Kenali PCOS, Sindrom Polikistik Ovarium. Gejalanya, Haid Tidak Teratur !

Kenali PCOS ” Jadi aku tuh kadang haid kadang engga “ keluh seorang teman saya saat kami berbincang seputar keluarga. ” Aku pengen banget punya anak, udah 7 tahun nikah “ ungkapnya sedih. Ia menuturkan kondisi ini adalah akibat ia mengalami PCOS, dan gejala yang paling mudah dilihat adalah haid tidak teratur. Masalah memiliki keturunan adalah memang rahasia Tuhan, tapi faktor kesehatan turut menentukan.

Btw tulisan ini saya tulis sendiri berdasarkan materi dari dokter spesialis akupunktur Medik, dr. Nadia Oktari, Sp.Ak saat pengerjaan konten PCOS di instagramnya.

Kenali Gejala PCOS

gejala pcos

Gejala klinis yang paling mudah dilihat dari PCOS adalah haid tidak teratur, umumnya PCOS ini mengalami masalah obesitas atau berat badan berlebih. Tapi ada juga lean PCOS yakni PCOS yang terjadi pada wanita kurus.

Gejala lainnya bisa beragam seperti kulit berjerawat, depresi, rambut rontok, diabetes tipe 2 dan hirsutisme atau tumbuhnya rambut tebal pada wanita. Hasil USG menunjukan banyaknya telur berukuran kecil dan tidak ada yang matang.

Jika kamu mengalami gejala klinis tadi, jangan keburu menyimpulkan bahwa kamu PCOS ya. Kenali PCOS, kamu sebaiknya melakukan screening terlebih dahulu agar hasilnya lebih pasti. Dan screening PCOS ini merupakan rangkaian pemeriksaan, diantaranya :

pemeriksaan PCOS

  • Pemeriksaaan hormon LH, FSH, AMH, Testosteron, DHEA-S, Prolaktin, Fungsi tiroid
  • Pemeriksaan toleransi glukosa oral, atau dilakukan pemeriksaan gula darah puasa, insulin puasa, HbA1c bila diperlukan
  • Pemeriksaan profil lemak
  • Pemeriksaan USG untuk melihat jumlah folikel dan volume indung telur
  • Pemeriksaan Vitamin D bila diperlukan

Mayoritas perempuan PCOS menangani kondisinya dengan tujuan mendapatkan keturunan. Hal itu sah-sah saja tentunya karena memiliki keturunan tentu jadi dambaan setiap pasangan, namun penanganan PCOS ini jauh lebih besar lagi yakni demi kesehatan jangka panjang.

Trus gimana kalau PCOS gak ditangani ? Berikut risiko yang mungkin terjadi :

  • Sebanyak 30% mengalami sindrom metabolik, yaitu kumpulan gejala yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit stroke, jantung, dan diabetes tipe 2.
  • Penebalan dinding rahim
  • Risiko kanker rahim

Positif PCOS berarti kamu punya daftar hal – hal yang harus dilakukan, mulai dari olahraga hingga merubah gaya hidup secara keseluruhan dan menjalani terapi. Dari dokter Nana, saya jadi tau ada tatalaksana khusus untuk penderita PCOS agar bisa mengendalikan kondisinya.

  • Olahraga (minimal 150 menit/minggu) kombinasi ENDURANCE dan RESISTANCE yaitu ketahanan dan massa kekuatan otot
  • Pola makan sehat tinggi serat dan protein, diet rendah kalori & indeks glikemik yg rendah
  • Kelola stres dengan baik
  • Obat PCOS disesuaikan dengan penyebabnya dan tentunya dibawah pengawasan Dokter Spesialis Kandungan Konsultan Fertilitas Endokrinologi Reproduksi (Sp.OG, KFER). Beberapa obat-obat pcos antara lain:
    – Obat untuk mengatur siklus haid,
    – Obat penyubur atau pemicu ovulasi,
    – Obat untuk memperbaiki resistensi insulin
  • Laparoskopi ovarian drilling bertujuan memecahkan sebagian folikel agara tidak terlalu berdesakan, dengan harapan sisanya bisa berkembang normal
  • Terapi akupunktur dengan lama terapi 3-4 bulan

Menangani PCOS memang tak bisa dengan sekali jalan, melibatkan banyak proses dan membutuhkan komitmen dari pasien. Salah satu cara menangani PCOS adalah dengan melakukan terapi akupunktur.

Dari berbagai sumber dan jurnal dikatakan, bahwa akupunktur efektif membantu menangani PCOS. Tak hanya aman, terapi akupuntur terbukti aman bagi pasien PCOS. Bahkan dalam sebuah jurnal dikatakan bahwa terapi kombinasi antara elektroakupunktur dan obat PCOS terbukti efektif memperbaiki siklus menstruasi, volume ovarium dan jumlah folikel.

Jadi bisa disimpulkan bahwa berikut ini manfaat akupunktur untuk PCOS :
• Meregulasi hormon reproduksi sehingga dapat memperbaiki siklus haid yang tidak teratur
• Meningkatkan aliran darah indung telur dan rahim
• Menurunkan volume indung telur dan jumlah folikel
• Mengontrol hiperglikemia dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah serta insulin
• Menurunkan berat badan
• Memberikan efek rileksasi sehingga mengurangi stres psikologis

Apa Kabar, Yasinta ?

Kondisi PCOS yang terjadi pada wanita tentu tak ada yang menginginkannya, jika ini terjadi padamu tetap semangat ya dan tentu saja mengusahakan untuk menangani demi kesehatan jangka panjang agar tetap bisa beraktivitas , berkarya dan bahagia.

dokter akupunktur bandung, akupunktur bandung

Melakukan terapi akupunktur tentu sebaiknya dilakukan dibawah pengawasan dokter ya. Dan ini dia rekomendasi dokter spesialis akupunktur medik yang bisa kamu temui untuk berkonsultasi dan terapi PCOS adalah dr. Nadia Oktari, Sp.Ak yang juga sering membagikan tips dan materi kesehatan di laman instagramnya @dokternana.akupunktur, kamu boleh juga bertanya di sana dan nanti kita bisa berjumpa di sana.

Terakhir, mari tetap semangat dan bahagia apapun kondisimu saat ini. Bahagia adalah sepenuhnya tanggung jawabmu dan kamu amat sangat layak mendapatkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *