Anak Terkena Flu Singapore, Sembuh Tanpa Ke Dokter 

flu singapur

Ibu mana yang ga baper kalau anak sakit? Beberapa bulan lalu io sakit yang agak mengejutkan, terkena flu singapur. Bingung ya, ke singapur nya belum kenapa ujug-ujug kena flu nya. Sedih.

Tentang Flu Singapur
Flu Singapure atau biasa dikenal juga dengan penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut ( KTM ) merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini biasanya menyerang anak kecil tapi bisa juga terjadi pada orang dewasa. Kelompok virus bernama enterovirus A yang menjadi penyebab flu Singapura. Virus coxsackie A16, A6, A10, dan enterovirus 71 adalah jenis-jenis enterovirus A yang paling sering menyebabkan munculnya flu Singapura.( Sumber : alodokter.com )

Saat io Terkena Flu Singapur
Saat itu saya dihubungi sekolah io karena tiba-tiba demam, dagdigdug karena hal ini belum pernah terjadi sebelumnya. Ketika saya jemput io sedang tertidur lemas, saat saya bawa pulang ia hanya ingin digendong, dipangku masih dengan badan yang lemas. Saya patah hati, tidak tau apa yang terjadi.
Sore itu jadi sore yang biru, tidak sedikitpun makanan masuk ke mulut. Syukurnya  io masih bisa tidur.

Biasanya saya ketiduran ( ketahuan tukang tidur ? ) kala itu tidak, saya yang menjadi ibu di zaman digital lantas mencari info apa yang kira-kira terjadi pada io, ini yang rempong sebenernya papi yang setengah maksa io harus ke dokter tapi saya punya keyakinan bahwa ia akan baik-baik saja. Kami berusaha tidak panik dan mencari jalan keluar. Begitulah memang seharusnya yang dilakukan, panik tidak memperbaiki keadaan malah membuat semakin ricuh. Saya samakan kondisi io dengan banyak referensi, ahh Flu Singapur 🙁

Saat malam hari saya perhatikan timbul ruam merah di telapak kaki, tangan, kemerahan dengan ukuran yang besar kecil menyebar didalamnya terdapat cairan kalau bahasa sunda disebut kuman cai ? tapi versi besar-besar ?, belum lagi mulutnya yang juga mendadak sariawan, yang juga mengganggu demam nya yang sulit reda. Saya berikan saja Paracetamol agar io bisa tidur berharap besok ia ceria seperti biasa.

flu singapore
Sleep well baby
flu singapore
flu singapore
flu singapore
flu singapore
flu singapore
Patah hati liat telapak kaki nya gara-gara flu singapore

Meskipun beberapa orang menyarankan untuk ke dokter, kali ini saya mau merawat io sendiri karena saya merasa yakin bahwa io akan baik-baik saja, dia masih mau minum air putih, makan biskuit dan minum susu. Jangan remehkan feeling seorang ibu deh pokonya hehe

Tak usah ke dokter jika memang ibu merasa anak masih baik-baik saja, flu singapur adalah virus, yang saya tau cara terbaik melawannya adalah membuat benteng tersendiri dengan memperkuat imun anak. Pas io kena flu singapur ini sih masih mau minum jadi saya tidak khawatir dehidrasi. Emang kesusahan makan dan minum apalagi minum susu pake dot, jadi pake sendok aja. Berita baiknya dia selalu minta sendiri dan makan minum sendiri.

flu singapore
Good boy

Flu Singapur, Tak Perlu Buru-Buru Ke Dokter Lho
Beberapa kejadian bikin berpikir ulang ke dokter, murni salah saya yang rempong karena keburu panik pernah tengah malam ke rumah sakit padahal io katanya masih oke – oke aja, piss.. Maklum saya ibu baru yang harus selalu belajar 😀
Nah yang bikin flu singapur sulit disembuhkan menurut saya adalah bintil-bintil semacam sariawan yang ada di mulut, makanya begitu saya liat mulut io sariawan saya pakein kenalog ( salep ini resep dari dokter saat io kena sariawan, aman digunakan didalam mulut ) dan tokcer menyembuhkan sariawan pada anak. Alhasil sariawannya hilang, tinggal tangan dan kakinya nih *garuk-garuk

Siapkan bahu yang kuat, karena kemungkinan anak akan ingin di gendong terus, sampai berasa patah bahu dan sakit pinggang rasanya, karena anak pasti jadi ogah jalan karena bintik merah berisi cairan tadi sakit kalau keteken, dan dari yang saya baca usahakan cairan-cairan tersebut tidak pecah, kalau pecah malah menyebar. Jadi saya menguatkan bahu juga perut hehe karena jadinya untuk makan aja syusyaah ehehe ( hikmahnya ya jadi agak kuyus dikit )

flu singapur
Siapkan bahu yang lebih kuat dari biasanya, sisi baiknya senang bisa memeluknya lebih lama 🙂

Sumpah ya googling itu penting, memang sih pada beberapa kejadian mungkin jadi parno tapi pas soal flu singapur ini baca – baca forum parenting gitu bantu banget. Vitamin yang direkomendasikan adalah Imboost sirup dan salep acyclovir saya kemudian mengikutinya karena pertimbangan berikut :
1. Lebih dari 8 referensi saya menemukan review bahwa imboost ini adalah vitamin yang bagus bahkan untuk orang dewasa sekalipun
2. It’s vitamin ! Ga ada efek samping
3. Soal salep, ini digunakan di area luar pada kulit yang kemerahan tadi.

Berangkat dari pertimbangan tadi saya pikir ga ada salahnya coba.
Oya, Imboost sirup itu wanginya enak banget kaya berry gitu, trus io suka minumnya. Takarannya sih setengah sendok makan, kalau salepnya dioleskan tipis-tipis pagi dan malam saat tidur.

flu singapore
Imboost, vitamin ini bantu bangeeeet
flu singapore
Dua salep inilah yang membantu menyembuhkan flu singapur

Oya, jika kebanyakan mengira kalau anak lagi flu jangan dimandikan maka beda dengan flu singapur ini, io setiap hari mandi 2-3x sehari, sabunnya diganti dulu sama Lactacyd baby intinya gimana caranya anak selalu dalam kondisi yang sebersih mungkin. Jangan lupa juga perhatikan area main, saya mendadak rajin ngepel sehari bisa 3x.

( Baca juga review Lactacyd Baby ) 

Puji syukuuuuuur banget kondisi io cepet pulih. Ya, io sembuh tanpa ke dokter. Flu singapur yang digadang-gadang bisa memakan waktu penyembuhan hingga 10 hari, io sembuh dalam 4 hari saja. Tapi tetap saya karantina di rumah ehehe katanya kan virusnya masih ada, takutnya nularin ke orang.
Oya, vitamin imboost dan salep acyclovir juga Lactacyd baby itu mudah ditemukan. Lucunya harga salepnya murah banget cuma 3 ribuan alhamdulilah ya terjangkau, beli beberapa dan harus telaten mengoleskannya ke bagian bintil-bintil merah tadi, biasanya keesokannya cairannya menghilang dan lama kelamaan jadi berwarna kecoklatan.
Jangan takut, kulit telapak tangan dan kaki anak akan megar atau mengelupas, io juga gitu semacam ganti kulit doi, jadi makin ganteng ehehhe ( padahal yang ngelupas kulit telapak tangan dan kaki ) setelah itu kulitnya balik lagi semacam tidak terjadi apa-apa hihi. Good boy *kecup basah

Secara singkat mengenai flu singapur ini sih begini menurut saya :
Sebisa mungkin tidak panik, awasi jangan sampai anak dehidrasi, pertama yang harus disembuhkan adalah sariawan di mulut jadi anak akan mau makan, kuatkan bahu ibu, kuatkan imun anak, banyakin stok sabar *hihi

Well, menjadi seorang ibu saya tidak pernah merasa cukup tau, menjadi seorang ibu jarang sekali bisa tiba-tiba tangguh. Terima kasih teman-teman yang sudah mendoakan dan mensupport hingga berpuluh-puluh komen saat io sakit flu singapur ini, memiliki teman yang baik lebih berharga dari apapun ya. Mereka menguatkan, mereka menguatkan, mereka menguatkan.

Semoga share tentang pengalaman menemukan flu singapur pada io bisa membantu teman dan ibu yang membutuhkan info ya 🙂

Jangan takut anak sakit, karena setiap sakit membuat kita semakin kuat.
Semoga anak-anak kita senantiasa sehat sentosa ya.

Salam,

yasinyasintha.com

19 thoughts on “Anak Terkena Flu Singapore, Sembuh Tanpa Ke Dokter 

  1. Alhamdulillaah.. io sembuh..
    ‘Jangan remehkan feeling ibu’
    Setujuh tu mba.. aku jg gitu ada bbrp kondisi yg membuat aku ga panikan saat anak sakit. Krn srg baca2 forum parenting jd nya ga kagetan lagi wkt aira sakit. Thx for sharingnya mba.. kau jd tau apa itu flu singapur

  2. Alhamdulillaah.. io sembuh..
    ‘Jangan remehkan feeling ibu’
    Setujuh tu mba.. aku jg gitu ada bbrp kondisi yg membuat aku ga panikan saat anak sakit. Krn srg baca2 forum parenting jd nya ga kagetan lagi wkt aira sakit. Thx for sharingnya mba.. aku jd tau apa itu flu singapur

  3. Flu Singapur ini lagi heboh banget di kampungku mbak. Karena masyarakat disini sudah panik duluan apalagi lihat berita di televisi tentang Flu ini jadinya buru-buru ke dokter. Makasi mbak Yasintha sudah berbagi informasi dan pengalamannya. Semoga Io bisa selalu sehat terus ya 🙂

  4. ahaaa mendadak rajiin ngepel yaa, alhamdullilaah gara2 io sakit mamih jadi rajiin hihii..

    nah betul itu, anak sakit tuh semakin menguatkan ibunya, semoga anak2 kita diberikan selalu kesehatan yaa. amin ..

  5. Anakku juga pernah mba kena flu Singapur ini setelah bermain dengan temannya yang sedang terkena penyakit ini. Kita nggak langsung bawa ke dokter, kalo demam aku balurin bawang kebadannya. Vitamin jalan terus ditambah stimuno untuk daya tahan tubuh. Seneng deh ketemu blogger yang ngga dikit dikit ke dokter hihi…

    1. Iya mbak aku suka pake bawang merah juga kalau io demam.
      Pake feeling aja soal ke dokter mah hihi. Feeling ibu pasti kuat

  6. Mba, saya ibu2 kena flu Singapur juga, hiks..
    Saya udah obatin sariawan pake kenalot tapi sariawan masih ga mau sembuh juga.
    Di dalem & di bibir penuh sariawan sampe melepuh. Ada tips untuk caarraa pemakaiannya?

    1. Hai mbak vera, anaknya umur berapa ? Udah coba pake Aloclair gel belum ? Bagus juga buat sariawan dan ga bikin perih.
      Yang Aloclair ini packaging nya juga mudah buat pengaplikasian gel ke dalam mulut tanpa mesti kita yang colek – colek jadi lebih higienis.
      Semoga segera sehat ya buah hati nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *