Roboguru, Solusi Ruangguru Menjawab Soal Sulit

yasinyasintha adalah mom blogger asal bandung yang mengulas mengenai fitur roboguru

Yasinyasintha.com – Salah satu kartun favorit saya adalah Doraemon. Saya sering membayangkan kalau saja ada Doraemon banyak hal akan jauh lebih mudah. Bayangkan saja, Doraemon selalu punya alat-alat ajaib yang keluar dari kantongnya untuk melakukan banyak hal. Jadi suatu saat ketika saya mendampingi anak belajar, lalu saya kesulitan untuk memahami pelajarannya, ada pensil komputer dari Doraemon yang bisa menjawab soal pelajaran. He he. Ternyata, angan-angan saya ini sudah jadi kenyataan, loh. Sebab sekarang ada Roboguru solusi Ruangguru menjawab soal-soal sulit!

Wah, apa sih Roboguru?

Roboguru dari Ruangguru

menjawab soal sulit kini bisa dengan bantuan roboguru dari ruangguru
Menjawab soal sulit dengan Roboguru

Ruangguru adalah startup pendidikan yang tadinya berfungsi sebagai “les tambahan” di luar kegiatan belajar di sekolah. Dengan situasi seperti ini Ruangguru menjadi salah satu solusi orang tua yang membantu proses Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ.

Baca juga : Sukses PJJ bersama Ruangbelajar dari Ruangguru

Setiap jenjang pendidikan, baik itu SD, SMP, atau SMA memiliki tantangan tersendiri. Jenjang pendidikan ini membutuhkan bimbingan baik dari guru maupun orang tua. Peran orang tua saat jadi berlipat ganda sebab harus juga jadi guru. Nah, masalahnya tidak semua orang tua bisa membantu proses PJJ ini dengan lancar, selain karena harus bekerja atau ada aktivitas lain, para orang tua juga barangkali sudah lupa sama pelajaran SD, SMP, SMA tadi. Belum lagi kurikulum yang berubah, jadi makin pusing. Nah, untungnya ada Ruangguru yang bisa memangkas dan mempermudah proses PJJ ini.

Ruangguru sekarang punya fitur baru, yaitu Roboguru. Roboguru ini fitur di dalam aplikasi Ruangguru ya, bukan berarti Ruangguru bikin robot jalan-jalan ke rumah penggunanya. He he. Roboguru adalah kecerdasan buatan dari Ruangguru yang akan membantu orang tua dan siswa dalam menjawab soal-soal sulit!

Roboguru Solusi Ruangguru Menjawab Soal-soal Sulit

Jawaban soal sulit anak sekolah bisa dibantu dengan roboguru
Roboguru by Ruangguru

Setiap pelajaran pasti ada saja pertanyaan yang sulit. Terus anak akan bertanya pada teman yang belum tentu juga bisa jawab. Sekarang kan, bisa tanya Mbah Google. Masalahnya di Google banyak pilihan jawaban, bingung deh jawaban akurat yang mana. Nah, makanya muncullah Roboguru solusi Ruangguru menjawab soal-soal yang sulit.

Cara pakainya juga gampang. Bisa lewat aplikasi dan bisa juga lewat Whatsapp! Keren tidak tuh! Kalau lewat aplikasi, tinggal buka aplikasi Ruangguru terus klik bagian Roboguru. Cara nanyanya juga sederhana. Tinggal pilih jenjangnya yang mana: SD, SMP, atau SMA. Terus pilih mata pelajarannya apa, tinggal ketik soalnya dan tunggu jawabannya.

Atau mau yang lebih gampang? Coba lewat Whatsapp. Kalau lewat Whatsapp bisa ketik “ROBOGURU” terus kirim ke Whatsapp dengan nomor 0815-7815-0000. Nah, abis dari situ langsung aja chat sama Roboguru. Kamu tinggal foto soalnya terus kirim. Nanti Roboguru akan cari pembahasan dan kirim video pembelajaran yang sesuai sama pertanyaannya. Jadi kalian tidak sekadar tahu jawabannya, tapi juga cara penyelesaiannya, dan konsep dari topik pertanyaannya.

Cuma memang tidak bisa kalau soal yang difotonya ditulis tangan, ya. Masalahnya tulisan tangan orang kan, beda-beda jadi rentan salah arti. Huruf a bisa saja seperti q atau nol dengan tulisan tangan.

menjawab soal sulit bisa dengan roboguru dari ruangguru
Menjawab soal sulit dengan Roboguru

Roboguru ini bisa lebih fokus dibanding cari jawaban di Google, karena yang ditanyakan satu soal secara spesifik, jadi jawaban yang diberikan juga spesifik buat soal itu. Ini sangat memudahkan bukan cuma buat anak tapi juga buat orang tua yang mendampingi. Jadi sama-sama belajar, anaknya dari yang tidak tahu jadi tahu, orang tuanya dari yang lupa jadi ingat lagi. Dan bisa jadi momen-momen bonding antara orang tua dan anak.

Roboguru adalah sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar. Karena cara menggunakan yang mudah, sederhana, dan cepat, tapi tidak memanjakan. Biasanya kalau anak nanya sebuah soal, terus langsung dikasih tahu aja gitu jawabannya biar cepat. Hal seperti itu menyebabkan anak tidak gimana cara menyelesaikannya, dan tidak tahu juga konsep soal ini kayak apa. Hasilnya, kalau ada soal serupa tapi urutannya beda, malah bingung lagi.

Belum lagi penyajian penjelasannya juga menarik, tidak sekadar uraian panjang berbentuk tulisan. Ada juga berbentuk video, audio visual. Ditambah dengan tampilan animasi yang menarik, bikin betah nontonnya. Diulang terus juga tidak masalah, malahan semakin diulang semakin nempel. Anak akan belajar memahami suatu soal dan bagaimana menjawabnya.

Fitur Roboguru ini bisa menjadi solusi yang tepat saat anak berlatih tanya jawab soal, apalagi buat persiapan ujian. Soal yang bisa ditanya banyak kok, melingkupi semua mata pelajaran, saintek atau Soshum. Dari mulai SD, SMP, sampai SMA. Soal-soal SBMPTN juga ada. Dan jangan salah, gratis, lho! Seriusan, gratis.

Roboguru ini buat saya mirip kehadiran Doraemon di dunia nyata. Solusi banget deh, buat jawab soal-soal sulit. Anak paham, orang tua senang. Terlebih di masa PJJ ini, dengan bantuan Roboguru dari Ruangguru, anak menjadi lebih mudah mendapat pemahaman, dan orang tua akan lebih mudah mendampingi pembelajaran anak.

Nah siapa nih yang sudah jajal juga Roboguru ini? Bagi ceritanya boleh dong.

yasinta astuti adalah seorang blogger dan fotografer asal bandung yang memiliki blog yasinyasintha.com

 

 

 

 

 

One thought on “Roboguru, Solusi Ruangguru Menjawab Soal Sulit

  1. Ruangguru ini kereeen ya. Features nya itu komplit sih kalo kubilang, dibanding online bimbel yg lain. Robo guru aku pernah baca reviewnya, dan ini pasti membantu banget utk soal2 yg sulit. Di masa PJJ skr ini aku bersyukur msh paham pelajaran anak2. Makanya blm pake online bimbel. Tp kalo udah masuk ke pelajaran math yg lebih sulit, udah lah mba, aku nyerah :D. Bakal pale sih online bimbel ini. Matematika, fisika , kimia bukan pelajaran fav ku dr dulu. Jadi pasti butuh dengan online bimbel ruang guru Begini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *