rasanya semakin mantap.

Sate pentul nikmat disantap ketika masih hangat-hangat. Agar semakin menambah cita rasanya, bisa juga dengan saus pedas atau sambal. Rasa gurih yang bercampur dengan rasa pedas semakin membuat siapapun menjadi ketagihan untuk memakannya.

2. Sate Languan Bali

sate languan bali merupakan nama lain dari sate lilit ikan khas bali
Sate Languan Bali ( Sumber : Kompas )

Selain sate pentul, ada juga sate lainnya di Bali yakni sate languan. Daging yang dipakai sama dengan sate pentul, yakni menggunakan daging ikan laut, khususnya ikan tongkol yang memiliki rasa enak dan bergizi tinggi.

Namun perbedaannya adalah jika sate pentul ditusuk dengan tusukan batang serai, sate languan ditusuk menggunakan pelepah kelapa yang berbentuk pipih. Warung Lesehan Mertha Sari yang telah berdiri sejak tahun 1996 merupakan salah satu tempat makan terkenal yang menjadi pelopor adanya sate languan.

Baca juga : Top 5 Kuliner Bali yang Bikin Kangen

3. Bebek Bengil Bali

Bengil dalam bahasa Bali artinya kotor, sehingga jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia arti bebek bengil adalah bebek kotor. Namun, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan dari hal tersebut, karena pada faktanya makanan khas Bali yang satu ini menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dicoba.

Ada banyak restoran di Bali yang menyediakan bebek bengil seperti salah satunya adalah Bebek Bengil Restaurant Ubud. Keistimewaan bebek bengil adalah rasa gurih dan rempah-rempahnya yang membuat makanan yang satu ini berbeda dengan bebek-bebek lainnya.

4. Tum Ayam Bali

tum ayam bali merupakan salah satu makanan khas bali yang jarang diketahui, padahal rasanya sangat khas dan memiliki rasa yang unik
Tum Ayam Bali, salah satu makanan khas Bali yang jarang diketahui ( Sumber IDN Times )

Makanan khas Bali yang masih jarang diketahui selanjutnya adalah tum ayam. Pada dasarnya, tum adalah sebutan bagi makanan yang berbentuk seperti pepes. Tum ayam khas Bali dibuat dengan campuran daging ayam, santan, dan bumbu serta rempah-rempah yang kaya. Tidak selalu ayam, tum juga bisa dibuat dengan bahan daging bebek atau daging lainnya.

5. Sate Lilit Bali

Tidak seperti sate pada umumnya, makanan khas Bali yang satu ini dibuat dengan cara melilitkan adonan daging ke dalam tusukan. Selain itu, jenis yang sate yang satu ini juga tidak disertai dengan bumbu kacang karena bumbu-bumbu sate telah dicampur dengan daging sebelum dibakar.

Itulah berbagai makanan khas Bali yang masih jarang diketahui. Berbagai makanan ini direkomendasikan untuk Anda coba bersama keluarga atau teman. Agar semakin menambah cita rasa makanan Bali, Anda juga bisa menikmatinya dengan Saus Sambal Ekstra Pedas. Dengan tingkat kepedasan yang tinggi dan rasa cabai yang kuat, semakin membuat Anda ketagihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *