Kehadiran Virus Corona dan Perubahan Gaya Hidup

gaya hidup sehat

Yasinyasintha.com – Jaga jarak, budaya makan sehat, istirahat cukup, tidak keluar jika bukan hal yang penting, menyempatkan olahraga, rajin cuci tangan, etika bersin dan batuk. Rasanya sudah jadi kebiasaan rutin selama 2 bulan belakangan. Tak hanya kita, tapi di seluruh dunia dan ini terjadi karena kehadiran virus corona.

Jika bicara kerugian, kita semua sepertinya adalah yang terdampak karena pandemik ini. Perekonomian yang gonjang-ganjing, sekolah yang diliburkan, aktivitas yang terhambat, bahkan beberapa yang lainnya harus rela kehilangan orang yang dicinta karena adanya virus corona.

Di sisi lain, kita juga diberikan pandangan sisi baik dari adanya virus corona ini, misalnya saja kualitas udara yang membaik karena berkurangnya polusi. Dan sejatinya, kehadiran virus corona ini sedikit banyak akan mengubah pemikiran kita, gaya hidup kita dan juga kebiasaan kita.

Gaya Hidup Sehat, Bisa Cegah Corona

gaya hidup sehat

Sudah sampai dijari dan tangan kita berita bahwa sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang benar-benar efektif membunuh virus yang satu ini, satu duni tengah berlomba-lomba dengan waktu demi menekan korban agar tak melulu berjatuhan setiap waktu.

Fenomena pasien – pasien yang sembuh sedikit banyak memberikan kita harapan, dan dari beberapa pengakuan ternyata kuncinya adalah imun tubuh yang kuat sehingga mampu melawan Covid-19 ini, baik yang telah sembuh, yang tengah berjuang maupun kita yang sedang berusaha agar tetap sehat pesannya sama : KUATKAN DAYA TAHAN TUBUH.

Gaya hidup sehat banyak digaungkan sekarang- sekarang, sebagai istri dan ibu dengan 2 anak yang masih kecil, rasanya tanggung jawab kesehatan keluarga ada di tangan saya. Maka setidaknya sudah 2 bulan ini, saya menerapkan gaya hidup sehat untuk saya dan keluarga, terutama anak-anak.

Sebenarnya seperti apa sih gaya hidup sehat itu ? Well, ini dia versi saya.

gaya hidup sehat cegah corona

  • Makan makanan dengan gizi seimbang dan perbanyak konsumsi sayur dan buah. Seperti kita tau, buah mengandung vitamin, sedangkan sayur banyak mengandung serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Sehingga daya tahan tubuh meningkat dan tidak mudah sakit.
  • Cukup istirahat, kalau tubuh dapat istirahat yang cukup maka daya tahan tubuh akan terjaga. Perlu diingat ya, kurang tidur bisa menurunkan imun tubuh, lho.
  • Berjemur, salah satu hikmah punya anak kecil saya jadi ikutan rajin berjemur nih. Manfaatnya juga banyak banget, selain untuk kesehatan tulang bisa membuat kualitas tidur lebih baik, meningkatkan imun tubuh juga menghilangkan stress ringan
  • Rutin olahraga, versi saya nih sambil berjemur saya senam sama anak-anak.
  • Minum vitamin tambahan, khusus di masa pandemik dan musim banyak penyakit biasanya saya merutinkan juga minum vitamin. Baik untuk saya dan Papi maupun untuk anak-anak
  • Check up ke dokter minimal setahun sekali, mengecek kesehatan tubuh secara keseluruhan sangat diperlukan. Saya sendiri punya keyakinan semakin cepat tau sesuatu ( penyakit ) semakin baik karena penanganan yang kita lakukan akan semakin baik.

Aplikasi Halodoc, Tanya Jawab Kesehatan Hingga Test Corona

halodoc , yasinyasintha

Saya sudah mengenal aplikasi halodoc sejak beberapa bulan lalu, mulai dari cari info kesehatan hingga membeli obat atau vitamin. Ini karena di aplikasi Halodoc kita bisa menemukan layanan :

– Tanya dokter
– Beli obat dengan metode antar cepat
– Buat janji kunjungan ke rumah sakit
– Cari dokter spesialis sesuai kebutuhan

Dan yang terbaru adalah : TEST COVID-19

Yap, di Halodoc kini kita bisa melakukan janji test Covid-19. Namun sebelumnya, kita diharuskan menjawab beberapa pertanyaan di layar yang tertera. Pertanyaannya meliputi :

  • Apakah mengalami demam dalam 14 hari terakhir ?
  • Adakah gejala batuk, pilek dan nyeri tenggorokan ?
  • Napas kamu sesak atau terasa berat ?
  • Pernah berada dalam satu ruangan denan pasien positif COVID-19 ?
  • Apakah kamu bekerja di / pernah mengunjungi fasilitas publik/ kesehatan yang berhubungan dengan pasien positif COVID-19 ?
  • Adakah hubungan / kontak langsung dengan orang yang baru bepergian ke negara/ kota terjangkit ( China, Italy, Iran, Korea Selatan, Perancis, Spanyol, Jerman, USA, Jakarta, Bali, Solo, Yogyakarta, Pontianak, Manado, Bandung, dll ) dalam 14 hari terakhir ?
  • Apakah kamu baru saja bepergian ke negara / kota terjangkit ? ( China, Italy, Iran, Korea Selatan, Perancis, Spanyol, Jerman, USA, Jakarta, Bali, Solo, Yogyakarta, Pontianak, Manado, Bandung, dll ) dalam 14 hari terakhir ?

Nah dengan menjawab pertanyaan diatas kamu sudah menjadi bagian pencegahan penyebaran virus Corona. Jika semua jawaban kamu adalah Ya, berarti termasuk pada orang yang risiko tinggi. Tetap tenang dan ikut langkah selanjutnya yang disarankan yaitu melakukan test Covid-19, dan melalui aplikasi Halodoc, kita bisa melakukan test Covid-19 dengan cepat karena cukup antre dari hape, buat janji, pilih option PCR atau Rapid Test, dan tersedia di pelbagai RS dan fasilitas kesehatan.

Tetap semangat ya semuanya, tetap di rumah dan tentu saja jaga kesehatan. Kehadiran virus Corona tak bisa ditolak tapi sedikit banyak disadari atau tidak, gaya hidup kita ikut berubah menjadi gaya hidup yang sehat. Kehadiran virus Corona tak bisa ditolak tapi kita bisa membentenginya dengan membekali tubuh dengan imun yang kuat.

Stay safe, stay healthy !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *