Imunitas Terjaga dan Pertumbuhan Anak Bikin Bangga

Yasinyasintha.com“ Nutrisi yang buruk menyebabkan sistem imun yang buruk, dan sistem imun yang buruk bisa menyebabkan adanya gangguan pada tumbuh kembang “ kata Dr. dr. Ariani Dewi Wibowo, Sp, A (K) yang merupakan salah satu narasumber di webinar bersama @nutriclub_id yang mengusung topik “ Nutrisi Untuk Imunitas, Kunci Utama Tumbuh Kembang Optimal “

Nutrisi, Imunitas dan Tumbuh Kembang Anak

nutriclub - bloggerAnak yang sehat tentu cenderung memiliki tumbuh kembang yang baik karena sistem tubuhnya mendorong perkembangannya. Sedangkan bagi anak yang gampang sakit atau memiliki sistem imun kurang baik tentu tubuh si kecil akan sibuk melawan kuman dan penyakit terlebih dahulu. Akibatnya, tumbuh kembangnya bisa saja terganggu.

Senang sekali 20 Juli 2020 lalu saya berkesempatan untuk mengikuti webinar dari @nutriclub_id dengan narasumber yang ahli dibidangnya, Dr. dr. Arini Dewi Wibowo, Sp, A (K) dan Prof. Yvan Vandeplas, MD, PhD, dipandu oleh drg. Lia Merliana sebagai moderator, webinar kemarin juga dibuka oleh Bapak Arif Mujahidin selaku Corporate Communication Director Danone Indonesia. Jumpa lewat virtual nyatanya tidak menghalangi saya dan teman-teman untuk menghadiri webinar dengan topik yang sangat bagus ini, sebagai bekal menjadi ibu yang lebih baik lagi.

dr arini - nutriclub

Pemaparan pertama adalah dari Dr. dr Ariani Dewi Wibowo, Sp, A (K) yang menyampaikan mengenai pentingnya imunitas untuk mendukung tumbuh kembang optimal. Dan semua itu berasal dari nutrisi sebagai pembentuk daya tahan tubuh.

Imun manusia sendiri terbagi menjadi 2 yaitu yang sifatnya segera atau didapat dari sejak lahir dan yang sifatnya adaptif yang merupakan antibodi yang terbentuk seiring berjalan waktu. Imunitas anak begitu lahir tentu belum berkembang dengan sempurna, itu sebabnya pemberian ASI eksklusif merupakan cara terbaik mempersiapkan memiliki sistem imun yang kuat.

Hal pertama yang diinginkan orangtua pada anaknya adalah si anak tumbuh sehat, karena dengan begitu bisa dipastikan anak mencapai tumbuh kembang optimal. Dan sudah bukan rahasia jika ISPA dan diare adalah penyakit paling berbahaya bagi anak di 5 tahun pertamanya, itu sebabnya menjaga kesehatan anak di masa 1-5 tahun merupakan PR semua Ibu disamping itu anak sedang berada dalam masa golden age.

Saya menyimak dengan seksama pemaparan dari Dr. dr Arini, Sp, A (K) mengenai bagaimana pentingnya imunitas bagi tumbuh kembang anak. Dan berbicara tentang hal ini tak lepas tentunya dari peran pemenuhan nutrisi bagi anak-anak. Faktanya Anak-anak nyatanya memiliki kebutuhan nutrisi lebih besar dari dewasa.

Pemenuhan Nutrisi Sebagai Langkah Awal Terbangunnya Imunitas dan Dukung Perkembangan Anak

Berbicara tentang nutrisi anak, sudah cukupkah makanan yang kita berikan pada anak-anak untuk memenuhi nutrisinya ? Nutrisi sendiri terbagi menjadi dua yaitu Makronutrien dan Mikronutrien. Duh apa lagi ini ? Yuk kenali agar semakin semangat memenuhi nutrisi anak – anak di rumah.

Makronutrien adalah zat makanan yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak oleh tubuh. Seperti : Karbohidrat, asam amino, carnosine, LC PUFA yang kesemua manfaatnya ini memiliki peran penting dalam membentuk sel imun, mempertahankan imun tubuh dan juga pematangan sel imun.

Sedangkan Mikronutrien adalah komponen makanan yang sangat penting bagi tubuh dan dibutuhkan dalam jumlah kecil namun keberadaannya sangat diperlukan. Kita familar dengan istilah vitamin dan mineral yang merupakan mikronutrien untuk perkembangan, pencegahan penyakit dan kesejahteraan tubuh. Mikronutrien ini berupa Vitamin A, D, E dan C.

Terpenuhinya makronutrien dan mikronutrien akan berefek pada sehatnya pencernaan, karena di dalam usus terdapat mikrobiota usus yang berperan penting bagi tubuh. Tak hanya itu, dikatakan dokter Arini, bahwa sehatnya pencernaan akan membuat anak memiliki emosi dan mood yang baik, jadi ga cuma buat kesehatan fisik aja ya. Keseimbangan emosi pun lebih terjaga.

Pemenuhan nutrisi tentu diutamakan dari makanan, namun jadi kebimbangan tersendiri loh apakah makanan yang dikonsumsi anak sudah cukup memenuhi kebutuhannya ? Sedangkan kita tidak tau pasti nutrisi atau mikronutrien pada makanan tetap terjaga meski melewati proses memasak ? Itu mengapa, beberapa ibu termasuk saya memilih memberikan nutrisi tambahan melalui pemberian prebiotik dan susu pertumbuhan untuk anak.

Ada penjelasan tersendiri dari Prof. Yvan Vandeplas, MD, PhD yang turut menjelaskan mengenai pentingnya mikrobiota usus sebagai mikroorganisme yang sangat diperlukan untuk kesehatan saluran cerna anak dan mendukung pertumbuhan anak.

Prof. Yvan menjelaskan bahwa perkembangan pencernaan anak dan mikrobiota pada usia dini mempengaruhi setidaknya 3 hal : Pencernaan dan penyerapan makanan, fungsi imun, dan gut brain cross talk yang mempengaruhi rasa sakit, kepuasaan dan emosi anak. Bisa disimpulkan bahwa dengan memenuhi nutrisi anak maka sama saja kita mendukung seluruh aspek perkembangannya. Baik dari sisi pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun emosi.

“Berdasarkan penelitian pada GIANT Study menunjukan bahwa, susu pertumbuhan yang disuplementasi prebiotic FOS dan GOS dapat membantu menurunkan risiko infeksi pada anak “  Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD

Waah sepenting itu keberadaan mikrobiota usus, maka sebagai tambahan pemberian prebiotik banyak disarankan. Secara umum kita mengenal pemberian prebiotik untuk kesehatan saluran cerna, padahal ternyata lebih dari itu lho. Prebiotik berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sistem imun dan peningkatan daya tahan tubuh. Pada dasarnya fungsi prebiotik ini ialah untuk menjaga keseimbangan bakteri baik bifidobacteria agar dapat berperan untuk mendukung sistem imun dengan memproduksi antibodi, mengontrol peradangan, mengencangkan sambungan usus dan mendorong toleransi terhadap makanan

Lewat penjelasan Prof. Yvan, saya dikenalkan juga dengan oligosakarida yang bersifat prebiotik dalam susu pertumbuhan, yang kemudian saya kenal dengan FOS ( Frukto-oligosakarida ) dan GOS ( Galakto-oligosakarida ) yang ternyata terbukti bisa menjaga keseimbangan bakteri baik tersebut sehingga dapat menurunkan risiko infeksi pada anak.  semoga tulisanku ini bermanfaat ya bagi ibu yang sedang mencari informasi seputar kesehatan pencernaan anak juga masih bingung menentukan susu pertumbuhan untuk anak. 

Jangan lupa untuk mengunjungi https://www.nutriclub.co.id/ untuk informasi seputar kesehatan anak, juga instagram @nutriclub_id untuk info seputar imunitas, saluran cerna juga tumbuh kembang anak. 

One thought on “Imunitas Terjaga dan Pertumbuhan Anak Bikin Bangga

  1. Akupun kadang kepikiran apa sbnrnya nutrisi yg anak2ku dpt dr makanannya udh mencukupi ato belum mba. Trutama mereka sangaaaaat picky banget soal makanan :(.

    Ujung2nya, asupan vitamin dan susu yg mengandung itu semua yg jd wajib aku ksh ke mereka. Demi terpenuhi segala macam nutrisi td.

    Dokter anakku pernah ksh juga prebiotik yg harus dituang ke susu nya ato makanan supaya nutrisi makanan yg msk bisa lebih terserap. Krn anak2 jujurnya Berat badan mereka ga sesuai Ama umur :(.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *