5 Cara Menaikkan Ranking Toko Online di Google

toko online google

Mengelola toko online membutuhkan strategi khusus agar bisnis Anda bisa menembus ranking tinggi di Google. Reputasi toko memang tidak hanya bergantung pada hasil pencarian Google, tetapi ranking tinggi akan meningkatkan jumlah kunjungan serta tingkat kepercayaan calon pembeli.

Ingin mendapatkan hasil positif jangka panjang di daftar peringkat Google? Pastikan Anda menerapkan strategi terkait berbagai aspek toko online, dari mencari jasa hosting murah yang mengakomodir pembuatan website berkualitas, tampilan luar website hingga konten yang ada di dalamnya. Berikut lima rekomendasi caranya.

5 Cara Menaikkan Ranking Toko Online di Google

toko online google

  • Optimasi Konten Situs

Jika toko Anda punya konten, misalnya blog atau artikel pendek, pastikan mengoptimalkan isinya. Pengembangan konten berkualitas kini menjadi salah satu andalan Google dalam menentukan kualitas situs. Buatlah kumpulan artikel atau halaman blog yang isinya bisa dikaitkan dengan toko Anda.

Agar konten relevan dengan isi toko, pastikan mencari berbagai kata kunci (keyword) yang berhubungan dengan produk Anda. Masukkan kata-kata kunci ini ke dalam artikel, tetapi pastikan menyelipkan mereka secara alami.

Baca juga: Mesin EDC untuk kemudahan transaksi jual beli online 

Jangan lupa untuk selalu memperbarui isi konten toko setiap hari. Alat gratisan seperti Google Keyword Planner dan Google Trends cukup ampuh sebagai alat pencarian kata kunci.

Ingin konten tersebut semakin mudah terdeteksi oleh Google? Selipkan kata kunci relevan pada H1 dan H2, deskripsi meta, serta gambar/foto. Akan tetapi, pastikan semuanya terlihat alami (seperti kalimat/kata normal), atau Google akan mengira Anda melakukan praktik keyword stuffing yang bisa menurunkan reputasi.

  • Optimasi Elemen Desain Toko Online

    Desain toko online yang optimal akan mendorong Google memprioritaskan toko Anda di ranking atas. Toko online berdesain optimal yang bisa didapatkan melalui penyedia hosting dan domain murah juga akan membuat pelanggan puas, sehingga membantu meningkatkan reputasi. Cara optimasi antara lain mengurangi keterlambatan memproses (lagging) serta meningkatkan pengalaman menjelajah toko bagi calon pelanggan Anda.

    Contohnya, pastikan sistem navigasi toko Anda jelas dan tidak membingungkan. Setiap pengunjung harus bisa melihat koleksi atau produk individual, mengakses katalog lama dan baru, mengirim pertanyaan, hingga membayar tanpa harus berputar-putar kebingungan mencari ikon yang harus diklik.

    Elemen desain juga bisa mencakup teks dan skema warna. Pastikan tampilan situs bersih, mengundang, dan tidak mengintimidasi atau membuat pengunjung kesulitan membaca tulisan. Gunakan teks yang bersih dan sesuai dengan karakteristik barang yang dijual. Anda harus berkonsultasi dengan jasa website builder dan desainer untuk mendapat hasil terbaik.

  • Ciptakan Beberapa Sumber Kunjungan yang Konsisten

    Jumlah kunjungan (traffic) yang melimpah dan berasal dari beberapa sumber akan membuat reputasi toko Anda melonjak di Google. Selain dari situs/toko resmi, Anda harus membuat beberapa sumber kunjungan yang relatif konstan.

    Baca juga: 5 Spot Mural Instagramable di Singapura 

    Media sosial adalah cara tepat menciptakan sumber kunjungan yang beragam. Anda bisa menggunakan Facebook, Twitter, dan Instagram untuk mendatangkan kunjungan. Sumber lain seperti tautan ke blog, review, dan forum juga bisa menjadi solusi.

  • Tingkatkan Promosi Video

Video adalah bentuk konten yang saat ini sangat diminati, terutama karena elemen audio visual yang cenderung lebih menarik. Manfaatkan akun YouTube serta fitur Instagram TV, Snapchat, dan Facebook Live untuk menciptakan konten menarik yang ujungnya mengarah ke toko Anda.

Akun YouTube bisa digunakan untuk membuat konten bermanfaat seperti instruksi, tips, atau kabar menarik yang bisa disambungkan ke produk Anda. Bekerjasamalah dengan animator dan videografer untuk membuat kampanye promosi menarik yang bisa dilacak Google dengan kata kunci pilihan Anda.

  • Manfaatkan Fitur Featured Snippets

    Pernahkah Anda mengetik pertanyaan di Google dan mendapat jawabannya di dalam kotak tersendiri di bagian atas hasil pencarian? Kotak berisi jawaban tersebut adalah Featured Snippets, yaitu deskripsi yang mendapat perhatian utama dari Google karena dianggap paling mampu menjawab pertanyaan populer.

    Featured Snippets memberi situs Anda lebih banyak poin ranking di Google, karena deskripsi Anda dianggap paling berpengaruh dan bisa dipercaya. Caranya, gunakan Google Keyword Planner untuk menemukan pertanyaan yang paling banyak dicari warganet (dan sesuai dengan produk Anda).

    Baca juga: Tips Fotografi Dengan Smartphone 

    Buat konten yang berisi deskripsi jelas tentang jawaban dari pertanyaan tersebut. Pastikan jawaban Anda menjawab pertanyaan warganet tanpa basa-basi. Gunakan bullet points atau numbering untuk membuatnya lebih mudah dibaca.

    Selain itu, pastikan juga bahwa Anda mempromosikan konten dengan kata kunci relevan serta menyambungkannya pada produk Anda. Semakin banyak orang yang menemukan jawaban lewat konten tersebut, semakin tinggi ranking toko Anda di Google.

    monitoring bisnis online

Tambahan: Jangan Lupa Monitoring!
Monitoring kinerja situs penting untuk melihat mana strategi yang sukses dan gagal. Idealnya, Anda harus melakukan monitoring besar-besaran setiap tiga bulan. Perhatikan sumber mana yang mendatangkan kunjungan terbanyak, konten mana yang paling menarik, dan produk apa yang paling banyak dicari terkait konten tersebut.

Anda bisa menggunakan bantuan website builder seperti Zyro untuk membidik kelemahan toko online serta meningkatkan reputasinya. Dengan strategi yang tepat, toko Anda akan mendapat ranking tinggi di Google. Tingkatkan reputasi toko dengan strategi ini, dan lihatlah hasilnya dalam beberapa bulan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *