Luka Bakar, Cegah dan Atasi Bersama Mebo dan Mederma

womens community

Yasinyasintha.com – Kecipratan minyak panas saat menggoreng, kena air panas saat memasak, kena setrikaan panas, dan aktivitas lainnya yang tak kalah bikin jantungan. Siapa bilang jadi ibu rumah tangga ga punya resiko kecelakaan? Karena nyatanya hampir 80% kecelakaan luka bakar terjadi di rumah dan 23% nya disebabkan oleh air panas dan minyak panas, waw hati-hati ya buibu.

Luka Bakar, Kenali Pencegahan dan Atasi Sedari Dini Jika Terjadi

mengatasi luka bakar
Hati – hati luka bakar

Siapa yang kalau kena luka bakar malah ngolesin odol? Duh, itu luka loh buibu bukan main – main kalau terjadi infeksi, huhu sedih deh karena saya juga gitu dulu. Ibu saya kalau ia atau anggota keluarga kena luka bakar ringan kaya kecipratan minyak atau kena knalpot, ya olesin odol, biar adem katanya. Untung saya dan kakak-kakak saya tidak sampai infeksi.

Ibu saya adalah satu di antaranya banyaknya ibu-ibu yang masih minim pengetahuannya mengenai luka bakar, tak sedikit di luaran sana melakukan hal yang sama bahkan lebih ekstrim dengan mengoleskan kecap bahkan mentega pada luka bakar. Waw, kutak mengerti lagi pokoknya.

Beruntung 15 Desember 2019 kemarin saya mengikuti acara talkskhow seputar luka bakar bersama Mebo dan Mederma Combiphar, yang menghadirkan dokter spesialis bedah plastik, dr. Betha Egih yang memaparkan dengan jelas mengenai luka bakar, peserta yang hadir 95% adalah ibu – ibu yang tergabung dalam Women’s Community.

Ada beberapa komunitas perempuan yang hadir dalam acara ini, acara yang bertempat di Harris Hotel Festival Citylink, ini merupakan penutup dari rangkaian campaign roadshow yang dilakukan Combiphar dengan mengedukasi para perempuan khususnya ibu – ibu mengenai luka bakar, roadshow ini pun telah berjalan di 6 kota sebelumnya.

Keren banget nih Combiphar memiliki program edukasi para ibu agar lebih aware pada luka bakar ringan yang mungkin terjadi dalam kegiatan rumah tangga. Bagaimanapun, selain beresiko terkena luka bakar, ibu juga peran besar dalam menangani kecelakaan – kecelakaan yang mungkin terjadi di rumah. Seperti yang saya alami, setelah mengenal lebih dekat luka bakar, saya jadi BIG NO untuk mengoleskan bahan-bahan seperti kecap, mentega, odol, es batu atau lainnya ke luka bakar, karena nyatanya malah membuat luka semakin dalam, sulit dibersihkan dan beresiko infeksi.

talkshow Mebo dan Mederma
Regret Comes Later, Bebas Beraktivitas di Rumah dengan Meminimalkan Resiko Luka Bakar

Talk show yang bertajuk “ Regret Comes Later “ Bebas Beraktivitas di Rumah dengan Meminimalkan Resiko Luka Bakar Ringan ini berlangsung seru bersama narasumber seorang dokter spesialis bedah plastik yang membuat saya juga para ibu lain bertambah wawasannya, terbukti dari banyak hal yang belum kami ketahui mengenai luka bakar. Angka 80% luka bakar yang terjadi di rumah pun pada dasarnya bisa dicegah, kata dr. Betha menjelaskan.

Penyebab luka bakar sendiri ada beberapa macam di antaranya :
– Thermal
– Chemical
– Electrical dan
– Radiasi

dr. Betha Egih
dr. Betha Egih menjelaskan mengenai luka bakar

Para ibu setiap harinya berurusan banget nih sama thermal, mulai dari masak hingga bikin susu anak. Jenis luka bakar yang terjadi pun bisa beragam, mulai dari kulit memerah, kulit mengelupas, luka melepuh, kulit hangus hingga pembekakan. Duh bener deh dengar dan liat pemaparan dr. Betha saya merinding sendiri, antara takut dan ngeri tapi juga haus informasi.

Sebuah fakta menyebutkan, bahwa proses penyembuhan luka bakar sangat tergantung pada pertolongan pertama yang diberikan, berkisar pada 4 jam pertama sebelum bertambah parah dan terinfeksi. Dalam talk show ini juga kami semua dibekali dengan langkah penanganan luka bakar.

Penanganan Pertama Luka bakar - yasinyasintha
Pertolongan pertama luka bakar

dr. Betha juga memberikan tips khusus membungkus luka bakar berat jika perlu mendatangi medis, caranya adalah dengan membungkusnya menggunakan cling wrap. Ini berfungsi untuk menjaga luka tetap bersih dan tidak terkontaminasi zat apapun dari luar, serta menjaga tidak terjadi dehidrasi berlebih.

Mitos yang berkembang dan justru salah yang sering terjadi juga, dan justru jangan sampai dilakukan adalah : mengoles luka dengan odol, mentega, es batu, kecap, terigu juga bahan lainnya yang memiliki resiko memperparah luka. Serta jika terjadi gelembung pada luka bakar, jangan mengelupaskannya, hindari juga penggunaan kapas agar seratnya tidak menempel pada luka.

Fyi, menulis ini darah saya mendesir – desir rasanya, masih terbayang pada slide demi slide jenis luka bakar yang saya lihat pada pemaparan dr. Betha kemarin.

Mebo di kotak p3K

Selain mendapat pengetahuan mengenai penanganan luka, kami juga mendapat pengetahuan mengenai pencegahan terjadinya luka bakar. Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Untuk luka bakar ringan yang beresiko terjadi di rumah, sebaiknya kita sediakan salep luka bakar dari Combiphar, Salep Mebo.

Mebo, Salep Luka Bakar bagi Keluarga

Salep luka bakar, Mebo
Salep luka bakar, Mebo

Bapak Hermawan dari Combiphar menyambut dengan hangat antusias para ibu dari Women’s Community yang sudah hadir, beliau juga menjelaskan bahwa menyediakan salep luka bakar adalah bagian dari tata laksana penanganan luka bakar yang mungkin terjadi di rumah, karena kemungkinan terjadinya luka bakar ringan di rumah masih sangat mungkin dan hal tersebut bisa ditangani dan dicegah, dengan menyediakan Mebo di rumah, kita sedang mencegah sekaligus menangani resiko luka bakar ringan yang mungkin terjadi.

Mebo ini sangat aman karena tanpa tambahan antibiotik kimia tambahan dan terdiri dari bahan – bahan alami seperti minyak wijen dan madu. Minyak wijen yang terkandung dalam Mebo memiliki fungsi mendinginkan luka sekaligus mencegah dehidrasi pada luka, selain itu membantu proses regenerasi sel kulit sehingga meminimalkan terjadinya bekas luka.

Bapak Hermawan, Combiphar
Bapak Hermawan dari Combiphar

Selain efektif untuk luka bakar, Mebo juga memiliki keunggulan lain yang membuatnya beda dari salep lainnya :
– Meminimalkan bekas luka dan sakit akibat luka bakar
– Menjaga area luka MOIST, sehingga membuat area luka lebih lembap dan tidak kering
– Tidak mengandung Antibiotik kimia

Mendengar dan membaca langsung komposisi dari Mebo, saya langsung memutuskan membeli Mebo untuk menyimpannya di kotak P3K di rumah, karena sedia Mebo juga merupakan bagian dari pencegahan. Pas saya buka salepnya ini mudah sekali  lumer ke kulit, warnanya yang agak coklat, aroma minyak wijennya tercium sekali bahkan sepintas tercium seperti aroma dodol bagi saya, kok malah laper ya nyium aroma Mebo ini hehe.

Dan jangan salah lagi ya teman-teman, jika terjadi luka bakar ringan di rumah. Segera oleskan salep Mebo sebagai pertolongan pertama pada luka bakar.

web mebo combiphar
Kita bisa menemukan artikel menarik seputar luka bakar di website mebo : mebo.combiphar.com

Kita juga bisa mendapatkan informasi seputar luka bakar dan penanganannya di website mebo.combiphar.com, jangan lupa untuk mengikuti @mebocompbiphar di Instagram untuk informasi seputar luka bakar dan mengikuti keseruan dari weekly quiz #RabuMebo dengan hadiah – hadiah yang menarik.

Mederma, Pudarkan Bekas Luka Kembalikan Kulit Indahmu

mederma
Mederma, gel untuk pudarkan bekas luka

Jika luka bakar atau luka terbuka bisa diselesaikan dengan Mebo, maka bekas luka yang mungkin terjadi bisa dituntaskan dengan Mederma, saya sendiri sudah mengenal Mederma lebih dahulu untuk mengatasi luka bekas jahitan karena terjatuh. Sebaiknya Mederma ini digunakan segera setelah luka tertutup, sedangkan untuk luka lama akan membutuhkan waktu lebih lama.

Saya emang telat nih tau Mederma saat itu, padahal jika segera saya gunakan setelah luka tertutup, hasilnya akan terlihat dalam 8 minggu, sedangkan pada luka lama butuh kesabaran ekstra sekitar 3-6 bulan dengan mengoleskannya 3 – 4 kali sehari dengan cara gel Mederma dipijat lembut pada bekas luka.

mederma bekas luka pudar
Mederma efektif memudarkan bekas luka

Mederma ini sudah terbukti efektif memudarkan bekas luka karena bukan hanya di permukaan kulit melainkan meresep dan memperbaiki luka hingga ke bagian terdalamnya. Gel Mederma ini juga aman digunakan karena terbuat dari ekstrak Onion, Allantoin dan Aloe Vera.

Saya masih berjuang nih dengan bekas luka lama saya, kamu jangan sampe ya kebablasan membiarkan bekas luka kaya saya. Karena effort yang dibutuhkan juga sudah pasti beda.

Intip deh websitenya mederma.combiphar.com karena di sana kita bisa dapet informasi seputar produk dan artikel menarik yang membahas tentang luka, ada juga cerita konsumen yang sudah menggunakan Mederma yang bikin saya jadi tambah yakin bekas luka saya ini pun bisa memudar dengan menggunakan Mederma.

Follow juga deh Mederma di Instagramnya : @medermacombiphar 

mederma
Ini cerita konsumen yang sudah menggunakan Mederma, mau juga dong sukses pudarkan bekas luka kaya mereka

Semoga tulisan saya ini bermanfaat ya untuk teman – teman, jangan lupa sedia Mebo untuk pencegahan dan atasi luka kabar. Dan sedia Mederma untuk memudarkan bekas luka.

Bareng Mebo-Mederma Womens Community
Bareng Mebo-Mederma Womens Community

Punya pengalaman dengan luka bakar atau bekas luka juga ? Share juga dong pengalamannya.

33 thoughts on “Luka Bakar, Cegah dan Atasi Bersama Mebo dan Mederma

  1. Selama ini masih mengandalkan air kran aja selama beberapa menit kalo kecipratan air panas. Kayanya perlu juga punya kasian juga kan kalo si mbak gak sengaja kena minyak/air panas di dapur.

  2. Dan sesungguhnya setelah acara ini, beberapa hari kemudian aku masak ikan yang bikin peperangan di dapur. Alhasil kena cipratan minyak yang lumayan, dan karena apotek cukup dekat. Aku langsung beli mebo loh teh. MasyaAllah ya sangat-sangat ngaruh dan membantu loh. No pake odolodolclub lagi hehe

    1. Ahh harusnya beli pas acara teh, kan mayan dapet diskon haha. ( emak modis alias modal diskon mah kieu da ) enak bagiku pake Mebo wanginya kaya dodol wijen, jadi laper ( eh malah curhat ) tos dulu teh sekarang no odoldodolclub ya kita

  3. Mebo dan Mederma Combiphar ini yang kubutuhkan. Harus sedia di rumah. Aku tuh punya banyak tato bekas luka bakar, kecipratan minyak, keslomot wajan. Aya-aya wae pokona mah. Hatur nuhun sharingnya, Teh Yasintha.

    1. Sama – sama, sebagai buibu mah gini ya teh. Selain buat kita sedia obat gini buat seluruh anggota keluarga juga ya

  4. Mebo belum punya nih di lemari obat. Harus siap sedia, karena luka bakar ringan mungkin terjadi. Kecipratan minyak sih seringnya. Mederma udah punya…
    Sip…

  5. Ada seorang teman yang membuka sekolah dalam menangani bencana, termasuk kecelakaan di dalam rumah termasuk terbentur dan luka bakar. Menurutnya, kelas tersebut sangat baik diikuti oleh ibu-ibu. Memang betul sih ya, ibu yang pada umumnya banyak menghabiskan waktu di rumah, tahu segala apa yang terjadi di dalam rumah, dan termasuk rentan mengalami kecelakaan di dalam rumah, misalnya kecipratan minyak panas.

    Hihihi … Sejak dulu aku tuh dikasih tahu ibuku kalau luka bakar ya dikasih odol atau ditaburi garam. Makanya waktu masih SD tuh tangan luka bakar akibat setrikaan sering banget dikasih odol. Begitu juga waktu adikku ketumpahan air panas, ditaburi garam sama ibu.

    Ternyata salah dong, ya, huhuhu … Jaman dulu belum kenal Mebo, sih. Ini lebih bagus kalau siap sedia di rumah di dalam kotak P3K ya, Teh.

    1. Waduh baru tau kalau soal ditaburi garam mbak, ga tambah perih ya mbak ? huhu sedia salep luka kabar aja ya sekarang mah yang pasti aman

  6. Ah, yuni sih masih pakai odol kalau kebetulan kena cipratan minyak panas, Mbak. Nyatanya memang bikin adem sih. Tapi kalau ternyata malah bikin luka makin dalem kok ngeri ya? Harus sedia mebo dan mederma ini.

    1. Iya mbak aku juga dulu pake odol tapi pas udah tau resiko infeksi jadi ga lagi-lagi kalau kena minyak atau setrika pake odol, takut malah tambah parah

  7. Penting banget nih buat melengkapi kotak P3K di rumah sama Mebo. Secara, kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Kecipratan minyak panas saat goreng ikan kena wajah saya pernah. Dududuh… sesuatu itu mah

    1. Waduh gimana mbak udah ilang bekasnya ? Yang di rumah juga kena minyak wajahnya sampe sekarang ada bekasnya nih lagi coba pake Mederma kasian kalau dibiarin bisi bekasnya ketara banget

  8. Baru tahu ada tips membungkus luka bakar dengan cling wrap. Kayanya emang bakalan lebih higienis ya. Tapi semakin panas gak ya? Biasanya kalau aku malah tak angin-anginin pakek kipas setelah diolesin salep.

    1. Cling wrap kalau ada kebutuhan pergi ke RS gitu mbak untuk luka bakar yang cukup berat biar ga ada kontaminasi dari luar dan mengurangi dehidrasi di lukanya. Kalau kata dokternya sih kemarin jelasin gitu, kalau kena luka bakar kan area kulitnya terekspos gitu

  9. Kalau di rumah, kayaknya kita ibu-ibu yang paling banyak resikonya terkena luka bakar ya. Gak hanya di dapur, kita juga bisa gak sengaja kena panasnya setrikaan.
    Selama ini kalau kena luka bakar langsung diguyur air di kran aja.
    Kalau pakai mebo dan mederma bekas lukanya bisa hilang, ya, Teh?

    1. Guyur air dan pake salep luka bakar teh cepet sembuh. Kalau Mederma buat ngilangin bekas luka. Luka baru mah lebih cepet ilangnya kalau luka lama butuh waktu pastinya. Yah namanya juga “luka lama ” hahha

  10. Keingetan waktu Kevin kena air panas mva, nangisnya kejer ampe berjam-jam. Udha dikasih air mengalir tetep gak diem, dikasih lidah buaya juga gak mau diem. Akhirnya dibawa ke dokter dikasih obat. Coba waktu itu udah kenal mebo ini ya..

    1. Akhirnya dikasih obat apaa mbak Bety? Aku juga sedia ini di P3K dan di mobil incase of emergency karena kena luka bakar itu pasti kejer, kita aja kesakitan apalagi anak anak ya. Sedia Mebo ya mbak mulai sekarang mah

    1. Di apotek udah ada kok mbak, atau beli online juga kaya di JD.id gitu udah ada juga. Emang harus sedia nih namanya kejadian kena luka bakar kan gada yang tau ya

    1. Iyaa berbagi manfaat dan tips sama temen-temen dan pembaca biar ga sampe ada luka bakar yang dikecapin lagi >.<

  11. Ternyata gak boleh ya pakein odol waktu kena luka. Harusnya dibersihkan dlu trus pakek Mebo. Kudu siap di kotak p3K dirumah nih. Btw, aku dulu bekas luka kecelakaan di dagu pakai Mederma mba 🙂 hehe

    1. Oiaa ampuh ya Mederma ini, aku juga lagi coba ke bekas luka lama nih mbak. Soal luka bakar jangan sampe pake odol lagi ya mbak, takutnya infeksi. Sedia Mebo jangan lupaaa

  12. Untuk luka yang sudah lama, butuh waktu 3-6 bulan ya teh agar kembali pulih dengan mengoleskannya 3 – 4 kali sehari …
    Coba saya praktekkan ke si bujang teh, kapan hafi dia kena luka malam panas saan men-canting batik.

    1. Iyaa harus telaten ya namanya bekas luka yang udah lama pasti lebih butuh banyak waktu. Ayo sedia Mebo ya mbak biar kalau amit-amit kejadian lagi kena luka bakar bisa langsung ditangani dengan baik

    1. Harganya sekitar 120 an teh di apotek atau toko online juga udah banyak. Sedia Mebo ya emang jangan lupa di kotak P3K sekarang mah

  13. Ahh aku juga sama mbaak ini mah, resiko kerjaan rumah ya mbak. Sedia Mebo nya di ruang setrika berarti haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *