Orangtua Wajib Tau, Ini Perkembangan Otak Anak Usia 0-10 Tahun

yasinta, blogger bandung menuliskan mengenai tahap perkembangan pada otak anak dari usia 0 hingga 10 tahun

Sebagai orang tua, sebaiknya mengenal apa itu yang dimaksud dengan golden age atau masa keemasan anak. Melansir dari berita edukasi Kompas.com, sekitar 80 persen otak anak berkembang pada usia 0 hingga 6 tahun yang dikenal sebagai masa emas.

Tahap Perkembangan Otak Anak 

otak anak berkembang dari sejak dalam kandungan, otaknya berkembang dari 0 tahun
Sumber : Sumber gambar: https://dfrcollection.com/2017/12/05/perkembangan-manusia-bayi-sampai-dewasa/

Otak anak berkembang sesuai usianya, itu sebabnya penting mengetahui tahapan perkembangan otak anak sesuai usia. Dan berikut adalah tahap perkembangan otak :

● Perkembangan otak di dalam kandungan
● Perkembangan otak saat bayi baru lahir
● Perkembangan otak anak di usia 3 tahun
● Perkembangan otak anak di usia 5 tahun
● Perkembangan otak saat remaja

Berikut penjelasan tahap perkembangan otak anak usia 0-10 tahun yang perlu diketahui.

Perkembangan Otak di Dalam Kandungan

dari sejak dalam kandungan, otak manusia sudah berkembang dan punya tahapan tersendiri

Pembentukan otak sudah dimulai dari masa janin yaitu sejak hari ke 8 hingga akhir minggu ke 7 pada masa kehamilan. Pada minggu ke 10 kehamilan, sel saraf otak akan tumbuh mencapai sekitar 250 ribu per menitnya. Dan akan terus disempurnakan hingga masa kelahiran si kecil.

Jadi penting untuk memenuhi nutrisi penting bagi ibu hamil, agar pembentukan otak pada janin menjadi seimbang. Nutrisi yang dibutuhkan oleh janin di antaranya asam lemak omega 3, kolin, vitamin B kompleks, asam folat, zat besi, dan yodium. Yang nantinya berguna untuk tahap perkembangan otak anak usia 0-10 tahun.

Perkembangan Otak Saat Bayi Baru Lahir

Tahap perkembangan otak anak selanjutnya terjadi ketika si kecil lahir ke dunia. Otak bayi yang baru lahir sebenarnya sudah lengkap terbentuk. Namun harus ditunjang kebutuhan gizinya dengan baik, agar proses pematangan otak dapat berlangsung.

Perkembangan Otak Anak Usia 3 Tahun

Dalam tiga tahun pertama kehidupan si kecil merupakan masa di mana perkembangannya sangat pesat. Termasuk juga bagian otak, di mana otak anak akan memproduksi milyaran sel dan koneksi antar sel sel tersebut melalui sinapsis pada otak sebagai tahap perkembangan otak anak usia 0-10 tahun.

Perkembangan Otak Anak Usia 5 Tahun

Ketika anak menginjak usia 5 tahun, maka tahap perkembangan ini juga perlu diperhatikan dengan baik. Pada masa ini segala hal yang terjadi pada diri si kecil akan sangat meletak, termasuk luka psikologis atau pengalaman traumatis. Segala pengalaman tersebut akan membentuk sinapsis pada otak si kecil.

Di usia ini perkembangan anak secara jelas bisa terlihat, Ibu bisa mencari beberapa tempat yang menawarkan test untuk mengukur perkembangan kognitif anak agar lebih yakin.

Perkembangan Otak Saat Remaja

Di usia remaja, otak anak sudah berkembang hampir menyerupai orang dewasa. Namun otak pada remaja belum berkembang sepenuhnya, meski tubuh telah mampu memproduksi myelin dari bagian belakang ke bagian depan otak. Nantinya secara berangsung angsur, mielin akan memenuhi lobus frontal, yang berperan penting dalam tahap perkembangan otak anak usia 0-10 tahun.

Setelah masuk masa remaja, otak anak sudah berkembang secara sempurna. Dimana ia sudah mampu berpikir secara abstrak, serta menggunakan nalar dengan baik. Semua kemampuan pada tahap ini tentu bisa dimiliki dengan baik, pastikan kehadiran orang tuanya selalu ada dan mengajari anak dengan baik pada tahap tahap sebelumnya.

nutrisi untuk ibu hamil di masa perkembangan otak anak, pilih realfood

Untuk membantu memaksimal pertumbuhan si kecil, selama masa kehamilan para calon ibu sebaiknya memenuhi kebutuhan asam folat sekitar 400-800 mcg. Realfood menghadirkan varian produk yang diformulasikan untuk ibu hamil yaitu Wonder Mom yang mengandung ekstrak sarang walet dan asam folat yang bisa dikonsumsi secara rutin selama 3 bulan pertama.

Yuk, pastikan semua asupan gizi ibu hamil sudah agar calon bayi dan si ibu lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *