Pasta Gigi Aman untuk Ibu Hamil, Mama’s Choice Toothpaste

pasta gigi yang tidak mengandung sls dan detergent sehingga sangat aman untuk digunakan ibu hamil

Yasinyasintha.com – Apa sih yang terpikirkan oleh para mama ketika mendengar atau membaca kalimat ‘menjaga kesehatan’? Pastilah kita langsung terpikir: asupan gizi seimbang, olah raga teratur, dan istirahat yang cukup. Padahal tak hanya itu, menjaga kesehatan mulut terutama bagi ibu hamil adalah hal yang sangat penting juga.

Menjaga Kesehatan Mulut Ibu Hamil

saat hamil, menjaga kesehatan mulut bisa membantu ibu hamil mengurangi rasa mual
Menjaga kesehatan mulut pada ibu hamil

Pada dasarnya kita selalu menekankan hal tersebut tapi lupa bila menyangkut asupan gizi, artinya kita juga harus menjaga keutuhan gigi dan mulut sebagai fondasi masuknya asupan tersebut.  Para mama pastilah menekankan pada keluarga untuk menggosok gigi secara teratur. Namun tahukah para mama bahwa banyak pasta gigi yang mengandung deterjen yang menyebabkan berbagai efek samping? Tenang, sekarang ada Mama’s Choice Toothpaste, pasta gigi tanpa deterjen andalan keluarga sehat.

Efek Samping Pasta Gigi yang Mengandung Deterjen SLS

bahaya pasta gigi yang mengandung sls bagi kesehatan ibu hamil
Ibu hamil, bolehkah menggunakan pasta gigi apa saja ?

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, kita biasanya menggosok gigi dengan pasta gigi. Kebanyakan pasta gigi mengandung deterjen SLS. Apakah itu? Sodium lauryl sulfate atau SLS adalah salah satu deterjen sintetis yang banyak dikandung dalam pasta gigi. Konsentrasi SLS berkisar antara 0,5-2,0% yang tampaknya sangat minim. Meski begitu efeknya ternyata sungguh signifikan.

Masih bingung dengan detergen SLS ini? Sederhananya begini, ketika kita menggosok gigi menggunakan pasta gigi berdeterjen dan SLS akan telihat busa yang banyak. Kita beranggapan bahwa busa tersebut adalah bagian dari proses pembersihan. Tapi tahukah para mama bahwa busa dari deterjen SLS dapat mengganggu kerja alami air liur, sehingga membuat plak menumpuk lebih cepat pada gigi.

Dalam jangka Panjang, SLS ini menganggu hormon, khususnya pada ibu hamil. Paparan SLS bisa menyebabkan gangguan hormon bagi janin, terutama janin berjenis kelamin laki-laki. Duh, ngeri ya. Tentunya para mama ingin tubuh sehat dan janin kuat.

Pentingnya Pasta Gigi Tanpa Deterjen dan Pasta Gigi Tanpa SLS Untuk Ibu Hamil

pasta gigi yang aman untuk ibu hamil
Mama’s Choice Toothpaste

Menjaga Kesehatan janin dan bayi sering menjadi prioritas utama para ibu hamil. Masalahnya sekarang, pada saat hamil, para ibu mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan timbulnya berbagai masalah gigi dan mulut. Dan karena prioritasnya ke bayi, maka perawatan gigi dan mulut kadang terlupakan begitu saja. Padahal bisa berpengaruh pada janin di dalam kandungan. Bakteri yang ada dalam mulut dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah termasuk janin melalui plasenta.

Mual dan muntah menjadi rutinitas ibu hamil terutama di trimester pertama. Dan biasanya, karena mual ini ibu hamil cenderung merasa malas untuk menggosok gigi karena ditakutkan akan menimbulkan rangsangan mual dan muntah. Selain itu, ibu hamil lebih sering mengkonsumsi makanan yang asam dan manis untuk mengurangi rasa mual. Tapi ternyata hal ini menyebabkan pH dalam mulut tinggi dan memperparah kondisi mulut.

Jangan dulu terlalu panik saat harus merawat gigi dan mulut, karena langkahnya cukup sederhana. Mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi berimbang menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan, baik pada ibu hamil ataupun pada semua orang pada umumnya. Namun kebutuhan nutrisi pada ibu hamil meningkat karena ada “janin” dalam tubuh ibu hamil yang juga membutuhkan nutrisi.

Mual dan muntah tidak bisa dihindari bagi kebanyakan ibu hamil. Ketika Mama merasa mual kemudian muntah. Nah, jangan lupa untuk segera membersihkan mulut dengan berkumur setelah muntah.

Memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan gigi secara rutin untuk memantau ada atau tidaknya gangguan pada gigi dan mulut seperti karies, gingivitis, atau gangguan lainnya. Jika memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan gigi sulit dilakukan, maka langkah paling mudah adalah menggosok gigi secara rutin. Dan yang paling baik adalah menggosok gigi menggunakan pasta gigi deterjen dan pasta gigi tanpa SLS.

Mengapa pasta gigi tanpa deterjen atau pasta gigi tanpa SLS menjadi hal yang penting? Agar ibu hamil dan janin aman dari efek samping deterjen SLS. Sebaiknya Mama beralih ke pasta gigi natural. Memang sedikit lebih mahal, tapi sebanding dengan kualitas dan keamanan. Bukan saja untuk ibu hamil ya, juga untuk ibu menyusui, dan seluruh anggota keluarga.

Mama’s Choice Toothpaste, Pasta Gigi Tanpa Deterjen Andalan Keluarga Sehat

pasta gigi yang tidak mengandung sls dan detergent sehingga sangat aman untuk digunakan ibu hamil
Mama’s Choice Tooth Paste

Saya menggunakan Mama’s Choice Toothpaste, pasta gigi tanpa deterjen andalan keluarga sehat. Produk Mama’s Choice Toothpaste sebagai perawatan gigi aman untuk seluruh anggota keluarga terutama untuk ibu hamil dan menyusui karena pasta gigi tanpa kandungan SLS, dlouride kimia, dan triclosan juga.

Mama’s Choice Toothpaste kandungannya natural yang terdiri dari siwak, mint, allantoin, klorofil, dan kalsium. Siwak ini berfungsi sebagai fluoride alami. Sedangkan mint untuk menyegarkan mulut. Allantoinnya mencegah iritasi mulut. Bau mulut juga teratasi dengan kandungan kalsium dan klorofil sebagai antibakteri alami.

mouthwash ibu hamil yang aman bagi kesehatan mulut, segar sekali saat digunakan
Mama’s Choice Mouthwash

Dengan semua elemen natural yang dimiliki Mama’s Choice Toothpaste, sebagai produk pasta gigi tanpa deterjen yang sudah pasti halal. Wanginya segar banget. Saya menggunakannya bersama dengan Mama’s Choice Mouuthwash demi menjaga kesegaran mulut, kumur pake ini ga cuma mulut aja yang segar tapi bikin auto seger sebadan-badan.

Di mana para mama bisa mendapatkan Mama’s Choice Toothpaste ini? Tidak perlu repot-repot pergi kesana-kemari untuk mencari, mama cukup duduk santai, rebahan dengan gawai di tangan dengan mengeklik ini http://bit.ly/38goM92. Oh iya, harga sebanding kualitas dan keamanannya.

Informasi lengkap mengenai berbagai produk Mama’s Choice bisa mama dapatkan di www.mamaschoice.id dan follow Instagram Mama’s Choice @mamaschoiceid. Siap beralih ke Mama’s Choice Toothpaste, Pasta Gigi tanpa deterjen andalan keluarga sehat, ma?

 

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *