Manfaat Menggambar Untuk Perkembangan Anak

aplikasi pendukung anak belajar menggambar

Anak saya lebih senang bermain gadget sehingga membuatnya kurang aktif dan kreatif. Kira-kira kegiatan apa ya yang bisa membantu anak untuk lebih kreatif dan lupa akan hal-hal yang tidak bermanfaat?

Sebenarnya Mama Papa tidak perlu merasa bingung untuk mencarikan kegiatan yang bermanfaat bagi anak. Ada banyak kegiatan seru yang akan membuat anak lupa dengan gadgetnya. Orang tua perlu untuk kreatif dalam mengajak anak agar aktif memanfaatkan waktu pada hal-hal yang bermanfaat. Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh anak-anak bersama dengan Mama Papa adalah belajar menggambar anak.

Manfaat Belajar Menggambar Anak

manfaat belajar menggambar untuk anak selain untuk melatih motorik juga bisa membantu perkembangan emosionalnya
Manfaat belajar bagi anak

Mama Papa perlu mengetahui bahwa ternyata menggambar memiliki banyak manfaat. Manfaat menggambar bagi perkembangan anak sangatlah luar biasa. Di sini ada beberapa apa manfaat menggambar yang wajib Mama Papa ketahui:

1. Memberikan Kesempatan Anak Berekspresi

Anak saya terlalu sibuk dengan HP jadi sulit untuk diajak bermain bersama?
Duh, jangan beralasan seperti ini terlebih dahulu Mama! Orang tua memiliki wewenang serta peran yang penting terhadap pendidikan dan perkembangan anak. Jika si kecil terlalu sibuk dengan handphone sebaiknya segera alihkan dan buat mereka berlatih disiplin.

Siapkan saja peralatan atau perlengkapan menggambar di atas meja. Lalu Mama Papa bisa mulai untuk menggambarkan sesuatu yang menarik untuk anak. Selanjutnya tinggal ajak anak-anak untuk menggambar bersama. Belajar menggambar untuk anak dapat melatih si kecil untuk bisa berkreasi dan juga mengeluarkan semua imajinasi serta ide yang ada dalam pikiran.

Nah, jika ternyata anak masih bingung memulai untuk menggambar berikan arahan. Misalnya saja ajak si kecil untuk menggambar hewan atau bentuk-bentuk sederhana. Setelah si kecil terbiasa menggunakan alat gambarnya, selanjutnya Mama Papa tinggal membiarkan mereka berekspresi sesuka hati. Jangan lupa untuk memuji anak apabila memberikan hasil yang menarik.

2. Memaksimalkan Perkembangan Psikomotorik, Kognitif dan Afektif

Mama Papa harus tahu jika menggambar ternyata bukan hanya membuat anak memiliki kesempatan untuk berekspresi. Ternyata menggambar juga sangat baik untuk perkembangan anak terutama psikomotoriknya! Perkembangan kognitif dapat mempengaruhi daya ingat kesabaran dan juga pemahaman si kecil ketika menciptakan sesuatu. Bahkan menggambar sangat baik untuk aspek afektif yaitu dalam melatih emosi si kecil.

Mama Papa tentu ingin anaknya menjadi orang yang kreatif dan penyabar bukan? Nah, jangan lupa untuk mengajak anak melakukan kegiatan seru seperti menggambar ya!
Sedangkan untuk aspek psikomotorik, menggambar dapat melatih anak agar terampil dan memiliki kemampuan menulis serta gerak tangan yang baik. Luar biasa sekali ya Ma manfaat menggambar buat si kecil!

3. Melatih Bakat Si Kecil

Belajar menggambar anak-anak bisa juga membuat anak semakin berbakat loh Ma! semakin kreatif kecil dalam menggambar sesuatu maka bakat seni yang dimiliki juga akan semakin baik.

Jika si kecil sedang mencoret-coret tembok jangan lantas dimarahi, akan tetapi sediakan media agar mereka mendapatkan tempat menggambar yang tepat. Suatu hari nanti, Mama Papa akan merasa bangga jika melihat anak berbakat dan mampu menghasilkan kreasi yang tak terbayangkan sebelumnya.

4. Membantu Menstimulasi Belajar Si Kecil

Mama Papa juga harus tahu jika ternyata menggambar bisa membantu menstimulasi minat si kecil untuk belajar. Mama Papa bisa ajak si kecil mengekspresikan pikiran, Misalnya saja mengajak anak menirukan apa yang digambar oleh Mama dan papa.
Ajak anak untuk menggambar bentuk sederhana. Contohnya, yuk nak buat gambar bintang seperti ini?

Mulai dari gambar yang paling mudah supaya anak tidak merasa kesulitan. Buat juga instruksi yang jelas karena si kecil masih berusaha untuk memahami perintah dari Mama Papa.

5. Menguatkan Daya Ingat

Mama dan Papa bisa melatih belajar menggambar anak sedini mungkin. Semakin telaten Mama Papa dalam mendampingi dan membimbing anak ketika berlatih menggambar, nantinya bisa membantu anak memiliki memori yang bagus.

Ada banyak teknik menggambar sederhana yang bisa dicontoh oleh Mama Papa. Ikuti saja contoh yang ada, lalu praktekkan bersama dengan si kecil.

Misalnya, Mama Papa bisa mengajak anak menggambar bebek dimulai dari menggambar angka 3. Selain itu ada juga teknik menggambar dengan telapak tangan yang dikreasikan menjadi beragam bentuk unik. Teknik seperti ini bisa membuat anak semakin tertarik untuk mengikuti yang dilakukan oleh Mama dan Papa.

6. Membantu Atasi Masalah Mental

Si kecil memiliki kecenderungan senang menyendiri nggak ma? Atau mungkin si kecil senang menyakiti diri apabila merasa ketakutan atau emosi. Hal ini bisa termasuk gangguan mental karena perkembangan mereka masih belum optimal loh.

Mama Papa perlu tahu jika ternyata belajar menggambar anak bisa membantu untuk mengatasi masalah gangguan pada mental anak dan trauma. Ketika si kecil menggambar, mereka memiliki kesempatan untuk mengontrol emosi dan melampiaskan emosi serta imajinasinya melalui terapi gambar.

Latih si kecil untuk menggambar secara perlahan dan hati-hati ya Ma! Kesabaran Mama dan Papa sangat dibutuhkan dalam melatih mental anak. Setelah mengetahui ternyata ada begitu banyak manfaat belajar menggambar anak, selanjutnya Mama dan Papa bisa mulai untuk membangun minat anak untuk menggambar.

Setiap orang tua tentu ingin yang terbaik bagi si kecil. Mama dan papa bisa memaksimalkan perkembangan anak dengan memanfaatkan layanan dari platform Kiddo.id.

Tentang Platform Kiddo

aplikasi kiddo untuk kelas dan kebutuhan perkembangan anak
Aplikasi Kiddo

Platform kiddo.id menjadi salah satu media yang dapat membantu orang tua untuk mengoptimalkan perkembangan serta potensi yang dimiliki oleh si kecil.

Di dalam platform ini, Mama dan Papa bisa mendapatkan berbagai informasi yang menarik mulai dari parenting, konten edukasi dan bahkan bisa memesan kursus pilihan bagi si kecil. Beragam informasi termasuk manfaat belajar menggambar anak juga ada di dalamnya. Mama Papa yang ingin memaksimalkan potensi anak jangan ragu untuk memanfaatkan platform kiddo.id.

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *